Review Smartphone Gaming ROG Phone II

Saturday, December 14, 2019
Box ROG Phone II

Hai Yazid, kamu mau mencoba smartphone gaming gak? Ucap saya kepada salah satu siswa yang hobi main game, kemudian saya langsung mengeluarkan smartphone tersebut dari saku celana. Saat memperlihatkan smartphone tersebut, dia langsung berkata “Wooow ROG Phone II ya pa?

Saya pun langsung mengjawab “Betul, ini smartphone ROG Phone II”. Lalu saya menanyakan lagi kepada Yazid dan teman-temannya “kamu senang main game apa?”, mereka ada yang menjawab Mobile Legend, PUBG Mobile, dan Free Fire. Lalu sayapun memberikan smartphone tersebut kepada salah satu dari mereka untuk mencoba smartphone gaming tersebut.

ROG Phone II digunakan untuk main game PUBG

Dia langsung mencoba smartphone gaming ROG Phone II karena tidak ada jam pelajaran setelah PAS (Penilaian Akhir Semester) dan tentu tidak mengganggu pelajaran karena ada PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) di sekolah sehingga mereka yang tidak ikut kegiatan olahraga dan seni bisa mencoba smartphone gaming tersebut.

Setelah mereka mencoba gaming kesukaannya masing-masing lalu saya menanyakan kepada mereka “bagaimana setelah menggunakan smartphone gaming ROG Phone II?”. Jawabannya "enak banget pa.. tidak ngelag dan nyaman di tangan, dan layarnya luas pa..” ungkap Yazid.

Smartphone ROG Phone II dipakai untuk bermain game Mobile Legends

Sedangkan siswa lainnya yang bernama Janes yang sempat mencoba smartphone tersebut untuk bermain game mengatakan “smooth banget pa.. terus suaranya keras dan baterainya tidak cepat habis” setelah menggunakan ROG Phone II. 

Sayapun memanggil beberapa siswa untuk mencoba game di smartphone ini. Siswa yang mencoba adalah Anas yang mencoba game Mobile Legends. Setelah menyelesaikan satu level dai mengatakan “enak banget pa dipakai buat mainnya bisa menang terus nih pakai ROG Phone II”.

ROG Phone II digunakan untuk main game Free Fire

Sedangkan Gyar yang mencoba Free Fire mengatakan “smartphone ini enak banget pa responnya cepat banget, tidak ngelag sehingga bisa dengan cepat mengalahkan lawan-lawannya saat bermain Free Fire”.

Nah sekarang apa penyebab kelebihan ROG Phone II ini, sehingga mereka merasakan pengalaman menyenangkan saat bermain game. Mari kita bahas satu persatu kelebihan dari smartphone Gaming ROG Phone II :

Layar ROG Phone II

Layar
Layar ROG Phone II menggunakan AMOLED 120Mhz dengan response time 1ms. Dengan response time yang cepat membuat pengguna tidak mengalami kendala saat bermain game apapun baik yang grafik rendah maupun yang grafiknya tinggi.

Selain itu ukuran layarnya yang lebar yakni berukuran 6,59 inci dengan aspek rasio 19,5:9 membuat pengguna lebih nyaman saat bermain game, nonton video, membaca website atau menggunakan berbagai aplikasi. Layarnya bisa dicubit disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Sensor sidik jari di layar 

Smartphone ROG Phone II sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor di layar. Dengan fitur ini selain pemilik smartphone tidak bisa membuka smartphone ini. Selain itu fingerprint sensor di layar juga untuk menjaga keamanan smartphone ini dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang akan membuka atau mencuri file pemilik smartphone.

Layar smartphone ROG Phone II dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6. Sehingga tidak mudah tergores saat dimasukkan saku bersama kunci sepeda motor atau mobil, atau bergesekan dengan uang receh sekalipun.
Performa ROG Phone II

Performa
Kamu pakai smartphone apa dengan RAM berapa saat main game?. Mereka ada yang menjawab RAM 2GB, ada yang 3GB. Mau tau smartphone ROG Phone II ini menggunakan RAM berapa?. Mereka langsung menjawab ada yang 8GB ada yang menjawab 12GB. “Wah sudah pada tau semua ya tentang ROG Phone II” ucap saya kepada mereka.

Benar! ROG Phone II ada yang menggunakan RAM 8GB dengan memori internal 128GB dan ada yang menggunakan RAM 12GB dengan memori internal 512GB. Dengan RAM sebesar itu mereka juga sudah mengetahui bahwa saat bermain game akan berjalan mulus tanpa ngelag tanpa dan tanpa khawatir memori habis untuk mengunduh game besar seperti PUBG, Mobile Legends, Free Fire, dan Asphalt 9. Sistem operasi yang digunakan ada dua yakni Android 9 Pie dan ROG UI tinggal pilih sesuai keinginan pengguna pada saat menyalakan smartphone untuk pertama kali.

Game Asphalt 9

Selain itu smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 855 Plus yang biasa digunakan untuk smartphone-smartphone flagship tetapi kali ini sudah disematkan pada smartphone gaming ROG Phone II. Bahkan ada salah murid yang mengetahui bahwa ROG Phone II memiliki skor tertinggi Antutunya.

Untuk urusan grafisnya smartphone gaming ini sudah menggunakan Qualcomm Adreno 640. Menariknya smartphone gaming ROG Phone II ini menggunakan sistem pendingin GameCool II yang menggunakan sistem 3D vapor-chamber yang mampu memberikan pendinginan optimal dan menjaga performa tetap stabil saat digunakan untuk bermain game sehingga smartphone tetap adem.

Baterai ROG Phone II dengan kapasitas 6000mAh

Baterai Tahan Lama
Para gamer tentu menginginkan smartphone dengan baterai berkapasitas besar, alasannya agar tidak buru-buru mengisi ulang smartphone saat bermain game. Smartphone ROG Phone II menggunakan baterai 6000mAh sehingga bisa diandalkan saat bermain game atau aktivitas lainnya tanpa harus buru-buru mengisi ulang baterai.

Bahkan smartphone ROG Phone II ini saat diujicoba pertama kali mampu bertahan selama 3 hari tanpa diisi ulang. Padahal smartphone ini sudah digunakan untuk bermain game lebih dari 1 jam, mengambil foto dan video beberapa menit, dan membuka beberapa website atau blog.

Charger USB Type C

Walaupun baterainya berkapasitas besar, tetapi smartphone ini memiliki kemampuan isi ulang yang cepat dengan istilah ROG Hypercharge. Smartphone ini sudah mendukung teknologi Qualcomm Quickcharge 4, dan adapter dayanya 30W dengan menggunakan adapter USB Type C. Menariknya adapter ini bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone lain dengan cepat pula.

Bagian kiri smartphone ROG Phone II

ROG Phone II berbeda dengan smartphone lain karena memilik lubang port USB Type C untuk mengisi ulang ada 2 yang satu di bagian bawah smartphone, dan satunya lagi disematkan di sebelah kiri smartphone bersamaan dengan ROG Desktop Docking atau TwinView Dock II. Untuk port dibagian kiri smartphone bermanfaat untuk mereka yang sedang bermain game sehingga tidak terganggu karena tidak menghalangi genggaman tangan saat bermain game.     

Kamera Menawan
Smartphone gaming tidak berarti kameranya jelek, pasalnya ROG Phone II menggunakan kamera berkekuatan besar. Kamera belakangnya menggunakan dual kamera yakni menggunakan sensor kamera 48MP Sony IMX586 Quad Bayer Technology dengan aperture F1.79.

Kamera belakang ROG Phone II

Sedangkan kamera keduanya memiliki kemampuan 13MP yang mampu digunakan untuk ultra-wide hingga 125 derajat. Kamera smartphone ini dilengkapi LED flash dan EIS (Electronic Image Stabilization) untuk menyetabilkan gambar atau video.

Foto kamera belakang ROG Phone II dengan pengaturan otomatis
Kamera belakangnya memiliki kemampuan zoom hingga 8 kali. Saat diujicoba untuk mengambil beberapa gambar jarak jauh, hasilnya tidak bintik-bintik dan terlihat masih sangat jelas. Berikut hasil foto kamera belakangnya.

Zoom 8x Smartphone ROG Phone II

Smartphone ini memiliki beberapa pengaturan foto atau video seperti Motion Tracking, Video, Foto, Potrait, Panorama, Night, dan Pro. Selain itu resolusi gambarnya pun bisa diatur sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Pengaturan Kamera Belakang ROG Phone II
Ada beberapa pengaturan kamera belakang ROG Phone II mulai dari resolusinya ada beberapa pilihan 48MP, 12MP, 9MP, dan 7MP. Selain itu sudah dilengkapi dengan fitur AI Scene detection, dan lain-lain.

Foto dengan kamera depan ROG Phone II

Sementara itu kamera depannya memiliki kemampuan 24MP/4C dengan aperture F.20 yang dapat digunakan untuk foto selfie atau wefie. Terdapat berbagai pengaturan seperti video, foto dan potrait untuk foto bokeh. Serta memiliki kemampuan ultra-wide 125 derajat sehingga lebih banyak orang yang bisa masuk dalam frame saat foto wefie menggunakan kamera depan.

Hasil jepretan kamera depan ROG Phone II
Selain itu kamera depannya bisa digunakan untuk live streaming saat bermain game untuk dibagikan ke media sosial atau Youtube. Kemampuan kamera depannya bisa diandalkan saat digunakan untuk foto bokeh. Hasil foto bokehnya layaknya foto profesional dan sangat keren untuk dipajang di media sosial.

AirTrigger II 
Bagi mereka yang sering main konsol game PS tentu paham dengan tombol L1 dan R1 yang terletak pada bagian atas dari konsol game tersebut. ROG Phone II sudah menyematkan fitur AirTrigger II. Fitur ini kini dilengkapi dengan sensor khusus sehingga memiliki latency lebih rendah dari pendahulunya yakni 20ms sehingga lebih nyaman digunakan bagi mereka yang sering menggunakan L1 dan R1. 


AirTrigger II

Pengguna kini tidak lagi harus menekan terlalu keras AirTrigger II yang ada pada smartphone ROG Phone II, pengguna cukup menyentuh, atau mengeser saja sudah bisa melakukan perintah yang diinginkan. AirTrigger II juga didukung oleh teknologi Dual Surrounding Vibration. 

Saat ujicoba kepada murid saya, ternyata masih jarang yang mengetahui fitur ini. Setelah mencoba game baru diberi tahu bahwa smartphone ini menggunakan AirTrigger II yang posisinya berada di bagian samping sebelah kanan smartphone atau pada saat posisi bermain game ada di bagian atas.


Speaker ROG Phone II

Dual Speaker
Bermain game dengan suara yang sember memang tidak mengasyikkan, beruntung ROG Phone II sudah menyematkan dual front-facing stereo speakers dengan DTS-X Ultra Virtual Surround Stereo Speaker dengan dual NXP sehingga suara yang dihasilkan sangat jernih dan menggelegar saat bermain game atau memutar musik atau video.  




Quad Mic dan 4 Antena Wi-Fi 
Microfon pada smartphone biasanya hanya ada 2 yang disematkan pada bagian atas dan bawah smartphone, tetapi ROG Phone II menyematkan microfon 4 sekaligus, dengan penempatan satu buah mic di bagian atas, satu buah di bagian kanan, dan dua buah di bagian bawah. Ini tidak lain karena gamer biasanya ada yang langsung live streaming ke media sosial atau Youtubenya sehingga suara yang dihasilkan tetap jernih tidak terhalang oleh tangan dari penggunanya.

Selain menyematkan 4 mic, ROG Phone II menempatkan 4 antena pada smartphone gaming ini. Penggunaan empat antena Wi-Fi bukan karena sebab, pasalnya pada saat bermain game ada antena yang ada di sebelah atas atau bawah tertutup oleh tangan sehingga mempengaruhi sinyal terutama pada saat bermain game online. Smartphone ini sudah mendukung Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac.

Aura RGB ROG Phone II

Aura RGB
Salah satu yang membuat smartphone ini berbeda dengan smartphone lain adalah Aura RGB. Pengguna ROG Phone II merasa percaya diri dan status sosialnya meningkat saat bermain game menggunakan smartphone ini terutama pada malam hari dan mabar bersama teman-teman, karena logo ROG pada bagian belakangnya bisa menyala berwarna-warni dan warnanya bisa diatur sesuai keinginan penggunanya.


Port Jack Audio 3.5mm


Memiliki Port Jack Audio 3,5mm
ROG Phone II masih memiliki port jack audio 3,5mm yang disematkan pada bagian bawah berdekatan dengan port USB Type-C dan microfon. Hal ini penting bagi gamer yang ingin mendengarkan suara gamenya menggunakan headset saat berada di kamar, ruang publik atau di kendaraan sehingga tidak mengganggu orang lain.

Dual SIM Card pada ROG Phone II
Dual SIM Card
Smartphone ROG Phone II ini sudah dilengkapi dengan dual Nano SIM Card yang sudah mendukung 4G LTE dengan kecepatan hingga 1,2Gbps. Sehingga semua kartu dari seluruh operator selular di Indonesia bisa digunakan pada perangkat ini.  


Harga ROG Phone II 
Soal harga memang relatif, bagi sebagian orang mahal tetapi bagi sebagian lagi mungkin dianggap wajar dan worth it. Pasalnya smartphone ROG Phone II dengan chipset Snapdragon 855 Plus, RAM 8GB dan ROM 128GB, kamera belakang 48 dan 13MP dan kamera depan 24MP, baterai 6000mAh dibanderol dengan harga Rp.8.499.000 yang didalamnya berisi smartphone ROG Phone II, ROG Aerocase, adapter, kabel data dan SIM ejector). 

Sedangkan untuk ROG Phone II dengan versi RAM 12GB dan ROM 512GB dibanderol dengan harga Rp.12.499.000 yang didalamnya berisi smartphone ROG Phone II, ROG Aerocase, Hypercharge 30W Adapter, ROG cable data, AeroActive Cooler II, dan Pin ejektor.

Kesimpulannya 
Smartphone ROG Phone II memang layak menyandang gelar smartphone gaming sebenarnya, dilihat dari spesifikasi dan performanya. Kalau soal harga memang masih wajar mengingat banyak smartphone flagship dengan spesifikasi yang hampir sama dibanderol lebih tinggi dari ROG Phone II. Maka wajar jika ROG Phone II disebut Hapenya Sultan

Loading...

0 comments:

Post a Comment test