Contoh Soal PISA (Programme Internationale for Student Assesment)

Friday, January 31, 2020

Apasih itu PISA? PISA singkatan dari Programme Internationale for Student Assesment. PISA merupakan program penilaian berskala Internasional yang dibuat oleh negara-negara yang tergabung dalam OECD (Organitation for Economic Co-operation Development) atau organisasi untuk kerjasama dan Pembangunan Ekonomi. 


Dari hasil survey PISA tahun 2019 negara kita Indonesia berada diperingkat ke-72 dengan skor 371, sedangkan tetangga kita Malaysia berada di peringkat ke-56 dengan skor 415, dan yang lebih hebat lagi adalah Singapura berada di peringkat ke-2 dengan skor 549. 


Mungkin banyak orang yang bertanya, emang soal PISA seperti apa sih?. Nah pada kesempatan ini kami memberikan contoh soal PISA dari Grup Edukasi IPS. 

Berikut Contoh Soal PISA :

PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA)
CONTOH SOAL
Pertanyaan PISA sering mengacu pada situasi yang terjadi di negara fiksi Zedland, di mana Zed adalah satuan mata uang.

PERTANYAAN LEVEL 1: FAKTUR

Sarah menerima faktur ini melalui pos

PERTANYAAN
Mengapa faktur ini dikirim ke Sarah?
A. Karena Sarah perlu membayar uang itu untuk Breezy Clothing.
B. Karena Breezy Clothing perlu membayar uang itu kepada Sarah.
C. Karena Sarah telah membayar uang itu untuk Breezy Clothing.
D. Karena Breezy Clothing telah membayar uang itu pada Sarah.


JAWABAN YANG BENAR ADALAH:
KARENA SARAH MEMBUTUHKAN MEMBAYAR UANG UNTUK BREEZY CLOTHING

TINGKAT PERTANYAAN
Pada level 1 siswa dapat mengidentifikasi produk keuangan umum dan persyaratan dan menafsirkan informasi yang berkaitan dengan konsep keuangan dasar. Mereka dapat mengenali perbedaan antara kebutuhan dan keinginan dan dapat membuat keputusan sederhana dalam pengeluaran sehari-hari. Mereka dapat mengenali tujuan dokumen keuangan sehari-hari seperti faktur dan menerapkan operasi numerik tunggal dan dasar (penambahan, pengurangan atau perkalian) dalam konteks keuangan yang kemungkinan akan mereka alami secara pribadi.

SIFAT TUGAS
Kenali tujuan faktur. Perhitungan tidak diperlukan dalam item ini. 

Konteksnya bersifat individual. Pertanyaan itu termasuk dalam kategori konten uang dan transaksi karena melibatkan kesadaran akan berbagai bentuk dan tujuan uang dan menangani transaksi moneter sederhana seperti pembayaran sehari-hari. 

PROSES LITERASI KEUANGAN
Prosesnya mengidentifikasi informasi keuangan karena individu harus mencari dan mengakses sumber informasi keuangan, dan mengidentifikasi atau mengenali relevansinya.
PERTANYAAN LEVEL 2: FAKTUR


PERTANYAAN
Berapa Breezy Clothing yang dibebankan untuk mengantarkan pakaian?
Biaya pengiriman dalam zeds:

.............................................


JAWABAN YANG BENAR ADALAH: 10
Pada level 2 siswa mulai menerapkan pengetahuan mereka tentang produk keuangan umum dan istilah dan konsep keuangan yang umum digunakan. Mereka dapat menggunakan informasi yang diberikan untuk membuat keputusan keuangan dalam konteks yang relevan dengan mereka. Mereka bisa mengenali nilai anggaran sederhana dan bisa menafsirkan fitur dokumen keuangan sehari-hari yang menonjol. Mereka dapat menerapkan operasi numerik dasar tunggal, termasuk divisi, untuk menjawab pertanyaan keuangan. Mereka menunjukkan pemahaman tentang hubungan antara unsur keuangan yang berbeda, seperti jumlah penggunaan dan biaya yang dikeluarkan.

SIFAT TUGAS
Identifikasi biaya ongkos kirim pada faktur.

Konteksnya bersifat individual. Pertanyaan itu termasuk dalam kategori konten uang dan transaksi karena melibatkan kesadaran akan berbagai bentuk dan tujuan uang dan menangani transaksi moneter sederhana seperti pembayaran sehari-hari.

PROSES LITERASI KEUANGAN
Prosesnya mengidentifikasi informasi keuangan karena individu harus mencari dan mengakses sumber informasi keuangan, dan mengidentifikasi atau mengenali relevansinya.


PERTANYAAN LEVEL 3: SAHAM
Grafik ini menunjukkan harga satu saham Rich Rock selama periode 12 bulan.


PERTANYAAN
Pernyataan tentang grafik mana yang benar?



JAWABAN YANG BENAR ADALAH:
HANYA PERNYATAAN PERTAMA itu BENAR

TINGKAT PERTANYAAN
Pada level 3 siswa dapat menerapkan pemahaman mereka tentang konsep keuangan, istilah dan produk yang umum digunakan untuk situasi yang relevan dengan mereka. Mereka mulai mempertimbangkan konsekuensi dari keputusan keuangan dan mereka dapat membuat rencana keuangan sederhana dalam konteks yang familier. Mereka dapat membuat interpretasi langsung terhadap berbagai dokumen keuangan dan dapat menerapkan serangkaian operasi numerik dasar, termasuk menghitung persentase. Mereka dapat memilih operasi numerik yang diperlukan untuk memecahkan masalah rutin dalam konteks literasi keuangan yang relatif umum, seperti perhitungan anggaran.

SIFAT TUGAS
Menganalisis informasi dalam konteks keuangan dengan mempertimbangkan informasi dalam grafik garis tentang produk investasi. Grafik menunjukkan bagaimana harga saham telah berubah lebih dari satu tahun. Bagian pertama dari pertanyaan ini menilai pemahaman siswa bahwa saham harus dibeli saat harganya rendah. Bagian kedua dari pertanyaan tersebut menilai apakah siswa dapat mengidentifikasi kenaikan harga saham dengan benar dan menghitung persentase perubahan dari waktu ke waktu.

Konteksnya bersifat individual. Pertanyaannya termasuk kategori kategori risiko dan penghargaan karena melibatkan kemampuan untuk mengidentifikasi cara mengelola, menyeimbangkan dan mencakup risiko, dan pemahaman tentang potensi keuntungan finansial atau kerugian di berbagai konteks keuangan.

PROSES LITERASI KEUANGAN
Prosesnya menganalisis informasi dalam konteks keuangan karena mencakup interpretasi, perbandingan dan kontras, sintesis, dan ekstrapolasi dari informasi yang diberikan, dan ini melibatkan pengenalan sesuatu yang tidak eksplisit.


PERTANYAAN LEVEL 4: SLIP GAJI

Setiap bulan, gaji Jane dibayarkan ke rekening banknya. Ini adalah slip gaji Jane untuk bulan Juli.


PERTANYAAN
Berapa banyak uang yang dibayarkan majikan Jane ke rekening banknya pada tanggal 31 Juli?
A. 300 zeds
B. 2500 zeds 
C. 2800 zeds 
D. 19 600 zeds

JAWABAN YANG BENAR ADALAH: (B) 2500


TINGKAT PERTANYAAN
Pada level 4 siswa dapat menerapkan pemahaman mereka tentang konsep keuangan yang kurang umum dan persyaratan pada konteks yang relevan dengan mereka saat mereka bergerak menuju masa dewasa, seperti pengelolaan rekening bank dan minat majemuk dalam produk tabungan. Mereka dapat menafsirkan dan mengevaluasi berbagai dokumen keuangan terperinci, seperti laporan bank, dan menjelaskan fungsi produk keuangan yang kurang umum digunakan. Mereka dapat membuat keputusan keuangan dengan mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang, seperti memahami implikasi biaya secara keseluruhan untuk membayar kembali pinjaman dalam jangka waktu yang lebih lama, dan mereka dapat memecahkan masalah rutin dalam konteks keuangan yang kurang umum.

SIFAT TUGAS
Kenali gaji bersih di slip gaji. Jawaban yang benar membutuhkan pemahaman tentang perbedaan antara gaji kotor dan uang bersih, yaitu perbedaan antara gaji sebelum dan setelah pengurangan dilakukan (seperti pemotongan untuk perawatan kesehatan atau pajak). Perhitungan tidak diperlukan dalam item ini. 

Konteksnya adalah pendidikan dan pekerjaan. Pertanyaan itu termasuk dalam kategori konten uang dan transaksi karena melibatkan kesadaran akan berbagai bentuk dan tujuan uang dan menangani transaksi moneter sederhana seperti pembayaran sehari-hari.

PROSES LITERASI KEUANGAN
Prosesnya mengidentifikasi informasi keuangan karena individu harus mencari dan mengakses sumber informasi keuangan, dan mengidentifikasi atau mengenali relevansinya.

PERTANYAAN LEVEL 5: KESALAHAN BANK
David bank dengan ZedBank. Dia menerima pesan e-mail ini.


PERTANYAAN
Pernyataan manakah berikut ini yang bisa menjadi saran bagus bagi David?
Lingkari "Ya" atau "Tidak" untuk setiap pernyataan.


JAWABAN YANG BENAR ADALAH: TIDAK, YA, TIDAK

TINGKAT PERTANYAAN
Pada level 5 siswa dapat menerapkan pemahaman mereka tentang berbagai macam istilah dan konsep keuangan ke konteks yang mungkin hanya relevan dengan kehidupan mereka dalam jangka panjang. Mereka bisa menganalisa produk keuangan yang kompleks dan bisa memperhatikan fitur-fitur dokumen keuangan yang signifikan namun tidak disebutkan atau tidak segera terbukti, seperti biaya transaksi. Mereka dapat bekerja dengan tingkat akurasi yang tinggi dan memecahkan masalah keuangan non-rutin, dan mereka dapat menggambarkan hasil keputusan finansial yang potensial, yang menunjukkan pemahaman tentang lanskap keuangan yang lebih luas, seperti pajak penghasilan.

SIFAT TUGAS
Mengevaluasi kecurangan keuangan potensial dan merespons secara tepat pesan e-mail penipuan keuangan. Perhitungan tidak diperlukan dalam item ini. 

Konteksnya bersifat masyarakat. Pertanyaannya termasuk konten lanskap keuangan, karena internet perbankan adalah bagian dari lanskap keuangan yang lebih luas di mana siswa cenderung berpartisipasi, baik sekarang atau dalam waktu dekat.

PROSES FINANCIAL LITERACY
Prosesnya mengevaluasi isu keuangan karena siswa harus mengevaluasi pilihan yang disajikan dan mengenali saran mana yang dapat dianggap sebagai saran yang baik. 

LEVEL TES FINANCIAL LITERACY

LEVEL 1
Siswa dapat mengidentifikasi produk keuangan umum dan persyaratan dan menafsirkan informasi yang berkaitan dengan konsep keuangan dasar. Mereka dapat mengenali perbedaan antara kebutuhan dan keinginan dan dapat membuat keputusan sederhana dalam pengeluaran sehari-hari. Mereka dapat mengenali tujuan dokumen keuangan sehari-hari seperti faktur dan menerapkan operasi numerik tunggal dan dasar (penambahan, pengurangan atau perkalian) dalam konteks keuangan yang kemungkinan akan mereka alami secara pribadi.

LEVEL 2
Siswa mulai menerapkan pengetahuan mereka tentang produk keuangan umum dan istilah dan konsep keuangan yang umum digunakan. Mereka dapat menggunakan informasi yang diberikan untuk membuat keputusan keuangan dalam konteks yang relevan dengan mereka. Mereka bisa mengenali nilai anggaran sederhana dan bisa menafsirkan fitur dokumen keuangan sehari-hari yang menonjol. Mereka dapat menerapkan operasi numerik dasar tunggal, termasuk divisi, untuk menjawab pertanyaan keuangan. Mereka menunjukkan pemahaman tentang hubungan antara unsur keuangan yang berbeda, seperti jumlah penggunaan dan biaya yang dikeluarkan.

LEVEL 3
Siswa dapat menerapkan pemahaman mereka tentang konsep keuangan, istilah dan produk yang umum digunakan untuk situasi yang relevan dengan mereka. Mereka mulai mempertimbangkan konsekuensi dari keputusan keuangan dan mereka dapat membuat rencana keuangan sederhana dalam konteks yang familier. Mereka dapat membuat interpretasi langsung terhadap berbagai dokumen keuangan dan dapat menerapkan serangkaian operasi numerik dasar, termasuk menghitung persentase. They can choose the numerical operations needed to solve routine problems in relatively common financial literacy contexts, such as budget calculations.

LEVEL 4
Pada tingkat 4 siswa dapat menerapkan pemahaman mereka tentang konsep keuangan yang kurang umum dan persyaratan pada konteks yang relevan dengan mereka saat mereka bergerak menuju masa dewasa, seperti pengelolaan rekening bank dan minat majemuk dalam produk tabungan. Mereka dapat menafsirkan dan mengevaluasi berbagai dokumen keuangan terperinci, seperti laporan bank, dan menjelaskan fungsi produk keuangan yang kurang umum digunakan. Mereka dapat membuat keputusan keuangan dengan mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang, seperti memahami implikasi biaya secara keseluruhan untuk membayar kembali pinjaman dalam jangka waktu yang lebih lama, dan mereka dapat memecahkan masalah rutin dalam konteks keuangan yang kurang umum.

LEVEL 5
Pada tingkat 5 siswa dapat menerapkan pemahaman mereka tentang berbagai macam istilah dan konsep keuangan ke konteks yang mungkin hanya relevan dengan kehidupan mereka dalam jangka panjang. Mereka bisa menganalisa produk keuangan yang kompleks dan bisa memperhatikan fitur-fitur dokumen keuangan yang signifikan namun tidak disebutkan atau tidak segera terbukti, seperti biaya transaksi. Mereka dapat bekerja dengan tingkat akurasi yang tinggi dan memecahkan masalah keuangan non-rutin, dan mereka dapat menggambarkan hasil keputusan finansial yang potensial, yang menunjukkan pemahaman tentang lanskap keuangan yang lebih luas, seperti pajak penghasilan.

KATEGORI PERTANYAAN FINANCIAL LITERACY
KONTEN FINANCIAL LITERACY

UANG DAN TRANSAKSI
Bidang konten ini mencakup kesadaran akan berbagai bentuk dan tujuan uang dan menangani transaksi moneter sederhana seperti pembayaran sehari-hari, pengeluaran, nilai uang, kartu bank, cek, rekening bank dan mata uang.

PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN
Penghasilan dan kekayaan membutuhkan perencanaan dan pengelolaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Bidang konten ini mencakup pengetahuan dan kemampuan untuk memantau pendapatan dan pengeluaran serta pengetahuan dan kemampuan untuk memanfaatkan pendapatan dan sumber daya lain yang tersedia dalam jangka pendek dan panjang untuk meningkatkan kesejahteraan finansial.

RISIKO DAN PENGHARGAAN
Risiko dan penghargaan adalah bidang utama financial literacy, menggabungkan kemampuan untuk mengidentifikasi cara mengelola, menyeimbangkan dan mencakup risiko dan pemahaman tentang potensi keuntungan atau kerugian finansial di berbagai konteks keuangan. 

Ada dua jenis risiko yang sangat penting dalam domain ini. Yang pertama berhubungan dengan kerugian finansial yang tidak dapat ditanggung individu, seperti yang disebabkan oleh biaya bencana atau biaya berulang. Yang kedua adalah risiko yang melekat pada produk keuangan, seperti perjanjian kredit dengan tingkat bunga variabel, atau produk investasi.

LANSKAP FINANCIAL
Bidang konten ini berhubungan dengan karakter dan fitur dunia finansial. Ini mencakup mengetahui hak dan tanggung jawab konsumen di pasar keuangan dan lingkungan keuangan umum, dan implikasi utama dari kontrak keuangan. Sumber informasi dan peraturan hukum juga topik yang relevan dengan area konten ini. Dalam arti luas, lanskap financial juga mencakup pemahaman tentang konsekuensi perubahan kondisi ekonomi dan kebijakan publik, seperti perubahan suku bunga, inflasi, perpajakan atau tunjangan kesejahteraan. 

KONTEKS FINANCIAL

PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN
Pertanyaan pendidikan dan pekerjaan mencakup pemahaman slip gaji, perencanaan untuk menghemat pendidikan tinggi, menyelidiki manfaat dan risiko mengambil pinjaman mahasiswa, dan berpartisipasi dalam skema tabungan di tempat kerja.

RUMAH DAN KELUARGA
Pertanyaan rumah dan keluarga mencakup masalah keuangan yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan rumah tangga seperti membeli barang-barang rumah tangga atau belanja keluarga, mencatat pengeluaran keluarga dan membuat rencana untuk acara keluarga. Keputusan tentang penganggaran dan pengutamaan pengeluaran juga termasuk dalam konteks ini.

INDIVIDU
Pertanyaan individu mencakup masalah kontraktual seputar kejadian seperti membuka rekening bank, membeli barang-barang konsumsi, membayar untuk kegiatan rekreasi dan berurusan dengan layanan keuangan yang relevan yang sering dikaitkan dengan barang konsumsi yang lebih besar, seperti kredit dan asuransi.

MASYARAKAT
Pertanyaan masyarakat mencakup hal-hal seperti hak dan tanggung jawab konsumen, pajak dan biaya pemerintah daerah, kepentingan bisnis, dan daya beli konsumen. Pilihan keuangan seperti menyumbang kepada organisasi nirlaba dan badan amal juga termasuk dalam konteks ini.

PROSES FINANCIAL LITERASI

MENGIDENTIFIKASI INFORMASI KEUANGAN
Proses ini terlibat saat individu mencari dan mengakses sumber informasi keuangan, dan mengidentifikasi atau mengenali relevansinya. Informasi itu berupa teks cetak seperti kontrak, iklan, grafik, tabel, formulir dan instruksi. Tugas khasnya meminta siswa untuk mengidentifikasi fitur faktur pembelian, atau mengenali saldo pada laporan bank.

ANALISIS INFORMASI DALAM KONTEKS KEUANGAN
Menganalisis informasi dalam konteks keuangan mencakup interpretasi, perbandingan dan kontras, sintesis, dan ekstrapolasi dari informasi yang diberikan. Ini melibatkan mengenali sesuatu yang tidak eksplisit: mengidentifikasi asumsi atau implikasi mendasar dari suatu masalah dalam konteks keuangan misal tugas mungkin melibatkan membandingkan persyaratan yang ditawarkan oleh kontrak telepon seluler yang berbeda, atau bekerja jika ada iklan untuk pinjaman yang kemungkinan akan mencakup kondisi tidak tertulis.

EVALUASI ISU FINANCIAL
Mengevaluasi isu keuangan mencakup mengenali atau membangun pembenaran dan penjelasan keuangan, dengan memanfaatkan pengetahuan dan pemahaman finansial yang diterapkan dalam konteks tertentu. Ini melibatkan menjelaskan, menilai dan generalisasi. Ini juga melibatkan pemikiran kritis seperti menggambar pada pengetahuan, logika dan penalaran yang masuk akal untuk memahami dan membentuk pandangan tentang masalah terkait keuangan. 

PENERAPAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN FINANSIAL
Menerapkan pengetahuan dan pemahaman finansial berfokus pada mengambil tindakan efektif dalam pengaturan keuangan dengan menggunakan pengetahuan tentang produk dan konteks keuangan, dan pemahaman tentang konsep keuangan. Proses ini tercermin dalam tugas-tugas yang melibatkan perhitungan dan deret masalah, dengan kondisi murah. Contoh dari jenis tugas ini adalah menghitung bunga pinjaman selama dua tahun atau menentukan apakah daya beli akan menurun atau meningkat dari waktu ke waktu ketika harga berubah pada tingkat yang ditentukan.

Bagi Anda yang membutuhkan contoh Soal PISA ini silakan




0 komentar:

Post a Comment test