Cara Memanfaatkan Teknologi Agar Siswa Belajar Aktif dan Kreatif

Tuesday, June 23, 2020
Tren teknologi pendidikan (Sumber : Edsys.in)

Dalam dua dekade ini, perkembangan teknologi informasi sangat pesat. Hampir di setiap lini kehidupan manusia, mendapat bantuan dari teknologi informasi ini. Teknologi akan baik bila digunakan oleh hal yang bermanfaat. Dan dengan teknologi pula, kreativitas manusia akan berkembang.

Salah satu manfaat teknologi adalah untuk belajar, oleh siapa pun dan usia berapa pun. Jadi siswa juga dapat menggunakannya untuk belajar dan memperkaya ilmu pengetahuannya, terutama di bidang informasi yang sudah banyak membuat perbedaan dengan keadaan sebelum tahun 2000.

Baik dalam keadaan sekolah tatap muka langsung atau melalui sekolah online, teknologi dapat digunakan sebagai alat bantu untuk belajar atau untuk memperkaya ilmu pengetahuan siswa.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan teknologi informasi adalah :

1. Membuat Konten Digital

Membuat konten digital, selain mengasah kreatifitas juga sebagai jejak profile digital yang sangat berguna nanti di saat siswa sudah menyelesaikan pendidikannya dan terjun langsung dalam kehidupan bermasyarakat.

Membuat konten digital, beragam macamnya. Konten digital bisa berupa tulisan, hasil karya desain dan gambar atau video. Setiap siswa mempunyai minat dan bakat yang berbeda-beda, jadi membuat konten digital pun bisa disesuaikan dengan minat dan bakatnya.

- Menulis
Agar tulisan bisa menjadi sebuah konten digital, siswa perlu menulis di platform-platform menulis, yang tersedia gratis di internet. Menulis blog yang berarti tulisan-tulisan artikel dapat ditulis di platform seperti medium, blogspot, wordpress, wixsite, yang dapat digunakan secara gratis.

Apabila siswa mempunyai support finansial yang cukup dan ada guru pembimbing teknologi informasi, siswa bisa membuat website dengan nama domainnya sendiri. Website dan domain milik siswa ini, bisa menjadi profile siswa yang sangat berguna di jaman milenial ini.

Bagi mereka yang suka menulis cerita fiksi, platform wattpad adalah platform yang paling dikenal saat ini, yang menjadi ajang bagi penulis amatir. Banyak penulis terkenal yang lahir dari platform wattpad ini. Bahkan ada juga yang tulisannya hingga dibuat filmnya.

Untuk siswa, menulis di wattpad yang terpenting adalah menyalurkan minat dan bakatnya. Dalam proses menulis, semakin banyak tulisan yang dibuat, semakin berkembang kemampuan menulisnya. Bila ceritanya disukai banyak orang adalah bonus yang didapat siswa. Karena tujuan siswa saat ini adalah belajar.

- Membuat Desain dan Gambar
Bagi siswa yang hobi membuat desain dan menggambar, sosial media adalah tempat yang tepat untuk mereka. Instagram adalah platform sosial media yang paling banyak dikenal saat ini untuk menampilkan desain-desain, gambar dan hasil foto.

Tidak dipungkiri, sosial media juga yang menjadi ajang penyebaran berita hoax, bullying hingga gambar-gambar kekerasan dan pornografi. Jadi sosial media ini menjadi pisau bermata dua, bisa memberi tempat sebagai ajang kreatifitas siswa, tapi bisa juga hal negatif yang didapat.

Cara yang bisa digunakan untuk menghindari efek negatif sosial media, sebaiknya dengan memberi pengertian kepada siswa, diberi contoh akibatnya. Sosial media sendiri memberi batasan minimal usia untuk penggunanya. Sebaiknya batasan ini tidak dilanggar, khususnya para orang tua yang mengijinkan sebelum usia minimal batasannya.

Dengan siswa menampilkan karyanya di platform digital, siswa akan mengasah keahliannya untuk lebih baik lagi. Dan bisa mengikuti perkembangan tren desain di dunia digital. Saat ini, sudah banyak para digital artist yang bekerja secara online tanpa ada batas negara.

Dengan keahlian desain dan gambar yang semakin terasah dan mengetahui tren dunia digital, siswa akan lebih siap untuk terjun di dunia kehidupan masyarakat di saat selesai sekolah.

- Membuat Video
Tempat ajang upload konten video paling populer saat ini adalah Youtube. Bahkan artis gambar, juga ada yang menggunakan Youtube sebagai tempat kreativitasnya. Tentunya dengan cara yang berbeda.

Bila di Instagram terkenal dengan desain, gambar, foto atau video pendek, maka Youtube adalah tempat untuk video yang panjang. Artis-artis gambar memperkenalkan gambarnya dengan video proses untuk menggambar hasil karyanya, dari kertas atau kanvas putih hingga menjadi lukisan yang indah.

Banyak kreativitas dalam membuat video ini. Bisa membuat tutorial, membuat liputan pendek, mencoba untuk membuat film pendek, hingga video jalan-jalannya. Untuk membuat video, perlu kemampuan mengedit video hasil rekaman.

Dari membuat konsep video, merekam video hingga edit video untuk menjadi sebuah video yang siap untuk menjadi tontonan sangat diperlukan kreativitas. Jadi membuat video juga bisa alternatif tugas buat siswa untuk mengasah kreatifitas.

2. Pelaporan Tugas dengan Canva


Mengapa dengan Canva ?
Karena Canva mempunyai banyak desain yang kreatif sebagai bentuk laporan tugas siswa. Di saat siswa membuat tugas project yang membutuhkan pelaporan, siswa bisa menggunakan Canva dengan mudah.

Bahkan tugas literasi pun, pelaporan hasil bacaan siswa bisa dibuat kreatif dengan cara story telling kepada siswa lain dengan bantuan storyboard, poster atau infografik.

Desain-desain dalam Canva ada bermacam-macam, seperti presentasi, poster, infografis yang bisa digunakan sebagai bentuk laporan tugas.

Siswa dapat menggunakan akun Canva Pendidikan secara gratis, bila guru sudah mendaftar di program Canva untuk Pendidikan. Dengan Canva untuk pendidikan, guru dan siswa dapat menggunakan semua template Canva secara gratis, termasuk template berbayarnya juga gratis untuk Canva Pendidikan ini.

Dengan Canva, siswa bisa mengerjakan laporan tugas dan mengasah kreativitasnya secara bersamaan.

0 komentar:

Post a Comment test