Lebih Kreatif dan Produktif Dengan ASUS TUF Gaming A15

Monday, July 6, 2020

ASUS TUF Gaming A15 – Laptop bagi sebagian orang tentu sangat dibutukan untuk melakukan berbagai aktivitas, dari membuat laporan, berkirim pesan melalui email, video konferensi, belajar online, mengerjakan tugas, dan masih banyak lagi aktivitas lain termasuk hiburan. 

Tapi kini laptop tidak hanya digunakan oleh para profesional dan eksekutif saja, tetapi hampir semua kalangan menggunakannya dari mulai pelajar, mahasiswa, guru, dosen, pekerja kantoran, pengusaha, konten kreator, gamer dan masih banyak lagi lainnya. 

Beda orang tentu beda laptop yang digunakannya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing. Ada pengguna yang mencari laptop dengan kemampuan dan performa cepat, desain menarik, ukurannya ringan, layarnya jernih, keyboardnya bisa menyala pada malam hari, baterai tahan lama, harga terjangkau dan masih banyak lagi keinginan lainnya.  

Begitu juga laptop yang dibutuhkan oleh content creator dan para gamer. Selain spesifikasinya harus mumpuni, mereka juga membutuhkan layar yang jernih dengan refresh rate yang tinggi, performa powerfull, tangguh, baterai tahan lama, tidak cepat panas, dan tentu bobotnya yang ringan sehingga bisa dibawa-bawa saat mabar (main bareng atau live streaming saat bermain game) dimanapun dan kapanpun.

Mungkin masih ada yang belum mengenal apa itu Content Creator atau dalam bahasa Indonesia Konten Kreator?. Content Creator adalah sebutan atau panggilan untuk seseorang yang membuat karya atau konten/materi berupa tulisan, gambar, video, suara, atau gabungan dari dua atau lebih materi atau konten. Jadi profesinya bisa bermacam-macam ada blogger, youtuber, editor film, pemusik, arransem musik, kartunis, pembuat fonts, logo, dan lain-lain. 

ASUS menerima masukan dan keinganan dari penggunanya dan menjawab semua kebutuhan tersebut dengan sebuah laptop yang menyasar para konten kreator dan gamer dengan mengeluarkan laptop yang diberi nama ASUS TUF Gaming A15.

ASUS TUF Gaming A15 FX506 menggunakan prosesor yang kencang yakni AMD Ryzen 7 yang banyak mendapatkan perhatikan pengguna laptop karena mampu berjalan dengan cepat dan lancar saat rendering film/video, atau saat digunakan untuk bermain game berat. Selain itu daya baterai laptop dengan AMD Ryzen ini hemat daya dan tahan lama.

Selain performanya, ASUS TUF Gaming A15 memiliki fitur-fitur menarik yang sudah mengakomodir keinginan penggunanya dan membuat pengguna lebih kreatif dan produktif apabila menggunakan ASUS TUF Gaming A15?. Inilah alasan menggunakan ASUS TUF Gaming A15 lebih kreatif dan produktif :


1. Desain menawan 
Orang akan lebih PD (Percaya Diri) jika menggunakan perangkat atau gadget dengan desain yang menawan. Serta selalu menjadi pusat perhatian dari orang lain. ASUS TUF Gaming A15 FX506 memiliki tampilan yang menawan dengan sapuan garis rambut kontras di sepanjang tubuhnya yang membuat laptop ini lebih gaya,  ramping dan futuristik sehingga laptop ini bisa diajak jalan kemanapun sehingga Anda lebih kreatif dan produktif mengerjakan berbagai aktivitas. 

Laptop ini memiliki dua pilihan warna yang menarik yang sesuai dengan identitas penggunanya. Ada warna Fortress Gray chassis yang memiliki makna misterius dan tangguh dan warna Bonfire Black yang mencolok dengan aksen crimson stripe untuk selalu menjadi pusat perhatian. 

Tidak hanya bagian atasnya saja yang jadi perhatian ASUS, bagian bawahpun jadi perhatiannya. ASUS TUF Gaming A15 sudah menggunakan pola honeycomb (Sarang lebah). Selain menambah daya cengkram pada permukaan saat digunakan juga selaras dengan pola hexagon di sekeliling chassis. Dengan guratan garis di sekitar area palm rest membuatnya tampak ramping dan tetap terlihat bersih.


2. Tangguh Dengan Military-Grade 
Anda akan berpikir ulang jika membawa laptop yang memiliki bobot yang berat, dan ringkih saat terbentur dengan benda keras, tertekan saat berada di dalam tas, dan terjatuh karena hal-hal yang tidak disengaja saat penggunaan sehari-hari. 

ASUS TUF Gaming A15 sudah melalui berbagai pengujian seperti uji jatuh, guncangan, kelembaban dan temperatur ekstrem  sehingga telah memenuhi standar MIL-STD-810H. Sehingga laptop ini bisa diandalkan bahkan untuk kondisi paling sulit sekalipun, sehingga Anda bisa lebih kreatif dan produktif untuk menciptakan karya-karya, inovasi baru, atau jadi pemenang saat bermain game.  


3. Anti Panas Dengan Pendinginan Canggih 
Bagi penggemar game tentu mencari laptop yang tidak cepat panas agar saat bermain game berat tetap nyaman. Begitu juga saat pengguna mengedit foto/video atau rendering video. ASUS TUF Gaming A15 sudah menggunakan pendinginan canggih agar laptop  tetap memiliki performa tinggi dan efektivitas dalam jangka panjang saat bermain game atau membuat konten. 

Laptop ini dilengkapi dengan serangkaian heatpipe dan tiga buah heatsink yang memiliki fungsi untuk menarik panas jauh-jauh dari komponen utama dan melepaskannya secara cepat terutama saat sedang dalam sesi gaming yang intens.

Selain itu, desain kipas yang disematkan pada laptop ini memiliki fitur self-cleaning cooling system untuk memastikan bahwa setiap perangkat bisa tetap mampu digunakan untuk jangka panjang. Di sisi lain, pilihan mode operasi akan mengimbangi tingkat kebisingan dengan tingkat temperatur sistem, tergantung tugas apa yang sedang dibebankan pengguna pada laptop ini.

Adapun dua buah anti-dust tunnel yang terssedia di ujung dari kipas akan menangkap debu dan partikel yang masuk serta mengarahkannya langsung keluar dari chassis. Dengan metode ini mampu meningkatkan stabilitas sistem secara keseluruhan dengan mencegah penumpukan kotoran yang berpotensi untuk menurunkan performa komponen pendinginan internal.


4. Performa Dapat Diandalkan 
Pengguna laptop akan lebih kreatif dan produktif saat laptop yang digunakannya berjalan dengan cepat dan tanpa ada lag atau jeda. ASUS TUF Gaming A15 sudah menggunakan CPU hingga 8-core AMD Ryzen 7 4800 Series yang memiliki 16 Thread untuk performa multitasking yang tinggi dan cepat. 

Selain itu urusan grafis, TUF Gaming menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX GTX 1660Ti  hingga RTX 2060 yang dapat menghasilkan frame rate tinggi sehingga tetap lancar saat bermain berbagai permainan populer yang terkenal berat sekalipun.  

Laptop ASUS TUF Gaming A15 juga memiliki waktu load super cepat karena menggunakan SSD NVME PCIe hingga 1TB dan dilengkapi dengan slot tambahan untuk SSD kedua. Bagi konten kreator dan gamer tentu sangat diuntung pasalnya bisa menyimpan file game yang berukuran besar atau menyimpan file-file film atau video berukuran besar sekalipun. 

Dengan CPU dan  GPU yang dimiliki maka laptop ini dapat diandalkan untuk digunakan bermain game dan berbagai aktivitas lainnya seperti mengedit gambar, rendering video atau melakukan live streaming saat bermain game AAA sekalipun.    

Load time yang lebih cepat artinya lebih sedikit waktu untuk menunggu dan lebih banyak waktu untuk benar-benar bermain atau bekerja. Tambahan slot M.2 juga memungkinkan Anda melakukan upgrade storage dan menyimpan lebih banyak data.

Dengan dukungan up to 32GB dual channel DDR4 3200 memory, ASUS TUF Gaming 15 dapat menangani multitasking serius sampai rendering multimedia dengan kecepatan tinggi. RAM berkecepatan tinggi menawarkan bandwidth yang cukup untuk belajar, menjelajah web, streaming video secara simultan dengan performa yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Kombinasi hardware efisien dari AMD dan NVIDIA di dalamnya sanggup menghasilkan masa aktif yang panjang untuk web browsing dan memutar video.

Buat pengguna yang butuh performa lebih lanjut, ada pula opsi yang menggunakan prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX2060 dengan 6GB GDDR6 VRAM untuk performa yang jauh lebih tinggi. 


5. Keyboard Untuk Gaming
Bagi seorang gamer, tentu mencari laptop dengan keyboard yang bisa dioptimalkan untuk bermain game sehingga tidak lagi membutuhkan keboard khusus. ASUS TUF Gaming A15 dilengkapi dengan keybord bergaya desktop yang dioptimalkan. Penempatan tombol yang tidak tepat ataupun layout yang terlalu padat bukanlah jenis keyboard laptop yang dibutuhkan para gamers saat mereka bertempur dengan lawan.

Keyboard ASUS TUF Gaming memiliki jejeran tombol function key yang dapat digeser ke atas sama sepert keyboard desktop. Selain itu keyboardnya memiliki lampu latar RGB yang seragam memungkinkan Anda mengekspresikan gaya unik Anda sendiri, sementara aksen WASD yang disorot memberi shortcut visual ke perintah gerakan tombol. Tombol WASD yang diberi ketegasan dengan tombol transparan akan mempermudah Anda menemukan tombol tersebut saat sedang bertarung ketat ataupun bermain di dalam gelap.

Teknologi Overstroke memicu lebih tinggi di setiap keystroke untuk respons yang lebih cepat dan kontrol yang mudah. Dalam bentuk sejati TUF, setiap tombol cukup tahan lama untuk menahan lebih dari 20 juta tekanan untuk keandalan dan presisi jangka panjang yang luar biasa.

Selain itu, numeric pad lengkap ditempatkan di kanan untuk mempercepat input angka. Tombol panah juga ditempatkan agak sedikit terpisah dengan tombol lainnya pada keyboard untuk menawarkan pengalaman bermain game yang lebih nyaman. Tak hanya itu, tombol spacebar pun diperlebar untuk memudahkan jari pengguna menyentuhnya.

Tak hanya itu, ada juga overstroke technology akan membuat setiap penekanan pada tombol akan mendapatkan respons yang lebih cepat. ASUS mengklaim, setiap tombol keyboard pada TUF Gaming ini cukup tangguh untuk menahan 20 juta kali tekan, demi mendapatkan kehandalan dan presisi jangka panjang.


6. Layar Jernih dengan Refresh rate hingga 144Hz
Selain performa, layar sangat penting bagi seorang gamer atau konten kreator agar lebih aktif dan kreatif. Laptop ASUS TUF Gaming ini memiliki layar IPS-Level dengan refresh rate hingga 144Hz. Dengan refresh rate tinggi maka berbagai game dengan kepadatan gambar yang sangat rapat sekalipun dapat dimainkan tanpa ada lag atau jeda. 

Layarnya selain mampu menyajikan pengalaman gaming yang lebih memuaskan, ASUS juga mendukung adaptive sync untuk mereduksi lag, meminimalisir stuttering dan meniadakan visual tearing yang mengganggu saat sedang bermain.


7. Baterai Berkapasitas Besar 
Baterai yang tahan lama pasti dibutuhkan oleh pengguna laptop dimanapun agar bisa bisa digunakan lebih lama tidak buru-buru mengisi ulang termasuk para gamer dan content creator. ASUS TUF Gaming dilengkapi baterai 48Wh yang lebih besar untuk masa pakai baterai yang superior. 

Laptop ini sudah memiliki pendinginan pembersihan-diri yang efisien dan bergabung dengan daya tahan kelas-militer TUF yang khas untuk menjadikan laptop ini dapat diandalkan oleh para gamer saat bepergian.

Selain itu yang membuatnya hemat daya adalah Prosesor AMD Ryzen 7 yang dapat digunakan untuk pemutaran video hingga 12,3 jam, dan bisa digunakan selama 8,7 jam untuk berselancar. Selain itu baterainya sanggup bertahan hingga 5 jam lebih pada pengujian PCMark 10 Battery untuk Modern Office. 


8. Konektivitas Lengkap 
Bagi seorang gamer dan Content Creator kelengkapan konektivitas sangat dibutuhkan. Laptop ASUS TUF Gaming A15 tidak kekurangan konektivitas karena memiliki jumlah port input-output yang lengkap. 
Laptop ini bisa menyambungkan perangkat favorit dan langsung menggunakannya di manapun. Ada dua port USB 3.2 Type-A yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta tambahan sebuah port USB 2.0 Type-A, sehingga total ada tiga port input untuk aksesoris kesayangan pengguna.

Fitur Bluetooth juga tersedia jika pengguna ingin menghubungkan mouse, headphone dan perangkat kompatible lainnya agar meja kerja bisa lebih rapi, terbebas dari kabel-kabel yang mengganggu. Dan jika Anda ingin menghubungkan laptop ini dengan monitor, bisa juga melakukannya lewat port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4 yang berkemampuan G-SYNC dan mainkan film, video, dan game 4K Ultra HD di TV layar lebar dengan HDMI 2.0b.

Sedangkan untuk konektivitas internet menggunakan akses Wi-Fi, pengguna ASUS TUF Gaming A15 bisa memanfaatkan WiFi 802.11ac (2x2) untuk koneksi jaringan yang cepat untuk bermain game online atau streaming.


9. Kemudahan Upgrade
Selain itu bagi Anda yang ingin mengupgrade RAM dan SSD laptop ini memiliki kemudahan saat ingin mengupgrade dengan cepat ke slot memori dan ruang penyimpanan. Dengan obeng standar, Anda dapat dengan mudah melepas sekrup di bagian bawah sasis untuk melakukan modifikasi yang diinginkan. 

Sekrup pop-terbuka khusus menaikkan satu sudut panel bawah, sehingga lebih mudah untuk dipisahkan. Tingkatkan atau ganti RAM Anda dengan cepat, atau tingkatkan kapasitas SSD responsif Anda dengan menambahkan drive PCIe kedua.

Dengan menambah kapasitas RAM serta storage, laptop ini akan punya kemampuan yang cukup untuk menemani penggunanya dalam jangka waktu yang panjang hingga beberapa tahun ke depan.


10. Audio Menggelegar 
Bagi penggemar game dan konten kreator pasti membutuhkan audio yang menggelegar sehingga saat digunakan bermain game suaranya tampak jelas sehingga bisa mengetahui kedatang musuh-musuhnya. Atau bagi konten kreator dalam bidang seni musik dan film sangat dibutuhkan agar hasil suaranya lebih optimal. 

ASUS TUF Gaming A15 memiliki dual speaker yang ditingkatkan dengan empat cut-out memompa 1.8x lebih banyak suara dengan 2.7x bass lebih dalam dari generasi sebelumnya untuk pengalaman audio yang lebih kaya. DTS X Ultra technology memberikan suara surround virtual 7.1-kanal berkualitas tinggi untuk audio berkualitas teater dengan headset stereo. 

Temukan musuh Anda dengan kesadaran spasial yang disempurnakan yang diberikan oleh suara, atau nikmati nuansa pertunjukan musik berlapis. Hingga 8 mode prasetel untuk musik, film, dan genre game mengoptimalkan pengalaman Anda lebih jauh, sementara equalizer bawaan memungkinkan Anda menyempurnakan pengaturan Anda sesuka hati.

Secara software, laptop ini juga menyediakan 8 buah preset audio, mulai dari music, movie dan genre-genre gaming untuk mengoptimalkan pengalaman bermain Anda lebih lanjut. Tersedia pula built-in equalizer untuk kustomisasi audio lebih lanjut.

Sama seperti gaming notebook ASUS lainnya, seri TUF Gaming terbaru ini juga menawarkan mode operasional yang beragam, sehingga cocok digunakan untuk skenario dan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.


11. Dilengkapi Dengan Windows Default
Pilihannya mulai dari mode Windows yang akan mengikuti setting default sistem operasi. Opsi Silent untuk performa maksimal namun pada tingkat kebisingan kipas di bawah 35dB. Pada mode ini, performa laptop masih cukup baik untuk beban kerja ataupun multimedia ringan.

Pada mode Performance, laptop meanwarkan keseimbangan antara kinerja dan temperatur dengan tingkat kebisingan yang masih rasional, yakni di bawah 40dB. Mode ini cocok untuk gaming di berbagai skenario, dan dipilih oleh ASUS sebagai mode standar laptop ini.

Di mode Turbo, pengguna akan menikmati performa tertinggi dari laptop ini, tanpa ada hambatan apapun dari sisi setting. Adapun opsi Manual memungkinkan pengguna untuk mengatur setting performa dan kebisingan kipas sesuai dengan preferensi pribadi.


12. Memiliki Fitur Armory Crate 
Armory Crate menyatukan kontrol sistem dan pencahayaan untuk menempatkan pengaturan penting di ujung jari Anda dalam satu utilitas. Opsi penyesuaian yang luas memungkinkan Anda mempersonalisasi efek estetika, menyempurnakan profil game, dan menyesuaikan pengaturan audio agar sesuai dengan preferensi Anda. 

Dengan Profil Skenario, Anda dapat menentukan dan menyesuaikan preferensi yang secara otomatis menyesuaikan kinerja dan pengaturan lain ketika Anda meluncurkan aplikasi dan game favorit Anda. Kendalikan sepenuhnya pengalaman Anda dan menjadikannya sepenuhnya milik Anda.



Dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh ASUS TUF Gaming A15 FX506 maka kami rekomendasikan laptop ini untuk mewujudkan cita-cita Anda sebagai seorang Content Creator atau Gamer Profesional. Tinggal sesuaikan dengan passion Anda masing-masing. 


0 komentar:

Post a Comment test