Jul 2, 2020

Prediksi Soal Pembatik Level 3

Prediksi Soal Pembatik Level 3


Soal Pembatik Level 3 - Di tengah pandemi covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar program PembaTik (Pembelajaran Berbasis TIK) untuk guru-guru semua jenjang dari SD, SMP, SMA atau SMK baik negeri maupun swasta dan semua mata pelajaran.

Tahun 2020 ini pesertanya lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya karena selain dalam masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) atau masa AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), juga dalam masa liburan akhir tahun pelajaran sehingga bisa diikuti oleh puluhan ribuan guru dari rumahnya masing-masing. 

Selain itu kegiatan PembaTIK juga akan memberikan sertifikat secara online jika peserta berhasil mengerjakan tugas-tugas dan ujian akhir dari mulai level 1, level 2.  Untuk mendapatkan sertifikat level 3 maka peserta harus lulus tes akhir dengan nilai 30% dari 100%. Nilai terbesar adalah 60% untuk tugas pembuatan video dan 10% untuk diskusi. 

Nah pada kesempatan ini kami memberikan prediksi soal PembaTIK Level 3 untuk bahan pembelajaran bagi bapak dan ibu guru yang sedang mengikuti level 3. 

Berikut Prediksi Soal PembaTIK Level 3 : 

1. Pernyataan berikut ini yang paling tepat terkait dengan media video adalah ....

A. Memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya
B. Memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya 
C. Tidak memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya
D. Dapat menstimulir efek gerak

2. Pedoman utama yang digunakan dalam pembuatan media video pembelajaran adalah ....
A. Ide cerita 
B. Kurikulum
C. Kejadian sehari-hari
D. Teori pembelajaran

3. Tahapan perancangan meliputi ....
A. Ide, GBIM & JM, Penyusunan naskah, Pengkajian naskah 
B. Rembuk naskah, casting, hunting, crew meeting, syuting
C. Editing, mixing, preview, uji coba, revisi, distribusi
D. Membuat storyboard, hunting, syuting

4. Hasil akhir dari kegiatan produksi adalah ....
A. Storyboard 
B. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan 
C. Sekumpulan clip video dan suara yang siap diedit 
D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji

5. Hasil akhir dari kegiatan pasca produksi adalah ....
A. Storyboard
B. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan 
C. Sekumpulan clip video dan suara yang siap diedit 
D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji

6. Dalam penyusunan naskah, yang bertugas menjaga aspek penyajian yang meliputi kemenarikan penyampaian materi sesuai karakteristik media video, karakteristik pemain, perwatakan, animasi, adegan, konflik, musik, sound effect, format program, dan alur program adalah ....
A. Pengkaji materi 
B. Pengkaji bahasa
C. Pengkaji media 
D. Guru

7. Ukuran shot yang terbatas hanya pada wajah seseorang berfungsi untuk mendetilkan ekspresi, siapa dan bagaimana (feel emosi) seperti marah, takut, jatuh cinta, senang, sedih dan lain-lain disebut dengan .....
A. MS
B. XLS
C. BCU 
D. XCU

8. Efek transisi yang paling tepat dipergunakan untuk perubahan waktu, menyampaikan dua informasi dalam satu frame, perubahan waktu setempat secara perlahan, flashback, dan bayangan pikiran adalah ....
A. Fade in
B. Dissolve 
C. Fade out
D. Fade to black

9. Untuk melihat apakah media video pembelajaran yang dibuat sesuai dengan perencanaan awal/ naskah, maka dilakukan tahapan ....
A. Editing
B. Uji coba
C. Revisi
D. Preview 

10. Proses mengubah video project di aplikasi Kine Master menjadi satu file video utuh disebut dengan ....
A. Rendering 
B. Recording
C. Trimming
D. Editing


11.Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan guru:
Diperlukan media pembelajaran untuk praktek kerja namun sekolah kekurangan alat dan bahan praktek pembelajaran yang bersifat individu. Beberapa praktek juga memiliki nilai resiko. Rekomendasi media yang paling tepat adalah ….
A. Laboratorium virtual reality
B. Laboratorium podcast audio
C. Laboratorium kelas virtual
D. Laboratorium multimedia interaktif

12. Salah satu tantangan pendidikan di era revolusi industri keempat adalah perlunya pembelajaran yang kolaboratif, kreatif, interaktif di kelas. Teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menjawab tantangan tersebut adalah ….
A. Komputasi awan
B. Kecerdasan buatan
C. Digitalisasi
D. Internet of things

13. Guru membuat rencana pembelajaran Ilmu Sosial untuk siswa SMP kelas VIII tentang Interaksi Sosial Tingkat Regional dengan media gamifikasi. Guru menggunakan suatu aplikasi untuk mengukur capaian dan portofolio hasil. Kompetensi sosial yang hendak dicapai melalui gamifikasi adalah ….
A. Pengetahuan mengenai perbedaan interaksi sosial antar negara
B. Keterampilan bermain game pembelajaran di aplikasi
C. Kemampuan kolaborasi, kepemimpinan, dan kompetisi
D. Kemampuan mengingat jenis-jenis interaksi sosial

14. Contoh pemanfaatan media pembelajaran tipe by utilization adalah ….
A. Guru mendesain materi presentasi sesuai dengan kebutuhan kelas
B. Guru mengunduh video di fitur portal Rumah Belajar untuk dipakai di kelas
C. Guru membuat video pembelajaran dengan ponselnya untuk dipakai di kelas
D. Guru mengembangkan multimedia interaktif dengan authoring tools

15. Jenis media berisi episode rekaman program tertentu(audio/video), dikemas dalam format digital yang dapat diakses/diunduh adalah ….
A. Video pembelajaran
B. Augmented reality
C. Multimedia
D. Podcast

16. Video berisi rekaman ceramah, presentasi, audio, atau webcam materi untuk dipelajari oleh audiens, disebut video pembelajaran jenis ….
A. Animasi
B. Training
C. Screencast
D. Lecturer

17. Media digital yang yang dapat digunakan untuk belajar pengenalan visual misalnya mengamati bentuk dan gerakan hewan, atau menyajikan keterampilan teknik menendang bola adalah ….
A. Podcast audio
B. Radio streaming
C. Video pembelajaran
D. Game based learning

18. Dunia menghadapi pandemik covid-19 pada tahun 2020. Layanan pendidikan harus tetap diberikan dengan beberapa perubahan, misalnya menjadi pembelajaran jarak jauh (distance learning). Lingkungan pembelajaran pun berubah dengan memanfaatkan teknologi digital. Contoh perubahan lingkungan belajar adalah ….
A. Penyampaian konten oleh guru dominan ekspositori
B. Kompetensi guru tidak bisa berkembang/meningkat
C. Peran orang tua sangat diperlukan sebagai pendamping belajar
D. Orang tua mengembangakan konten dan aplikasi pembelajaran

19. Salah satu aspek dalam support system adalah infrastruktur andal agar penerapan pembelajaran dengan teknologi digital seperti kelas virtual untuk distance learning pada pendidikan formal berjalan optimal. Bagaimana contoh dukungan infrastruktur dalam penerapan pembelajaran formal dengan kelas virtual?
A. Penggunaan infrastruktur yang mudah diakses sesuai kondisi geografis
B. Penggunaan perangkat teknologi high-end agar semua aplikasi bisa dipakai
C. Pembelian infrastruktur yang paling familiar dengan tim teknis
D. Pengembangan konten digital untuk mengisi kelas virtual

20. Untuk mengintegrasikan media berteknologi digital, guru perlu menguasai tiga dasar pengetahuan yaitu: teknologis, pedagogis, konten. Contoh pengetahuan konten untuk integrasi media adalah ….
A. Menguasai metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
B. Menguasai substansi keilmuan yang akan disajikan melalui media
C. Mengetahui perangkat dan sumber daya teknologi yang tepat untuk belajar
D. Memiliki kemampuan mensinergikan tujuan belajar dengan aktivitas belajar

21. Video merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik karena dalam video terdapat komponen yang menyajikan ….
A. Laman interaktif dan Animasi
B. Audio dan laman interaktif
C. Visual dan laman interaktif
D. Audio dan Visual

22. Perhatikan pernyataan berikut
1. Menampilkan gambar dengan gerak, serta suara secara bersamaan.
2. Menampilkan benda yang sangat tidak mungkin ke dalam kelas 3. karena terlalu besar (gunung), terlalu kecil (kuman), terlalu abstrak (bencana), terlalu rumit (proses produksi), terlalu jauh (kehidupan di kutub) dan lain sebagainya.
4. Proses pembuatan media sangat singkat
5. Memungkinkan adanya rekayasa (animasi).
Sebagai sebuah media pembelajaran yang merupakan karakteristik video pembelajaran ditunjukan oleh nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 4
D. 1, 2, 4

23. Salah satu aspek kelebihan video pembelajaran sebagai media yaitu ….
A. Merupakan media interkatif
B. Dapat menstimulir efek gerak
C. Mudah dalam proses pembuatanya
D. Peralatan yang dibutuhkan sederhanan

24. Perhatikan aspek berikut
1. Usia
2. Peralatan
3. Pendidikan
4. Produktifitas
Dalam pembuatan video pembelajaran terdapat aspek yang perlu diperhatikan agar keberhasilan penyampaian pesan. Aspek yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan video pembelajaran ditunjukan oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3

25. Pada proses pra produksi hal yang perlu dipersiapkan adalah ….
A. Storyline
B. Kamera
C. Lighting
D. Laptop

26. Dalam menciptakan gambar yang bagus diperlukan adanya olah rasa (taste) dan Teknik. Salah satu teknik pengambilan gambar yaitu memilih tingkat keluasan frame sering disebut dengan …
A. Type of shot
B. Camera angle
C. Camera movement
D. Camera Type

27. Penempatan tinggi kamera sangat menentukan titik pandang mata penonton. Salah satu jenis penempatan ketinggian kamera sejajar dengan mata objek yang memberikan kesan normal sesuai dengan pandangan mata seseorang yang berdiri disebut ….
A. High Angle
B. Low Angle
C. Eye Level
D. Over head

28. Dalam proses pembuatan video diperlukan berbagai alat yang mendukung proses produksi. Alat yang digunakan sebagai alat bantu pengambilan video agar gambar yang dihasilkan lebih stabil, tidak goyang yaitu ….
A. Microphone
B. Lighting
C. Kamera
D. Tripod

29.Kegiatan memadukan gambar dan suara agar menjadi satu kesatuan program yang enak dilihat dan didengar. Dalam proses pasca produksi proses tersebut merupakan langkah  ….
A. Insert
B. Mixing
C. Preview
D. Rendering

30. Dalam aplikasi Camtasia terdapat fitur yang digunakan untuk mengubah keluasan dan posisi frame yang dinamakan dengan fitur …
A. Annotation
B. Transition
C. Behavior
D. Zoom-n-pan

31. Pemicu suatu animasi bergerak dengan menggunakan tombol berupa objek merupakan fungsi fitur...
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger

32. Bagian articulate yang berisi beberapa slide dinamakan....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger

33. Bagian articulate yang menampilkan konten media pembelajaran dinamakan....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger

34. Lapisan yang digunakan untuk memisahkan objek atau konten yang satu dengan lainnya agar dapat diperlakukan secara bebas sesuai keinginan tanpa mengganggu objek lain disebut....
A. Slide
B. Layer
C. Scene
D. Trigger

35. Fitur yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp3 adalah...
A. Audio
B. Caption
C. Character
D. Video

36. Fitur yang digunakan untuk menginput berbagai jenis karakter animasi adalah...
A. Shape
B. Caption
C. Character
D. Video

37. Fitur yang digunakan untuk menginput berbagai jenis karakter animasi adalah...
A. Shape
B. Caption
C. Character
D. Video

38. Media atau project yang dibuat memanfaatkan articulate storyline memiliki format...
A..storyline
B..articulate
C..story
D.line

39. Fitur yang digunakan untuk menginput file berjenis flash adalah...


A. Shape
B. Flash
C. Character
D. Video

40. Jika pertama kali membuka articulate storyline, maka dapat dilakukan dengan mengklik
A. Ctrl + C
B. Ctrl + V
C. Ctrl + N
D. Ctrl + P

41. Agar TIK dapat berjalan efektif di sekolah, setidaknya ada beberapa elemen yang harus diperhatikan yaitu ....
A. hardware, software, konten, sumber daya manusia (SDM) dan kebijakan
B. hardware, software, konten, kepala sekolah dan kebijakan
C. hardware, software, konten, kepala sekolah dan guru TIK
D. hardware, software, multimedia, kepala sekolah dan kebijakan

42. Pemilihan model pembelajaran dalam melakukan inovasi sangat bergantung pada, kecuali ....
A. Sarana prasarana di sekolah
B. Karakter peserta didik di sekolah
C. Kurikulum yang digunakan di sekolah
D. Masyarakat di sekitar sekolah

43. Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi, kecuali ....
A. Cara belajar siswa
B. Cara mengajar guru
C. Perkembangan bahan ajar
D. Perkembangan partisipasi siswa dalam belajar

44. Menggunakan media dan teknik presentasi yang baik merupakan salah satu cara mengelola pembelajaran dengan tujuan
1. Menarik perhatian siswa
2. Merepotkan dan membebani guru
3. Meningkatkan pemahaman siswa
4. Meningkatkan motivasi belajar siswa
Pernyataan yang benar adalah ....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1), (3) dan (4)

45. Definisi TIK menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk bekomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ....
A. Mikroskop
B. Komputer
C. Proyektor
D. Televisi

46. Untuk memudahkan menetapkan materi pembelajaran dengan inovasi, dapat mengacu pada rumusan ....
A. Kompetensi dasar
B. Indikator
C. Sumber belajar
D. Metode pembelajaran

47. Di bawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1. potensi peserta didik, karakter mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersedian referensi
5. relevasi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran untuk melakukan inovasi, guru harus memperhatikan pernyataan ....
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (2), (3), (5) dan (6)
C. (1), (2), (3) dan (5)
D. (1), (2), (4) dan (5)

48. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran untuk inovasi yang menunjang pencapaian kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan hal-hal berikut ini, kecuali ....
A. Potensi peserta didik
B. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik
C. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru
D. Kedalaman dan keluasan materi pembelajaran

49. Dalam menentukan rencana implementasi inovasi pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, kecuali ....
A. Menentukan model yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
B. Model yang dipilih hendaknya dapat memotivasi dan mendorong siswa untuk belajar mandiri
C. Menentukan rincian materi yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran
D. Beberapa model yang dapat dipilih antara lain pembelajaran discovery inquiry, pembelajaran berbasis proyek, blended learning, flipped classroom, pembelajaran berbasis game, SOLE dan lain-lain

50. Bagaimana pendapat sahabat jika ada seorang guru bahasa Indonesia di suatu sekolah yang menggunakan televisi dalam melakukan inovasi pembelajaran?
A. Setuju karena dapat melatih siswa mengamati dengan baik
B. Setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan
C. Kurang setuju karena televisi sering menayangkan hal yang kurang mendidik
D. Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi dasar yang hendak dicapai

51. Sebuah alat/lingkungan yang disediakan untuk mengintegrasikan content dan functions pada sebuah project disebut.... 
A. Authoring Tools 
B. Outhoring Tools 
C. Automotive Tools 
D. Outsourching Tools

52. Di bawah ini merupakan berbagai macam elemen multimedia yang termasuk dalam project multimedia, kecuali.... 
A. Animasi
B. Gambar 
C. Grafik 
D. Huruf Braile

53. Multimedia Authoring Tools yang berbasis pada penggunaan “halaman buku” sebagai medianya disebut.... 
A. Card or Page Based Tools 
B. Icon Based 
C. Time Based and Presentation Tools 
D. Book Tools

54. Multimedia Authoring Tools yang penggunaannya sama dengan flowchart disebut....
A. Card or Page Based Tools
B. Icon Based 
C. Time Based and Presentation Tools 
D. Book Tools

55. Multimedia Authoring Tools yang bidang pengorganisasiannya berada disepanjang garis timeline....
A. Card or Page Based Tools 
B. Icon Based 
C. Time Based and Presentation Tools 
D. Book Tools

56. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika memanfaatkan Articulate Storyline, kecuali.... 
A. meramu berbagai jenis media(slide, video, foto, suara, teks) 
B. menyusun alur navigasi, 
C. interaksi simulasi, dan menyusun tes. 
D. Bahan ajar tidak dapat segera di sebarluaskan dengan berbagai cara seperti di web berbasis HTML, CD, mobile device atau dipasang pada LMS.

57. Sebagian besar aktivitas sahabat di Storyline akan dilakukan pada tab.... 
A. Home 
B. Insert 
C. Transition 
D. View

58. Fitur yang digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk bangun datar adalah....
A. Shape 
B. Caption 
C. Character 
D. Video

59. Fitur yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp4 adalah....
A. Shape 
B. Caption 
C. Character 
D. Video

60. Untuk memindahkan file yang berasal dari powerpoint pada articulate storyline, digunakan fitur.... 
A.New 
B.Import 
C. Character 
D. Audio

61. Analisis kebutuhan di kelas XI SMK Teknik Kimia Industri:Permasalahannya adalah laboratorium kurang alat dan bahan untuk percobaan dan beberapa praktek bersifat membahayakan. Rekomendasi media pembelajaran yang tepat dalam analisis kebutuhan tersebut adalah ….
a. Video pembelajaran
b. Laboratorium maya (VR)
c. Podcast penjelasan praktek
d. Game-based learning

62. Salah satu tantangan pembelajaran di era sekarang adalah diperlukannya personalisasi belajar.Teknologi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi personalisasi belajar adalah ….
a. Konektivitas 5G
b. Internet of Things (IoT)
c. Komputasi awan (cloud computing)
d. Kecerdasan buatan (artificial intelligence)

63. Di dalam rencana pembelajaran, pemanfaatan media podcast video-video untuk mempelajari materi dicantumkan pada komponen ….
a. Tujuan belajar
b. Alokasi waktu
c. Aktivitas belajar
d. Asesmen

64. Video pembelajaran dapat dikembangkan sendiri oleh guru dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik lalu digunakan di kelas. Tetapi guru juga bisa mengunduh video pembelajaran dari web kemudian dimanfaatkan di kelas. Kedua tipe pemanfaatan media di atas disebut ….
a. by design dan by utilization
b. by analyze dan by implementation
c. by utilization dan by development
d. by development dan by design

65. Gambar berikut menunjukkan pemanfaatan media digital yang disebut ….


a. Gamifikasi
b. Animasi
c. Virtual reality
d. Augmented reality

66. Video yang isinya terdiri dari rekaman layar yang dirancang untuk mengajarkan seseorang untuk melakukan tugas atau berbagi pengetahuan, disebut video pembelajaran jenis ….
a. tutorial
b. screencast
c. lecture
d. animasi

67. Berikut ini merupakan perbedaan karakteristik antara gamifikasi dan game-based learning(pembelajaran berbasis game) ….
a. dalam gamifikasi dirancang aktivitas belajar yang seperti permainan, sedangkan dalam gamebased learning diterapkan elemen atau framework game dalam pembelajaran
b. dalam gamifikasi diterapkan elemen atau framework game dalam pembelajaran, sedangkan dalam game-based learning dirancang aktivitas belajar yang seperti permainan
c. dalam gamifikasi dibangun lingkungan tiga dimensi (3D) interaktif virtual untuk belajar,
sedangkan dalam game-based learning media pembelajaran dikemas dalam bentuk tiga dimensi (3D) digital
d. dalam gamifikasi media pembelajaran dikemas dalam bentuk tiga dimensi (3D) digital,
sedangkan dalam game-based learning dibangun lingkungan tiga dimensi (3D) interaktif virtual untuk belajar

68. Ciri-ciri lingkungan pembelajaran sistemik dan komprehensif adalah ….
a. Pemerintah memastikan guru berkesempatan meningkatkan kompetensi
b. Guru dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik
c. Sarana dan media pembelajaran tersedia di sekolah
d. Akses dan konektivitas pembelajaran masih terbatas

69. Komponen pendukung (support system) yang diperlukan dalam pembelajaran dengan menggunakan media berteknologi digital antara lain ….
a. Motivasi belajar, buku pelajaran, media digital
b. Karakteristik siswa, kurikulum, sumber belajar
c. Kebijakan pendidikan, infrastruktur TIK, anggaran
d. Guru/pendidik, lingkungan belajar, bahan ajar

70. Apabila pemanfaatan media berteknologi digital sudah melewati tahap sosialisasi, penerapan, dan bahkan internalisasi pada semua komponen pembelajaran, maka kondisi pemanfaatan teknologi pembelajaran di lingkungan tersebut mencapai tahap ….
a. Transformasi
b. Aplikasi
c. Inovasi
d. Difusi


Prediksi Soal Pembatik Level 3
4/ 5
Oleh

1 comment

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon