Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang

Sunday, July 26, 2020
Rangkuman Materi IPS kelas 7 Semester 1 Tentang Ruang dan Interaksi Antarruang


Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang - Bagi bapak dan ibu guru mata pelajaran IPS kelas 7 SMP tentu materi pertama yang diberikan kepada peserta didik yakni BAB I Manusia, Tempat dan Lingkungan dengan sub materi Pengertian Ruang dan Interaksi antarruang. 

Rangkuman materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil ini mungkin sangat dibutuhkan bapak dan ibu guru yang mengampu pelajaran IPS untuk dibagikan kepada peserta didiknya yang saat ini masih belajar di rumah karena saat ini masih dalam kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru. 

Berikut rangkuman materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Ruang dan Interaksi Antarruang yang diambil dari Buku Siswa IPS SMP Kelas 7 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Pengertian Ruang
Ruang adalah tempat di  permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh  makhluk hidup untuk tinggal.  

Pengertian Antarruang
Interaksi antarruang adalah pergerakan orang, barang atau informasi dari satu daerah ke daerah lain atau dari daerah asal menuju daerah tujuan.

Interaksi dalam pergerakan manusia ini sering disebut dengan istilah mobilitas penduduk. Sementara itu interaksi dalam bentuk perpindahan barang disebut dengan transportasi.  Sedangkan interaksi dalam bentuk gagasan disebut dengan komunikasi

Ada beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan yaitu saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity)  dan  keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability).

Saling  melengkapi  (Complementarity)  atau  disebut  pula Regional Complementary adalah kondisi saling melengkapi yang terjadi jika ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya. Misalnya, wilayah Indramayu merupakan penghasil padi, sedangkan  wilayah  Subang merupakan penghasil sayuran. Wilayah Indramayu membutuhkan sayuran, sedangkan wilayah  Subang  membutuhkan padi. Jika masing-masing  memiliki kelebihan (surplus), maka  wilayah Indramayu  melakukan  interaksi dengan wilayah Subang dalam melalui aktivitas perdagangan atau jual beli.

Kesempatan antara (Intervening opportunity) merupakan   suatu   lokasi   yang   menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal  maupun tempat tujuan.  Jika seseorang akan membeli suatu produk, maka ia akan memperhatikan faktor jarak dan biaya untuk memperoleh produk tersebut. Contohnya, pedagang beras dari Karawang biasanya membeli beras dari pasar Induk Jakarta, tetapi sejak ada pasar induk di Cikopo maka mereka lebih dekat membeli beras di Cikopo sehingga terjadi interaksi antara wilayah Karawang ke Cikopo.

Kemudahan transfer (transferability). Pengangkutan  barang  atau  juga  orang  memerlukan  biaya, biasanya biaya yang dicari adalah biaya yang lebih rendah. Jika biaya tersebut terlalu tinggi dibandingkan dengan keuntungannya, maka interaksi antar ruang tidak akan terjadi. Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan juga sangat tergantung pada ketersediaan   infrastruktur  (sarana dan prasarana) yang menghubungkan daerah asal dan tujuan. Sebagai contoh jika jalan dari desa ke kota rusak maka mereka sulit mendapatkan harga yang murah karena jalannya mengalami kerusakan, tetapi jika jalannya mudah dilalui maka barang-barang yang ada di daerah tersebut biasanya akan lebih murah.

Itulah materi pembelajaran tentang ruang dan interaksi antarruang, mudah-mudahan materi ini ada manfaatnya bagi bapak dan ibu guru yang sedang mencari materi IPS Kelas 7 semester ganjil.  Untuk lebih jelasnya silakan bagikan video pembelajaran tentang Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang di bawah ini : 


0 komentar:

Post a Comment test