RPP Daring Bahasa Indramayu Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013

Thursday, July 23, 2020
RPP Daring Bahasa Indramayu Kelas 9 Semester Ganjil

RPP Daring Bahasa Indramayu Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 - Tahun pelajaran 2020/2021 dijadwalkan akan dilaksanakan pada  pertengahan bulan Juli 2020 mendatang. Tetapi masih ada pro dan kontra sekolah bisa mengadakan pembelajaran tatap muka pada tahun pelajaran baru karena masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di tanah air.   

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tetap  memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.  Sehingga Kemdikbud mengeluarkan syarat sekolah bisa menggelar pembelajaran tatap muka adalah sebagai berikut :


1. Pembelajaran tatap muka bagi satuan pendidikan di kabupaten/kota dalam zona hijau dilakukan secara sangat ketat dengan persyaratan berlapis.
2. Jika pemerintah daerah atau Kantor Wilayah/Kantor Kementerian Agama memberi izin.
3. Jika satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa dan siap melakukan pembelajaran tatap muka.
4. Orang tua/wali murid menyetujui putra/putrinya melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.

Jika salah satu dari empat syarat tersebut tidak terpenuhi, peserta didik melanjutkan Belajar dari Rumah secara penuh,” demikian ungkap Mendikbud.

Nah bagi bapak dan ibu guru, membuat perangkat tentu harus disesuaikan dengan situasi saat ini. Kemungkinan pembelajaran masih menggunakan moda daring atau online yang tidak memberatkan siswa dan penilaiannya bersifat kualitatif bukan kuantitatif berupa angka-angka.

Ada banyak moda daring yang bisa diterapkan pada masa AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) oleh guru kepada peserta didiknya, diantaranya :

1. Video Conference
Guru bisa menggunakan aplikasi video conference baik menggunakan smartphone atau laptop seperti :
1. Zoom
2. Webex
3. Jitsi Meet
4. Google Meet
5. Teams

2. WhatsApp
Aplikasi ini banyak digunakan karena hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi ini. Aplikasi ini memungkinkan penggunannya untuk berbagi text, gambar, audio atau video sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran online.

3. Youtube
Aplikasi milik Google ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk berbagi video pembelajaran kepada peserta didiknya, yang paling efektif adalah videonya dilengkapi gambar atau animasi dengan materi pembelajaran yang sesuai dan soal-soal tentang materi tersebut.

4. Facebook/Messenger
Media sosial ini banyak digunakan oleh peserta didik, hal ini bisa dimanfaatkan oleh guru untuk membuat pembelajaran daring dengan fitur siaran langsung atau mengunggah video pembelajaran di facebook untuk ditonton oleh peserta didiknya. Atau menggunakan Messenger untuk berbagi materi, pesan lewat tulisan, gambar dan video.

5. Google Classroom
Pemanfaatan media pembelajaran yang lain yang bisa dimanfaatkan oleh peserta didik untuk pembuatan soal online adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Classroom. Aplikasi ini memungkinkan peserta didik berinteraksi dengan gurunya, membaca materi pembelajaran bahkan mengerjakan soal online.

6. Blog
Blog dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran secara daring istilah yang sedang tren adalah LMS (Learning Management System). Artinya blog bisa dimanfaatkan untuk memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik baik berupa tek, gambar atau video, dan dilengkapi dengan soal online baik menggunakan Google Form, Quizizz, Kahoot atau yang lainnya.

7. Edmodo
Situs ini bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran, dimana bapak dan ibu guru bisa membuat materi pembelajaran dan dilengkapi dengan soal-soal penilaian.

8. Telegram
Aplikasi ini memang layaknya WhatsApp tetapi memiliki fitur-fitur baru seperti Kuis, Polling dan lain-lain sehingga bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan soal atau kuis kepada peserta didiknya.

Itulah beberapa pelaksanaan pembelajaran secara online yang bisa bapak dan ibu guru manfaatkan selama masa AKB. Oleh karena itu bapak dan ibu guru harus mempersiapkan pembelajaran dengan moda daring, termasuk bapak ibu guru yang mengampu pelajaran Bahasa Indramayu kelas 7 Semester Ganjil.

Bagi bapak dan ibu guru yang mengampu pelajaran Bahasa Indramayu Kelas 7 dan membutuhkan RPP Bahasa Indramayu Daring 1 lembar Kelas 7 semester ganjil kurikulum 2013 tahun pelajaran 2020/2021 silakan


Sumber : Rofi'ah, SPd Guru Bahasa Indramayu SMPN 1 Gabuswetan

0 komentar:

Post a Comment test