Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil Tentang Letak dan Luas Indonesia

Friday, August 7, 2020
Peta Indonesia (Dok. Kumparan)

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Letak dan Luas Indonesia – Rangkuman ini dibuat untuk membantu bapak dan ibu guru dalam memberikan materi kepada peserta didiknya. Karena tidak sedikit peserta didik yang tidak kebagian buku siswa.

Oleh karena itu kami akan memberikan rangkuman-rangkuman materi untuk memudahkan peserta didik belajar. Berikut ini rangkuman materi IPS Kelas 7 Semester 1 Materi Letak dan Luas Indonesia :

Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menyebutkan letak Indonesia secara astronomis dan geografis Indonesia;
Siswa dapat menjelaskan implikasi letak Indonesia terhadap aspek ekonomi, sosial, dan budaya;

Letak suatu tempat dipermukaan bumi tidak hanya sekadar menunjukkan posisinya diantara tempat lainnya. Letak suatu tempat menunjukkan pula karakteristik tempat tersebut.

Sebagai contoh, suatu tempat berada di daerah pantai. Memiliki karakteristik tempatnya bersuhu tinggi, berupa dataran rendah, sebagian masyarakatnya bekerja sebagai nelayan, dan petani.

Sedangkan daerah pegunungan suhunya dingin, dataran tinggi, sebagian masyarakatnya bekerja sebagai petani sayuran dan beternak.

Nah sekarang bagaimana letak Indonesia?
Apa keuntungan dari letak wilayah Indonesia?
Seberapa luas wilayah Indonesia?

Letak astronomis Indonesia terletak antara 95°BT – 141°BT dan 6°LU - 11°LS. Karena letaknya tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5° LU dan 23,5° LS.

Sedangkan letak geografis Indonesia berada di antara dua benua, yaitu Benua Asia yang terletak di sebelah utara dan Benua Australia yang terletak di sebelah selatan. Selain itu, Indonesia berada di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik di sebelah timur dan Samudra Hindia di sebelah barat.

Indonesia berbatasan dengan :
Sebelah utara Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina, dan Laut Cina Selatan.
Sebelah selatan Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia.
Sebelah barat Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.
Sebelah timur Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Apa keuntungan letak geografis bagi Indonesia?
Dampak positif letak geografis Indonesia
Letak geografis Indonesia sangat strategis karena menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia antara negara-negara dari Asia Timur dengan negara-negara di Eropa, Afrika dan Timur Tengah, dan India. Indonesia juga dilewati jalur perdagangan dari Asia ke arah Australia dan Selandia Baru.

Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya termasuk masuknya berbagai agama ke Indonesia, seperti Islam, Hindhu, Buddha, Kristen, dan lain-lain.

Indonesia yang kaya akan sumber daya alam menjual berbagai komoditas atau hasil bumi seperti kayu cendana, lada, pala, cengkeh, dan hasil perkebunan lainnya ke negara-negara Eropa, China, dan negara lainnya.

Negara-negara lain menjual berbagai produk barang seperti porselen, kain sutra, tenunan halus, mesin, dan lain-lain ke Indonesia

Dampak negatif letak geografis Indonesia. yang merugikan yakni masuknya pengaruh budaya barat misalnya pergaulan bebas, kesantunan, dan lain-lain. Selain itu, Indonesia juga rentan terhadap masuknya barang-barang terlarang yang diselundupkan seperti senjata api dan narkoba.

Keuntungan posisi Indonesia juga dapat dilihat secara geologis. Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia. Posisi tersebut membuat Indonesia memiliki banyak gunung api. Keuntungan dari letak geologi seperti ini adalah beragamnya potensi sumber energi dan mineral.

Luas Indonesia
Badan Informasi Geospasial (BIG) menyebutkan wilayah Indonesia terdiri atas daratan seluas 1.922.570 km2 dan perairan seluas 3.257.483 km2 .

Daratannya terdiri atas 13.466 pulau yang menjadikannya sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Banyaknya pulau membuat garis pantainya juga sangat besar yaitu mencapai 99.030 kilometer. 

Silakan lihat video pembelajaran tentang materi Letak dan Luas Indonesia mata pelajaran IPS Kelas 7 semester ganjil kurikulum 2013 di bawah ini :


0 komentar:

Post a Comment test