ASUS TUF Gaming A15, Laptop Gaming Dengan AMD Ryzen Tampil Lebih Kokoh dan Performa Menawan

Sunday, September 6, 2020

 


Laptop gaming ASUS TUF Gaming A15 – Selama pandemi ternyata permintaan terhadap laptop gaming meningkat. Hal ini seiring dengan mengisi kejenuhan karena harus berada di rumah, termasuk kuliah dari rumah dan belajar dari rumah. Mereka mengisi waktu senggang untuk bermain game.


Saat ini memang banyak pilihan laptop gaming, dari yang harga murah hingga harga selangit. Dari yang desain seperti laptop biasa hingga yang memang memiliki desain untuk para gamer seperti adanya tombol WASD, lampu backlit RGB, dan yang pasti performanya ngebut saat digunakan untuk memainkan berbagai macam game ringan, sedang bahkan kategori berat.


Tapi jika Anda sedang mencari laptop gaming dengan spesifikasi bisa diandalkan dan harga terjangkau, maka salah satu pilihannya adalah produk terbaru dari ASUS yang bernama TUF Gaming A15 (FX506I).  Alasannya adalah sebagai berikut :


Desain

Orang akan melihat desain sebelum memilih produk atau barang yang diinginkan, termasuk dalam memilih laptop gaming. Desain laptop ini terkesan kokoh, berkelas dan modern. Bagian belakang terbuat dari bahan metal yang kokoh, ada empat sekrup pada bagian pojoknya. Terdapat logo TUF Gaming pada bagian tengah dari laptop tersebut.  Sementara itu bagian dalamnya walaupun masih terbuat dari bahan plastik tetapi memiliki aksen layaknya metal.


Pada bagian bawah laptop ini memiliki desain layaknya sarang lebah yang berguna untuk sirkulasi udara dari laptop gaming ini saat digunakan untuk bermain game agar suhunya tetap stabil. Sedangkan pada bagian atas laptop teresebut terdapat grill atau ventilasi udara yang membuat laptop ini terkesan keren dan gagah, dan terdapat tulisan kecil TUF Gaming.


Bezel laptop ini sangat tipis pada bagian sisi kanan, kiri dan atas, sedangkan pada bagian bawah masih terdapat tulisan ASUS. Pada bagian atas masih disematkan kamera webcam untuk streaming atau juga untuk komunikasi dengan orang lain.


Sementara itu pada bagian samping sebelah kiri dari laptop ini terdapat beberapa port dari COMBO audio jack, USB Type-C, 2 Type-A USB 3.2, HDMI, RJ45 LAN jack for LAN insert, dan AC adapter plug . Sedangkan pada bagian kanan hanya terdapat Type-A USB 2.0 dan Kengsington Lock. 


Performa Kencang

Laptop ASUS TUF Gaming A15 yang saya gunakan adalah tipe TUF Gaming A15 (FX506II) menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 4800H untuk grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1650Ti, dengan 4GB GDDR6 VRAM, Memori RAM 8GB DDR4 3200MHz SDRAM, penyimpanannya SSD 512GB PCIe. Sistem operasi yang digunakan pada ASUS TUF Gaming A15 adalah Windows 10 Home.


Dengan spesifikasi seperti ini, maka laptop ini tetap lancar saat bermain game berat sekalipun. Begitu juga bagi rekan-rekan yang sering memanfaatkan laptop untuk mengedit foto, video atau desain grafis lainnya. 


Laptop gaming ini sudah dicoba untuk bermain game eFOOTBALL PES 2020, PUBG dan Horizon Zero Dawn. Gambarnya sangat halus dan tanpa jeda. Selain itu suhu laptop saat digunakan untuk bermain game masih stabil diangka 75 derajat Celsius, bisa dibilang sangat stabil suhunya saat bermain game.


Layar

Layar ASUS TUF Gaming A15 bezeless dengan lebar layar 15.6 inci perbandingan (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare IPS-level 144Hz Panel with 45% NTSC. Sangat cocok bagi penggemar game baik saat digunakan di dalam ruangan maupun luar ruangan.



Keybord Khusus Gaming

Keyboard sudah dioptimalisasi untuk gaming seperti tombol WASD, keyboard menggunakan teknologi overstock membuat respon tekanan pada keyboard masuk ke laptop cocok untuk bagi pemain game kompetitif. Keyboardnya bisa bertahan hingga 20 juta tekan. Keyboardnya sudah menggunakan RGB Lightmode. Ada mode static (diam), breathing (bernafas), strobing (kelap-kelip) , dan Color circle (Gonta-ganti warna).  



Dilengkapi WebCam

Laptop ASUS TUF Gaming A15 sudah dilengkapi dengan WebCam 720p CMOS module. WebCam ini sangat cocok bagi gamer yang sering melakukan streamer atau siaran langsung saat bermain game. Selain itu tentu webcamnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan atau berinteraksi dengan orang lain.


Konektivitas

Laptop ini sudah menggunakan konektivitas Wi-Fi 5 dan juga Bluetooth versi 5.0, sehingga bisa dimanfaatkan untuk berkirim data, dan mengakses internet dengan cepat. Tentu hal ini sangat cocok bagi seorang gamer saat bermain game secara online.


Audio

Untuk seorang gamer, audio yang jernih pada laptop sangat dibutuhkan karena bisa menambah mood saat bermain game, dan dapat mengetahui gerak-gerik musuh melalui suara yang jernih. Laptop ASUS TUF Gaming A15 sudah menggunakan  DTS X Ultra sehingga hasil audio yang dikeluarkan jernih dan kencang. Sangat cocok juga bagi Anda yang sering mendengarkan musik dan menonton video.


Baterai

Baterai yang tahan lama, dan pengisian cepat juga dibutuhkan oleh gamer. ASUS TUF Gaming  menggunakan baterai 48 Wh Lithium-polymer. Chargernya menggunakan charger berkapasitas 150 watt sehingga lebih cepat untuk mengisi ulang. Baterainya bisa bertahan selama 5 jam untuk penggunaan normal tetapi untuk digunakan bermain game maka disarankan charger selalu nyolok pada arus listrik. Karena performa laptop gaming ini akan turun saat tidak dikoneksikan ke arus listrik. 


Harga TUF Gaming A15

Laptop gaming A15 memiliki beberapa varian dan harga , berikut varian dan harga ASUS TUF Gaming A15 :

(AMD Ryzen 5 4600H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray) dengan harga Rp 14.299.000

(AMD Ryzen 7 4800H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray) dengan harga Rp 15.799.000

(AMD Ryzen 7 4800H/GTX1660Ti_V6G/8G/1TB HDD+256GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray) dengan harga Rp 18.299.000

(AMD Ryzen 7 4800H/RTX2060_V6G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray) dengan harga Rp 20.299.000


Maka secara keseluruhan laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506II layak disebut sebagai laptop Gaming dengan Harga yang Gak Bikin Pusing.  


Berikut video review ASUS TUF Gaming A15 FX506IMudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari laptop gaming. 


0 komentar:

Post a Comment test