Rangkuman dan Game Drop and Drop IPS Kelas 7 Semester 1 Materi Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Thursday, October 22, 2020

Bentuk-bentuk interaksi sosial


Rangkuman IPS Kelas 7 Semester 1 Materi Bentuk-bentuk Interaksi Sosial -  Pada pembelajaran kali ini akan dibahas materi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.

Tujuan Pembelajaran:

a. Menjelaskan bentuk interaksi sosial yang asosiatif;

b. Menjelaskan bentuk interaksi sosial yang disosiatif.


I. Bentuk-bentuk interaksi sosial

Interaksi sosial dapat terjadi dimanapun dan kapanpun, serta dilakukan oleh siapapun tanpa mengenal usia, status sosial, dan pendidikan. Hal itu terjadi karena manusia hidup selalu berinteraksi dengan orang lain. Ada beberapa bentuk interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat, yaitu sebagai berikut: 

a. Proses-proses yang asosiatif

Proses ini terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan interaksi sosial yang mengarah kepada kesatuan pandangan. Proses ini terdiri atas tiga bentuk yaitu kerjasama, akomodasi, dan asimilasi.

1. Kerjasama

Kerjasama disini dimaksudkan sebagai suatu proses bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia yang mencapai satu atau beberapa tujuan bersama. Dalam pelaksanaan kerjasama ada lima bentuk kerjasama yaitu: kerukunan, bargaining, kooktasi, koalisi, dan joint venture.

2. Akomodasi

Sebagai suatu proses, akomodasi menunjuk pada usaha-usaha manusia untuk meredakan suatu pertentangan, yaitu usaha-usaha untuk mencapai kestabilan. Dalam pelaksanaanya, akomodasi memiliki beberapa bentuk yaitu koersi, kompromi, arbitrasi, mediasi, konsiliasi, toleransi, stalemate, dan ajudikasi.

3. Asimilasi

Merupakan cara-cara bersikap dan bertingkahlaku dalam menghadapi perbedaan untuk mencapai kesatuan dalam pikiran dan tindakan.

b. Proses-proses yang disosiatif

Proses ini terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan interaksi sosial yang mengarah kepada konflik dan merenggangkan solidaritas kelompok. Proses ini terdiri atas tiga bentuk yaitu kompetisi, kontravensi, dan pertentangan.

1. Kompetisi (Persaingan)

Kompetisi adalah suatu proses individu atau kelompok yang bersaing untuk mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan tertentu. 

2. Kontravensi

Kontravensi adalah sikap mental yang tersembunyi terhadap orang lain atau terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu.Kontravensi ini ditandai oleh gejala-gejala adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang dan perasaan tidak suka yang disembunyikan, kebencian atau keraguan terhadap kepribadian seseorang.

3. Pertentangan (Konflik)

Pertentangan (Konflik) adalah suatu proses dimana individu atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman dan kekerasan. Bentuk-bentuk pertentangan atau konflik yang terjadi dimasyarakat seperti konflik pribadi, konflik sosial, konflik antar kelas-kelas sosial, konflik politik dan konflik internasional.


Pada kesempatan ini, kami membuat soal drag and drop. Cara mengerjakan soal drop down sangat mudah :


- Siswa hanya tinggal menekan pada kolom

- Kemudian akan muncul opsi jawaban 

- Pilih jawaban yang dianggap paling benar 

- Setelah selesai mengerjakan lalu tekan Finish pada bagian bawah soal tersebut

- Ada pilihan Check my Answer

- Jika jawabannya betul semua nilainya akan terlihat pada bagian atas.

- Hasilnya discreenshot dan dikirim ke guru IPS masing-masing melalui WhatsApp 


Berikut Soal Drop Down Online IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Bentuk-bentuk Interaksi Sosial atau Klik di sini 


 



0 komentar:

Post a Comment test