Rangkuman IPS Kelas 7 Semester 1 Materi Interaksi Sosial

Wednesday, October 14, 2020

 

Rangkuman IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Interaksi Sosial – Pada Pembelajaran kali ini akan dibahas materi tentang Interaksi sosial.

 

Tujuan Pembelajaran : 

a. menjelaskan pengertian interaksi sosial;

b. menjelaskan syarat-syarat interaksi sosial;


A.Interaksi Sosial

1. Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia. Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus dilakukan secara timbal balik oleh kedua belah pihak. Artinya kedua belah pihak harus saling merespon.


Manusia melakukan interaksi sosial dalam kehidupannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan pokok (sandang, pangan, dan papan), kebutuhan dan ketertiban, kebutuhan akan pendidikan dan kesehatan, kebutuhan-kebutuhan akan kasih sayang.


Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial dan komunikasi sosial merupakan syarat terjadinya interaksi sosial. Tanpa adanya kedua syarat itu, interaksi sosial tidak akan terjadi. 


Berlangsungnya suatu proses interaksi sosial didasarkan pada beberapa faktor. Berikut faktor-faktor berlangsungnya proses interaksi sosial : 

a. Faktor imitasi merupakan proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok. Contohnya, seorang anak perempuan bermain masak-masakan karena melihat ibunya pada saat memasak di dapur.

b. Faktor sugesti merupakan pengaruh yang dapat menggerakkan hati orang. Contohnya, seorang pasien yang akan berobat ke seorang dokter, pasien tersebut akan cepat mengalami penyembuhan salah satunya disebabkan adanya rasa sugesti pada dokter tersebut.

c. Faktor identifikasi merupakan kecenderungan-kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Contohnya, seorang anak yang mengidolakan pemain bola, sehingga semua tingkah laku idolanya akan dilakukan.

d. Faktor simpati merupakan kemampuan untuk merasakan diri seolah-olah dalam keadaan orang lain dan ikut merasakan apa yang dilakukan, dialami, atau diderita orang lain. Contohnya, pada saat ada tetangga kita yang tertimpa musibah, maka kita ikut merasakan kesedihannya dan berusaha membantunya.

Faktor-faktor tersebut dapat bergerak sendiri-sendiri, secara terpisah maupun dalam keadaan tergabung.


Tidak semua tindakan manusia merupakan interaksi sosial. Tindakan yang bagaimana yang dapat dikatakan sebagai interaksi sosial? Suatu Tindakan manusia dikatakan sebagai interaksi sosial apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut!

1. Jumlah pelakunya lebih dari seorang, biasanya dua atau lebih.

2. Berlangsung secara timbal-balik.

3. Adanya komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol-simbol yang disepakati.

4. Adanya suatu tujuan tertentu


Demikian rangkuman materi IPS Kelas 7 semester ganjil materi interaksi sosial. Pada kesempatan ini kami berikan Latihan Soal Drag and Drop IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Interaksi Sosial. 


Cara mengerjakan game drag and drop sangat mudah :

- Siswa hanya tinggal menyeret atau menggeser pilihan yang ada ke kolom yang sudah disediakan. 

- Lakukan hal yang sama hingga pilihannya habis 

- Setelah itu tekan Finish pada bagian bawah 

- Ada pilihan Check my Answer 

- Jika jawabannya betul semua nilainya akan terlihat pada bagian atas


Berikut Game Drag and Drop  IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Interaksi Sosial di bawah ini atau klik di sini  


0 komentar:

Post a Comment test