Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester Genap

Wednesday, February 17, 2021



Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester Genap – Tidak terasa semester genap telah berjalan hampir setengah semester. Oleh karena itu bapak dan ibu guru harus mempersiapkan kembali Penilaian Tengah Semester (PTS).

 

 

Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal, dan kunci jawaban PTS mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 semester genap kurikulum 2013 yang diharapkan dapat membantu bapak dan ibu guru dalam memilih soal-soal yang dianggap sesuai dengan kemampuan peserta didik Anda.

 

 

Berikut Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester (PAS) Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dikutip dari Modul PJJ SMP Kelas 8 yang diterbitkan Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menggunakan kurikulum kondisi khusus :

 

1. Cermatilah paragraf berikut ini!

Sebenarnya musibah banjir dapat dicegah. Pencegahan banjir dapat kita lakukan bersama dengan kegiatan yang terlihat sepele, yaitu membuang sampah pada tempat sampah. Mengapa demikian? Berdasarkan fakta yang didapat, penyebab utama banjir di hamper semua wilayah di Indonesia adalah tersumbatnya saluran pembuangan dan sungai oleh sampah. Oleh karenanya, masyarakat harus meningkatkan kesadaran tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Sekecil apapun sampah, kita harus membuangnya di tempat sampah. Mari kita mencegah banjir dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Ciri teks persuasi pada paragraf tersebut adalah tertuang dalam pernyataan sebagai berikut, kecuali …

A. Bersifat mengajak atau memengaruhi pembaca/pendengar.

B. Menggunakan kata-kata yang bersifat mengajak.

C. Menggunakan kalimat pertanyaan.

D. Menggunakan kata kerja imperatif.

 

2. Cermatilah paragraf berikut!

Bumi adalah tempat tinggal kita. Tanpa bumi tentu kita akan musnah. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atmosphere. Hal ini menyebabkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Salah satu akibat pemanasan global itu adalah mencairnya es di kutub sehingga air menutup semua daratan yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini dan mengatasi pemanasan global agar kita terhindar dari bencana.

Paragraf tersebut merupakan penggalan teks persuasi. Berdasarkan isi paragraf tersebut, tujuan yang tertuang dalam teks tersebut adalah ….

A. Memberitahukan bahwa bumi adalah tempat tinggal kita, tanpa adanya bumi kita akan musnah.

B. Mengajak umat manusia harus menjaga bumi dari bahaya pemanasan global akibat lapisan ozon yang mulai berlubang.

C. Memberikan informasi bahwa pada saat ini bumi terancam dengan menipisnya lapisan ozon bahkan sudah mulai berlubang.

D. Menyampaikan bahwa pemanasan global sangat berbahaya bagi kehidupan manusia dan sudah terlihat dari mencairnya es di kutub.

 

3. Cermatilah paragraf berikut!

Rokok merupakan teman akrab yang memberikan dampak negatif yang merugikan bagi pengisap atau pecandunya.(1) Akibat merokok, tubuh kita dirongrong zat aditif sehingga tanpa kita sadari menjadi rentan terhadap penyakit dan terasa makin cepat menua.(2) Di samping itu, kondisi perekonomian juga menjadi tidak seimbang, besar pasak daripada tiang.(3) Jumlah pengeluaran bertambah untuk membeli rokok yang seharusnya dapat ditabung untuk hari esok.(4) Oleh karena itu, kurangilah dan usahakan berhentilah merokok agar hidup menjadi lebih baik.(5)

Kalimat persuasif dalam paragraf tersebut dinyatakan oleh kalimat nomor….

A. (1)

B. (3)

C. (4)

D. (5)

 

4. Cermatilah paragraf berikut!

(1) Dewasa ini teknologi internet makin mudah diakses oleh siapa pun. (2) Internet memberikan banyak manfaat yang berdampak positif bagi kehidupan. (3) Sebagai contoh, dengan internet kita bisa memperoleh banyak informasi, mempermudah komunikasi, bahkan banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis melalui internet. (4) Namun sayangnya masih banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi ini. (5) Misalnya, makin maraknya penipuan, pembajakan, bahkan yang baru-baru ini terkuak yaitu adanya penculikan akibat interaksi di media sosial dengan orang yang salah.

Istilah teknologi yang digunakan dalam paragraf persuasi tersebut adalah….

A. internet

B. interaksi

C. informasi

D. komunikasi

 

5. Cermatilah paragraf berikut!

(1) Bencana alam tanah longsor dan banjir besar tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. (2) Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. (3) Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan tepi-tepi jalan lainnya dengan mengatasnamakan dinas sosial. (4) Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. (5) Kami organisasi Kasih Bangsa tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

Kalimat fakta pada teks tersebut ditandai oleh nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

 

6. Kalimat berikut yang menggunakan konjungsi sebab-akibat adalah …

A. Salah satu kelemahan pupuk anorganik adalah dapat mencemari tanah.

B. Pupuk organik bagus karena mampu mengurai unsur hara dalam tanah.

C. Ayo galakkan penggunaan pupuk organik di kalangan petani.

D. Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari tanaman.

 

7. Kalimat yang menggunakan kata tugas yang menyatakan ajakan adalah …

A. Jangan membiasakan anak-anak membeli jajan terbuka yang dijual di tepi jalan.

B. Banyaknya siswa sakit perut akhir-akhir ini akibat makan jajanan tidak bersih.

C. Marilah kita biasakan anak-anak membawa bekal dan menjaga kebersihan.

D. Anak-anak dibiasakan membawa bekal karena lebih bersih dan sehat.

 

8. Cermatilah informasi berikut!

Kalimat ajakan yang tepat berdasarkan informasi tersebut adalah …

A. Hindari penggunaan pupuk anorganik karena lebih banyak merugikan.

B. Saat ini masih banyak petani yang mengandalkan pupuk anorganik.

C. Pupuk organik sudah terbukti mampu menjaga kelembaban tanah.

D. Pupuk organik adalah pupuk yang dihasilkan oleh kotoran hewan dan sampah.

 

9. Cermatilah teks berikut!

Produk olahan Susu Cempaka mengandung nutrisi utama, seperti kalsium, protein, vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan potasium. Vitamin dan mineral ini membuat produk olahan Susu Cempaka menjadi bagian penting dari pola makan sehat. Mengonsumsi produk olahan Susu Cempaka setiap hari merupakan cara yang luar biasa untuk memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya minum susu sapi setiap hari.

Sumber: International Dairy Foods Association, 27 September 2007

Teks tersebut dikategorikan teks persuasi karena ….

A. Ada urutan waktu dalam rangkaian argumentasi.

B. Menggunakan kalimat yang menyatakan kronologis.

C. Bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.

D. Memiliki data dan fakta untuk memperkuat argumentasi.

 

10. Cermatilah teks berikut!

Produk olahan Susu Cempaka mengandung nutrisi utama, seperti kalsium, protein, vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan potasium. Vitamin dan mineral ini membuat produk olahan Susu Cempaka menjadi bagian penting dari pola makan sehat. Mengonsumsi produk olahan Susu Cempaka setiap hari merupakan cara yang luar biasa untuk memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya minum susu sapi setiap hari.

Mengonsumsi produk olahan Susu Cempaka akan mempercepat penurunan berat badan dan membantu menjaga berat badan yang ideal. Susu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Susu bahkan memperbaiki kesehatan jantung dan membantu mencegah kanker. Segelas susu mengandung vitamin, mineral, dan banyak manfaat kesehatan. Menurut dr. Bill Sears, profesor klinis bagian anak di Universitas California di Irvine, susu memiliki banyak nutrisi penting. Asosiasi Produk Susu Internasional atau International Dairy Foods Association (IDFA) mendukung gagasan ini. IDFA juga menyebutkan banyak profesional dan kelompok Kesehatan berpandangan sama.

Sumber: International Dairy Foods Association, 27 September 2007

Tujuan utama teks tersebut adalah …

A. Mendukung penggunaan produk olahan Susu Cempaka.

B. Membandingkan produk olahan Susu Cempaka dengan produk susu lainnya.

C. Memberikan argumen bahwa produk susu dapat mempercepat penurunan berat badan.

D. Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai risiko yang berkaitan dengan penyakit jantung.


Bagi Anda yang membutuhkan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap silakan download disini 


0 komentar:

Post a Comment test