Rangkuman dan LKPD Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester Ganjil Materi Teks Deskripsi

Tuesday, July 27, 2021

 

Rangkuman Materi dan LKPD Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester Ganjil Materi Teks Deskripsi -  Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 semester ganjil tentang Teks Deskripsi. 


Deskripsi artinya menggambarkan, jadi teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan langsung terhadap objek yang digambarkan. Objek yang digambarkan dalam teks deskripsi bisa benda mati (tempat, benda, suasana) atau makhluk hidup (orang, tumbuhan, hewan). 


Tujuan teks deskripsi adalah menggambarkan/melukiskan suatu objek/ suasana/ perasaan secara rinci dan sekonkret mungkin sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar dan mengalami apa yang dideskripsikan.


Bagi Anda yang membutuhkan rangkuman materi dan contoh Teks Deskripsi silakan disimak bacaan berikut ini : 

BAB 1

Belajar Mendeskripsikan


KOMPETENSI DASAR

3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.


Bacalah teks berikut ini! Teks 1

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatanYokyakarta.


Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri,terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batukarang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.


Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.


Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.


Teks di atas merupakan salah satu contoh teks deskripsi. Deskripsi artinya menggambarkan, jadi teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan langsung terhadap objek yang digambarkan.


Objek yang digambarkan dalam teks deskripsi bisa benda mati (tempat, benda, suasana) atau makhluk hidup (orang, tumbuhan, hewan)


Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan ibu jelaskan apa saja cirri-ciri teks deskripsi.

A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

1. Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan dan Isi Teks Deskripsi

- Ciri Tujuan

Tujuan teks deskripsi adalah menggambarkan/melukiskan suatu objek/ suasana/ perasaan secara rinci dan sekonkret mungkin sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar dan mengalami apa yang dideskripsikan.


Teks deskripsi yang berjudul “ Parangtritis nan Indah” (teks 1, buku paket hal.3) tujuannya adalah menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis.

 

-  Ciri Objek yang dideskripsikan

Ciri objek yang dideskripsikan dalam teks deskripsi bersifat khusus yang membedakan dengan objek lain. Teks 1 (Parangtrtis nan Indah) objek yang dideskripsikan atau digambarkan adalah khusus Pantai Parangtritis.


- Ciri Isi


Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek. Dalam teks 1 (Parangtritis nan Indah) memerinci tentang keindahan fisik pantai, keindahan sore hari (sun set), dan suasana kegiatan orang di pantai.


2. Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi

Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).


Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)

Bacalah di teks deskripsi 2 ( Ayah, Panutanku ), teks 3 ( Ibu, Inspirasiku ) dan teks 4 ( Si Bagas, Kelnciku ) di bawah ini!


Teks 2


Ayah, Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.


Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel,ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.


Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak- anaknya.


Teks 3

Ibu, Inspirasiku


Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia.

Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Ibu adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan.

Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.

Meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. Tetapi, sepertinya ibuku

 

sangat menikmati sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjanghayat, itulah semboyannya.


Teks 4

Si Bagas, Kelinciku


Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai- lambai kalau dia berlari.


Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.


Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Buk! Sering terdengar dia menjatuhkan diri. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.


Setelah kalian membaca teks deskripsi di atas, kemudian isilah tabel di bawah ini seperti contoh no.1!

3. Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

- Penggunaan Kata Umum dan Kata Khusus

Kata umum adalah kata yang memliki nilai makna yang masih luas. Sedangkan kata khusus adalah kata yang memilk nilai makna yang sudah menyempit.

Contoh: - kata umum : indah

- kata khusus : cantik, elok, menakjubkan dll

Kata cantik, elok, menakjubkan merupakan kata khusus dari kata umum indah

 

- Carilah kata khusus ( 3 kata ) dari kata umum di bawah ini!


- Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan ( Kalimat Perician)

Kalimat perincian adalah kalimat yang isinya tentang detail atau pengungkapan suatu objek secara rinci yang digunakan untuk lebih mengongkretkan.

Contoh : Suasana sore di Parangtritis sangat mengagumkan. Kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.

Kalimat Kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa merupakan kalimat perincian dari kalimat Suasana sore di Parangtritis sangat mengagumkan.


- Buatlah kalimat perincian dari kalimat di bawah ini (lihat teks 2,3, dan 4)!



- Penggunaan Kalimat Seakan Dilihat, Seakan Didengar, Seakan Dirasa

Kalimat seakan dilihat, seakan didengar, dan seakan dirasa adalah penggunaan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan/ digambarkan dalam teks.


Contoh: Pantai bersih dengan buih-buih bergradasi abu-abu. (seolah dilihat) Kicauan burung di tepi pantai sangat merdu, (seolah didengar) Hembusan angin sore di tepi pantai amat menyejukkan (seolah dirasa)


- Buatlah kalimat seakan dapat dilihat, seakan dapat didengar, dan seakan dapat dirasa!

 

- Penggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat

Salah satu cirri bahasa teks deskripsi adalah menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat.

Contoh : kata indah diungkapkan dengan kata yang bersinonim tetapi lebih memiliki emosi kuat yaitu elok, permai, molek, mengagumkan, memukau, menakjubkan)


-  Penggunaan Majas

Majas adalah gaya bahasa yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan secara imajinatif atau kias.


Contoh: - Majas Personifikasi adalah majas yang mengungkapkan benda mati (batu karang) seolah-olah bisa berbuat seperti manusia (menjaga)


Contoh: Batu karang besar seolah-olah siap menjaga gempuran ombak

- Majas Metafora adalah majas yang mengumpamakan sesuatu (mata) dengan sesuatu yang lain (berlian)


Contoh: Matanya indah seperti berlian

- Majas Hiperbola adalah majas yang mengungkapkan sesuatu secara berlebihan (setinggi langit)

- Contoh: Matanya indah seperti berlian Deburan ombak setinggi langit


- Carilah kalimat majas yang terdapat pada teks deskripsi 2, 3, dan 4!


Bagi Anda yang membutuhkan rangkuman dan LKPD Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester Ganjil Materi Teks Deskripsi silakan unduh disini 


0 komentar:

Post a Comment test