Ini Dia Spek dan Fitur-fitur Menarik ASUS BR1100FKA, Laptop yang Cocok Untuk Pelajar

Wednesday, August 25, 2021

 


Walaupun masih dalam kondisi pandemi, kebutuhan akan perangkat untuk menunjang pendidikan sangat dibutuhkan. Apalagi banyak guru yang menggunakan pembelajaran dengan menggunakan video conference sehingga sudah menjadi keharusan perangkat yang digunakan harus memiliki webcam, termasuk aktivitas tersebut.

 

Selain itu laptop yang digunakan tentu harus sesuai dengan karakteristik anak yang biasanya sedikit ceroboh, rentan terkena tumpahan air minum, mudah dibawa-bawa dan sudah mendukung teknologi yang tidak membuat mata lelah. ASUS memahami hal tersebut sehingga mengeluarkan produk bernama ASUS BR1100FKA.

 

Laptop ini memiliki spesifikasi dan fitur yang tidak biasanya karena menyasar segmen untuk pelajar. Berikut Spek dan Fitur-fitur Menarik ASUS BR1100FKA :

 

Desain ASUS BR1100FKA

Laptop ini menggunakan bahan dengan material khusus yang tidak mudah rusak bahkan saat terjatuh dari ketinggian 1,2 meter sekalipun. Karena hal tersebut ASUS BR1100FKA mendapatkan sertifikat US Millitary Grade.



 

Dimensi laptop ini memiliki ukuran panjang 294,6mm, dengna lebar 204,9 dan tinggi hanya 19,95mm. Dengan berat hanya 1,4 kg membuatnya tetap nyaman saat dibawa dan digunakan oleh anak-anak atau pelajar.

 

Anti Bakteri

Berbeda dengan laptop pada umumnya, material pelindung dari laptop ini sudah memiliki kemampuan anti bakteri termasuk perlindungan antibakteri untuk keyboardnya yang disebut dengan ASUS BacGuard. Sehingga sangat cocok untuk anak-anak yang biasanya sering bergantian menggunakan laptop tersebut.

 

Layar Sentuh

Sangat jarang laptop yang menyasar anak-anak atau pelajar dengan kemampuan layar sentuh. Tetapi ASUS BR1100FKA memiliki fitur layar sentuh dan sudah mendukung stylus pen dengan 4096-level stylus.  Sehingga sangat cocok bagi pelajar yang memiliki hobi menggambar atau melukis melalui beberapa aplikasi bawaan dari sistem operasi atau menggunakan aplikasi khusus.

 

Layarnya berukuran 11,6 inci, walaupun dengan bezel agak tebal tetapi karena sudah layar sentuh yang memiliki kemampuan HD 1356x768 piksel. Sehingga warna yang ditampilkan tetap sesuai dengan aslinya.

 

Eye-Care Technology

Untuk kenyamanan mata putera-puteri Anda, laptop ini sudah menggunakan teknologi terbaru yang disebut dengan Eye-Care Technology yakni teknologi yang melindungi mata penggunanya agar tidak mudah lelah dan emisi cahaya biru rendah dengan sertifikat TUV Rheinland.  

 



Webcam Ganda

Sangat jarang laptop untuk anak menggunakan webcam ganda, tetapi ASUS BR1100FKA berbeda karena memiliki webcam ganda. Dengan penempatan yang unik yakni dibagian atas seperti pada umumnya dan di atas keyboard atau di bawah layar.

 

Penempatan webcam pada bagian tersebut tentu sudah melalui riset terlebih dahulu. Mengingat anak-anak sering menggunakan laptop dengan berbagai posisi 180 derajat atau ditekuk layaknya tenda yang satu orang melihat layar sedangkan yang satunya melihat webcam.

 

Webcam utamanya sudah dilengkapi dengan penutup kamera. Sehingga bila sewaktu-waktu sedang tidak dibutuhkan maka cukup menutup webcam tersebut. Hal ini sangat dibutuhkan karena untuk menjaga privasi termasuk anak-anak atau pelajar.


 

World-Facing Camera

Kamera laptop ini bisa digunakan untuk mengambil gambar layaknya menggunakan tablet karena sudah menggunakan fitur World-facing Camera. Kamera gandanya memiliki kemampuan 13MP seperti smartphone.

 

Bisa Dilipat, dan Dijadikan Mode Tablet

Hal lain yang menarik dari ASUS BR1100FKA adalah laptopnya tidak seperti laptop pada umumnya yaknii bisa diubah bentuknya seperti tenda, diluruskan bentuknya 180 derajat saat untuk memperlihatkan gambar, video kepada teman-temannya. Serta bisa diubah menjadi bentuk layaknya tablet pada umumnya.




Sangat jarang laptop anak-anak yang memiliki bentuk flip convertible seperti ASUS BR1100FKA. Maka tidak heran jika laptop ini pasti disukai oleh anak-anak atau pelajar.

 

Performa

Untuk urusan performa, laptop ASUS BR1100FKA sudah menggunakan prosesor Intel Celeron N4500. Dengan prosesor ini, sebenarnya sangat cukup untuk anak-anak karena cukup cepat saat digunakan. RAMnya menggunakan DDR4 dengan kapasitas 4GB. Untuk booting awal kurang dari 20 detik sudah menyala sehingga tidak terlalu lama menunggu untuk menggunakan laptop ini.

Sementara itu grafisnya menggunakan Intel UHD Graphics sehingga untuk membuka berbagai aplikasi atau permainan tertentu tetap lancar tanpa kendala.  Sedangkan untuk penyimpanannya menggunakan eMMC 128GB. Cukup untuk menyimpan file, gambar atau video. Apabila dirasa masih kurang bisa ditambah dengan SSD hingga 1TB.

 

Spill Resitant Keyboard

Untuk urusan keyboard, ASUS sudah memahami kebiasaan dan kecerobohan anak saat menggunakan laptop. Salah satunya adalah keyboard terkena tumpahan air minum yang biasanya diletakan di sisi laptop.

Keyboar ASUS BR1100FKA sudah memiliki kemampuan Spill Resistant sehingga saat terkena tumpahan air hingga 330cc tidak ada masalah. Cukup dilap dengan lap kering saja laptop masih tetap bisa digunakan karena air tidak meresap ke dalam celah-celah keyboard.

 

Kemampuan 360° Hinge

Laptop ASUS BR1100FKA bisa diputar hingga 360 derajat sehingga sangat sesuai dengan keinginan anak dari mulai dilipat seperti tablet, diluruskan 180 derajat, ditekuk 270 derajat, atau dibentuk seperti tenda.   

 

Konektivitas Wi-Fi 6

Untuk koneksi internet, laptop ASUS BR1100FKA sudah menggunakan Wi-Fi 6 yang membuat koneksi internet lebih cepat. Tersedia juga pilihan akses internet 4G LTE untuk kondisi tertentu.



Sementara untuk portnya 1 USB 3.2 Gen2 Type C,  1 USB 3.2 Gent1 Type A, 1 HDMI, Port Ethernet. Port Jack Audio. 

 

Windows 10 dan Office Student 2019

Laptop ini menggunakan sistem operasi Windows 10 yang sangat familiar dengan anak-anak atau pelajar saat ini. Selain itu laptop ini sudah disematkan Office Student 2019 sehingga tidak perlu membeli lagi. Langsung bisa digunakan untuk membuka Microsoft Word, Excel, dan Power Point.

 

Mic AI Cancelling dan Stereo Speaker

Saat kegiatan video conference menggunakan zoom meeting atau google meet biasanya suara yang ada di sekitar ruangan masuk sehingga mengganggu kegiatan tersebut. Tetapi ASUS BR1100FKA memiliki kemampuan Mic dengan AI Cancelling sehingga suara di sekitarnya tidak ikutan masuk walaupun kondisi di sekitarnya sedang ramai.

 

Selain itu laptop ASUS BR1100FKA telah menyematkan 2 stereo speaker yang membuatnya sangat cocok saat digunakan untuk sarana hiburan menonton video atau film dari Youtube atau dari file yang disimpan ke dalam laptop tersebut.

 


Baterai Tahan Lama  

Baterai ASUS BR1100FKA sudah menggunakan 3-cell dengan baterai charging 42W membuat laptop ini bisa bertahan hingga 10 jam saat digunakan untuk menonton video atau memutar musik di Youtube atau kegiatan seperti mengetik dan aktivitas lainnya. Untuk mengisi ulang daya laptop ASUS BR1100FKA hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam.

 



LED Indicator

Laptop ini memiliki LED Indicator yang disematkan pada bagian sisi luar sebelah kanan dari laptop. Fungsi dari LED Indicator tersebut adalah untuk menunjukkan posisi baterai dan koneksi internetnya.   

 

Desain Modular

Laptop ini sangat mudah dibuka hanya dengan menggunakan obeng biasa, kita sudah bisa membukanya. Hal tersebut tentu akan memudahkan saat memperbaiki laptop jika ada kerusakan atau saat ingin menambah RAM atau SSD.  

 

Harga  

Harga laptop ASUS BR1100FKA dibanderol dengan harga 5,7  jutaan. Harga ini tentu sangat sesuai dengan spesifikasi dan fitur-fiturnya yang sangat menarik.

 

Kesimpulannya

Dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang disematkan pada laptop ini maka laptop ASUS BR1100FKA sangat cocok untuk pelajar.   Ulasan lengkapnya silakan lihat video berikut ini : 


0 komentar:

Post a Comment test