Rangkuman IPS Kelas 7 Semester Ganjil Materi Dinamika Penduduk

Sunday, August 29, 2021

 

Gambar Buku Siswa IPS Kelas 7 Kemdikbud RI

Tujuan Pembelajaran kali ini adalah :

1. Siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian Dinamika

2. Siswa harapkan dapat menjelaskan pengertian Kependudukan

3. Siswa dapat mendeskripsikan kondisi Dinamika Kependudukan Indonesia


Pengertian Dinamika Kependudukan 

Dinamika adalah Pergerakan, perubahan atau perkembangan

Kependudukan adalah hal yang berkaitan dengan jumlah, struktur, umur, jenis kelamin, agama, kelahiran, perkawinan, kehamilan, kematian, persebaran, mobilitas dan kualitas serta ketahanannya yang menyangkut politik, ekonomi, sosial dan budaya. 

Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk pada suatu wilayah yang disebabkan oleh tiga faktor yaitu, kelahiran(natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan  (migrasi). 


Berikut ini hal-hal yang termasuk dalam Dinamika Kependudukan Indonesia : 

1. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk yang besar ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi bisa  menjadi keuntungan bagi Indonesia dengan jumlah penduduk usia produktif yang berlimpah. Namun di sisi lain bisa menjadi kerugian bila jumlah penduduk yang besar itu memiliki kualitas yang rendah, dilihat dari pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan. 


2. Persebaran Penduduk

Persebaran atau distribusi penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk  di suatu wilayah atau negara, apakah penduduk tersebut tersebar merata atau tidak. Persebaran penduduk dapat dikenali dari kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk merupakan indikator adanya perbedaan sumber daya yang dimiliki suatu wilayah. Wilayah yang memiliki sumber daya yang lebih baik, baik sumber daya fisik maupun manusianya, akan cenderung dipadati penduduk. 


Kondisi persebaran penduduk yang tidak merata merupakan sebuah permasalahan tersendiri bagi pelaksanaan pembangunan. Karena itu  dilakukan upaya pemerataan penduduk yang seimbang, sehingga seluruh  potensi bangsa Indonesia dapat dikembangkan optimal. Salah satu cara untuk memeratakan jumlah penduduk di Indonesia adalah dengan melalui perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya. Perpindahan penduduk tersebut tentu dapat dilakukan dengan keinginan sendiri maupun diprogramkan oleh pemerintah seperti transmigrasi. 


Pulau Jawa adalah daerah yang sangat subur dan telah lama berkembang dengan pertanian tradisional. Pada masa lalu, masyarakat masih mengembangkan pola ekonomi tradisional berupa pertanian. Lokasi Pulau Jawa yang sebagian besar wilayahnya mudah terjangkau menjadi salah satu penyebab persebaran penduduk di Pulau Jawa terus terjadi. Selain itu, Pulau Jawa juga merupakan pusat perkembangan politik pada masa pengaruh Hindu, Buddha, Islam, dan masa penjajahan. Saat ini, pusat pemerintahan yaitu Jakarta berada di Pulau Jawa, demikian pula dengan kota-kota besar yang sebagian besar berada di Pulau Jawa. Tidak mengherankan apabila sarana dan prasarana di Pulau Jawa lebih lengkap dari wilayah lainnya di Indonesia.


3. Komposisi Penduduk

Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan usia/umur, jenis kelamin, mata pencaharian, agama, bahasa, pendidikan, tempat  tinggal, jenis pekerjaan, dan lain-lain. Komposisi penduduk diperlukan dalam suatu negara karena dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan ataupun penentuan kebijaksanaan dalam pelaksanaan pembangunan. 


Komposisi penduduk dibagi menjadi beberapa macam diantaranya : 

A. Komposisi Penduduk Berdasarkan Usia

B. Komposisi Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin

C. Komposisi Penduduk Berdasarkan Mata Pencaharian 

D. Komposisi Penduduk Berdasarkan Agama

E. Komposisi Penduduk Berdasarkan Bahasa 

F. Komposisi Penduduk Berdasarkan Pendidikan

G. Komposisi Penduduk Berdasarkan Tempat Tinggal


4. Pertumbuhan dan Kualitas Penduduk

Pertumbuhan penduduk adalah keseimbangan dinamis antara kekuatan yang menambah dan kekuatan yang mengurangi jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk, yakni kelahiran, kematian, dan migrasi. 


Kelahiran dan kematian disebut faktor alami, sedangkan migrasi disebut faktor nonalami. Kelahiran bersifat menambah, sedangkan kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk. 


Migrasi yang bersifat menambah disebut migrasi masuk (imigrasi), sedangkan migrasi yang bersifat mengurangi disebut migrasi keluar (emigrasi). 


Pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan beberapa permasalahan yakni :

a. Pertumbuhan penduduk usia muda yang cepat menyebabkan tingginya  angka pengangguran.

b. Persebaran penduduk tidak merata. 

c. Komposisi penduduk kurang menguntungkan karena banyaknya penduduk usia muda yang belum produktif sehingga beban ketergantungan tinggi.

d. Arus urbanisasi tinggi, sebab kota lebih banyak menyediakan lapangan kerja.

e. Menurunnya kualitas dan tingkat kesejahteraan penduduk.


5. Keragaman Etnik dan Budaya

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki suku bangsa dan budaya yang beragam. Suku bangsa sering juga disebut etnik.


Suku bangsa adalah gabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial sebab mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal-usul dan tempat asal serta kebudayaan. 


Ciri-ciri suku bangsa memiliki kesamaan kebudayaan, bahasa, adat istiadat, dan nenek moyang. Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya, antara lain bahasa daerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah, dan tempat asal.


Keragaman budaya dapat diketahui melalui bentuk-bentuk pakaian adat, lagu daerah, tarian daerah, rumah adat, upacara adat dan lain sebagainya.  


0 komentar:

Post a Comment test