Review Laptop ASUS Chromebook C214, Laptop Untuk Pelajar dengan Layar Sentuh, Bodi yang Kokoh dan Baterai Tahan Lama

Monday, September 6, 2021

 

ASUS Chromebook C214

Kebutuhan akan laptop semakin hari semakin penting, apalagi saat pandemi seperti sekarang. Anak-anak atau pelajar pun membutuhkan laptop untuk kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Bila selama ini kita terbiasa dengan perangkat dengan sistem operasi Windows OS, kali ini kami akan bahas Chrome OS


Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang laptop ASUS Chromebook C214M. Laptop ini merupakan laptop yang menggunakan Chrome OS besutan dari Google.

 


Desain

Laptop ASUS Chromebook memiliki desain yang kokoh, laptop ini memiliki bodi 3D-textured finish artinya laptop ini lebih tahan terhadap goresan. Selain itu Chromebook C214 tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari setelah dipegang.



 

ASUS Chromebook C214 sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung berbahan karet di sekeliling bodinya. Pelindung tersebut akan melindungi bodi ASUS Chromebook C214 saat terjatuh atau terbentur. Bagian internal laptop ini juga diperkuat dengan struktur khusus berbahan logam sehingga keseluruhan bodinya lebih tahan banting. Durabilitas ASUS Chromebook C214 juga telah teruji dan mendapatkan sertifikasi lolos uji ketahanan bersandar militer AS (MIL-STD-810H).

 

Chromebook C214 telah mengadopsi tipe layar flip screen yang dapat diputar hingga 360 derajat, sehingga laptop ini dapat dibentangkan, mode tenda, stand atau mode tablet. 

 

Keyboard

Susunan keyboard ASUS Chromebook C214 tidak biasa karena ada logo pencarian pengganti tombol Caps Lock pada laptop biasa.  Hal ini tentu memiliki fungsi agar memudahkan pencarian aplikasi di Chrome Web Store.  

Keyboard ASUS Chromebook C214


ASUS Chromebook C214 sudah dilengkapi dengan fitur spill dan tamper resistant. Kedua fitur tersebut membuat keyboard pada ASUS Chromebook C214 tahan terhadap tumpahan air serta memiliki key caps yang lebih kuat sehingga tidak mudah untuk dicongkel oleh jari anak-anak.


Trackpad ASUS Chromebook cukup luas dan nyaman untuk digunakan baik untuk klik kanan dan kiri. Sehingga cocok bagi Anda yang sering menggunakan trackpad untuk mengetik dan bekerja.  

 

Layar

ASUS Chromebook C214 memiliki layar 11,6 inci. Dengan perbandingan 16:9, LED backlight HD dengan resolusi 1366x768 piksel anti glare atau anti silau. Laptop ini hadir dengan teknologi layar sentuh yang mendukung hingga 10 titik sentuh. 



Berkat fitur ini, anak-anak dapat belajar secara lebih interaktif melalui gesture sentuh yang telah didukung oleh Chrome OS. Fitur layar sentuh tersebut juga sangat penting mengingat Chrome OS juga mendukung penggunaan aplikasi Android yang memang dirancang untuk layar sentuh.

 

Sistem Operasi

Chrome OS memiliki antarmuka yang simple dan sangat cepat dan ringan untuk proses instal pertama kali sangat mudah bahkan oleh orang awam sekalipun. Selain itu hanya butuh beberapa detik saja untuk proses booting pertama kali.



Laptop ini memiliki sejumlah aplikasi dan layanan khusus edukasi yang banyak digunakan, seperti Google Classroom, Google Drive, dan produk google lainnya. Chrome OS juga memiliki antarmuka yang simpel dan lebih mudah digunakan oleh anak-anak. 


Selian itu, Chrome OS juga dapat menjalankan aplikasi Android melalui Google Play Store. Kemudahan operasional dan dukungan layanan Google membuat ASUS Chromebook C214 yang ditenagai Chrome OS menjadi perangkat tepat untuk edukasi anak.

 

Aplikasi

Bagi anda yang belum terbiasa dengan sistem operasi Chrome OS mungkin belum familiar karena tidak ada Office seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point.  Tetapi sebenarnya bisa menggunakan aplikasi dari Google seperti Google Doc, Google Spreadsheet, dan Google Slide yang bisa diubah menjadi format Office.

 

Tampilan Aplikasi di Chrome  Web Store

Selain itu ada beberapa aplikasi Android yang ada di Play store yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan Office di ASUS Chromebook seperti Office 365.

Office 365 di Chromebook C214

 

Bagi yang suka dengan game, laptop ini menyediakan beberapa permainan baik yang online maupun offline. Bahkan kami mencoba game Mobile Legends bisa berjalan dengan baik. Tetapi untuk Game PUBG Mobile dianggap sebagai emulator. 

Game Mobile Legends di ASUS Chromebook C214

Laptop ini sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk menggambar seperti Crome Canvas, koding seperti Text dan aplikasi bawaan Chrome OS.

 

Kamera

Chromebook C214 juga dilengkapi dengan dua kamera. Satu ditempatkan pada bagian atas laptop sedangnya yang satunya lagi di pojok kanan bawah keyboard laptop tersebut. 

Kamera HD laptop ASUS Chromebook C214 


Resolusinya yang bagian atas 720HD sedangkan bagian bawah memiliki resolusi 5MP yang dapat digunakan untuk menangkap gambar yang ada di depan penggunanya layaknya smartphone. 

Kamera 5MP ASUS Chromebook C214

Ini dia hasil jepretan kedua kamera laptop ASUS Chromebook C214. Cukup untuk mengambil gambar saat kegiatan pembelajarana atau mengirimkan tugas kepada gurunya melalui media sosial atau aplikasi perpesanan.   

 

Hasil jepretan kamera utama laptop ASUS Chromebook C214

Hasil jepretan kamera 5MP ASUS Chromebook C214

 

Prosesor dan Penyimpanan

ASUS Chromebook C214 ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000 yang sudah cukup powerful untuk menjalankan berbagai aplikasi edukasi yang terdapat di Chrome OS. Keduanya juga dilengkapi dengan memori DDR4 RAM sebesar 4GB sehingga dapat diandalkan untuk multitasking di Chrome OS, serta penyimpanan berupa eMMC hingga 32GB. Walaupun kecil tetapi Google menyediakan 100GB penyimpanan awan selama setahun. Apalagi Anda memiliki akun belajar.id penyimpanannya bisa 1TB. 

Prosesornya menggunakan Intel Celeron N4000


ASUS Chromebook C214 juga hadir dengan fitur gratis berlangganan layanan Google One selama satu tahun. Layanan tersebut termasuk penyimpanan awan (cloud storage) hingga 100GB.

 


Konektivitas

Sebagai laptop modern, ASUS Chromebook C214 juga unggul dalam hal konektivitas. Pada bagian sebelah kiri ada port USB Type-C,  combo audio jack dan USB Type A. 

Port sebelah kiri ASUS Chromebook C214

Pada bagian sebelah kanan port Kingstone, USB type C, tombol power dan volume.  Bahkan telah mendukung teknologi USB Power Delivery serta dapat digunakan sebagai display output. Memang belum ada port HDMI tetapi bisa menggunakan converter.


 

Port sebelah kanan ASUS Crhomebook C214

ASUS Chromebook C214 mengandalkan WiFi 5 (802.11ac) sehingga laptop ini dapat terhubung dengan internet secara praktis dan mudah. Selain itu juga terdapat fitur Bluetooth 5.0 untuk menghubungkan perangkat tambahan lainnya.

 

Untuk konektivitas dengan printer, laptop ASUS Chromebook C214 sangat mudah mengoperasikannya cukup dengan plug and play tanpa harus instal driver dari printer lagi.


 

Audio

Untuk audio speaker ini sudah dilengkapi dengan 2 speaker dan microphone. Speakernya dirasa cukup kebutuhan anak-anak sekolah. 

 

Speaker ASUS Chromebook C214

Baterai

Salah satu yang paling menarik dari ASUS Chromebook C214 adalah ketahanan baterainya. Baterainya dapat bertahan hingga 11 jam penggunaan, sangat cukup untuk menemani kegiatan belajar seharian. Isi ulang daya baterainya hanya membutuhkan waktu 2 jam saja hingga full dengan menggunakan charger 50Wh.  

 

Mudah maintenance

ASUS Chromebook C214 sangat mudah di-maintenance. Hampir seluruh komponen inti pada laptop ini dapat diakses dengan mudah, hanya dengan menggunakan obeng biasa,  membuatnya sangat cocok digunakan sebagai perangkat pembelajaran di sekolah.

Bodi bagian bawah dari ASUS Chromebook C214

 

Dimensi dan Beratnya

Laptop ini memiliki dimensi 292 x 199 x 19,5 ~20,1 mm dengan berat 1,2Kg sehingga tetap nyaman dibawa oleh anak-anak

 

Harga

Laptop ASUS Chromebook C214 dibanderol dengan harga Rp.5.999.000

 

ASUS Chromebook C214 saat digunakan di kelas

Kesimpulan

Laptop ASUS Chromebook C214 merupakan laptop yang ringkas, dengan sistem operasi yang simple, tahan terhadap benturan, tahan terhadap tumpahan air. Selain itu layarnya layar sentuh dan baterainya memiliki kemampuan tahan lama sehingga laptop ini cocok untuk pelajar atau guru apalagi sudah terbiasa dengan sistem operasi Android. 

0 komentar:

Post a Comment test