Oct 18, 2021

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial 

Interaksi sosial dapat terjadi di mana pun dan kapan pun, serta dilakukan  oleh siapa pun tanpa mengenal usia, status sosial, dan pendidikan. Hal itu  terjadi karena manusia hidup selalu berinteraksi dengan orang lain. Di dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa melihat seseorang atau sekelompok orang, baik di lingkungan keluarga, di jalan, atau pun di kantor, dan dimana saja melakukan interaksi sosial. Mereka berinteraksi sosial dalam bentuk yang beraneka ragam. 


Ada beberapa bentuk interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat, yaitu sebagai berikut :

A. Proses-Proses yang Asosiatif : 

Yakni proses yang terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan  interaksi sosial yang mengarah kepada kesatuan pandangan. Proses ini terdiri  atas tiga bentuk yaitu kerja sama, akomodasi, dan asimilasi.


1. Kerja sama

Kerja sama disini dimaksudkan sebagai suatu usaha bersama antara orang  perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan  bersama. Bentuk kerja sama ini dalam masyarakat Indonesia dikenal dengan  istilah gotong royong. Gotong royong pada dasarnya mencerminkan suatu  interaksi sosial di masyarakat Indonesia dalam wujud kerja sama.

Gotong Royong (Gambar kitapastibisa.id)


Dalam pelaksanaan kerja sama, ada lima bentuk kerja sama yaitu  kerukunan, bergaining, kooptasi, koalisi, dan joint venture. Contohnya : kerja  sama di masyarakat sekitar, antara sesama teman bermain, teman sekolah, teman sekantor, dan sebagainya.


2. Akomodasi

Sebagai suatu proses, akomodasi menunjuk pada usaha-usaha manusia untuk  meredakan suatu pertentangan, yaitu usaha-usaha untuk mencapai kestabilan.  Akomodasi merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa  menghancurkan pihak lawan sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiannya. 


Dalam pelaksanaannya, akomodasi memiliki beberapa bentuk yaitu koersi,  kompromi, arbitrasi, mediasi, konsiliasi, toleransi, stalemate, dan ajudikasi. 


Koersi adalah praktik memaksa pihak lain untuk berperilaku secara spontan dengan menggunakan ancaman, imbalan, atau intimidasi atau bentuk lain dari tekanan atau kekuatan. 


Kompromi adalah upaya untuk memperoleh kesepakatan di antara dua pihak yang saling berbeda pendapat atau pihak yang berselisih paham. 


Arbitrasi adalah sebuah cara penyelesaian masalah di luar pengadilan. Sengketa akan diselesaikan oleh satu orang atau lebih, yang memberikan keputusan arbitrasi. Keputusan arbitrasi mengikat secara hukum pada kedua belah pihak dan diberlakukan dalam pengadilan. 


Mediasi adalah upaya penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang netral, yang tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian yang diterima oleh kedua belah pihak.


Konsiliasi adalah salah satu cara untuk menyelesaikan perselisihan atau konflik. Konflik sendiri adalah hal yang sudah tidak asing lagi dalam suatu perusahaan. Antara pengusaha, serikat pekerja ataupun keduanya dapat mengalami suatu konflik yang didasari suatu kepentingan. 


Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu (perseorangan) baik itu dalam masyarakat ataupun dalam lingkup yang lain.


Stalemate adalah dimana pihak-pihak yang bertikai mempunyai kekuatan yang seimbang hingga pada akhirnya pertikaian tersebut berhenti pada titik tertentu, dengan demikian sebuah konflik dapat diselesaikan.


Ajudikasi adalah proses penyelesaian sengketa informasi publik antara para pihak yang diputus oleh Komisi Informasi yang putusannya memiliki kekuatan setara dengan putusan pengadilan. 


Contoh akomodasi : pemaksaan terhadap kaum yang lemah, penyelesaian PHK karyawan, penyelesaian yang bersengketa melalui pihak ketiga (mediasi), toleransi kehidupan beragama (toleransi), pengadilan, dan sebagainya. 


3). Asimilasi

Asimilasi merupakan cara-cara bersikap dan bertingkah laku dalam  menghadapi perbedaan untuk mencapai kesatuan dalam pikiran dan  tindakan. Proses asimilasi dapat dengan mudah terjadi melalui beberapa cara, antara lain dengan sikap toleransi, sikap saling menghargai orang lain dan kebudayaannya, persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan, serta perkawinan campuran. Contohnya adalah orang orang dari Tiongkok yang tinggal di Indonesia. Warga Tiongkok yang sudah lama tinggal di Indonesia, akhirnya bisa berbahasa Indonesia dengan sangat fasih. Namun dialek yang mereka biasa pakai untuk berkomunikasi sudah tidak asli lagi karena sudah tercampur dengan bahasa Indonesia. 


Dalam hal makanan, misalnya, bakso makanan yang dibawa oleh orang  Tiongkok, kemudian lama kelamaan diakui sebagai makanan orang Indonesia  yang dibuat dari daging sapi, ayam, dan sebagainya.


B. Proses-Proses yang Disosiatif

Proses Disosiatif adalah proses interaksi yang terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan  interaksi sosial yang mengarah pada konflik dan merenggangkan solidaritas  kelompok. Proses ini terdiri atas tiga bentuk yaitu kompetisi, kontravensi, dan  pertentangan.


1. Kompetisi (Persaingan)

Kompetisi adalah suatu proses individu atau kelompok yang bersaing untuk  mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan tertentu. Contohnya  gelar juara, kesuksesan, sebuah piala, dan hadiah. Untuk mendapatkannya,  seseorang harus bersaing satu dengan yang lainnya. 


Di dalam persaingan ini ada dua jenis, yaitu persaingan yang bersifat  pribadi dan persaingan kelompok. Kompetisi pribadi melibatkan satu individu  dengan individu lain yang secara langsung bersaing untuk mendapatkan  sesuatu, seperti persaingan antara dua calon ketua OSIS, persaingan tunggal  putra/putri kejuaraan bulutangkis, dan sebagainya. Kompetisi kelompok  merupakan persaingan yang melibatkan berbagai pihak secara berkelompok,  seperti pertandingan sepak bola, basket, pertandingan voli, dan sebagainya. 


Dalam pelaksanaannya, persaingan ini memiliki beberapa bidang, yaitu  persaingan ekonomi, persaingan kebudayaan, persaingan kedudukan,  persaingan kekuasaan, dan lain sebagainya. 


2. Kontravensi

Kontravensi adalah sikap mental yang tersembunyi terhadap orang lain atau  terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu. Kontravensi ini  ditandai oleh gejala-gejala adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang dan perasaan tidak suka yang disembunyikan, kebencian atau keraguan terhadap kepribadian seseorang. Contohnya, OSIS di sekolahmu mempunyai suatu rencana, tetapi kelasmu kurang setuju terhadap rencana tersebut sehingga berkembang rasa tidak suka atau benci namun masih disembunyikan. Contoh  lainnya, kontravensi bisa jumpai di dunia politik. Di mata masyarakat para  politikus tampak akrab. Namun, terdapat sikap-sikap lain yang tersembunyi di antara mereka. Sikap tersebut dapat berubah menjadi kebencian, tetapi tidak sampai menjadi pertentangan atau pertikaian.


3. Pertentangan (Konflik)

Pertentangan (konflik) adalah suatu proses di mana individu atau kelompok  berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan  yang disertai dengan ancaman dan kekerasan. Konflik terjadi jika dua pihak berusaha saling menggagalkan tujuan masing-masing. Pertentangan (konflik)  disebabkan oleh antara lain perbedaan antara individu-individu, perbedaan  kebudayaan, perbedaan kepentingan, dan perubahan sosial.

Konflik (Gambar Kompas.com)


Bentuk-bentuk pertentangan atau konflik yang terjadi di masyarakat seperti  konflik pribadi, konflik sosial, konflik antarkelas-kelas sosial, konflik politik, dan konflik internasional. Akibat pertentangan (konflik) harta benda hancur, kebahagiaan keluarga terampas, dan banyak nyawa terenggut secara paksa.


Jawablah pertanyaan ini dengan baik dan benar!  

1. Jelaskan perbedaan antara interaksi sosial asosiatif dan disosiatif 


2. Berikan contoh interaksi sosial asosiatif masing-masing 1 contoh : 

a. Kerja sama

b. Akomodasi

c. Asimilasi


3. Berikan contoh interaksi sosial disosiatif masing-masing 1 contoh : 

a. Kompetisi

b. Kontravensi 

c. Pertentangan atau konflik 


4. Jelaskan pengertian :

1. Koersi

2. Kompromi 

3. Arbitrasi 

4. Mediasi

5. Konsiliasi

6. Toleransi

7. Stalemate

8. Ajudikasi 


Mudah-mudahan materi ini bermanfaat bagi Anda semua. 


Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Materi IPS Kelas 7 Semester Ganjil
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon