Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Mengidentifikasi Teks Prosedur

Wednesday, October 13, 2021

  

Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Mengidentifikasi Teks Prosedur - Bagi bapak dan ibu guru SMP yang mengajar semester ganjil sudah dilalui beberapa minggu, dan biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk penilaian harian yang sesuai dengan kurikulum 2013. 


Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal penilaian harian mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil materi Mengidentifikasi Teks Prosedur yang mungkin bisa dijadikan referensi. 


Soal Penilaian Harian khususnya pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Mengidentifikasi Teks Prosedur yang dikutip dari Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Gasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 


Berikut soal penilaian harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Mengidentifikasi Teks Prosedur :  


Teks 1 

Rendang Daging Khas Minang


Siapa sih yang nggak suka rendang? Masakan khas dari Sumatera Barat ini menjadi favorit masyarakat. Sebagai makanan terenak yang diakui dunia, rendang tentu dengan mudah dapat ditemukan seluruh penjuru Indonesia. Bahkan makanan yang diolah dengan berbagai bumbu rempah dan santan ini resepnya sudah begitu terkenal. 

Memasak rendang membutuhkan teknik memasak yang tepat untuk menghasilkan masakan rendang yang lezat. Biasanya untuk memasak rendang sendiri dibutuhkan santan cair dan kental untuk membuat bumbu meresap ke daging. Bahan-bahan ini pada umumnya dimasak sekitar 3-4 jam

Bahan-bahan:

• 1 kg daging sapi

• 1 kg santan pekat dari 3 butir kelapa tua

• 1 gelas air

• 2 batang serai

• 5 lbr daun jeruk purut

• 2 lbr daun kunyit

• 2 buah asam kandas

• 5 buah cengkeh

• 2 cm kayu manis

• 2 buah bunga lawang (jika ada)

• Garam secukupnya

Bumbu Halus:

• 20 buah cabai merah

• 20 siung bawang merah

• 6 siung bawang putih

• 2 cm jahe

• 2 cm lengkuas

• 1 sdt ketumbar


Cara membuat rendang daging khas Minang:

1. Langkah pertama yaitu mencuci daging sampai bersih, lalu potong sesuai selera.

2. Ulek atau blender semua bumbu halus.

3. Panaskan wajan, lalu masukkan santan, air, dan daging sapi. Aduk terus agar santan tidak pecah.

4. Sambil terus diaduk, masukkan serai, daun jeruk purut, daun kunyit, asam kandis, dan garam.

5. Setelah mengering dan berubah warna menjadi kecoklatan, masukkan kayu manis, bunga lawang, dan cengkeh. Tunggu mengering dan keluar minyak.

6. Hidangkan diatas piring flat dengan taburan bawang akan lebih nikmat.

Sumber:https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/13-cara-membuat-rendang-enak-empuk-dan-sederhana-191014y.html diunduh pada tanggal 31 Agustus 2020 pukul 09.15 WIB.


Teks 2


Hasil penelitian guru besar Universitas Andalas (Unand) Padang menemukan fakta bahwa rendang, yang merupakan makanan khas Sumatera Barat, meskipun dimasak dalam waktu lama ternyata nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga.

Hal ini dijelaskan Guru Besar Unand Padang Prof Fauzan Azima di Padang, Senin (6/11/2018), pada orasi ilmiah pengukuhan guru besar tetap dalam Ilmu Kimia Hasil Pertanian pada Fakultas Teknologi Pertanian Unand dengan tema "Prospek Pengembangan Sumber Daya Lokal sebagai Pangan Fungsional dan Produk Lainnya".

"Selama ini memasak rendang selalu dilakukan dalam waktu lama hingga berwarna coklat kehitaman, yang menjadi tanda tanya apakah nutrisinya berkurang dan berpengaruh bagi kesehatan saat dikonsumsi? Ternyata tidak berkurang," katanya.

Fauzan juga menyampaikan telah meneliti sampel rendang dari seluruh wilayah yang ada di Sumatera Barat dan ternyata berbagai pertanyaan yang mengemuka soal rendang bisa terjawab.

Ia mengatakan rendang dihasilkan dari daging dan santan serta bumbu rempah dimasak dengan suhu tinggi dalam waktu lama. Kemudian timbul pertanyaan apakah mungkin terbentuk senyawa berbahaya dan warnanya yang coklat kehitaman membahayakan kesehatan.

"Ternyata ketika dilakukan pengamatan saat memasak rendang 30 menit pertama dari daging menjadi gulai terjadi peningkatan daya cerna protein dari 87,58 persen menjadi 91,51 persen," ujar dia.

Kemudian, pada pemanasan selanjutnya hingga berubah wujud menjadi kalio daya cerna protein turun menjadi 90,31 persen. Saat terbentuk rendang basah turun menjadi 88,59 persen dan saat jadi rendang kering berwarna hitam daya cerna protein menjadi 86,39 persen. Tidak hanya itu, selama proses pemasakan terungkap tidak terbentuk angka peroksida dan asam lemak trans berada pada angka 0,00 persen. "Artinya daya cerna protein rendang hanya turun satu persen dibandingkan saat masih berbentuk daging yang belum dimasak, yang artinya proses memasak yang lama tidak merusak nilai gizi yang terkandung," katanya.

Fauzan juga menjelaskan, protein rendang yang dimasak pada suhu di atas 80 derajat celcius mengalami denaturasi sehingga terjadi penguraian protein menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna. Ia juga mengungkap rendang yang disimpan dalam aluminium foil kedap lebih tahan dibanding wadah gelas, botol plastik maupun kantong plastik.

Sumber: https://tirto.id/penelitian-rendang-meski-dimasak-lama-nilai-gizi-tidak-rusak-c9mD diunduh pada tanggal 31 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB.


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat.

1. Teks 1 tersebut jika dilihat dari jenisnya termasuk teks prosedur ....

A. melakukan sesuatu

B. menggunakan sesuatu

C. membuat sesuatu

D. memainkan sesuatu


2. Rendang akan tahan lebih lama bila disimpan dalam ....

A. aluminium foil

B. daun pisang

C. wadah gelas

D. mangkok kaca


3. Pilihlah jawaban yang benar.

Ilustrasi gambar berfungsi mendukung teks. Hal apa saja yang saling ketersesuaian antara teks 1 dan teks 2? Ananda boleh memilih lebih dari satu jawaban.


4. Berilah tanda centang pernyataan berikut, benar atau salah.


5. Pilihlah jawaban berikut dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia.

Bahasa yang digunakan dalam teks prosedur sebagai berikut.

Berilah tanda centang pada kolom Ya atau Tidak.



6. Pilihlah jawaban berikut dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia


7. Apakah ada keterkaitan antara teks 1 dengan teks 2? Berikan alasan Ananda.

Alasan:


8. Perbaiki penulisan kalimat berikut.

Hidangkan diatas piring flat dengan taburan bawang akan lebih nikmat. 

Perbaikan 


9. Tuliskan 2 kalimat yang menyatakan panduan dari teks 1.

A.

B.


10. Apa yang dilakukan oleh Guru Besar Unand Padang Prof Fauzan

Azima? Mengapa beliau melakukan hal tersebut.


0 komentar:

Post a Comment test