Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Materi Menulis Kreatif Cerita Imajinasi

Tuesday, October 12, 2021

 



Soal Penilaian Harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Menulis Kreatif Cerita Imajinasi - Bagi bapak dan ibu guru SMP yang mengajar semester ganjil sudah dilalui beberapa minggu, dan biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk penilaian harian yang sesuai dengan kurikulum 2013. 


Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal penilaian harian mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil materi Menulis Kreatif Cerita Imajinasi yang mungkin bisa dijadikan referensi. 


Soal Penilaian Harian khususnya pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Menulis Teks Deskripsi yang dikutip dari Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Gasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 


Berikut soal penilaian harian Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Materi Menulis Teks Deskripsi :  

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dan beri alasan!

1. Bacalah kutipan teks berikut!

Aku hanya terdiam mendengar jawabanya, dan kakiku terus berlari di atas rumput hijau, dan kami sampai di desa itu. Aku terkejut saat melihat keadaan desa telah hancur, porak poranada, kepingan bangunan di mana-mana, kobaran api yang menari-nari, mayat-mayat yang bertebaran seperti daun-daun di musim gugur, dan yang melakukan itu semua adalah raksasa besar yang ada di hadapan kami. Raksasa hijau itu sangat menakutkan. Dia menatap Jerry dan aku dengan mata merah seramya.


Berdasarkan deskripsi isinya kutipan paragraf tersebut merupakan struktur teks cerita imajinasi bagian ....

A. orientasi

B. komplikasi

C. resolusi


Alasan:


Baca dan cermatilah struktur cerita imajinasi berikut ini, kemudian kerjakan soal di bawahnya!

Sepasang Penyihir


Di suatu desa yang damai, hiduplah dua saudara kembar yang mempunyai kekuatan sihir. Mereka ialah Pino dan Pina. Walaupun mereka saudara kembar, sifat keduanya sangatlah berbeda jauh. Pino mempunyai sifat sangat sombong serta Pina mempunyai sifat yang baik hati. Pino mempunyai keistimewaan menguasai ilmu sihir lebih tinggi dibanding pina sehingga memamerkan kemampuannya dengan sombong. 

Pina ialah kakak dari pino, ia selalu melarang adiknya untuk memamerkan kekuatan itu kepada teman-temannya atau menggunakan sihir dengan sembarang tempat. Akan tetapi Pino selalu saja membantah dan berpikir bahwa Pina iri dengan kemampuan sihir yang dimilikinya. Sikapnya semakin hari semakin menjadi-jadi, saat itu diubahnya seluruh benda di sekitarnya menjadi batu termasuk di dalamnya hewan ternak warisan keluarganya.

Pina masih terus berusaha menasihati si adik akan tetapi tetap keras kepala dan angkuh merasa bahwa dirinya paling kuat dan hebat didunia ini. Ada satu benda lagi yang belum diubahnya pada saat itu, yaitu kaca. Pino yang membacakan mantera dengan niat mengubah kaca menjadi batu ternyata kebalikannya karena mantera tersebut terpantul oleh kaca menuju arah Pino.

Seketika tubuh Pino menjadi kaku, diam tak bergerak. Pada akhirnya Pino pun berubah menjadi batu. Dengan keadaan adiknya seperti itu, Pina bergegas memberitahukan guru sihir dengan berharap bantuannya untuk membebaskan adiknya atas sihir yang diperbuatnya sendiri, tetapi guru sihir tidak bisa membantu karena mantera itu bersifat abadi.

Sumber : https//chasyide.wordpress.com/2018/01/12


2. Setelah mencermati struktur teks di atas, tentukan benar/salah pernyataan berikut ini dengan memberi tanda (√) pada kolom yang tersedia!



3. Pola pengungkapan sebab akibat yang unik dalam cerita di atas dideskripsikan pada paragraf ....

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat


4. Jelaskan bagaimana alur cerita imajinasi berjudul “Sepasang Penyihir” di atas?

Penjelasan:



Bacalah cerita imajinasi berikut ini!

Wiz dan Belimbing Ajaib

Oleh: Jacqualino Bunga


Wiz, sang kurcaci penggali sumur dengan memiliki sebatang pohon belimbing ajaib di rumahnya di tengah Hutan Morin, buahnya berwarna-warni sesuai warna cabangnya. Pohon belimbing ini merupakan pohon ajaib di kalangan para kurcaci di hutan Morin. Pohonya bercabang lima seperti jari tangan, dengan warna yang berbeda-beda.


Setiap warna memiliki khasiatnya sendiri, buah merah cabang ibu jari, yang berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit asma. Buah hijau cabang telunjuk, berkhasiat menyembuhkan sakit perut. Buah kuning cabang jari tengah berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit mata, buah putih cabang jari manis berkhasiat mempercantik wajah, dan buah biru cabang jari kelingking.

Seperti bentuk jari manis yang anggun, belimbing putih sering dipesan kurcaci wanita untuk mempercantik wajah dan tubuh, supaya tetap segar dan penuh pesona. Nah buah biru cabang kelingking, kecil dan agak rapuh. Buah biru berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit lupa, semua kurcaci yang pelupa di Hutan Morin, langsung pulih ingatanya ketika memakan belimbing biru. Pokoknya nyos deh khsiatnya.

Suatu hari, Wiz pergi menggali sumur di desa sebelah hutan morin, tiba-tiba matanya terkena pecahan batu galian, wah bahaya kalau tidak cepat ditangani. Dia lalu mengambil belimbing kuning dari dalam tasnya, kemudian dimakannya. Ajaib, seketika itu juga sakit matanya kembali pulih. Ketika hari mulai sore, Wiz pulang ke hutan.

Di tengah perjalanan Wiz bertemu seorang Ibu tua yang sakit asma. Wiz jatuh kasihan, kemudian ia mengambil belimbing merah dari tasnya dan diberikan kepada Ibu tua tersebut. Setelah Ibu tua memakannya, seketika itu juga sembuhlah penyakit asmanya. Ibu tua lalu mengucapkan terima kasih kepada Wiz.

Wiz melanjutkan perjalanan pulangnya, kembali ia bertemu dengan kakak beradik yang tengah duduk di atas batu di pinggir sungai. “Aduh, sakit perutku, kak!” kata anak laki-laki sambil meringis kesakitan memegang perutnya. “Sakit sekali ya, Dek?” tanya kakak perempuanya yang buruk rupa.

“Iya kak aku sudah tidak tahan lagi,” ucap anak lelaki menahan sakit. Wiz yang mendengar percakapan tersebut bertanya,”Ada yang dapat saya bantu?” “Oh, iya pak Kurcaci, adikku butuh pertolongan, ia sakit perut, mungkin terlalu banyak makan jambu air,” sang kakak memberitahu Wiz. Wiz mengambil belimbing hijau dari tasnya dan diberikan ke anak lelaki itu.“Nah, makan ini!” kata Wiz sambil menyerahkan belimbing tersebut.

Wiz menatap kakak perempuan yang buruk rupa kemudian menjadi iba. Wiz lalu mengambil belimbing putih dan diberikan kepada sang kakak. “Saya tidak sakit Pak Kurcaci,” kata sang kakak.

“Kamu juga boleh memakannya, nanti kamu akan tahu khasiatnya!” jawab Wiz. Akhirnya kedua kakak beradik itu memakan buah belimbing dari pohon ajaib itu. “Haa, aku bisa jadi cantik? kulitku pun jadi halus!” sorak sang kakak perempuan buruk rupa takjub dengan perubahan yang baru saja terjadi. “Aku juga sudah sembuh, kak!! perutku sudah nggak mules lagi,”kata si anak lelaki.

“Wah, terima kasih ya Pak Kurcaci, kami sangat beruntung bertemu dengan Pak Kurcaci hari ini, terima kasih, terima kasih, terima kasih,” keduanya menyampaikan rasa terima kasihnya berulang-ulang. Wiz hanya tersenyum mendengar ucapan terima kasih itu.

Mendekati rumahnya di hutan, Wiz bertemu dengan seorang kakek, kelihatannya sang kakek sedang kebingungan. Wiz mendekati si kakek dan bertanya,”Ada apa, Kek? ada yang dapat saya bantu?” tanya Wiz. “Iya, saya butuh bantuan, saya mau pulang ke rumah saya di pinggir hutan tapi saya lupa jalan pulangnya, sekarang saya tersesat,”ujar sang kakek yang pelupa. “Oh jangan khawatir, Kek. Kakek makan saja belimbing biru ini!” kata Wiz sambil menyerahkan belimbing terkahir dari dalam tasnya. Beberapa saat kemudian tampaklah reaksinya, kakek mulai sadar dan telah tahu arah ke rumahnya.

“Terima kasih, sekarang saya jadi tahu jalan pulang ke rumah!” kata kakek senang.

“Baiklah, hati-hati ya, Kek!” jawab Wiz sopan.

Nah, lengkaplah sudah tugas Wiz hari itu, dengan menyembuhkan lima penyakit dengan buah belimbing ajaib. Setiap hari, Wiz si kurcaci dan belimbing ajaibnya akan terus menyembuhkan siapa saja yang membutuhkan pertolongan.

Sumber: https://www.dosenpendidikan.co.id/contoh-cerita-fantasi/dengan pengubahan (Diunduh:28-08-2020)


5. Pada bagian komplikasi diceritakan Wiz berhasil menyembuhkan penyakit dengan belimbing ajaibnya. Pemanfaatan belimbing ajaib sesuai urutan peristiwa dalam cerita tersebut yang benar adalah belimbing warna ....

A. merah, kuning, putih, hijau

B. kuning, merah, hijau, putih

C. hijau, kuning, merah, putih

D. putih, merah, hijau, kuning


6. Lingkari huruf (B) jika pernyataan benar sesuai stuktur teks dan lingkari (S) jika pernyataan salah/tidak sesuai dengan struktur teks cerita Wis dan Belimbing Ajaib!


7. Berdasarkan isinya, ciri bagian orientasi pada cerita Wiz dan Belimbing Ajaib adalah.......

A. Pengenalan tokoh dan latar

B. Pengenalan watak tokoh dan konflik

C. Pengenalan latar dan watak tokoh

D. Pengenalan tokoh dan konflik


8. Pasangkan nama tokoh dan warna belimbing ajaib sebagai obatnya!


9. Penggunaan kata penghubung penanda urutan waktu pada cerita Wis dan Belimbing Ajaib terdapat pada paragraf ....

A. Keempat

B. Kelima

C. Keenam

D. Ketujuh


Alasan/bukti pada teks:


10. Bagaimana pendapat Ananda terhadap perbuatan Wiz? Beri alasan untuk mendukung pendapat Ananda!


11. Pilihlah satu jawaban yang benar dan beri alasan!

Ide cerita di bawah ini yang sesuai untuk dikembangkan menjadi cerita imajinasi adalah ....

A. Kucingku yang lucu

B. Bekerja keras untuk meraih prestasi

C. Pergi ke zaman Majapahit

D. Cara membuat drone


11. Pilihlah satu jawaban yang benar dan beri alasan!

Ide cerita di bawah ini yang sesuai untuk dikembangkan menjadi cerita imajinasi adalah ....

A. Kucingku yang lucu

B. Bekerja keras untuk meraih prestasi

C. Pergi ke zaman Majapahit

D. Cara membuat drone


12. Urutkan pokok-pokok peristiwa berikut menjadi rangkaian peristiwa yang kronologis!


Mereka berada di Pulau Purba yang dihuni oleh makhluk-makhluk purba.

Tiba-tiba benda asing itu mengeluarkan asap putih dan suara aneh.

Siang itu Malfin dan temannya main di lapangan di dekat sekolahnya.

Bola yang ditendang Budi mengenai benda asing yang ada di tepi lapangan

Malfin, Budi dan tiga teman lainnya terhisap benda asing


13. Pokok peristiwa di bawah ini yang menggambarkan bagian klimaks cerita adalah ....

A. Segerombolan harimau tiba-tiba datang menyerangnya.

B. Ia melompat terjun dari tebing itu dan ‘braak’ ia terjatuh dari tempat tidurnya.

C. Ia masuk ke dalam hutan yang lebat

D. Suatu hari ia pergi ke rumah neneknya di suatu desa kecil


14. Perhatikan deskripsi latar berikut!

Tiba-tiba ia berada di kota ini


Pengubahan latar tersebut yang sesuai untuk cerita imajinasi adalah ...

A. Ia tinggal di kota ini sudah lama. Kira-kira sudah dua puluh tahun lebih. Ia sangat senang tinggal di kota ini. Banyak kenangan indah yang ia torehkan mulai kenangan pada masa anak-anak hingga masa remaja. Kota ini banyak menyimpan kenangan baginya.

B. Tiba-tiba ia tinggal di kota yang super sibuk ini. Sepanjang hari sepanjang malam orang-orang di sini hampir tak pernah tidur. Jalan-jalan selalu ramai dengan orang dan kendaraan yang lalu lalang. Entah apa saja yang mereka lakukan. Ada yang berdagang, bekerja, belanja, atau nongkrong di pinggir-pinggir jalan.

C. Tiba-tiba ia berada di kota yang aneh ini. Suasana kota terasa lengang karena tak banyak orang yang lalu lalang. Kendaraan pun hanya beberapa yang melintas. Beberapa orang yang lewat wajahnya ditutup dengan masker hitam sehingga hanya terlihat matanya saja. Toko-toko hanya dibuka pintunya saja, dan kosong tak ada penjualnya.

D. Tiba-tiba ia ingat pernah di ajak ayahnya ke kota ini. Waktu itu ia masih kecil, kira-kira usia delapan tahun. Beberapa tempat masih ia kenali, seperti patung pahlawan di perempatan jalan itu, bangunan tandon air, bangunan rumah sakit, dan beberapa bangunan kantor yang tetap tidak berubah. Bahkan jalan kecil yang menuju rumah neneknya masih ia kenali.


15. Bacalah kutipan cerita berikut!

Gino dan Gani adalah saudara kembar. Keduanya memiliki kekuatan yang berbeda. Gino memiliki kekuatan pada kakinya.

Ia bisa berjalan sangat cepat, secepat kilatan cahaya. Sedangkan Gani memiliki kekuatan di kedua tangannya. Benda seberat apapun bisa dia angkat dengan mudah. Kedua saudara ini sangat rukun dan saling menolong. Ketika Gino ingin memindahkan almari besar di rumahnya, ia meminta bantuan kepada Gani. Begitu juga sebaliknya, ketika Gani ingin mengirim surat ke temannya di kota lain, ia meminta tolong kepada Gino.


Buatlah dialog/percakapan antara Fani dan Fina sesuai dengan isi cerita di atas!


16. Bacalah kutipan cerita berikut!

Gino dan Gani adalah saudara kembar. Keduanya memiliki kekuatan yang berbeda. Gino memiliki kekuatan pada kakinya.

Ia bisa berjalan sangat cepat, secepat kilatan cahaya. Sedangkan Gani memiliki kekuatan di kedua tangannya. Benda seberat apapun bisa dia angkat dengan mudah. Kedua saudara ini sangat rukun dan saling menolong. Ketika Gino ingin memindahkan almari besar di rumahnya, ia meminta bantuan kepada Gani. Begitu juga sebaliknya, ketika Gani ingin mengirim surat ke temannya di kota lain, ia meminta tolong kepada Gino.

Kembangkan konflik yang sesuai untuk melengkapi cerita di atas!


0 komentar:

Post a Comment test