Kumpulan Soal AKM IPS SMP (Geografi, Sejarah dan Sosiologi) Beserta Jawabannya

Wednesday, November 3, 2021


AKM (Asesmen Kompetensi Minumum) sudah digelar oleh pemerintah. Bapak dan ibu guru tentu harus siap-siap membuat soal literasi dan numerasi untuk mata pelajarannya masing-masing, termasuk mata pelajaran IPS.  


Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi contoh-contoh soal Literasi mata pelajaran IPS jenjang SMP atau yang sederajat yang dibuat oleh rekan Bapak Mustofa Kemal Faturohman guru IPS SMP PGRI Kota Bogor Jawa Barat. 


Berikut Contoh Soal AKM Mata Pelajaran IPS SMP  (Geografi, Sejarah dan Sosiologi)  : 


GEOGRAFI

Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Cuaca dan Iklim

1. Perubahan musim yang terjadi di muka bumi merupakan dampak dari ….

A. gerak rotasi bumi

B. jarak wilayah dari laut

C. morfologi permukaan bumi

D. pergerakan arus laut di bumi

E. gerak perputaran bumi terhadap matahari


Jawaban : E

Pembahasan :

Revolusi bumi merupakan gerakan bumi mengelilingi matahari. Pergerakan ini ditambah dengan posisi bumi yang miring terhadap sumbunya menyebabkan kondisi iklim di bumi berbeda-beda dan berubah. Ada kalanya bagian bumi belahan utara lebih banyak menghadap ke matahari dan mengalami musim panas, lalu ada kalanya pula bagian bumi berada pada posisi membelakangi matahari dan mengalami musim dingin. Jawaban yang tepat adalah E.


Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Udara

2. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada wilayah beriklim tropis. Berdasarkan informasi tersebut, maka karakteristik massa udara yang terbentuk di Indonesia adalah ….

A. kering dan sejuk

B. kering dan dingin

C. kering dan panas

D. lembap dan dingin

E. lembap dan panas


Jawaban : E

Pembahasan :

Indonesia merupakan negara yang berada sangat dekat dengan garis ekuator. Oleh sebab itu, jenis massa udara yang berasal dari Indonesia adalah tipe ekuatorial yang panas. Bentuk negara Indonesia yang kepulauan juga turut memengaruhi karakteristik massa udaranya. Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas sehingga massa udaranya memiliki karakteristik maritim yang lembap. Oleh sebab itu, jenis massa udara yang ada di Indonesia adalah maritim ekuatorial yang panas dan lembap. Jawaban yang tepat adalah E.


Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Angin

3. Dampak dari angin muson timur terhadap wilayah Indonesia adalah ….

A. terjadi bencana banjir

B. ketersediaan air terancam

C. produksi garam terhambat

D. risiko tanah longsor meningkat

E. menandakan tibanya musim tanam padi


Jawaban : B

Pembahasan :

Angin muson timur merupakan angin yang berhembus dari wilayah Australia menuju Asia. Angin ini bersifat kering karena membawa uap air yang sedikit. Akibatnya adalah Indonesia akan mengalami musim kemarau. Pada saat musim kemarau, ketersediaan air yang ada di Indonesia menjadi terancam karena tingginya penguapan air. Selain itu, musim kemarau juga menyebabkan risiko gagal panen dan kebakaran hutan meningkat. Jawaban yang tepat adalah B.


Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Awan

4. Fenomena halo matahari merupakan hasil dari interaksi matahari dengan kristal-kristal es pada awan ….

A. altokumulus

B. altostratus

C. kumulonimbus

D. sirostratus

E. stratus


Jawaban : D 

Pembahasan :

Perhatikan gambar berikut ini!

 

Sumber: https://commons.wikimedia.org

Halo adalah fenomena optik yang terjadi saat cahaya matahari atau bulan berinteraksi dengan kristal es pada awan. Interaksi tersebut menyebabkan terjadinya refleksi, refraksi, dan dispersi cahaya. Peristiwa ini banyak terjadi pada awan-awan tinggi, seperti sirus dan sirostratus. Jawaban yang tepat adalah D.


Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Hujan

5. Hujan yang terbentuk karena adanya pertemuan angin pasat disebut sebagai hujan ….

A. frontal

B. muson

C. orografis

D. siklonal

E. zenithal


Jawaban : E

Pembahasan :

Angin pasat adalah angin yang bergerak dari wilayah subtropis atau lintang 30° LU/LS menuju ke arah khatulistiwa atau wilayah tropis. Massa udara yang dibawa oleh angin pasat mengalami pemanasan karena suhu udara di wilayah tropis yang tinggi. Massa udara yang mengalami pemanasan ini kemudian naik ke atas secara vertikal. Pada ketinggian tertentu, uap air pada massa udara akan mengalami kondensasi dan membentuk awan. Akibatnya adalah terjadi hujan yang sangat lebat. Hujan ini disebut dengan hujan konveksi atau hujan zenithal. Jawaban yang tepat adalah E.


SOSIOLOGI

Topik : Ragam Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik : Mengenal Gejala Sosial di Masyarakat

1. Menjelang pemilihan calon legislatif di tingkat DPR, banyak masyarakat di lapangan menemui fenomena serangan fajar. Beberapa calon anggota legislatif memilih cara licik berupa membagikan uang atau sembako demi bisa mendapatkan suara dari rakyat dan mendapatkan jabatan sebagai anggota pemerintah. Ilustrasi tersebut menunjukkan dampak negatif sebuah gejala sosial, yaitu ….

A. industri

B. demokrasi

C. urbanisasi

D. industrialisasi

E. keterbukaan sosial


Jawaban : B

Pembahasan :

Sistem demokrasi dalam sebuah negara dapat kita pandang sebagai gejala sosial di masyarakat. Artinya, demokrasi ini bisa menimbulkan kondisi baru yang ada di masyarakat. Demokrasi memiliki sisi negatif, salah satunya perebutan kekuasaan politik yang dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dalam kasus pada soal di mana menjelang pemilihan calon legislatif di tingkat DPR, banyak masyarakat di lapangan menemui fenomena cara licik para calon berupa membagikan uang atau sembako demi bisa mendapatkan suara dari rakyat.


Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Industri: proses mengolah suatu barang menggunakan sarana dan peralatan.

Urbanisasi: dipahami sebagai fenomena bertambahnya jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu yang terjadi secara memusat.

Industrialisasi: artinya menggalakkan industri dalam suatu negara. Industrialisasi mengandalkan tenaga mesin untuk mengolah barang dan manusia bekerja sebagai pengawas jalannya produksi.

Keterbukaan sosial: penerimaan atau penghargaan dari masyarakat terhadap suatu kondisi atau hal tertentu. Misalnya, Sarita (Warga Negara Indonesia) yang menyukai berbagai budaya dari Korea.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


Topik : Ragam Gejala Sosial di Masyarakat II

Subtopik : Pembentukan Kepribadian pada Individu

2. Geri pernah terjatuh saat belajar naik sepeda sehingga ia menjadi takut untuk belajar lagi. Akhirnya setelah dewasa pun, Geri jadi tidak bisa bersepeda dan bahkan takut untuk belajar mengendarai kendaraan roda dua lain karena dianggap menyerupai sepeda. Berdasarkan ilustrasi tersebut, pembentukan kepribadian dipengaruhi oleh faktor sosialisasi ….

A. faktor geografis

B. pengalaman unik

C. faktor kebudayaan

D. pengalaman kelompok

E. perilaku warisan orang tua


Jawaban : B

Pembahasan :

Ilustrasi menunjukkan Geri telah mengalami suatu pengalaman terjatuh dari sepeda hingga membuatnya jadi takut. Hal ini menunjukkan kepribadian yang dipengaruhi faktor pengalaman unik. Apa yang terjadi pada satu orang berbeda dengan orang yang lain dalam suatu masyarakat. Meskipun latar belakang dan lingkungan sosial seseorang bisa sama dengan orang terdekatnya, tapi pengalaman unik ini hanya terjadi pada satu orang saja. Pengalaman yang dialami Geri belum tentu dialami juga oleh orang lain. Bahkan, jika ada orang yang juga pernah jatuh dari sepeda, dampaknya tidak akan sama. Hanya Geri yang mendapatkan dampak psikis dari kejadian saat ia terjatuh.


Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Faktor geografis: berkaitan dengan lingkungan tempat tinggal yang memengaruhi kepribadian individu. Misalnya, masyarakat pegunungan dikenal sebagai pribadi yang cenderung tertutup.

Faktor kebudayaan: nilai dan norma suatu kebudayaan yang dipraktekkan sejak kecil dapat membentuk pribadi diri kita di usia dewasa.

Pengalaman kelompok: Bergabungnya seseorang ke dalam suatu kelompok tertentu bisa membentuk kepribadiannya berdasarkan pengalaman pribadi bersama kelompoknya.

Perilaku warisan orang tua: berasal dari genetik anak dari orang tuanya. Misalnya tinggi badan, golongan darah, penyakit bawaan, dan ciri fisik lainnya yang bisa membentuk kepribadian seseorang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


Topik : Norma Sosial di Masyarakat

Subtopik : Norma Sosial di Masyarakat

3. Contoh tindakan yang menunjukkan pelanggaran norma adat istiadat atau custom adalah ….

A. perilaku untuk membuang ludah di sembarang tempat

B. dikucilkan oleh masyarakat di desanya karena ketahuan mencuri

C. membawa mengendarai mobil orang tuanya meski tidak memiliki SIM

D. memiliki istri lebih dari satu atau berpoligami di Desa Penglipuran, Bali

E. memacu motornya dengan kencang meski lampu lalu lintas menyala merah


Jawaban : D

Pembahasan :

Tingkatan norma sosial yang keempat, yaitu norma adat istiadat atau customs. Pada tingkatan ini, norma memiliki kekuatan untuk mengikat semua anggotanya agar bertingkah laku sesuai dengan ketentuan yang ada. Norma adat istiadat ini sangat kuat ikatannya pada masyarakat yang bersangkutan. Dengan adanya norma adat istiadat, diharapkan masyarakat berperilaku sesuai aturan yang ada. Norma adat istiadat juga dibuat untuk menjaga dan membuat kebudayaan masyarakat setempat tetap lestari. Siapapun yang melanggarnya, maka akan mendapatkan sanksi atau hukuman sesuai dengan adat dan ketentuan yang berlaku pada masyarakat itu. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


SEJARAH

Topik : Indonesia Zaman Kerajaan Islam

Subtopik : Teori dan Saluran Masuknya Agama Islam

1. Bukti pendukung teori Gujarat adalah ….

A. dilaksanakan upacara Tabot

B. ditemukannya batu nisan Sultan Malik Al-Saleh

C. makam Fatimah binti Maimun di Gresik, Jawa Timur

D. munculnya pedagang-pedagang muslim di sekitar pantai Jawa

E. adanya pemukiman Islam tahun 674 di Baros, pantai barat Sumatra


Jawaban : B

Pembahasan :

Teori Gujarat didukung oleh Prof. Dr. C. Snouck Hurgronje, W.F. Stutterheim, B.H.M. Vlekke. Menurut teori ini, Islam tidak masuk ke Indonesia langsung dari Arab namun berasal dari para pedagang Gujarat, India. Daerah yang pertama dikunjungi adalah Samudra Pasai pada abad ke-13. Bukti pendukung teori ini adalah adanya batu nisan Sultan Malik Al-Saleh yang bercorak Gujarat serta adanya tulisan Marcopolo yang mendapati banyak penduduk Perlak pada 1292 sudah beragama Islam.


Topik : Indonesia Zaman Kerajaan Islam

Subtopik : Pengaruh Kebudayaan Kerajaan Islam

2. Pada masa berlangsungnya kerajaan Islam di Nusantara, gelar raja diganti dengan ….

A. teuku

B. sultan

C. pangeran

D. panembahan

E. yang dipertuan


Jawaban : B

Pembahasan :

Pada masa Islam, gelar “raja” diganti dengan “sultan” atau “sunan” (susuhunan) yang berasal dari bahasa Arab yang artinya yang disembah atau yang dihormati. Konsep dewa raja yang memandang raja sebagai titisan dewa diganti dengan konsep sultan sebagai khalifah, yang berarti pemimpin umat. Misalnya Raja Parameswara berganti nama menjadi Sultan Iskandar Syah setelah ia memeluk agama Islam. Di Jawa, di belakang nama sultan masih disertakan nama Jawa seperti Sultan Trenggono, Sultan Agung, dan Sunan Amangkurat.


Topik : Peradaban Awal Dunia

Subtopik : Peradaban Tiongkok Kuno

3. Tembok Besar Cina (The Great Wall) didirikan pada masa pemerintahan dinasti ….

A. Xia

B. Qin

C. Tang

D. Qing

E. Zhou


Jawaban : B

Pembahasan :

Tembok Besar Cina atau The Great Wall didirikan pada masa Dinasti Qin. Tembok ini memiliki panjang 6400 km dengan lebar 8 meter dan tinggi 16 m. Tembok Besar Cina dikerjakan selama 1800 tahun (18 abad). Pembangunannya baru diselesaikan pada masa Dinasti Ming. Tujuan dibangunnya Tembok Besar China adalah untuk menghadapi ancaman dari Bangsa Mongol dan serangan bangsa-bangsa yang datang dari wilayah Utara.


Topik : Peradaban Awal Dunia

Subtopik : Peradaban Tiongkok Kuno

4. Peradaban bangsa Romawi Timur hancur karena serangan dari bangsa ….

A. Turki

B. Arya

C. Jerman

D. Spanyol

E. Mongol


Jawaban : A

Pembahasan :

Peradaban Romawi pernah terbagi menjadi dua yang terdiri dari Kekaisaran Romawi Barat dengan ibukota Roma dan Kekaisaran Romawi Timur dengan ibukota Konstantinopel. Masa ini juga merupakan akhir dari Kekaisaran Romawi setelah tahun 476 M. Kekaisaran Romawi Barat hancur oleh penyerangan bangsa Jerman. Kemudian pada tahun 1543, Kekaisaran Romawi Timur hancur oleh serangan bangsa Turki yang dipimpin oleh Sultan Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih.


Topik: Peradaban Awal Dunia

Subtopik: Peradaban Mesopotamia

5. Fungsi dari piramida yang merupakan peninggalan dari Peradaban Mesir Kuno adalah ….

A. makam para raja

B. tempat tinggal raja Mesir

C. sarana pemujaan dewa ra

D. tempat menyimpan harta karun

E. simbol kemajuan peradaban Mesir


Jawaban : A

Pembahasan :

Salah satu peninggalan dari peradaban Mesir adalah piramida. Piramida adalah tempat yang digunakan sebagai makam raja-raja Mesir. Bangunan ini terbuat dari batu yang disusun secara rapi dan memiliki bentuk yang berundak-undak, di kota Giza terdapat piramida yang yang memiliki tinggi 137 meter.


GEOGRAFI

Topik : Dinamika Kependudukan di Indonesia

Subtopik : Permasalahan Dinamika Kependudukan

1. Indonesia memiliki pertumbuhan penduduk yang tinggi. Hal ini bisa menjadi ancaman bagi kondisi perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, Indonesia perlu menekan angka pertumbuhan penduduknya agar mencegah dampak tersebut terjadi. Langkah tepat bagi pemerintah untuk merealisasikan hal tersebut adalah ….

A. mendorong program transmigrasi

B. menggiatkan program otonomi daerah

C. membatasi usia pernikahan penduduk

D. membuka banyak lapangan pekerjaan

E. menggiatkan kegiatan bedol desa


Jawaban : C

Pembahasan :

Indonesia memiliki permasalahan berupa angka pertumbuhan penduduk yang tinggi. Hal ini bisa mendorong timbulnya permasalahan lain di masa yang akan datang, seperti meningkatnya angka pengangguran. Oleh sebab itu, angka kelahiran di Indonesia perlu ditekan. Salah satu caranya dengan membatasi usia pernikahan penduduk. Dengan demikian, maka kelahiran anak dapat ditunda dan ditekan. Jawaban yang tepat adalah C.


Topik : Dinamika Kependudukan di Indonesia

Subtopik : Sumber Data Kependudukan

2. Menurut KTP-nya, Siska tercatat sebagai penduduk Kota Bekasi. Namun, ia tinggal sehari-hari di Kota Bandung. Pada saat sensus penduduk tiba, ia sedang berada di Kota Bandung dan dicatat keberadaannya sebagai penduduk kota tersebut. Kasus tersebut menunjukkan penerapan dari sensus ….

A. de jure

B. canvasser

C. de facto

D. house holder

E. penduduk


Jawaban : C

Pembahasan :

Ada dua jenis sensus penduduk yang bisa dilakukan, yaitu sensus de jure dan sensus de facto. Sensus de facto adalah pencatatan kependudukan yang dikenakan kepada mereka yang berada di dalam daerah atau negara tempat sensus penduduk dilakukan tanpa memperhatikan asal penduduk. Jadi, ketika penduduk ada di satu wilayah pada saat sedang diadakan sensus, maka dia ikut dicatat dan didata keberadaannya. Oleh sebab itu, kasus yang dialami oleh Siska berkaitan dengan jenis sensus de facto. Jawaban yang tepat adalah C.


Topik : Keragaman Budaya Indonesia

Subtopik : Gambaran Umum Tentang Budaya

3. Bali merupakan salah satu daerah yang berhasil mengembangkan kebudayaannya sebagai aset dalam mendorong perekonomian mereka. Bali berhasil mendorong kebudayaannya sebagai daya tarik utama dalam memikat turis-turis untuk datang ke wilayahnya. Namun, kedatangan para turis ini tidak lantas menyebabkan degradasi pada kebudayaan di Bali. Hal ini dikarenakan ….

A. kebudayaan Bali telah diangkat sebagai kebudayaan nasional

B. masyarakat Bali berhasil menyadari nilai dari kebudayaan yang dimilikinya

C. adanya kewajiban bagi turis di Bali untuk mengikuti kebudayaan yang berlaku di sana

D. masyarakat Bali banyak mengadaptasi kebudayaannya agar sesuai dengan selera dan preferensi turis

E. adanya larangan bagi turis di Bali untuk melihat kebudayaan yang bersifat sakral di sana


Jawaban : B

Pembahasan : 

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang berhasil mengembangkan kebudayaannya sebagai daya tarik utama pariwisata di sana. Masyarakat Bali memanfaatkan objek kebudayaan untuk mengembangkan kegiatan pariwisatanya dan menambah pendapatan daerah. Selain itu, kegiatan pariwisata budaya ini juga ditujukan sebagai media untuk promosi dan perkembangan kebudayaan Bali. Namun, adanya perkembangan pariwisata budaya yang ada di Bali tidak serta merta menyebabkan degradasi budaya asli Bali. Hal ini dikarenakan masyarakat Bali telah menyadari arti pentingnya budaya bagi diri mereka dan juga daerahnya. 

Masyarakat Bali telah dapat membedakan manakah kebudayaan yang dapat dipublikasikan dan dijadikan sebagai atraksi wisata, dan manakah kebudayaan yang bersifat sakral dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Dengan demikian, masyarakat Bali dapat terus mempertahankan kebudayaan aslinya sembari memanfaatkannya untuk meningkatkan perekonomian mereka. Jawaban yang tepat adalah B.


Topik : Keragaman Budaya Indonesia

Subtopik : Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya di Indonesia

4. Permukiman penduduk yang ada di tepian Sungai Musi biasanya berbentuk rumah panggung. Hal ini bertujuan untuk ….

A. menghindari bahaya tsunami

B. melindungi diri dari hewan buas

C. mencegah terjadinya kekeringan saat kemarau panjang

D. melindungi diri dari suhu dingin saat musim hujan

E. menghindari banjir saat musim hujan


Jawaban : E

Pembahasan :

Beberapa rumah tradisional yang berada di tepian Sungai Musi dibangun dengan bentuk rumah panggung. Hal ini dilakukan dengan suatu tujuan tertentu. Tujuan pembangunan rumah panggung adalah untuk menghindari banjir ketika Sungai Musi meluap saat musim hujan. Jawaban yang tepat adalah E.


Topik : Keragaman Budaya Indonesia

Subtopik : Pembentukan Kebudayaan Nasional

5. Salah satu identitas nasional bangsa Indonesia adalah lambang negara, Garuda Pancasila. Pada lambang tersebut, tampak bahwa ada perisai yang di dalamnya terdapat lima simbol. Simbol-simbol tersebut mewakili lima dasar negara Indonesia. Sila ketiga pada Pancasila dilambangkan dengan ….

A. bintang

B. pohon beringin

C. kepala banteng

D. padi dan kapas

E. rantai


Jawaban : B

Pembahasan :

Salah satu identitas bangsa Indonesia adalah lambang negara, Garuda Pancasila. Setiap aspek dalam lambang negara memiliki maknanya masing-masing. Salah satunya adalah simbol-simbol yang ada pada perisai burung Garuda. Simbol-simbol tersebut mewakili isi dari Pancasila, yaitu:

• Sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” dilambangkan dengan simbol bintang

• Sila kedua yaitu “Kemanusiaan yang adil dan beradab” dilambangkan dengan simbol rantai

• Sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia” dilambangkan dengan simbol pohon beringin

• Sila keempat yaitu “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan” dilambangkan dengan simbol kepala banteng

• Sila kelima yaitu “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dilambangkan dengan simbol padi dan kapas

Jawaban yang tepat adalah B.


SOSIOLOGI

Topik: Konflik sosial dan kekerasan

Subtopik: Sikap pemicu konflik

1. Ketika seseorang memiliki nilai budaya namun, orang tersebut menilai kebudayaan lain dengan sudut pandang budaya yang berlaku hanya di lingkup masyarakat orang tersebut. Hal ini menandakan adanya sikap ....

A. primordialisme

B. politik dumping

C. etnosentrisme

D. revitalisasi

E. kompromi


Jawaban : C

Pembahasan : 

Primordialisme merupakan suatu pandangan atau paham yang menunjukkan sikap berpegang teguh pada hal-hal yang dibawa sejak lahir, seperti suku, agama, ras maupun klan. Namun ketika sikap primordial telah tertanam kuat dan berlebihan, ternyata hal tersebut dapat mendorong sikap untuk memicu konflik maka hal ini disebut sebagai etnosentrisme. Etnosentris sendiri memiliki arti sebuah sikap yang menilai kebudayaan suatu masyarakat dengan menggunakan sudut pandang atau ukuran yang berlaku di masyarakatnya. Ukuran tersebut bisa berwujud ciri fisik, adat istiadat, tradisi, atau sistem keyakinan tertentu. Maka jawaban yang tepat adalah C.


Topik : Konflik sosial dan kekerasan

Subtopik : Konflik In Group dan Out Group

2. Berdasarkan beberapa sumber media mengatakan jika konflik antara etnis Rohingya dan mayoritas penduduk Myanmar yang mayoritas beragama Budha merupakan konflik horizontal karena ….

A. adanya upaya untuk menghilangkan satu golongan yang dilakukan oleh golongan mayoritas dominan terhadap minoritas

B. bentuk penindasan kepada golongan yang lebih rendah karena salah satu kelompok memiliki kedudukan status, dan kelas sosial yang rendah

C. adanya kesenjangan pembangunan yang menghasilkan kecemburuan sosial ekonomi

D. adanya upaya untuk menghilangkan satu golongan yang dilakukan oleh golongan minoritas dominan terhadap mayoritas

E. perpecahan di masyarakat tidak bisa di hindari


Jawaban : A

Pembahasan :

Konflik sosial horizontal merupakan konflik yang terjadi antara pihak-pihak yang memiliki kedudukan yang sederajat atau setara. Dalam hal ini, konflik tersebut dapat digambarkan dari adanya konflik antarsuku, ras, agama, antarprofesi, antarwarga, antarkelompok preman, maupun antarpelajar. Hal ini disebut dengan genosida.  Genosida dalam istilah sosiologi merupakan akan tindakan atau perilaku apa pun dari kelompok atau komunitas tertentu untuk menghancurkan dan menghilangkan seluruh atau sebagian suatu kelompok etnis, ras, bangsa, bahkan agama yang dilakukan secara besar-besaran. Maka jawaban yang benar adalah A.


Topik : Konflik sosial dan kekerasan

Subtopik : Konflik In Group dan Out Group

3. Kasus penggusuran yang terjadi antara warga dengan pemerintah merupakan bentuk konflik vertikal yang sering terjadi didasari pada ….

A. kepemilikan usaha dan kekuatan tenaga ahli

B. kepemilikan kuasa dan kewenangan yang kuat

C. tindakan yang meresahkan warga

D. konflik internal antara pemerintah dengan masyarakat

E. kuasa atas dasar kepemilikan tanah yang selama ini dimiliki oleh swasta


Jawaban : B

Pembahasan :

Kasus penggusuran yang melibatkan konflik antara sekelompok warga dengan pemerintah. Dalam hal ini, karena sekelompok warga relatif tidak memiliki sumber daya, seperti perlindungan hukum yang kuat berkaitan dengan tanah atau tempat tinggal, sedangkan pemerintah memiliki kekuasaan dan kewenangan yang kuat, maka seringkali mereka kalah secara hukum dalam beberapa kasus penggusuran ini. Maka jawaban yang benar adalah B.


Topik :  Perbedaan dan Kesetaraan II (Stratifikasi Sosial)

Subtopik : Mengenal Stratifikasi Sosial

4. Stratifikasi sosial menurut Pitirim Sorokin adalah perbedaan anggota masyarakat dalam kelas-kelas yang bersifat hierarkis yang berwujud pada terbaginya lapisan sosial, di mana ada orang-orang yang menduduki kelas tinggi dan ada pula yang rendah. Namun terdapat indikator yang menentukan stratifikasi tersebut adalah ....

A. Stratifikasi usia, jabatan, dan jenis profesi

B. Startifikasi jabatan, kekayaan, dan kelas sosial

C. Stratifikasi ras, suku, dan budaya

D. Starifikasi kekuasaan politik, pekerjaan, dan kelompok status

E. Stratifikasi ekonomi, kekuasaan politik, dan pekerjaan


Jawaban : E

Pembahasan : 

Pitirim Sorokin juga menjelaskan indikator yang membentuk stratifikasi sosial, diantaranya ketidaksetaraan peran, hak-hak, tanggung jawab, pekerjaan, privatisasi, kekuasaan, dan pengaruh yang dimiliki dalam masyarakat yang kemudian menciptakan adanya ketidaksetaraan (unequal). Pitirim menyatakan adanya tiga wujud stratifikasi sosial dalam masyarakat, yaitu 

• Stratifikasi berdasarkan ekonomi

• Stratifikasi berdasarkan kekuasaan politik, dan

• Stratifikasi berdasarkan pekerjaan


Topik: Integrasi dan Reintegrasi Sosial 

Subtopik: Pengantar Integrasi Sosial

5. Masa orientasi Siswa (MOS) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan siswa ketika memasuki tahun ajaran baru merupakan salah satu kegiatan penting untuk melakukan penyesuaian terhadap siswa karena sekolah sebagai lembaga pendidikan di dalam masyarakat memiliki peran dalam mengembangkan karakteristik siswa. Maka berdasarkan pernyataan tersebut kegiatan MOS dalam hal ini bertujuan untuk ….

A. pembentukan integrasi sosial yang dimulai pada tingkat individu

B. peningkatan kemampuan siswa dalam mata pelajaran tertentu

C. mengarahkan minat siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah tersebut

D. membentuk kemandirian siswa dengan menyesuaikan tahapan usia dan kemampuan analisis

E. menentukan peran siswa di sekolah dengan menanamkan nilai di masyarakat


Jawaban : A

Pembahasan : 

Siswa baru yang masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA) yang kemudian mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengenalkan dan mensosialisasikan berbagai nilai, norma, dan peraturan sekolah. Dalam hal ini, sekolah sebagai lembaga pendidikan di dalam masyarakat memiliki peran dalam mengembangkan karakteristik siswa yang dapat memahami, menghargai, bahkan terbuka terhadap adanya keragaman dan perbedaan dalam masyarakat, seperti keragaman kebudayaan yang kemudian menunjukkan adanya perbedaan dalam berbahasa dan berperilaku. Hingga akhirnya para siswa pun melakukan penyesuaian yang menghasilkan kesepakatan atau sepakat untuk menjunjung nilai-nilai yang sama di sekolah tersebut. Berkaitan dengan integrasi sosial yang terbentuk dalam lembaga pendidikan, hal ini menunjukkan sebagai proses awal pembentukan integrasi sosial tersebut dimulai tingkat individu. Maka jawaban yang benar adalah A.


SEJARAH

TOPIK : Tokoh Perjuangan Kemerdekaan

SUB TOPIK : Tokoh Nasional

1. Saat Tan Malaka ditunjuk menjadi agen Comintern Asia Tenggara yang bermarkas di Tiongkok, beliau membuat sebuah buku yang berjudul “Naar de ‘Republiek Indonesia’” atau dalam bahasa Indonesia disebut ….

A. Republik Indonesia Merdeka

B. Berdirinya Republik Indonesia

C. Republik Indonesia Jaya

D. Menuju Republik Indonesia

E. Lahirnya Republik Indonesia


Jawaban : D

Pembahasan :

Saat Tan Malaka ditunjuk menjadi agen Comintern Asia Tenggara yang bermarkas di Tiongkok, beliau membuat sebuah buku yang berjudul “Naar de ‘Republiek Indonesia’” atau “Menuju Republik Indonesia”. Buku yang disusun tahun 1925 ini menjadi tulisan pertamanya yang menyebut konsep “Republik Indonesia” yang mengacu pada perjuangan kemerdekaan Indonesia. Buku inilah yang kemudian dipelajari oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional seperti Soekarno, Hatta, Sjahrir dan lain-lain.


TOPIK : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

SUBTOPIK : Peristiwa Sekitar Proklamasi

2. Makna yang dapat kita ambil sebagai pelajar dari Peristiwa Rengasdengklok adalah ….

A. sebagai seorang pelajar kita harus memiliki sikap yang kuat disertai mampu menerima perbedaan, saran dan kritik dari orang lain

B. sebagai seorang pelajar kita dituntut untuk harus siap menerima semua saran dari orang lain

C. sebagai seorang pelajar sikap menggalang persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan untuk Indonesia yang lebih baik

D. sebagai seorang pelajar sikap toleransi selalu dikedepankan

E. sebagai seorang pelajar harus menghormati orang yang lebih tua


Jawaban : A

Pembahasan :

Peristiwa pengamanan yang dilakukan oleh golongan muda terhadap Soekarno dan Hatta karena terjadi perselisihan mengenai kapan waktu yang tepat untuk Indonesia merdeka. Meskipun, pada terjadi perbedaan pendapat namun sikap yang kuat, mampu menerima perbedaan, menerima kritik dan saran dari golongan muda dan dipertimbangkan sesuai dengan kondisi Indonesia maka Soekarno dan Hatta setuju dengan saran dari golongan muda. Melalui Peristiwa Rengasdengklok, sebagai seorang pelajar kita dapat menarik makna bahwa berpikiran terbuka dengan menerima perbedaan, kritik dan saran serta mampu menganalisa setiap permasalahan akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari dan menggapai cita-cita


TOPIK : Perang Dunia I dan II

SUBTOPIK : Perang Dunia II

3. Pecahnya Perang Dunia II tidak lepas dari gagalnya Liga Bangsa-Bangsa menjalankan perannya sebagai lembaga yang diharapkan mampu menciptakan stabilitas dunia. Faktor penyebab kegagalan LBB adalah ….

A. bubarnya kesepakatan negara-negara Balkan

B. bangkitnya nasionalisme negara-negara Arab

C. negara anggota LBB tidak membayar iuran bulanan

D. adanya ambisi negara anggota LBB yang ingin menjadi presiden dunia 

E. tidak semua negara bergabung dalam LBB sehingga mereka merasa tidak terikat dengan aturan LBB


Jawaban : E

Pembahasan :

Sebab khusus pecahnya Perang Dunia II adalah karena gagalnya Liga Bangsa-Bangsa menjalankan peran mereka sebagai penjaga perdamaian dunia. Sejak didirikan pada tahun 1920, Liga Bangsa-Bangsa diharapkan dapat menyelesaikan konflik antar negara di dunia sebagai upaya untuk mencegah perang. Namun dalam kenyataannya LBB gagal menjalankan tugasnya tersebut, sehingga banyak negara anggota yang akhirnya keluar dari LBB. Adapun penyebab kegagalan LBB dapat disimpulkan dalam poin-poin berikut:

• Liga Bangsa-Bangsa tidak memiliki tentara sendiri, sehingga tidak bisa memberikan tekanan militer terhadap negara yang melakukan agresi militer.

• Mekanisme pengambilan keputusan yang lamban dalam Liga Bangsa-Bangsa, sehingga tidak bisa menghasilkan resolusi secara cepat untuk mencegah konflik.

• Tidak semua negara bergabung ke dalam LBB, sehingga aturan dalam LBB dianggap tidak mengikat semua negara di dunia.


TOPIK : Respon Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme Eropa

SUBTOPIK : Respon Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme Eropa di Bidang Ekonomi

4. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya perlawanan rakyat Bali terhadap pemerintah Kolonial Belanda adalah ….

A. dihapuskannya Hak Tawan Karang yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda

B. penguasaan perdagangan wilayah Bali oleh Belanda

C. kekalahan rakyat Bali dalam perang antar suku

D. kerajaan Bali menentang pembangunan jalan raya pos Daendels

E. intervensi yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda terhadap rakyat Bali


Jawaban : A

Pembahasan :

Hak Tawan Karang merupakan hak yang dimiliki oleh raja-raja Bali untuk menyita kapal beserta isinya jika terdampar di Pulau Bali. Hak Tawan Karang ini dianggap merugikan bagi pemerintah kolonial Belanda. Maka dari itu, Pemerintah Kolonial Belanda mendesak raja-raja Bali untuk menghapuskan Hak Tawan Karang. Desakan ini kemudian mendapatkan reaksi dari I Gusti Ketut Jelantik yang kemudian bersama kerajaan-kerajaan di Bali melakukan perlawanan.


TOPIK : Akar Nasionalisme, Demokrasi, dan Strategi Pergerakan

SUBTOPIK : Akar Nasionalisme dan Demokrasi

5. Dalam sejarah perjalanan bangsa, Indonesia pernah beberapa kali menerapkan model demokrasi. Mulai dari Demokrasi Liberal, Demokrasi Terpimpin, Demokrasi Pancasila. Analisis yang menunjukkan faktor penyebab terjadinya bongkar pasang sistem demokrasi di Indonesia karena .... 

A. Indonesia mencegah masuknya paham komunis

B. Indonesia tergolong sebagai negara yang lahir secara prematur 

C. Indonesia mencoba menerapkan konsep demokrasi yang melampaui zaman

D. Indonesia bermaksud untuk menyaingi demokrasi mapan ala Amerika Serikat

E. Indonesia mencari formula penerapan sistem demokrasi yang dianggap sesuai dengan jati diri bangsa


Jawaban : E

Pembahasan :

Secara lini masa, penerapan sistem demokrasi di Indonesia terbagi ke dalam tiga periode: 1945-1959 Indonesia menerapkan Sistem Demokrasi Parlementer atau Sistem Demokrasi Liberal. Pada periode 1959-1965 Indonesia menerapkan Sistem Demokrasi Terpimpin. Pada periode 1966-1998 Indonesia menganut Sistem Demokrasi Pancasila. Demokrasi Pancasila yang berlangsung selama 32 tahun harus juga berakhir dengan mundurnya Soeharto dari jabatan Presiden akibat desakan massa yang menuntutnya mundur. Pasca mundurnya Soeharto, era demokrasi Indonesia memasuki era baru. Demokrasi Indonesia menjadi lebih substantif yang ditandai dengan adanya keterbukaan dalam berbagai bidang, partisipasi publik, penegakan hukum, kebebasan sipil dan pers dalam mengontrol jalannya pemerintahan. Terjadinya bongkar pasang sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia faktor utamanya adalah karena dari semenjak merdeka demokrasi Indonesia dalam masa pencarian jati diri, alias masa mencoba, sistem demokrasi mana yang dianggap terbaik dan cocok untuk diterapkan di Indonesia.


Topik : Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Subtopik : Konsep Wilayah dan Tata Ruang

4. Perhatikan berbagai ciri wilayah berikut ini!

1. dinamis

2. heterogen

3. homogen

4. statis

Ciri-ciri wilayah formal ditunjukkan oleh nomor ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

E. (3) dan (4)


Jawaban : E

Pembahasan :

Wilayah formal adalah wilayah yang terbentuk karena keseragaman karakteristiknya. Contohnya adalah wilayah pegunungan, wilayah kutub, dan wilayah hutan.  Ciri-ciri dari wilayah formal adalah homogen dan cenderung statis (tidak berubah dalam waktu yang lama). Maka, jawaban yang tepat adalah E.


Topik : Interaksi Keruangan Desa dan Kota

Subtopik : Pola dan Faktor-faktor Interaksi Desa dan Kota

5.Suatu rumah sakit akan dibangun di antara kota A dan kota B. Kota A memiliki jumlah penduduk sebesar 10.000 jiwa. Sedangkan, kota B memiliki penduduk sebesar 40.000 jiwa. Jarak antara kota A dan B adalah 12 km. Lokasi rumah sakit yang tepat adalah ....

A. 3 km dari kota A

B. 3 km dari kota B

C. 4 km dari kota A

D. 4 km dari kota B

E. 6 km dari kota A


Jawaban : C

Pembahasan :

Diketahui:

Jarak antara kota A dan kota B (dAB) = 12 km

Jumlah penduduk kota yang lebih kecil (PA) = 10.000 (kota A)

Jumlah penduduk kota yang lebih besar (PB) = 40.000 (kota B)

Ditanya:

Jarak lokasi titik henti (rumah sakit) diukur dari wilayah yang jumlah penduduknya lebih kecil (DAB)?

Jawab:

 


Berdasarkan perhitungan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C.


SOSIOLOGI

Topik : Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

Subtopik : Perubahan Komunitas Lokal Karena Globalisasi

1. Salah satu bentuk perubahan komunitas lokal pada lembaga pendidikan yang diakibatkan oleh globalisasi adalah ….

A. ditetapkannya kebijakan sekolah lima hari

B. berkembangnya sistem pembelajaran jarak jauh

C. hilangnya nilai-nilai pendidikan berbasis keluarga

D. munculnya kebijakan sekolah selama 8 jam setiap hari

E. berkembangnya sistem pembelajaran berbasis pendidikan karakter


Jawaban : B

Pembahasan :

Salah satu bentuk globalisasi dalam ranah pendidikan adalah berkembangnya sistem pembelajaran jarak jauh. Dalam sistem pembelajaran jarak jauh, pihak sekolah dan siswa benar-benar mengandalkan teknologi internet untuk setiap kegiatan pembelajaran. Misalnya, aplikasi bimbel online yang merupakan salah satu produk dan layanan yang mengandalkan sistem pembelajaran jarak jauh. 

Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Diterapkannya kebijakan sekolah lima hari: berkaitan dengan kebijakan pemerintah, namun tidak menggunakan teknologi dalam penerapannya.

Hilangnya nilai-nilai pendidikan berbasis keluarga: berkaitan dengan perubahan komunitas lokal, tapi belum tentu disebabkan oleh globalisasi.

Munculnya kebijakan sekolah selama 8 jam setiap hari: berkaitan dengan kebijakan pemerintah, namun tidak menggunakan teknologi dalam penerapannya.

Berkembangnya sistem pembelajaran berbasis pendidikan karakter: berkaitan dengan perubahan konten pembelajaran, tapi tidak disebabkan secara langsung oleh teknologi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


Topik : Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi

Subtopik : Konsep Ketimpangan Sosial

2. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani sebagai prasyarat dalam lamaran pekerjaan cenderung mengesampingkan kualifikasi-kualifikasi lain, seperti tingkat pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja yang sebenarnya dimiliki. Kondisi ini membuat penyandang disabilitas kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan dan menunjukkan kemampuan mereka. Kasus ini menunjukkan sebuah bentuk ketidakadilan sosial berupa ….

A. stereotip

B. segregasi

C. prasangka

D. subordinasi

E. marginalisasi


Jawaban : D

Pembahasan :

Persoalan yang dihadapi oleh para penyandang disabilitas menggambarkan bahwa kedudukan mereka di masyarakat masih mengalami penomorduaan atau subordinasi. Subordinasi adalah suatu proses yang seolah menomorduakan, mengesampingkan, atau membedakan perlakuan terhadap identitas sosial tertentu. Menghilangkan stigma negatif terhadap penyandang disabilitas memang merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk menghapus subordinasi yang dialami oleh mereka. Namun, suatu kebijakan yang ramah terhadap mereka juga diperlukan, seperti pendidikan inklusif, pelatihan keterampilan, lapangan kerja, atau bahkan fasilitas-fasilitas publik.

Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Stereotip: generalisasi yang berlebihan terhadap seseorang berdasarkan sifat-sifat yang ada pada kelompoknya (ras, suku, atau agamanya), namun tidak selalu bersifat negatif.

Segregasi: pemisahan, pengasingan, atau pengucilan suatu golongan dari golongan lainnya.

Prasangka: sikap dan perasaan negatif terhadap suatu kelompok dan seluruh anggota kelompoknya.

Marginalisasi: proses pembatasan atau peminggiran terhadap seseorang atau kelompok dalam berbagai aspek yang mengakibatkan mereka tersingkir dari masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


Topik : Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi

Subtopik : Upaya mengatasi ketimpangan sosial

3. Tenaga pengajar sangat dibutuhkan di sekolah, terutama di desa terpencil. Sayangnya, guru-guru di desa terpencil terkadang tidak diperhatikan. Ada yang bahkan tidak mendapatkan penghasilan dari kegiatan mengajarnya. Padahal jika dibandingkan dengan guru-guru di perkotaan, mereka paling tidak lebih sejahtera dan mendapatkan gaji setiap bulannya. Upaya yang perlu dilakukan pemerintah untuk mengatasi ketimpangan ini adalah ….

A. pemerataan kualitas dan kesejahteraan guru

B. memperketat seleksi guru terutama di kota besar

C. pemerataan sarana dan prasarana pengajaran di sekolah

D. memperbaiki akses jalan ke sekolah untuk siswa dan guru

E. menambah jumlah guru di kota besar karena lebih sejahtera


Jawaban : A

Pembahasan :

Ketimpangan yang muncul di soal adalah perbandingan antara kesejahteraan guru di desa terpencil dan guru-guru di perkotaan. Maka itu, peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya perlu mempertimbangkan pemerataan sarana dan prasarana, tetapi perlu juga memperhatikan tenaga pengajarnya. Upaya yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pemerataan jumlah, kualitas, maupun kesejahteraan para guru di pedesaan. Hal ini untuk mengurangi bahkan jika bisa menghapuskan ketimpangan tenaga pengajar di desa dan di kota.


Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Memperketat seleksi guru terutama di kota besar: tidak berkaitan dengan kualitas guru di pedesaan yang menjadi fokus dalam soal.

Pemerataan sarana dan prasarana pengajaran di sekolah: sarana dan prasarana pengajaran lebih mengarah pada alat perlengkapan seperti gedung sekolah, buku, dan sebagainya. Tidak berkaitan langsung dengan kesejahteraan guru-guru.

Memperbaiki akses jalan ke sekolah untuk siswa dan guru: berkaitan dengan kebijakan pembangunan, bukan kualitas tenaga pengajar.

Menambah jumlah guru di kota besar karena lebih sejahtera: tidak berkaitan dengan kualitas guru di pedesaan yang menjadi fokus dalam soal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Sosial I

Subtopik : Jenis-Jenis Kearifan Lokal

4. Mitos-mitos mengenai pohon angker atau pohon yang memiliki roh penunggu cenderung masih dipercayai oleh masyarakat, terutama masyarakat pedesaan yang masih tradisional. Mitos pohon angker tersebut menunjukkan kearifan lokal ….

A. tidak berwujud dan berfungsi sebagai konservasi alam

B. berwujud tekstual dan berfungsi sebagai sebuah petuah

C. berwujud tekstual dan berfungsi sebagai pendidikan moral

D. tidak berwujud dan berfungsi mengembangkan ilmu pengetahuan

E. tidak berwujud dan berfungsi mengembangkan sumber daya manusia


Jawaban : A

Pembahasan :

Berdasarkan jenisnya, mitos tersebut menjadi sebuah kearifan lokal berbentuk tidak nyata karena menjadi mitos atau cerita masyarakat lokal disampaikan secara verbal dan turun-temurun. Meskipun dalam cerita tersebut terdapat unsur gaib, namun masyarakat terutama yang bersifat tradisional relatif dapat mengikuti perintah yang secara tersirat dalam cerita tersebut.

Berdasarkan fungsinya, kearifan lokal ini memiliki fungsi di masyarakat untuk melestarikan dan menjaga secara turun-temurun agar lingkungan alam dan budaya manusia setempat tidak hilang. Kearifan lokal ini menciptakan cara berperilaku yang tidak jauh dengan prinsip konservasi. Dalam prinsip konservasi yang dibutuhkan adalah rasa saling menghormati dan menjaga alam. Masyarakat cenderung akan berpikir ulang jika melakukan kegiatan di tempat-tempat yang dianggap memiliki roh penunggu. Mereka akan menjaga dan menghormati tempat-tempat tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Sosial II

Subtopik : Agen Pemberdayaan Komunitas

5. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan. CSR merupakan contoh program pemberdayaan yang dijalankan oleh ….

A. individu

B. komunitas

C. pemerintah

D. pihak swasta

E. masyarakat penggerak


Jawaban : D

Pembahasan :

Tanggung jawan sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah pihak swasta. Para perusahaan memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat tanpa mementingkan imbalan. Perusahaan sebagai agen pemberdayaan komunitas menjalankan program tanggungjawab sosial perusahaan atau CSR kepada komunitas yang membutuhkan pemberdayaan. Misalnya, pemberdayaan komunitas petani karet dalam program Kebun Karet Unggul. Bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh perusahaan tambang tersebut melalui CSR-nya adalah pemberian bibit karet unggul dan obat tanaman karet. Pemberdayaan komunitas seperti ini merupakan contoh dari pemberdayaan yang digerakkan oleh pihak swasta. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


SEJARAH

Topik : Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Subtopik : Gerakan Non-Blok

1. Perang Dingin sudah selesai, tidak ada lagi Blok Barat dan Blok Timur. Analisa yang tepat terkait kesesuaian organisasi Gerakan Non Blok dengan era sekarang adalah ….

A. Negara-negara Non Blok bubar saja

B. Negara-negara Non Blok perlu mendekati Rusia

C. Negara-negara Non Blok perlu mendekati Amerika Serikat

D. Negara-negara Non Blok bebas menentukan arah dan kebijakannya masing-masing

E. Negara-negara Non Blok ikut aktif menyelesaikan persoalan-persoalan dunia kontemporer


Jawaban : E

Pembahasan :

Seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada 1991 maka secara otomatis Perang Dingin ikut berakhir. Dalam hal ini, Blok Barat tampil sebagai pemenang Perang Dingin. Namun demikian, masalah dunia tidak berhenti sampai di situ. Jika selama masa Perang Dingin masalah dunia berkisar pada pertempuran ideologi dan perebutan pengaruh dua kekuatan besar maka pasca berakhirnya perang ideologi tersebut kini dunia dihadapkan dengan masalah-masalah baru yang tidak kalah menantang dibandingkan dengan masalah yang harus dihadapi saat masa Perang Dingin. Dunia saat ini dihadapkan pada masalah-masalah serius nan kompleks seperti penjajahan Palestina oleh Israel, radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme. Dunia dewasa ini juga dihadapkan pada masalah ketimpangan dan kemiskinan, masalah perubahan iklim, masalah kejahatan transnasional seperti penyelundupan obat-obatan terlarang, perdagangan manusia, kejahatan cyber, dan sebagainya. Negara-negara non blok yang saat ini berjumlah 120 negara bisa mengalihkan perhatiannya dengan ikut aktif menyelesaikan persoalan-persoalan besar dunia di atas. Peran aktif negara-negara non blok yang mencakup 2/3 keanggotaan PBB dan merepresentasikan 55 persen penduduk dunia sangatlah vital dalam ikut serta menyelesaikan masalah-masalah masa kini. Keberanian serta langkah-langkah konkret negara-negara non blok sangat dinanti dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah dunia dewasa ini. Inilah kesesuaian antara organisasi Gerakan Non Blok dengan era sekarang.


Topik : Prestasi IPTEK Indonesia di Era Kemerdekaan

Subtopik : Revolusi Hijau

2. Perhatikan pernyataan berikut ini!

“Pada permulaan tahun 1970-an pemerintah Indonesia meluncurkan suatu program pembangunan pertanian yang dikenal secara luas dengan program Revolusi Hijau yang di masyarakat petani dikenal dengan program Bimas. Konsep Revolusi Hijau yang di Indonesia dikenal sebagai gerakan Bimas adalah program nasional untuk meningkatkan produksi pangan, khususnya swasembada beras”

Hubungan antara pernyataan di atas dengan kondisi para petani di Indonesia adalah ….

A. Para petani semakin gencar menanam tanaman yang tahan hama dan mempunyai produktivitas yang tinggi

B. Petani hanya fokus untuk meningkatkan produksi padi agar dapat mencapai swasembada beras

C. Pelaksanaan Bimas berdampak pada menurunnya kualitas tanaman yang ditanam pada petani, terutama tanaman padi

D. Penerapan Bimas di masyarakat telah menimbulkan adanya kesenjangan sosial antara masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan

E. Program Bimas telah berhasil mengubah sikap para petani, dari “anti” teknologi menjadi lebih memanfaatkan teknologi pertanian modern


Jawaban : E

Pembahasan :

Bimas yang merupakan singkatan dari Bimbing Massal, dalam pengertian resmi dan aslinya merupakan suatu sistem Penyuluhan yaitu pembimbingan petani ke arah usaha tani yang lebih baik dan lebih maju, sehingga ia mampu meningkatkan usaha taninya. Bimas berintikan tiga komponen pokok, yaitu penggunaan teknologi yang sering disebut Panca Usaha Tani, penerapan kebijakan harga sarana dan hasil reproduksi serta adanya dukungan kredit dan pertanian modern. Revolusi Hijau atau program Bimas meskipun memakan waktu yang relatif lama kurang lebih 20 tahun, telah berhasil mengubah sikap para petani, khususnya para petani subsektor pangan, dari “anti” teknologi ke sikap yang mau memanfaatkan teknologi pertanian modern, seperti pupuk kimia, obat-obatan pelindung, dan bibit padi unggul.


Topik : Peristiwa Kontemporer Dunia

Subtopik : Reunifikasi Jerman

3. Korelasi antara Runtuhnya Tembok Berlin dengan Uni Soviet adalah ….

A. Gorbachev menerapkan kebijakan yang memudahkan negara-negara bawahannya untuk merdeka

B. Gorbachev menarik mundur pasukan Uni Soviet dari wilayah Jerman Timur

C. Gorbachev mendukung aksi rakyat demonstrasi rakyat untuk meruntuhkan Tembok Berlin

D. Gorbachev memberikan kemerdekaan penuh pada Jerman Timur dan Barat untuk bersatu

E. Kebijakan Gorbachev mempengaruhi demonstran untuk melakukan perlawanan pada Erich Honecker


Jawaban : B

Pembahasan :

Gorbachev menerapkan berbagai kebijakan yang melonggarkan ideologi komunis dan memberikan ruang kepada demokratisasi salah satu kebijakan luar negeri yang dikenal dengan koeksistensi secara damai di Eropa Timur. Kebijakan ini dilakukan dengan menarik mundur pasukan Uni Soviet dari wilayah Jerman Timur, mengizinkan Hungaria membuka perbatasan wilayahnya dengan Austria yang kemudian menyebabkan banyaknya gelombang migrasi rakyat Jerman Timur ke Jerman Barat. Keadaan ini tidak mampu diatasi oleh pemerintah Jerman Timur yang kemudian mengundurkan diri hingga pada 9 November 1989 rakyat berbondong-bondong ke perbatasan dan merobohkan tembok dengan peralatan yang seadanya.


Topik : Konflik di Berbagai Belahan Dunia

Subtopik : Konflik Timur - Tengah

4. Saddam Hussein mengaitkan invasi Irak terhadap Kuwait serupa dengan kasus pendudukan Israel terhadap Palestina. Bagaimana keterkaitan dua kasus tersebut?

A. Irak ingin menguasai seluruh wilayah Teluk Persia

B. cadangan minyak Irak habis akibat perang dengan Iran

C. Kuwait dianggap sebagai wilayah Irak yang menjadi milik warga Palestina

D. Irak ingin menguasai wilayah Timur Tengah dengan tujuan mengusir Israel

E. Irak ingin menguasai wilayah Palestina dengan menguasai Kuwait lebih dahulu


Jawaban : C

Pembahasan :

Pada masa Perang Teluk II, Irak melakukan invasi terhadap Kuwait. Irak mengaitkan invasi tersebut dengan pendudukan Israel di Palestina. Menurut Irak, sejak masa pemerintahan Umar bin Khattab (634-644) daerah tersebut sudah menjadi milik orang-orang Arab Palestina, selain itu Kuwait dahulu merupakan bagian dari wilayah Irak. Jika Irak ditekan mundur dari wilayah Kuwait, Saddam Hussein menuntut agar Israel juga mundur dari wilayah Palestina.


Topik : Konflik di Berbagai Belahan Dunia

Subtopik : Konflik di Amerika

5. Gagalnya invasi Teluk Babi berdampak serius terhadap keharusan Amerika Serikat menanggung kerugian berupa ….

A. masuknya paham komunisme ke wilayah Amerika Serikat

B. Kuba memiliki hubungan yang semakin dekat dengan Uni Soviet

C. keharusan membayar 53 juta dolar untuk ditukar dengan tahanan

D. semakin tingginya tingkat imigran yang berasal dari Kuba masuk ke Amerika

E. permintaan masyarakat terhadap Presiden J.F. Kennedy untuk turun dari jabatannya


Jawaban : D

Pembahasan :

Pada masa pemerintahan Presiden J.F. Kennedy, Amerika Serikat mengalami kegagalan besar dalam melakukan invasi ke Teluk Babi. Invasi dilakukan dengan tujuan utama untuk menggulingkan kekuasaan Fidel Castro di Kuba dan membentuk pemerintahan non komunis yang ramah terhadap Amerika. Invasi ini awalnya dijanjikan oleh Central Intelligence Agency (CIA) sebuah biro rahasia Amerika Serikat, bahwa Amerika akan dengan mudah meraih keberhasilan. Pada kenyataannya, justru niat invasi yang akan dilakukan Amerika Serikat sudah diketahui oleh Kuba sehingga dapat digagalkan oleh Kuba dalam waktu 72 jam. Banyak pasukan Amerika Serikat yang kemudian dijadikan tahanan. Sebagai konsekuensinya, Amerika Serikat diharuskan untuk membayar 53 juta dollar untuk ditukar dengan tahanan asal Amerika tersebut.


 Bagi Anda yang membutuhkan Soal AKM IPS SMP beserta jawabannya silakan download disini 

0 komentar:

Post a Comment test