ASUS OLED, Hadir Karena Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi

Saturday, December 25, 2021

 


Di sebuah kelas di salah satu Sekolah Menengah Pertama di pinggiran kota, seorang guru sedang menjelaskan pelajaran IPS kelas 8 semester ganjil dengan materi "Perkembangan ilmu dan teknologi" kepada peserta didiknya.  


Dalam penjelasannya, guru tersebut mengatakan “bahwa perkembangan ilmu dan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Manusia sangat terbantu dengan ilmu dan teknologi karena lebih dimudahkan dalam beraktivitas”


“Begitu juga dengan ilmu pengetahuan yang menghasilkan teknologi komunikasi yang bermanfaat untuk mengurangi jarak dan waktu dalam berinteraksi dengan pihak lain. Teknologi yang memiliki peranan besar dalam mengubah kehidupan manusia saat ini adalah teknologi transportasi dan teknologi komunikasi”, ucap sang guru tersebut di hadapan peserta didiknya.  



“Teknologi transportasi dapat dimanfaatkan untuk memindahkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan teknologi komunikasi dimanfaatkan untuk bertukar informasi antara satu orang dengan yang lainnya. Sementara itu teknologi produksi digunakan untuk memproduksi sandang, pangan, dan papan”, lanjut guru tersebut. Sementara peserta didik masih memperhatikan penjelasan gurunya.  


“Teknologi transportasi sekarang banyak dijumpai baik di darat, laut, maupun udara. Ilmu dan pengetahuan yang semakin luas telah memungkinkan perkembangan berbagai macam alat transportasi yang nyaman, cepat, dan dengan tingkat keamanan yang tinggi”



.  

Tiba-tiba seorang pelajar mengacungkan jelunjuknya, tanda bahwa dia ingin menanyakan sesuatu kepada gurunya. “Pak, contoh perkembangan teknologi transportasi saat ini yang canggih itu seperti apa pa, dan apakah transportasi tradisional masih digunakan?”.  


Dengan cekatan, guru tersebut menjawab pertanyaan tersebut. “Terima kasih Fanesha,  contohnya seperti kereta cepat, speed boat, pesawat terbang dan lainnya. Tetapi transportasi tradisional yang belum menggunakan mesin masih dapat dijumpai dan bertahan sampai saat ini seperti pedati, delman, dan becak terutama di pedesaan”



“Ada lagi yang mau ditanyakan?", ungkap sang guru kepada peserta didiknya. 


Lalu peserta didik menjawab “belum pa…”.   


Sang guru pun melanjutkan penjelasannya. “Adanya perkembangan teknologi tansportasi membawa perubahan aktivitas manusia yang berakibat terhadap perubahan tata kehidupan. Pesawat bukan lagi alat transportasi yang mahal. Setiap orang dapat menikmati layanan karena harganya yang terjangkau, cepat, dan nyaman. Kapal laut selain digunakan sebagai sarana transportasi, juga saat ini digunakan sebagai sarana  wisata. Transportasi darat semakin banyak memberikan alternatif perjalanan”.


“Sementara itu teknologi komunikasi merupakan cara manusia saling berhubungan atau berinteraksi. Cara berkomunikasi pertama kali diajarkan oleh ibu kepada anaknya. Bahasa yang diajarkan sang ibu kepada anaknya dinamakan bahasa ibu. Bahasa ibu dapat berupa bahasa daerah, bahasa Indonesia, bahasa Melayu, bahasa Inggris, atau bahasa lainnya”


“Ilmu pengetahuan telah berjasa mengubah perkembangan teknologi komunikasi menjadi semakin canggih. Teknologi komunikasi memungkinkan informasi dapat menyebar luas dalam waktu yang singkat. Berbeda dengan keadaan pada masa lalu ketika komunikasi masih menggunakan surat, yang membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tujuan”, sambil meneruskan penjelasannya.   


“Perkembangan teknologi komunikasi membawa dampak positif karena dapat mengurangi jarak dan waktu. Tetapi perkembangan teknologi komunikasi dapat juga membawa dampak negatif, salah satunya kalau kita terlalu sering menatap, smartphone atau laptop yang bisa berdampak pada kesehatan mata, apalagi layar laptop memiliki radiasi sinar biru”


Tiba-tiba seorang siswa nyeletuk menanyakan sesuatu “apa itu radiasi sinar biru pa?”.   


Karena gurunya sering membaca artikel teknologi di media online maka dia langsung menjawab dengan capat. “Radiasi sinar biru adalah radiasi yang dihasilkan dari layar laptop atau monitor yang dapat membentuk reaksi partikel oksigen yang berbahaya serta dapat mengganggu proses fotokimia pada retina mata yang pada akhirnya merusak sel retina dan menyebabkan gangguan penglihatan”




“Oh gitu pa…, terima kasih pa atas jawabannya, sekarang saya jadi paham apa itu radiasi sinar biru”, kata Firgi.   


“Ada lagi yang mau ditanyakan?” kata sang guru kepada siswanya. 


Merekapun menjawab “belum ada lagi pa..”


“Baiklah kalau begitu bapak lanjutkan pembahasan materinya. Selama pandemi banyak orang yang melakukan aktivitasnya selama berjam-jam di depan laptop karena Work from Home (WFH) atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau Belajar Dari Rumah (BDR). Hal tersebut berimbas pada kesadaran masyarakat atas pentingnya untuk menjaga kesehatan mata”. Lanjut sang guru.  


“Beruntung sekarang ada teknologi layar terbaru yakni ASUS OLED. ASUS OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar. Sehingga lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, termasuk kalian yang masih remaja atau anak-anak”, ungkap guru tersebut.  


“Iya pa..” jawab peserta didik kompak.   


“Fitur Eye Care di ASUS OLED juga dapat membantu menjaga kesehatan serta mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum cahaya biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru yang berbahaya tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya, bagaimana sudah jelas belum penjelasan dari bapak?”. Tiba-tiba salah seorang siswa mengangkat tangannya, rupanya dia belum jelas dengan pemamaparan dari sang gurunya.  



“Pa.. maaf boleh tanya?, apa kelebihan dari laptop ASUS OLED itu dan apa ada produknya sudah ada di pasaran Indonesia?”.  Ucap Firgi kepada gurunya. 


Sang guru memberi apresiasi kepada siswa tersebut, “wah terima kasih Firgi, pertanyaan yang sangat bagus nih”


“Baiklah bapak akan menjelaskan kelebihan dari laptop ASUS OLED, karena materi ini ada hubungannya dengan materi Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi”


Pertama, Lebih Aman untuk Kesehatan Mata

"Kalian tidak mau khan matanya bermasalah?", kata sang guru 

“Iya pa.. gak mau..” jawab pelajar satu kelas. 



“Nah ASUS OLED seperti yang bapak jelaskan tadi, memiliki fitur yang bernama Eye Care yakni fitur yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Sehingga laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya”.  


Kedua, Warna Lebih Kaya dan Akurat

“Kalian pernah nonton film khan?” tanya sang guru kepada peserta didiknya. 

“Pernah pa…”  jawab semua peserta didik 




“Laptop ASUS OLED memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, sesuai dengan standar industri perfilman saat ini. ASUS OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik. ASUS OLED juga menghasilkan warna yang sangat akurat dan memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display”.  


Ketiga, Visual Lebih Jelas Tanpa Efek Blur

“Selain itu ASUS OLED memiliki Response time yang sangat kencang hanya 0,2ms tidak pakai lemot serta memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Sehingga menghasilkan gambar yang sangat detail serta penonton tidak akan kesulitan membaca teks berjalan karena ASUS OLED mampu menampilkannya dengan sangat baik tanpa efek blur”. 




“Tau khan blur”  tanya guru kepada peserta didiknya


“Itu pa warna yang buram” jawab Firgi 


“Warnanya kurang jelas pa..” jawab Fanesha


 “Baiklah kalau begitu bapak lanjutkan lagi ya..” 


Keempat, Tampilan Tetap Jernih Meski Pada Tingkat Kecerahan yang Rendah


“Kalian mungkin pernah menurunkan tingkat kecerahan laptop atau monitor komputer?”


“Iya pa pernah..” ucap salah satu siswa kepada gurunya. 

 



“Nah saat menurunkan kecerahan laptop tingkat akurasi warna pada layar biasanya akan menurun. Tetapi berbeda dengan ASUS OLED karena menggunakan 3D color gamut sebagai referensi yang berfungsi menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya. Dengan color volume yang lebih besar, laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghadirkan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas”. 


“Eh ngomong-ngomong kalian ngerti gak nih?" ucap sang guru kepada peserta didiknya. 


Beberapa diantara mereka bilang “mengerti pa”, sebagian lagi “gak pa..”


“Baiklah kalau begitu bapak akan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh kalian..bapak akan lanjutkan lagi ya” ucap sang guru tersebut.    


Kelima, Detail Warna dan Visual Terbaik

“Berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel backlight, ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED yang berukuran sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan secara sepenuhnya sehingga mampu menghasilkan warna hitam sempurna dan memiliki kontras warna yang sangat tinggi. ASUS OLED memiliki rasio kontras hingga 1.000.000:1 sehingga penggunanya dapat menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas”. 




Keenam, Dilengkapi dengan Windows 10


“Oh iya kalian tentu terbiasa dengan sistem operasi Windows bukan?” tanya sang guru lagi 


“Iya pa…” ucap beberapa  peserta didik 


“Nah seluruh jajaran laptop ASUS OLED telah dilengkapi dengan Windows 10 Home untuk menunjang produktivitas penggunanya berkat serangkaian fitur yang ada di dalamnya, khususnya kompatibilitas dengan berbagai aplikasi khusus para content creator. Tidak hanya itu, Windows 10 juga menawarkan dukungan penuh untuk berbagai perangkat yang khusus ditujukan kepada para content creator seperti pen tablet dan dial”.


“Microsoft juga menyediakan solusi perlindungan menyeluruh pada Windows 10. Selain dilengkapi dengan sistem keamanan terintegrasi yang selalu diperbarui melalui Windows Update, Windows 10 Home juga memiliki sebuah fitur bernama Windows Hello. Dengan Windows Hello pengguna dapat masuk lebih cepat dan aman menggunakan sistem pembaca sidik jari yang sudah tersedia di jajaran laptop ASUS OLED”


Ketujuh. Gratis Office Home & Student 2019 Seumur Hidup

“Siapa disini yang sering mengetik menggunakan Microsoft Word, membuat tabel menggunakan Microsoft Excel atau membuat presentasi menggunakan PowerPoint?” kata sang guru


“Saya pa.., kalau mengerjakan tugas saya sering mengetik menggunakan Microsoft Word”, kata Fanesha


“Saya juga nes”, celetuk Firgi



“Baiklah kalau begitu, biasanya kita menggunakan Aplikasi Office seperti Word, Excel dan PowerPoint untuk mengerjakan berbagai tugas. Begitu juga dengan Content creator yang membutuhkan aplikasi office untuk menunjang kegiatannya, seperti membuat script untuk film, atau membuat tabel jadwal kegiatan. Laptop ASUS OLED sudah menggunakan Office Home & Student 2019 secara gratis dan berlaku seumur hidup.  Softwarenya juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data kalian”


“Gimana menarik bukan?” kata gurunya 


“iya pa.. asyik banget nih” kata Firgi kepada gurunya.    

 

“Oh iya bapak hampir lupa tadi ada yang menanyakan apakah laptop ASUS OLED sudah ada di pasaran Indonesia?,  jawabannya sudah ada loh..  salah satunya adalah VivoBook Ultra 15 OLED (K513) yang diluncurkan tanggal 23 September 2021 lalu. Jadi laptop dengan teknologi layar ASUS OLED sudah tersedia di Indonesia”


Kedelapan, Cocok Untuk WFH dan PJJ 

“Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, VivoBook Ultra 15 OLED (K513) cocok sebagai laptop untuk WFH dan PJJ. Alasannya karena VivoBook Ultra 15 OLED (K513) telah dilengkapi dengan teknologi AI Noise Cancelling yang dapat meredam suara bising yang ada di sekitar Anda sehingga sesi WFH dan PJJ dapat berjalan lebih baik". 


"Selain itu, VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga sudah menggunakan WiFi 6, teknologi WiFi terbaru yang lebih kencang dan stabil. WiFi 6 di VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga dilengkapi dengan fitur WiFi Smart Connect, yang memungkinkan sistem untuk memilih dan terkoneksi dengan router yang memiliki sinyal paling kuat secara otomatis. Dengan demikian, kalian akan selalu mendapatkan sinyal WiFi terbaik”. ucap sang guru. 




"Untuk menunjang kegiatan WFH atau PJJ, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) sudah dilengkapi dengan webcam 720p HD Camera sehingga bisa digunakan untuk komunikasi menggunakan zoom meeting, google meet, atau aplikasi sejenisnya, apalagi beratnya kurang dari 2Kg tepatnya hanya 1,8km sehingga bisa dibawa kemana-mana".  

“Wah seru ya pa kalo dipakai untuk main game?” kata Firgi


“Hehe.. itu untuk kalian yang hobi ngegim” kata sang guru. 


Kesembilan, Memiliki Spesifikasi Modern

"Laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga".


“Biasanya orang memilih laptop karena spesifikasinya, Nah VivoBook Ultra 15 OLED (K513) merupakan laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga. Prosesor generasi terbaru ini selain mengalami peningkatan performa dari generasi sebelumnya, tetapi juga memiliki tingkat konsumsi daya yang lebih optimal. Hal tersebut sangat sesuai bagi kalian yang sering berlama-lama di depan laptop tanpa harus menghubungkan laptop ke sumber listrik”.




“Tidak hanya dari sisi prosesor, VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga dibekali memori RAM dengan DDR4 serta telah menggunakan penyimpanan berupa PCIe SSD. Dengan penyimpanan SSD ini tentu kecepatan baca dan tulis jauh lebih cepat dari HDD”


“Pa apa singkatan SSD dan HDD itu?” tanya Firgi kepada gurunya 


“Wah seneng bapak menjelaskannya nih.. Oh ya SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive sedangkan HDD singkatan dari Harddisk Drive keduanya merupakan perangkat penyimpanan data, bedanya SSD lebih kecil dan lebih cepat proses transfer datanya dibandingkan HDD”.   


“Oh gitu pa.. terima kasih pa..” ucap Firgi


Kesepuluh, Lebih Kencang dan Hemat Daya dengan AIPT

“Kalian tentu pengen punya perangkat yang kencang dan hemat daya khan?” tanya guru kepada semua peserta didiknya 


“Iya pa..” jawab mereka serempak. 



“Nah, VivoBook Ultra 15 OLED (K513) menggunakan baterai 3-Cell Li-ion dengan 42Whrs sehingga bisa tahan beberapa jam dengan pengisian daya yang cukup cepat. Laptop ini merupakan salah satu laptop yang telah dilengkapi dengan ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT). Teknologi ini mendapatkan peningkatan performa hingga 40% dibandingkan dengan laptop dengan spesifikasi yang sama. Tidak hanya itu, AIPT juga membuat konsumsi daya pada VivoBook Ultra 15 OLED (K513) menjadi lebih hemat daya. Cara mengaktifkannya sangat mudah hanya dengan menekan kombinasi tombol “Fn” dan “F” dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian”. 


Kesebelas, Dapat di-Upgrade

“Salah satu fitur pada laptop yang paling diminati oleh pengguna di Indonesia adalah ketersediaan opsi upgrade, dan VivoBook Ultra 15 OLED (K513) sendiri hadir dengan beberapa opsi upgrade, salah satunya adalah upgrade kapasitas RAM melalui satu slot SO-DIMM DDR4. Selain itu, Anda juga dapat menambah kapasitas penyimpanan menggunakan 2.5” SATA SSD atau HDD di laptop VivoBook Ultra 15 OLED (K513). Apalagi VivoBook Ultra 15 OLED (K513) akan mendapatkan update sistem operasi Windows 11 tanpa biaya tambahan".




“Oh ya pa ngomong-ngomong, harganya berapa ya pa.. VivoBook Ultra 15 OLED (K513)?, tanya Fanes kepada gurunya. 


“Waduh.. bapak jadi kayak sales laptop nih?” kata sang guru disambut dengan tawa dan senyuman seluruh peserta didik. 


“Baiklah bapak akan jawab, harga ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dengan panel OLED dibanderol dengan harga mulai dari Rp8.599.000, harga yang terjangkau untuk laptop yang sudah menggunakan teknologi layar terbaru. Bagaimana sudah cukup jelas?”, tanya sang guru kepada peserta didiknya. 


"Jelas pa.. " kata peserta didik di kelas tersebut. 


“Baiklah kalau sudah jelas, laptop yang bapak jelaskan tadi sebenarnya ada di hadapan bapak dan kalian, dan ini dia laptopnya" kata guru tersebut. 


"Oh pantesan Pak Didno bisa menjawab semua pertanyaan saya dan teman-teman" kata Fanes

 

Teeeeeet..... Tiba-tiba bunyi bel tanda ganti pelajaran sudah dibunyikan oleh guru piket. 

 

"Hehe iya nes.. nah anak-anak karena waktu jam pelajaran bapak sudah habis maka bapak cukup sekian dulu penjelasan materi tentang pengaruh perkembangan ilmu dan teknologi kali ini, semoga ilmu yang bapak berikan dapat bermanfaat bagi kalian semua, mohon maaf apabila ada perkataan yang salah, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh”. Kata penutup sang guru dihadapan peserta didiknya. 


“Waalaikum salam warohmatullohi wabarokatuh” jawab peserta didik serempak..   



0 komentar:

Post a Comment test