Jun 12, 2023

Cara Memilih Sabun Cuci Piring Agar Kulit Bebas Iritasi

Cara Memilih Sabun Cuci Piring Agar Kulit Bebas Iritasi

Gambar freepik.com

Saat kamu mencuci piring, mungkin tidak terpikirkan bahwa pilihan sabun cuci piring dapat berdampak pada kesehatan kulitmu. Pasalnya, banyak sabun cuci piring mengandung bahan kimia yang keras dan dapat menyebabkan iritasi terutama pada kulit sensitif. 


Oleh karena itu, penting untuk memilih dengan bijak dan memperhatikan faktor-faktor yang dapat membantu kamu menemukan sabun cuci piring paling tepat. Bukan hanya efektif dalam membersihkan, tetapi juga lembut dan tidak mengiritasi kulit.

Sumber gambar 


Nah, seperti apakah cara memilih sabun untuk mencuci piring agar kulit tak iritasi, yuk simak tips dan caranya berikut ini.


Cara Memilih Sabun Cuci Piring Agar Kulit Bebas Iritasi

Mungkin kamu berpikir terlalu ribet jika harus memilih sabun pencuci piring, padahal inikan hanya untuk mencuci piring. Kalau kamu ingin tahu, memilih sabun untuk cuci piring merupakan hal yang penting. Bukan hanya harus memilih sabun yang mampu menghilangkan kotoran dan lemak, tetapi juga aman bagi kulitmu. 


Apalagi kini ada banyak pilihan sabun pencuci piring yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan iritasi kulit yang tidak nyaman. Well, supaya tak salah dalam memilih, ada baiknya jika kamu mengikuti beberapa cara berikut, yakni:


Perhatikan bahan yang terkandung dalam sabun cuci piring

Bahan-bahan yang terkandung dalam sabun cuci piring dapat berperan penting dalam menentukan seberapa lembut dan aman produk tersebut bagi kulit. Ada baiknya jika kamu menghindari sabun pencuci piring yang mengandung bahan kimia keras seperti paraben, fosfat, dan pewangi buatan. 


Sebagai gantinya, carilah produk yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau ekstrak tumbuhan. Semua bahan tersebut telah dikenal memiliki sifat melembutkan dan tidak menyebabkan iritasi kulit.


Cari yang bebas pewangi dan pewarna buatan 

Sabun untuk cuci piring dengan pewangi yang kuat atau pewarna buatan seringkali dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Untuk menghindari risiko ini, pilihlah sabun cuci piring yang bebas pewangi dan pewarna buatan. Sebab sabun ini pada umumnya lebih lembut dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.


Temukan sabun dengan Label "Hypoallergenic" atau "Dermatologist Tested" 

Mencari produk dengan label "hypoallergenic" atau "dermatologist tested" dapat memberikan kepercayaan ekstra bahwa sabun pencuci piring tersebut tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Label-label ini menunjukkan bahwa produk telah diuji secara klinis dan cocok digunakan oleh orang dengan kulit sensitif.


Hindari sabun cuci piring yang mengandung SLS 

SLS atau Sodium Lauryl Sulfate adalah zat kimia yang sering digunakan dalam sabun untuk menghasilkan busa yang banyak. Namun, SLS dapat menjadi pemicu utama iritasi kulit. Oleh karena itu, lebih baik kamu hindari sabun cuci piring yang mengandung SLS. 


Coba cari alternatif sabun dengan kandungan surfaktan yang lebih lembut, seperti Sodium Lauryl Sulfoacetate (SLSA) atau Cocamidopropyl Betaine.


Cari sabun cuci piring yang memiliki sertifikasi ramah lingkungan 

Selain menjaga kesehatan kulit, kamu juga bisa memilih sabun cuci piring yang ramah lingkungan. Carilah sabun cuci piring yang memiliki sertifikasi ramah lingkungan, seperti label "ECO-friendly" atau "Organik". 


Sabun-sabun dengan sertifikasi ini umumnya terbuat dari bahan-bahan alami yang lebih aman bagi kulit dan juga lebih ramah lingkungan dalam proses produksinya.


Perhatikan tanda penggunaan yang disarankan 

Setiap sabun pencuci piring memiliki petunjuk penggunaan yang disarankan oleh produsen. Pastikan untuk membaca dan mengikuti instruksi tersebut dengan teliti. Terkadang, iritasi kulit dapat terjadi karena penggunaan yang berlebihan atau tidak benar dari sabun cuci piring. 


Jadi, pastikan untuk menggunakan sabun sesuai dengan tata cara yang dianjurkan agar kulitmu tetap sehat.


Baca ulasan dan rekomendasi 

Sebelum membeli sabun pencuci piring baru, sangat penting untuk membaca ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain. Melalui pengalaman orang lain, kamu dapat mengetahui apakah produk tersebut cocok untuk kulit sensitif. Kamu juga bisa mengetahui apakah ada efek samping yang perlu diperhatikan.


Bukan hanya itu, kamu pun akan paham apa saja kekurangan dan kelebihan sabun tersebut. Serta bisa membandingkan merek dan varian dari sabun tersebut. 


Oleh karena itulah, untuk kamu yang punya kulit sensitif, sebaiknya tidak terlalu terburu-buru memilih sabun pencuci piring. Bacalah ulasan dengan seksama sehingga tak salah dalam memilih.


Gunakan sarung tangan 

Selain memilih sabun yang tepat, salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit adalah dengan menggunakan sarung tangan saat mencuci piring. Sarung tangan dapat melindungi kulitmu dari paparan air dan bahan kimia yang ada dalam sabun cuci piring. Karena itulah, pastikan selalu memiliki sarung tangan yang nyaman dan sesuai ukuran tanganmu.

 

Memilih sabun pencuci piring yang tidak mengiritasi kulit adalah langkah penting yang harus kamu lakukan dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan. Dengan memperhatikan beberapa tips cara di atas, kamu pastinya akan menemukan sabun cuci piring yang lembut dan aman bagi kulitmu. 


Ingatlah bahwa setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap produk tertentu dalam hal ini termasuk produk sabun pencuci piring. Merupakan hal yang sangat penting untuk menemukan sabun pencuci piring yang paling sesuai dengan kulitmu. Agar kulitmu tetap aman dan kamu pun merasa nyaman saat mencuci piring.


Tak ingin pusing mencari sabun cuci piring yang aman dan bebas iritasi? Kamu bisa mencari dan membelinya di Blibli, sebuah platform jual beli online di Indonesia. Melalui marketplace ini, semua kebutuhan bisa kamu peroleh dengan harga yang kompetitif. Termasuk penawaran menarik berupa promo bisa kamu dapatkan sewaktu-waktu dan itu hanya ada di Blibli.

Cara Memilih Sabun Cuci Piring Agar Kulit Bebas Iritasi
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon