ads

Google Kini Sudah Memiliki 700.000 Aplikasi Android

Rabu, 31 Oktober 2012

Google Inc (GOOG) mengatakan bahwa sudah ada sekitar 700.000 aplikasi yang tersedia untuk di-download ke perangkat mobile yang menggunakan sistem operasi Android, dan siap menantang dominasi Apple Inc (AAPL) dalam perlombaan perangkat lunak. 

Dengan jumlah itu berarti Google telah setara dengan Apple dalam jumlah permainan, alat produktivitas dan program lainnya yang digunakan pada perangkat genggam, termasuk tablet dan smartphone. Apple mengatakan pada pekan lalu bahwa App Store sudah memiliki lebih dari 700.000 aplikasi. Bulan lalu aplikasi Android telah didownload sebanyak 25 milyar dari Play Store dan diperkirakan sekitar 1 milyar perangkat Android yang aktif tahun depan.  

Dengan memikat pengembang perangkat lunak untuk bergabung dengan platform Android, Google berupaya untuk menghilangkan titik penjualan utama Apple yang selama ini digunakan untuk perangkat iPhone dan iPad. Aplikasi telah menjadi medan pertempuran yang sengit karena kedua perusahaan meraup keuntungan di pasar smartphone yang nilainya mencapai 219.1 milyar dolar, hampir mirip dengan Microsoft Corp (MSFT) mendominasi bisnis komputer pribadi dengan perusahaan lain melalui sistem operasi Windowsnya. 

Selain persaingan aplikasi kedua perusahaan juga bersaing dalam hal tablet. Google baru saja meluncurkan tablet Nexus 10 dengan harga 399 dolar dan menjadi pesaing iPad. Kedua perusahaan juga telah memperkenalkan tablet dengan layar yang lebih kecil yakni Nexus 7 dan iPad Mini. 

Dalam persaingannya dengan Google dalam hal pengembang perangkat lunak, Apple menyatakan bahwa perusahaannya yang menggunakan sistem operasi IOS pekan lalu telah membayar 6,5 milyar dolar untuk pengembang sejak App Store diperkenalkan pada tahun 2008. 

0 komentar:

Poskan Komentar test