ads

Hacker Berhasil Mencuri Jutaan Dolar Melalui ATM

Kamis, 07 Februari 2013

Hacker ternyata tidak saja merusak situs-situs ternama, tetapi juga menyerang sistem ATM dan kartu kredit. Sebuah laporan yang datangnya dari Visa menyebutkan bahwa pada hari-hari terakhir tahun 2012 hacker yang mampu menarik dana menggunakan mesin ATM dan kartu kredit prabayar. 


Visa memperingatkan semua penerbit kartu pembayaran di Amerika Serikat untuk waspada dan berhati-hati dengan scam melalui pengambilan tunai di ATM pada tahun 2013 ini. Sumber di industri keuangan dan penegakan hukum yang dikutip oleh Krebsonsecurity.com mengatakan bahwa hacker berhasil mencuri kabur sekitar $ 9 juta hanya dalam waktu beberapa jam saja. 


Sumber tersebut mengklaim bahwa penyerang menggunakan sejumlah kartu kredit dan kartu debit prabayar untuk menarik uang tunai dari ATM di beberapa negara. Pengambilan dana terjadi tidak hanya pada saat malam natal, tetapi kelompok tersebut menyerang lagi pada malam tahun baru. 

Serangan kedua terjadi pada jaringan ATM di India dan pencuri berhasil menarik dana sedikitnya 2 juta dolar menurut investigator. Hebatnya lagi serangan ini dilakukan menggunakan kartu debit prabayar yang biasanya dibatasi untuk pengambilan dalam mata uang dolar yang ditarik dalam jangka waktu 24 jam. Namun, para penjahat bisa melakukannya dan dapat membebaskan penarikan tanpa ada batasan. 

Visa mengatakan bahwa serangan itu dimungkinkan karena hacker bisa memperoleh akses ke sistem otorisasi penerbit dan informasi kartu. Setelah hacker memiliki akses ke informasi itu, mereka mampu memanipulasi batas jumlah penarikan harian, saldo kartu, dan parameter lainnya. Visa mengatakan bahwa dalam beberapa kasus tersebut pembobol dapat menarik lebih dari $ 500.000 sekali tarikan dalam waktu 24 jam. 

3 komentar for Hacker Berhasil Mencuri Jutaan Dolar Melalui ATM:

  1. lol lumayan buat beli baso tuh 9 juta dolar pertamax gan

    BalasHapus
  2. waaah kejam yaa para hacker ..
    saya yg keduax brati haha

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam