ads

PillCam, Kapsul Pendeteksi Saluran Pencernaan

Minggu, 17 Maret 2013

Teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu. Begitu juga teknologi dalam dunia kedokteran. Baru-baru ini diluncurkan sebuah kamera yang bisa mendeteksi atau melihat gambar dari dalam perut pasiennya. Bentuknya seperti kapsul tetapi di dalamnya terdapat lensa, chip perekam dan cahaya yang dapat mentransmisikan gambar dari yang dilaluinya. Kapsul televisi mini ini diberinama PillCam


Dengan cara ini lebih dari 1,5 juta pasien telah merasakan manfaat dari PillCam kapsul endoskopi. Dengan PillCam, seorang dokter dapat memvisualisasikan saluran dari kerongkongan, usus kecil, dan usus besar yang bermanfaat untuk memonitor dan mendiagnosa kelainan pada saluran pencernaan tanpa harus operasi atau prosedur invasif endoskopik. 


Kapsul ini terdiri dari berbagai pilihan ada PillCam SB, PillCam Colon, PillCam Eso, dan PillCam Patency yang memiliki kegunaan berbeda-beda seperti mendeteksi luka, tumor, kanker atau pendarahan pada usus. PillCam ini dapat berfungsi dengan software dan hardware saat ini sudah tersedia untuk didistribusikan secara komersial di Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara tertentu lainnya. 

1 komentar on PillCam, Kapsul Pendeteksi Saluran Pencernaan

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam