10 Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik Untuk Pelajar Atau Mahasiswa


Bagi sebagaian pelajar atau mahasiswa, besarnya biaya sekolah atau kuliah mengharuskan mereka mencari penghasilan tambahan dengan cara bekerja paruh waktu. Mereka bisa mendapatkan pendapatan tetapi tentunya tidak melupakan kegiatan belajar. Hasil dari kerja paruh waktu dapat digunakan untuk biaya sekolah atau kuliah dan juga dapat digunakan untuk kebutuhan mereka sendiri, seperti membeli peralatan sekolah atau untuk uang saku mereka. 

Tapi tidak semua pekerjaan paruh waktu bisa dilakukan, karena beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pekerjaan paruh waktu seperti waktu dan lokasi. Berikut ini ada 10 Pekerjaaan paruh waktu terbaik untuk pelajar atau mahasiswa

  1. Penerjemah. Kegiatan ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk pelajar atau mahasiswa mendapatkan penghasilan tambahan. Syaratnya tentu pelajar atau mahasiswa harus bisa menguasai bahasa negara lain seperti Bahasa Inggris, Arab, Jepang, atau Mandarin. Biasanya ada beberapa perusahaan atau penerbit yang membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan tulisan dari bahasa Inggris, Jepang, Arab atau Mandarin ke dalam bahasa Indonesia. Profesi ini bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke tempat kerja. Biasanya berbekal koneksi internet untuk mengirimkan hasil terjemahannya tersebut. 
  2. Tutor. Salah satu pekerjaan paruh waktu yang terbaik bagi pelajar dan mahasiswa adalah menjadi tutor atau guru panggilan. Tentunya harus memiliki keterampilan atau kelebihan tertentu yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pekerjaan tersebut adalah tutor bermain gitar, mengajar yoga atau karate, les bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Arab, les matematika, komputer, biologi atau apa saja yang Anda bisa. 
  3. Modeling : Kegiatan ini adalah salah satu dari pekerjaan paruh waktu yang paling populer untuk mendapatkan popularitas dan uang lebih banyak. Tapi kegiatan ini tentu harus ditunjang dengan kemampuan lebih seperti tinggi badan dan postur tubuh yang proporsional, bisa berjalan di atas catwalk dan memiliki kemampuan fotogenik. 
  4. Penjaga Toko Buku. Bekerja di toko buku adalah pekerjaan paruh waktu yang bagus untuk mahasiswa dan pelajar SMA. Ini biasanya lebih terasa tenang dan tidak akan menjadi pekerjaan yang sangat menegangkan. Anda mungkin bahkan bisa belajar ketika tidak terlalu sibuk. Keuntungan lainnya adalah memungkinkan anda menyesuaikan jadwal yang fleksibel, terutama jika Anda bekerja di sebuah toko buku di kampus atau sekolah. 
  5. Pelayan. Menjadi pelayan restoran atau cafe adalah pekerjaan yang cukup menghabiskan waktu. Jadi, sebelum mulai bekerja beri pengertian kepada manajer restoran atau cafe bahwa Anda ingin bekerja paruh waktu karena Anda sedang menjalani pendidikan. Maka pilihlah jadwal yang fleksibel agar tidak mengganggu waktu belajar Anda.Menjadi pelayan di restoran atau cafe tidak hanya mendapat gaji, Anda juga bisa dapat uang tip dengan melayani orang lain dengan baik dan sopan. 
  6. Freelancing. Suka menulis, membuat karya seni dengan bantuan komputer yang manfaatkan hobi Anda dapat menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas di media, blog, atau website. Dengan menjadi penulis lepas, atau membuat karya seni Anda dapat mengatur jam Anda sendiri dan ada banyak majalah dan website yang membayar untuk artikel mengisi rubriknya. Anda bahkan mungkin akan mendapatkan tulisan Anda terpampang di media secara lokal atau nasional yang bisa menghasilkan pekerjaan tetap. 
  7. Pekerjaan Khusus. Anda memiliki bakat khusus seperti membuat akesoris buatan tangan, melukis atau menjahit, mengukir kayu, atau membuat kue. Setiap bakat yang Anda miliki dapat menghasilkan uang. Anda dapat mengumpulkan barang-barang hasil kerajinan Anda untuk di pameran atau dipasarkan di melalui jejaring sosial seperti facebook atau twitter sehingga anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. 
  8. Penulis Iklan. Jika Anda memiliki bakat yang berhubungan dengan frase atau kalimat yang menarik untuk dijadikan iklan, sebaiknya anda menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan paruh waktu pilihan anda. Anda dapat bekerjasama dengan anggota lain dari sebuah tim periklanan untuk membuat iklan untuk televisi, radio, media cetak atau media online. Profesi ini membuatuhkan kreativitas dan imajinatif yang tinggi, serta fleksibilitas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 
  9. Pekerja Seni. Menjadi pekerja seni seperti penyanyi, disk jokey atau pemain musik di restoran, cafe atau tempat nongkrong lainnya bisa menghasilkan uang tambahan untuk biaya sekolah atau kuliah. Tentunya kegiatan ini bisa dilakukan di luar jam sekolah atau kuliah. Asalkan jangan sampai terbawa ke dalam arus pergaulan bebas dan narkoba. 
  10. Sales Promotion. Sales Promotion untuk sebuah acara biasanya menggunakan tenaga pelajar atau mahasiswa. Tentunya pekerjaan ini harus ditunjang dengan pengetahuan yang baik mengenai produk atau jasa yang akan dijual atau dipromosikan. 
Dikutip dari berbagai sumber

3 komentar:

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan