ads

Smell-O-Vision Screen, Televisi Yang Mengeluarkan Aroma

Rabu, 03 April 2013

Televisi biasanya hanya untuk menikmati acara yang disiarkan oleh pengelola televisi, seperti  sinetron, musik, berita dan film. Tapi bagaimana kalau televisi itu bisa mengeluarkan bau, tapi tentunya bukan bau kabel korsleting melainkan aroma apa saja yang ditampilkan di televisi.


Televisi ini dikembangkan oleh peneliti dari Tokyo University of Agriculture and Technology dengan mengembangkan televisi yang memiliki fitur “smelling screen” atau “Layar Beraroma”. Televisi ini dinamakan dengan Smell-O-Vision Screen. 


Layar televisi ini hanyalah layar LCD biasa, tetapi memiliki aliran udara di kedua sisi layarnya. Lewat aliran udara tersebut, butiran gel diuapkan dari kedua sisi televisi dan dialirkan melalui aliran udara tersebut untuk memberikan aroma dari layar dengan porsi yang terbatas. Aliran udara beraroma ini dialirkan dengan kipas (blower) yang cukup untuk memberikan pengguna televisi ini untuk menangkap aroma tersebut melalui hidung. Tiap Smelling Screen dilengkapi dengan kotak ekstra berisi minyak. 

Sayangnya, Smelling Screen masih dalam pengembangan dan belum sempurna sepenuhnya. Cartridge yang digunakan pun memiliki isi yang terbatas sehingga harus sering diganti ketika isinya sudah kosong. Untuk saat ini, tim pengembang hanya dapat memproduksi beberapa jenis aroma saja, seperti peach dan kopi. Dan diharapkan dalam pengembangan selanjutnya aroma yang dihasilkan dapat beraneka ragam tergantung dengan cartridge yang digunakan. 

Selain itu, tim pengembang Smelling Screen juga tengah mencoba untuk membuat layarnya memproduksi aroma sesuai dengan apa yang ditampilkan pada layar. Belum ada informasi terbaru mengenai Smelling Screen ini, terkait harga, dan kapan akan diproduksi massal. Namun inovasi ini kelak akan sangat memikat pemasang iklan kuliner dalam memasarkan produk mereka.

1 komentar on Smell-O-Vision Screen, Televisi Yang Mengeluarkan Aroma

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam