ads

Peran Orang Tua Mengatasi Tren Mobile Internet

Jumat, 12 Juli 2013
 
Mengakses internet dan data menggunakan ponsel (mobile internet) belakang menjadi tren terutama di kalangan anak muda. Selain harga ponsel, smartphone atau tablet yang semakin murah, banyak vendor yang memasarkan smartphone yang telah dibenamkan fitur web browsing dengan paket internet operator seluler dengan harga yang lebih terjangkau. 


Dengan gadget dalam genggaman, semua orang termasuk anak-anak kini bisa tersambung dengan berbagai situs di dunia maya, termasuk mengakses jejaring sosial seperti update status di facebook, ngetwit di twitter, mengecek email pun jadi pilihan utama yang dapat dilakukan melalui telepon genggam atau tablet. 


Melarang anak menggunakan gadget seperti handphone, smartphone, tablet sepertinya hampir tidak mungkin bisa dilakukan lagi oleh orang tua zaman sekarang. Bahkan anaknya yang baru duduk di bangku Taman Kanak-kanak pun sudah dibekali dengan handphone atau smartphone oleh orang tuanya, dengan alasan kalau ada apa-apa di sekolah tinggal telepon atau SMS saja ke orang tuanya. 

Tapi tahukah anda dibalik rasa sayangnya orang tua membelikan handphone, smartphone atau tablet ada bahaya yang sedang mengintai. Apalagi kalau bukan cyber bullying (pelecehan atau premanisme di internet), pornografi, aksi kekerasan atau konten negatif lainnya. Tapi ketakutan orang tua secara berlebihan pun jangan, karena akan membuat si anak benci kepada orang tuanya karena selalu melarang apa yang dia senanginya. 

Tantangan orang tua semakin berat, apalagi dengan bebasnya anak mengakses internet melalui gadget atau mobile internet kapan saja dan dimana saja, mereka bebas online tanpa ada aturan. Buntutnya mereka bisa mengakses situs apa saja termasuk situs-situs dewasa. Selain itu terkadang anak lebih tahu banyak tentang apa pun dari internet dibandingkan dengan orang tuanya. Anak sudah bisa mengunggah foto, video, streaming, chatting, posting dan lain sebagainya. Apalagi bagi anak yang sudah menginjak usia remaja, mereka menginginkan yang namanya kebebasan. 

Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus diketahui orang tua untuk mengatasi tren mobile internet terhadap perkembangan anak. Berikut Peran Orang Tua Untuk Mengatasi Tren Mobile Internet :  


  1. Mengenalkan Internet Berdasarkan Usia Anak. Orang tua harus bisa memperkenalkan internet kepada anaknya berdasarkan usia. Anak yang masih balita, berbeda caranya dengan anak-anak, atau remaja. Ajak mereka untuk berdiskusi tentang kebutuhannya, tanggungjawabnya, serta resikonya. 
  2. Perkenalkan Gadget Untuk Mengakses Internet. Dengan memperkenalkan peralatan untuk mengakses internet bersama dengan orang tua dan anggota keluarga yang lain mereka bisa mengerti kelebihan dan kekurangan masing-masing gadget. Selain itu mereka bisa memahami internet dengan menggali informasi yang bermanfaat sekaligus menjauhi dari informasi yang negatif. 
  3. Memberikan Pengertian Tentang Privasi di Internet. Orang tua harus bisa memberikan pengertian kepada anaknya tentang privacy di internet. Kalau ada orang lain yang meminta username dan password, kemudian minta foto pribadi atau lokasi sebaiknya berhati-hati. Apalagi dengan orang yang belum dikenal atau baru pertama kenal. 
  4. Memberitahu Situs-situs Bermanfaat Kepada Anak. Orang tua harusnya memberikan situs-situs yang bermanfaat kepada anaknya, selain situs-situs pendidikan, informasi dan teknologi yang bermanfaat sehingga mereka tertarik kepada hal-hal yang positif dan tidak terbujuk rayuan temannya untuk membuka situs-situs negatif. 
  5. Maksimalkan Browser Internet di Gadget Anak Anda. Sebagai orang tua sebaiknya anda mengetahui cara bagaimana membentengi gadget anak anda dengan web browser yang aman. Saat ini baru smartphone BlackBerry yang membentengi dirinya sehingga tidak bisa membuka situs-situs negatif. 
  6. Ajak Anak Anda Berdialog. Sebaiknya anda sebagai orang tua mengajak anak anda untuk bicara atau berdialog, tentang berbagai hal selain tentunya kegiatan di sekolah. Sarankan anak anda untuk memberitahu orang tuanya jika mereka menjumpai hal-hal yang membuatnya tidak nyaman. Yakinkan dia bahwa anda tidak akan berlebihan menyalahkan atau melarang untuk berinternet ria. 
  7. Buatlah Aturan. Kebebasan yang tidak ada batasnya dalam kegiatan online akan membawa dampak buruk bagi anak-anak. Oleh karena itu sebaiknya anda membuat aturan mengenai cara mengatur waktu yang efektif. Kapan anak menggunakan gadget/online, main, belajar atau istirahat. Sekali-kali orang tua meminjam gadget anaknya untuk mengecek isinya apa saja. Ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mudah-mudahan cara tersebut bisa mengatasi permasalahan mobile internet terhadap perkembangan anak. Dan semoga anak anda menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Aaamiiiiin. 

LOMBA BLOG DPTALK
Sumber Foto

10 komentar for Peran Orang Tua Mengatasi Tren Mobile Internet :

  1. info bagus buat para ortu nih :)

    BalasHapus
  2. peran orang tua disini memang harus sangat banyak,,artikel bagus

    BalasHapus
  3. artikel yang sngat menarik,,saya suka artikel ini

    BalasHapus
  4. Jaman sekarang orangtua memang harus aktif dan mau belajar tentang teknologi agar anak tidak terjerumus ke hal negatif

    BalasHapus
  5. orang tua memang harus selalu waspada akan perkembangan zaman

    BalasHapus
  6. terima kasih banyak atas informasinya... thank yu...
    SEUMULA
    g cars

    BalasHapus
  7. untung gua belum punya anak.. nanti waktu punya anak akan didik dengan baik...!!!
    house
    anek uteun

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam