ads

10 Tips dan Trik Fotografi Smartphone

Rabu, 27 November 2013

Kamera smartphone dari waktu ke waktu semakin mumpuni dan menakjubkan. Kini banyak smartphone yang menggunakan sensor kamera dengan megapiksel besar sehingga gambar yang dihasilkan oleh smartphone tersebut akan semakin jelas seperti menggunakan kamera profesional. 


Hal ini tentu bisa menjelaskan mengapa semakin banyak orang yang menggunakan smartphone untuk mengambil gambar dan tidak usah repot-repot membawa kamera khusus. Kamera smartphone secara umum sangat sederhana dan mudah digunakan, tapi tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menggunakan untuk menghasilkan hasil fotografi yang maksimal. 


Nah bagi anda yang penasaran dengan fotografi smartphone, berikut tips dan trik fotograpi smartphone : 

  1. Pegang ponsel Anda agar tetap stabil. Anda harus memastikan bahwa anda memegang smartphone dengan baik saat mengambil foto. Cobalah untuk tidak bergerak sama sekali saat mengambil gambar karena setiap tangan yang gemetar tangan akan mengakibatkan foto kabur, terutama jika kamera Anda tidak memiliki kemampuan menstabilkan gambar optik atau digital. Anda juga harus bersikap lembut saat menekan tombol shutter. 
  2. Jangan menggunakan digital zoom. Crop (potong) kemudian atau ambil gambar lebih dekat sebagai gantinya digital Zoom. Menggunakan digital zoom harus dihindari karena kualitas gambarnya kurang maksimal. Semakin dekat dengan obyek yang anda bidik, maka semakin baik gambar yang dihasilkannya. 
  3. Gunakan resolusi dan aspek rasio terbaik pada kamera smartphone Anda. Anda harus mengatur di pengaturan kamera ponsel Anda dan pastikan menggunakan resolusi kamera tertinggi yang tersedia. Jangan menggunakan aspek rasio 16:9 untuk foto Anda kecuali Anda tahu bahwa kamera Anda memiliki sensor gambar 16:9. Sebagai contoh, Motorola Moto X, Droid Ultra, dan HTC One menggunakan sensor kamera 16:09 asli, itulah sebabnya mereka akan mengambil gambar "widescreen" secara default. Kebanyakan smartphone tetap berpegang pada aspek rasio "klasik" 4:3. 
  4. Bersihkan lensa kamera Anda. Sebuah lensa kamera smartphone sangat mudah kotor, oleh sebab itu anda harus meluangkan waktu untuk membersihkan dari waktu ke waktu. Menyeka lensa kamera smartphone dengan menggunakan kain atau tisu yang lembut agar tidak menggores kamera. 
  5. Atur fokus dan eksposur dengan tepat. Jika Anda merasa foto milik Anda tidak benar atau tidak fokus, tekan pada subjek Anda. Perangkat lunak kamera pada kebanyakan smartphone dikonfigurasi untuk mengatur fokus dan eksposur berdasarkan frame yang anda tekan. 
  6. Ikuti aturan satu per tiga. Aturan satu per tiga adalah trik sederhana dan mudah yang dapat Anda gunakan saat menulis foto. Bayangkan bahwa frame dibagi menjadi tiga bagian yang sama secara vertikal dan horizontal, seperti yang digambarkan. Tempatkan subjek Anda sepanjang salah satu garis vertikal, atau di mana garis-garis horizontal dan vertikal berpotongan. Kemudian tempatkan cakrawala sepanjang salah satu garis horisontal. 
  7. Pelajari cara menggunakan mode kamera Anda. Kebanyakan smartphone datang dengan aplikasi kamera yang kaya fitur. Beberapa diantaranya digunakan untuk menghapus obyek yang bergerak dalam bingkai atau menambahkan efek impresivenya. Modus lain yang dimaksudkan untuk mengambil foto dengan subyek yang bergerak cepat, atau untuk pemotretan di malam hari.  
  8. Cobalah aplikasi kamera alternatif. Sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone menawarkan sejumlah aplikasi alternatif untuk kamera smartphone Anda. Kamera FV-5 untuk Android dan KitKam untuk iOS adalah dua contoh bagus dari aplikasi pengganti kamera yang dibuat dengan baik. Hal ini dilakukan jika Anda menemukan smartphone yang anda gunakan kurang baik dalam pengaturan kamera canggih dan manual atau tweak untuk mencobanya. 
  9. Ambil beberapa foto. Apakah Anda pernah mengambil foto hanya untuk melihatnya nanti dan menyadari bahwa ada foto seseorang yang telah berkedip, kurang jelas, atau tidak sesuai harapan, Oleh sebab sebaiknya anda mengambil gambar jangan hanya satu tetapi mengambil gambar beberapa foto, untuk berjaga-jaga. Setelah itu Anda bisa menghapusnya jika gambarnya ternyata tidak dibutuhkan lagi nantinya. 
  10. Mengedit foto, tapi jangan berlebihan. Ketika foto digunakan dengan benar, filter foto dapat mengubah foto kusam menjadi lebih mempunyai nilai seni. Namun, Anda harus mencoba untuk menghindari edit foto secara berlebihan. Cobalah untuk memanipulasi foto Anda dengan moderasi pada setiap jepretan. Selain itu anda bisa mengatur saturasi dan kecerahan gambar, serta frames yang tersedia. 
Selamat mencoba. 


13 komentar for 10 Tips dan Trik Fotografi Smartphone :

  1. Mantab tipsnya nih soalnya saya punya toko online cm terkadang saya harus mengerjakan pas pulang kerja buat bikin foto produk. terima kasih infonya mas salam kenal By. Fadil Yans

    BalasHapus
  2. Sekarang sangat simple, dengan kamera dari HP gak perlu ribet bawa banyak barang.

    Terima kasih mas infonya

    BalasHapus
  3. Terimakasih mas sangat bermanfaat sekali, kadang saya suka pas jalan-jalan atau traveling lupa bawa kamera tapi ada moment atau view bagus. Pas banget deh dapet ilmu foto bagus pakai smartphone ^^

    BalasHapus
  4. mas tipsnya bagus sekali, btw boleh dong next time share info tentang metode memotret dengan hape saat kondisi objectnye bergerak, karena saya kesulitan untuk bisa mendapatkan focus dari object itu, terima kasuh :)

    BalasHapus
  5. terima kasih infonya mas ada info untuk photo di pencahayaan yg kurang gak? klo ada boleh dong infonya untuk apk nya android

    BalasHapus
  6. untuk pengambilan gambar bergerak sebaiknya gunakan ISO

    BalasHapus
  7. Terima kasih gan, bakal berguna soalnya ane mau bikin toko online.

    BalasHapus
  8. sangat berguna sekali bagi internet marketer

    BalasHapus
  9. infonya sangat bagus sayah suka dengan postingannya, nice post pikonya :)

    BalasHapus
  10. terima kasih infonya, poto yang baik bisa meningkatkan daya jual produk di toko online

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam