ads

25 Fakta Menarik Tentang Facebook

Kamis, 20 Februari 2014

Jejaring sosial besutan dari Mark Zukerberg ini memang fenomenal. Hanya dalam waktu satu tahun pertama, penggunanya sudah mencapai 50 juta pengguna. Hari ini, Facebook menjadi aplikasi media sosial paling favorit yang diunduh pada smartphone . Facebook bahkan menyumbang 66 persen dari berbagai media sosial yang ada diperangkat iPhone. 


Facebook kini mendapatkan uang sampai trilyunan dari iklan yang dipajang di situs tersebut. Selain itu Facebook mendapat dana dari penjualan saham beberapa waktu yang lalu. Tapi dibalik kesuksesan tersebut ada banyak fakta menarik tentang facebook yang jarang diketahui oleh orang. 


Berikut 25 fakta menarik tentang Facebook

  1. Facebook memiliki homepage yang sudah mengalami renovasi besar pada tahun 2007, yang menggantikan sebagian wajah seseorang yang dikaburkan di balik awan kode biner. Misteri Pria itu akhirnya terkuak, dia tak lain aktor legendaris Al Pacino. Fakta ini terungkap ketika David Kirkpatrick dalam bukunya yang berjudul 'The Facebook Effect' mengungkapkan bahwa efek yang diciptakan oleh seorang teman dan teman sekelas Mark Zuckerberg. 
  2. Keluarga Zuckerberg menghabiskan uang sebesar 85.000 USD pada musim panas pertama agar perusahaan FB terus berjalan. Tapi sekarang kekayaan Mark Zuckerberg bernilai sekitar 19 Milyar USD. 
  3. Ketika Facebook memulai debut di pasar saham melalui NASDAQ pada tanggal 18 Mei 2012, saham perusahaan hanya berharga 38 USD. Dan Facebook mendapatkan dana lebih dari 100 Milyar USD. Artinya nilai Facebook lebih besar dari eBay, Yahoo, Netflix, IAC, AOL, Zynga, Groupon, LinkedIn, dan Pandora. 
  4. FB melakukan kemitraan pertama dengan Apple, Microsoft, Intel, EA dan Amazon yang diluncurkan pada Mei 2006 lalu. Sebelum itu, ia telah bermitra dengan Accenture, Gap, Intuit, Pepsi, dan PricewaterhouseCoopers. Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, dalam proyek 'Teach for America'. 
  5. Co-founder Napster, Sean Parker mengubah Facebook dari proyek perguruan tinggi menjadi perusahaan yang sebenarnya. Seperti keluarnya film pada 2010 yang berjudul 'The Social Network', Parker berubah nama situs jejaring sosial dari Thefacebook.com menjadi Facebook.com dengan membeli domain seharga 200.000 USD. Selanjutnya ia menyarankan untuk menambahkan fitur populer photo sharing (berbagi foto). 
  6. 42 persen pengguna Facebook adalah laki-laki tapi untungnya situs ini lebih netral dalam hal gender daripada Google + dan Pinterest. 
  7. Persentase pengguna Facebook berusia 15-34 tahun adalah 66 persen pada tahun lalu. Dan, jangan terkejut karena 45 persen pengguna internet di AS lansia (lanjut usia) dan mereka adalah anggota Facebook aktif juga. Menariknya, 70 persen pengguna adalah teman orang tuanya di FB. 
  8. 48 persen orang berusia antara 18 sampai 34 mengecek akun Facebooknya pada saat pagi hari. 28 persen di antaranya membuka facebook sebelum bangun dari tempat tidur. 
  9. Pengguna Facebook disajikan dengan sekitar 1500 konten potensial setiap hari. 
  10. Sekitar 7,5 juta situs ini berisi Like atau tombol 'Share'. 
  11. Di Amerika Serikat, California adalah negara bagian yang paling banyak pengguna facebooknya dengan jumlah 15.267.160 yang menyumbang 41 persen dari populasi negara. Texas menempati urutan kedua dengan 9 juta pengguna dan New York diurutan ketiga dengan 8 juta pengguna. 
  12. Di Amerika Serikat, lima merek yang paling dicintai di Facebook adalah-Walmart, Target, Amazon, Samsung Mobile USA dan Subway. 
  13. Facebook meskipun diblokir di China, ada sekitar 95 juta pengguna Facebook di negara komunis itu. 
  14. Sekitar 86 persen pengguna aktif harian di luar Amerika Serikat dan Kanada. 29 persen diantaranya adalah dari negara-negara Asia seperti India yang menyumbang 71 juta pengguna. 
  15. Facebook tersedia dalam 70 bahasa yang berbeda, berkat 'menerjemahkan' pilihan termasuk Bahasa Indonesia. 
  16. Tahun lalu di Amerika Serikat, topik yang paling dibicarakan di Facebook adalah 'Super Bowl'. Namun, yang paling banyak diperbincangkan tentang topik global di situs jejaring sosial terbesar tersebut adalah 'Paus Francis'. 
  17. Rata-rata orang menghabiskan sekitar 18 sampai 20 menit di Facebook. Jika dihitung secara global waktu yang dikonsumsi oleh setiap pengguna, kira-kira akan menjadi 20 milyar menit digunakan untuk melototin facebook. 
  18. Awalnya para insinyur yang merancang FB ingin menamakan tombol "Like" dengan nama "Awesome". 
  19. Dalam setiap 20 menit di Facebook, lebih dari 1 juta link yang dibagikan, 2 juta permintaan pertemanan yang dibuat dan mendekati 3 juta pesan yang dipertukarkan. 
  20. Peristiwa hidup yang paling umum dipamerkan tahun lalu adalah mengenai status perkawinan. 
  21. Ada peningkatan pengguna Facebook sebesar 22 persen pada tahun lalu . 
  22. Sejak awal, Facebook telah membantu 150 miliar mengkoneksikan teman, menyaksikan 1,13 triliun tanda suka dan upload foto sebanyak 250 miliar foto. 
  23. Pada hari tertentu , kira-kira 350 juta foto yang di-upload, 4,5 miliar suka yang terdaftar dan 10 miliar pesan yang dikirimkan. Tombol Suka atau Share terlihat sebanyak 22 miliar kali. 
  24. Pengguna bulanan total FB kini sudah mencapai lebih dari 1,3 miliar dengan 680 juta pengguna menggunakan FB dari perangkat mobile . 
  25. Kebanyakan 'check-in' lokasi di Amerika Serikat selama 2013 via FB , termasuk terminal transportasi, Disneyland & Disney California Adventure, Times Square, Walt Disney World, Stadion Dodger, AT & T Park dan lain-lain. 

0 komentar:

Poskan Komentar test