ads

Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Mudik

Senin, 21 Juli 2014
(Powerbank untuk perjalanan mudik)
Smartphone sudah menjadi perlengkapan wajib yang harus dibawa kemanapun kita pergi, termasuk saat mudik. Dalam perjalanan panjang yang dapat ditempuh selama berjam-jam, kita harus memiliki trik agar baterai smartphone tidak cepat habis sehingga kita masih bisa berkomunikasi dengan rekan dan keluarga. 


Tidak semua orang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sebagian dari Anda harus berdesak-desakan dan bermacet ria dalam angkutan umum hingga berjam-jam bahkan ada yang hingga berhari-hari untuk merayakan Lebaran di kampung halaman bersama keluarga atau sanak saudara tercinta. 


Komunikasi melalui smartphone saat perjalanan mudik tentunya jangan sampai terkendala hanya gara-gara kehabisan daya baterai. Walaupun sekarang sudah ada powerbank, tetapi sebaiknya anda juga mengetahui cara menghemat daya baterai smartphone agar komunikasi tetap berjalan dengan baik. Baca juga cara menghemat baterai smartphone

Berikut cara menghemat baterai smartphone saat perjalanan mudik atau arus balik

  1. Matikan koneksi 3G jika tidak dibutuhkan. Koneksi 3G memang memiliki kecepatan internet yang lebih kencang dari pada EDGE atau GPRS. Tetapi daya yang dibutuhkan smartphone juga lebih besar. Saat mudik atau arus balik, tak ada salahnya koneksi jaringan 3G dimatikan jika smartphone digunakan hanya hanya untuk telepon, SMS, dan sesekali memeriksa email. Koneksi EDGE sepertinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasi Anda. Apalagi masih banyak jalur mudik yang belum ter-cover jaringan 3G. 
  2. Menon-aktifkan fitur yang tidak diperlukan. Fitur-fitur di smartphone seperti WiFi atau Bluetooth sebaiknya dimatikan saat di perjalanan, karena tidak terlalu diperlukan dalam perjalanan mudik. Fitur peta dengan GPS mungkin diperlukan sebaiknya diaktifkan saat diperlukan saja. 
  3. Kunci layar dan turunkan tingkat kecerahan layar. Khusus pada smartphone berlayar sentuh atau touchscreen, mengunci layar saat tidak dipakai perlu dilakukan agar sentuhan tidak mengaktifkan handset dan boros baterai. Atur juga tingkat kecerahan layar (brightness) sampai level minimum yang masih bisa dilihat mata. Persingkat pula pengaturan jangka waktu otomatis layar menyala. Hal ini dijamin akan membuat daya baterai smartphone Anda akan lebih panjang. 
  4. Non-aktifkan fitur getar. Fitur getar atau vibrate pada smartphone biasanya memakan lebih banyak daya dibandingkan dengan ringtone. Oleh karena itu, sebaiknya Anda cukup mengaktifkan ringtone saja sebagai penanda untuk panggilan telepon atau SMS yang masuk, daripada mengaktifkan ringtone dan vibrate secara bersamaan pada smartphone Anda. 
  5. Minimalisir bermain game dan mendengarkan musik. Bermain game dan mendengarkan musik mungkin dapat mengusir kejenuhan Anda pada saat terjebak dalam kemacetan. Namun, pada saat mudik, kegunaan smartphone yang paling utama tentunya adalah untuk komunikasi dengan kerabat atau keluarga di kampung halaman. Maka, sebaiknya menahan diri untuk tidak mengakses hiburan yang bisa mempercepat daya baterai habis seperti game atau aplikasi tertentu di smartphone. Untuk mendengarkan musik saat jenuh melanda, Anda bisa membawa perangkat pemutar musik sendiri seperti walkman, atau MP3 player. 
  6. Kelola aplikasi dan widget di Smartphone. Terkadang beberapa aplikasi otomatis berjalan dengan sendirinya meskipun Anda sudah menon-aktifkannya. Untuk itu sebaiknya anda kunjungi toko aplikasi online seperti Google Play, App Store, Windows Phone Store, atau BlackBerry World, dan lakukan pengunduhan task manager. Aplikasi 'Advanced Task Killer' cukup mudah Anda gunakan sebagai 'manajer' agar Anda selektif mengatur aplikasi yang berjalan. 
  7. Download aplikasi penghemat baterai. Ada beberapa aplikasi penghemat baterai yang bisa Anda unduh sebelum melakukan mudik. Aplikasi ini dapat membantu menghemat baterai dengan praktis dan mudah. Untuk pengguna BlackBerry Anda bisa mengunduh 'NB BattStat' atau yang lain. Di iPhone, ada 'Battery Go'. Sedangkan untuk pengguna smartphone Android ada aplikasi 'Juice Defender' atau yang lainnya. 
  8. Bawalah selalu powerbank atau baterai cadangan. Saat ini terdapat berbagai pilihan powerbank di pasaran dengan berbagai merek, bentuk, dan kapasitas penyimpanan baterai. Pilihlah powerbank yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan jangan lupa untuk ngecas powerbank terlebih dahulu sebelum berangkat mudik, atau Anda membawa baterai cadangan jika anda memilikinya. 

2 komentar for Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Mudik:

  1. makasih banyak gan..
    sangat bermanfaat bagi yang lagi mudik (y)

    BalasHapus
  2. tips di atas udah saya praktekin semua gan...memang jadi tamba irit batrai.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam