ads

Tips Mencari Kerja Bagi Yang Belum Berpengalaman

Selasa, 16 Juni 2015
Melamar Pekerjaan (Foto Juragancipir) 

Mencari kerja itu sulit, apalagi jika Anda belum punya pengalaman sama sekali. Apalagi Anda adalah seorang fresh graduate, atau memang masih berusia muda dan hendak mencari kerja sambilan. Posisi yang membingungkan, di satu sisi, lowongan yang ada kebanyakan mencari orang yang sudah banyak makan asam garam, di sisi lain, bagaimana Anda bisa mendapatkan pengalaman kalau tidak ada yang menawarkan kerjaan?.   

Cukup menyusahkan hati ketika bahkan lowongan yang berisi tentang job yang masih kelas awal sekalipun membutuhkan pengalaman yang segudang. Padahal Anda yakin bahwa Anda benar-benar bisa melakukannya. Hanya saja kata-kata “sudah berpengalaman” itulah yang jadi penghalang terbesar. Tetapi jangan kecil hati terlebih dahulu. Meski demikian, sebenarnya tidak semua perusahaan yang memasang lowongan tersebut benar-benar mencari orang yang memang punya pengalaman banyak. Kuncinya adalah, Anda memiliki skill atau ketrampilan dan juga kualifikasi yang memang dicari oleh sang pemasang lowongan.

Misalnya saja, Anda melihat lowongan untuk menjadi seorang staff administrasi. Meski job desk di setiap perusahaan berbeda-beda, namun tugas dari staff tersebut biasanya meliputi : 
  • Menyiapkan peralatan kantor yang akan digunakan para pegawai. 
  • Melakukan pengarsipan, dokumentasi, serta kegiatan untuk surat-menyurat. 
  • Menyiapkan ruang kerja jika akan ada rapat. 
  • Melakukan evaluasi harian serta bulanan dan membuat laporan kepada atasan. 
  • Memasukkan data dan mengorganisirnya sehingga teratur. 
Bila Anda perhatikan, sebenarnya skill yang diperlukan untuk melakukan hal tersebut adalah hal yang sering Anda lakukan, apalagi jika Anda sering terlibat di organisasi mahasiswa, yang Anda lakukan ketika berorganisasi tersebut sebenarnya bisa Anda masukkan sebagai sebuah pengalaman. Namun, jika Anda tidak banyak berorganisasi, maka beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah pengalaman tersebut. 


Berikut tips mencari kerja bagi yang belum berpengalaman : 
  1. Jadi relawan. Sekarang ini ada banyak organisasi non-profit yang selalu membutuhkan tenaga sukarelawan. Ambil saja kesempatan ini, mendaftarlah dan ikuti latihannya. Meski Anda hanya dibayar sedikit atau tidak sama sekali, Anda akan mendapatkan pengalaman dalam bekerja sama dengan orang-orang, berkomunikasi, dan keahlian lain. 
  2. Magang. Magang merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman sekaligus belajar tentang industri yang akan Anda masuki. Meski Anda tidak dibayar, namun jika Anda mempunyai performa yang bagus, bukan tidak mungkin perusahaan tersebut akan menawarkan lowongan kepada Anda. 
Selain hal-hal di atas, ketika Anda tidak mempunyai pengalaman dalam bekerja, maka sebagai gantinya Anda harus tahu persis apa saja kemampuan Anda. Ambil selembar kertas, tuliskan apa saja kemampuan-kemampuan ini : 

  1. Keterampilan komputer. Anda mampu mengoperasikan OS Windows/Mac? Menguasai program Office dengan baik, mungkin bisa mengetik dengan cepat, bisa membuat database, organisasi files, dan masih banyak lagi. 
  2. Riset dan pemecahan masalah. Sebagai seorang yang pernah menjadi mahasiswa dan pelajar, Anda tentu bisa melakukan riset dan juga harus sering melakukan problem solving. Tuliskanlah apa saja kekuatan Anda. 
  3. Manajerial. Anda pernah menjadi ketua kelompok dalam mata kuliah tertentu? Atau harus menjadi koordinator dalam suatu acara perlombaan? Ini menunjukkan bahwa Anda mempunyai kemampuan manajerial yang bagus. 
Jadi, jangan khawatir saat mencari lowongan kerja ketika Anda masih belum punya pengalaman. Dalam hal ini, pengalaman tidak harus berarti Anda sudah bekerja dalam industri sekalipun, melainkan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sedang mencari orang yang memang mempunyai kualifikasi tertentu untuk jabatan yang sedang kosong tersebut. Kembangkanlah kemampuan Anda, dan jangan putus asa untuk terus mencari.

0 komentar:

Poskan Komentar test