Jun 15, 2015

Masjidku, Aplikasi Jejaring Sosial, Dakwah dan Sodaqoh

Masjidku, Aplikasi Jejaring Sosial, Dakwah dan Sodaqoh

Aplikasi Masjidku 

Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah wajib yakni Puasa Bulan Ramadhan. Biasanya banyak pengguna smartphone mencari aplikasi untuk menambah amalan selama bulan Ramadhan. Nah bagi Anda yang ingin menambah amalan dan pahala selama bulan Ramadhan atau Puasa. Sekarang ada aplikasi yang bernama Masjidku


Masjidku adalah salah satu aplikasi jejaring sosial yang khusus digunakan untuk pengguna masjid yang mengoptimalkan komunikasi dua arah antara jamaah dan masjid. 


Menurut Chief Technology Officer Masjidku Adib Toriq melalui siaran persnya, Masjidku merupakan sebuah sarana komunikasi bagi umat Islam. Aplikasi ini bertujuan meringankan biaya operasional yang dikeluarkan oleh masjid untuk komunikasi dan penyiaran informasi. 

"Dengan begitu kami berharap dapat meningkatkan partisipasi dan rasa kepemilikan umat Islam terhadap masjidnya," ujar Adib. Aplikasi Masjidku memudahkan masjid menyampaikan dakwah dan mengelola kegiatan keagamaan. 

Pengguna dapat mengikuti kegiatan masjid tertentu, bersedekah secara online kepada masjid yang dituju, mendapat fitur pendukung ibadah seperti jadwal shalat, pengingat shalat, penunjuk arah kiblat dan pencarian masjid terdekat. 

"Pengguna Masjidku akan menerima push notification atau pemberitahuan untuk semua kegiatan, berita, maupun infaq dari masjid-masjid yang mereka follow," jelas Adib. Aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk bersedekah secara online. Dalam hal ini, Masjidku menggandeng salah satu penyedia jasa keuangan PT. Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa). 

Dengan jaringan ATM Bersama milik Artajasa, pengguna dapat menyalurkan sedekah kepada masjid yang telah terdaftar di aplikasi Masjidku. Seluruh infaq yang ditransfer pengguna akan langsung masuk ke rekening masjid yang dituju. 

Pengelola masjid juga dapat mengatur kegiatan dakwahnya, melihat laporan infaq sedekah secara real-time serta membuat dan mengatur publikasi artikel dakwah di laman masjidnya. 

Masjidku telah memiliki lebih dari seribuan orang pengguna dan 11 masjid yang bergabung menggunakan platform-nya, yakni Masjid Daarut Tauhid Bandung, Masjid Jenderal Sudirman Jakarta, Masjid Jami Al-Muqorrobin Jakarta, Masjid Baitul Makmur Boyolali, Masjid Darul Ihsan Bekasi, Masjid Raya Bintaro Jaya Sektor 9, Masjid Emerald Bintaro, Masjid Nuruddin Jombang-Jawa Timur, Masjid Cahyaningati Malang, Masjid Al Muttaqien Malang, dan Masjid Abu Dzar Al Ghifari Malang. 

"Ini media komunikasi yang sangat baik, sesuai dengan kebutuhan umat Islam saat ini," ungkap KH Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan nama Aa Gym, pendiri dan pimpinan pondok pesantren Daarut Tauhid Bandung. 

Untuk mengunduh aplikasi Masjidku, pengguna dapat mengunjungi situsnya yakni www.masjidku.id. Saat ini, Masjidku sudah tersedia gratis untuk para pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android dan iOS

Masjidku, Aplikasi Jejaring Sosial, Dakwah dan Sodaqoh
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon