ads

Mengais Rejeki dari Blog

Minggu, 17 April 2016
Sharing tentang Mengais Rejeki dari Blog di Universitas Muhammadiyah Cirebon

Awalnya saya membuat blog hanya sekedar untuk memberikan tugas kepada siswa dan siswi saya. Tidak menyangka blog membawa kebahagiaan melebihi dari yang saya perkirakan. Kebahagian tidak melulu urusan uang tetapi juga masalah hati. 


Salah satunya adalah kebahagian berbagi tentang cara mengais rejeki dari blog. Hari ini Minggu tanggal 17 April 2016 bertempat di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Cirebon saya berbagi pengalaman tentang dunia blog kepada rekan-rekan yang mayoritas adalah mahasiswa. 


Mereka rata-rata belum memahami bagaimana cara menghasilkan duit dari blog. Oleh sebab itu saya membagikan pengalaman ngeblog saya kepada mereka. Dari mulai membuat blog, macam-macam penyedia layanan blog baik lokal maupun internasional. 

Selain itu saya juga membagikan tips bagi blogger pemula yang kebingungan tentang apa yang harus ditulis di blog. Sebenarnya untuk mencari ide menulis itu sangat sederhana. Caranya adalah cukup menulis apa yang dilihat, didengar, dilakukan dan dirasakan. 

Banyak juga blogger pemula yang kebingungan memilih kategori blog, ada banyak pilihan dalam memilih kategori blog (niche) tetapi sesuaikan dengan passionnya masing-masing. Jangan paksakan kita menulis blog yang bukan kesukaan kita karena hanya mengejar pageview atau review. Karena hasilnya tidak akan memuaskan baik orang lain maupun diri sendiri. 

Ada beberapa pilihan blog dari mulai blog yang berisi pengalaman pribadi, gadget dan teknologi, sosial budaya, hiburan, olahraga, parenting, lifestyle, kuliner dan wisata dan masih banyak kategori blog lainnya yang sesuai dengan passion masing-masing. 

Ngeblog juga sebenarnya memberikan banyak manfaat dari mulai mencari dan berbagi ilmu, mengungkapkan perasaan pribadi, sarana melatih ketrampilan menulis, sarana promosi diri, melatih kecerdasan otak, sarana komunikasi, mendapatkan teman baru bahkan hingga mendapatkan rejeki. 

Penghasilan dari dunia blogging itu sangat banyak tidak hanya dari iklan saja atau yang lebih dikenal dengan pay per click, tetapi ada banyak macamnya dari pay per post, pay per action, pay per view, buzzer, freelance writer, afiliasi, jual beli online, pembicara, penulis buku, hingga mengikuti lomba blog dengan hadiah yang wah. 

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang menarik dari peserta. Seperti apa itu domain dan hosting, cara memiliki penyedia jasa blog yang menguntungkan, cara mendaftar google adsense, situs lokasl dan internasional untuk menghasilkan uang, cara mendapatkan pengunjung yang banyak, cara berada di halaman pertama google, hingga ada juga peserta yang menanyakan pendapatan perbulan dari blog. 

Tetapi semua pertanyaan tersebut saya jawab sesuai dengan kemampuan saya. Seperti apa itu domain dan hosting. Domain itu gampangnya kita buat blog tidak lagi menggunakan embel-embel wordpress atau blogspot, tetapi langsung .com, .net, .id dan lain-lain. Sementara hosting itu layaknya kita memiliki penyimpanan data sendiri seperti flashdisk untuk blog kita. 

Cara mendaftarkan google memang mudah tetapi untuk disetujuinya perlu waktu dan tidak semudah yang dibayangkan. Oleh sebab itu konsisten dulu menulis dengan tulisan dan gambar original asli bukan copy paste dari blog orang lain. 

Situs-situs lokal yang menyediakan layanan PPC, PPA dan PPP, Buzzer saya sarankan untuk daftar Idblognetwork. Sementara untuk PPC internasional tidak hanya Google Adsense ada Adversal, dan Media.net. Saya tidak menyarankan situs yang sering menampilkan iklan dewasa dan muncul sendiri.  

Menjawab pertanyaan peserta yang menanyakan cara mendapatkan pengunjung yang banyak, saya hanya meluruskan bahwa seorang blogger tidak harus menggunakan cara-cara menulis berita hoax. Karena sekali orang tidak percaya kepada blog kita maka orang akan enggan kembali lagi ke blog kita. Salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung yang banyak adalah dengan membagikan tulisan kita di sosial media yang kita miliki. Serta saya menyarankan mereka untuk mencoba endaftarkan tulisan kita di Vivalog

Untuk menjawab pertanyaan bagaimana nembak kata kunci di google saya hanya memberikan beberapa tips seperti judul harus menggunakan kata kunci yang diinginkan, gambar yang diupload harus diganti dengan kata kunci yang dituju, tulisan di dalamnya pun harus ada kata kunci yang diinginkan. Tidak lupa memberikan kategori dengan kata kunci yang diinginkan. 

Sementara menjawab pertanyaan berapa penghasilan blog saya dalam sebulan. Saya hanya bilang bahwa rejeki ngeblog itu tidak tetap bervariasi bisa bulan ini satu juta, dua juta, tiga juta bahkan lebih kalau kita mendapatkan hadiah berupa uang tunai atau gadget. Mudah-mudahan pengalaman ngeblog ini bisa bermanfaat bagi kita semua Aamiin.

2 komentar for Mengais Rejeki dari Blog :

  1. salut... semoga makin banyak yang mengetaui akan manfaat blog

    BalasHapus
  2. Betul sekali bos, kita bisa dapat uang dari blog, bahkan menjadi sumber penghasilan utama. Saya sendiri telah merasakannya, setelah 5 tahun lebih menjadi blogger, hasilnya hari ini sy tetap memiliki pendapatan meski jika harus meninggalkan blog selama berbulan-bulan.

    Salam kenal untuk komunitas blogger indramayu,

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam