Jan 3, 2013

Fitur dan Performa Windows 8

Fitur dan Performa Windows 8



Microsoft kembali ingin menguasai sistem operasi komputer rumah, laptop dan tablet di jagat raya dengan mengeluarkan produk terbarunya Windows 8.  Mungkin diantara anda sudah ada yang menggunakan Windows 8 di laptop atau tablet keluaran terbaru. Windows 8 sendiri adalah versi terbaru dari sistem operasi buatan Microsoft yang akan menggantikan Windows 7. Setelah sebelumnya ada versi Release Review muncul beberapa vulan lalu, sekarang Windows 8 sudah dapat dinikmati dan diaplikasikan pada banyak laptop, tablet atau komputer pribadi.

Nah mungkin diantara anda ada yang penasaran ada bagaimana fitur dan performa Windows 8. Pada kesempatan ini penulis ingin mengulas mengenai fitur dan performa Windows 8 :

  1. Support untuk PC dan Tablet ARM. Windows 8 merupakan edisi perdana dari Windows yang dapat dioperasikan pada tablet berbasis ARM sekaligus PC tradisional yang menggunakan prosesor ARM dari Intel atau AMD. Selain itu edisi ARN pada Windows 8 dirancang untuk membuat tablet bertindak seperti smartphone. Tablet tetap terhubung dengan internet meski dalam modus siaga. Windows ini dirancang untuk bekerja secara lancer baik PC maupun tablet ARM. Salah satu tablet yang sudah mendukung Windows 8 adalah Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8
  2. User Interface Windows 8. Start menu pada Windows 8 dapat disesuaikan melalui tile mosaic yang berbeda dari ikon desktop tradisional. Interface pada Windows 8 menggunakan desai baru yang disebut Metro Style. Tampilannya disesuaikan untuk memberikan kemudahan bagi user melalui UI yang interaktif. Disini anda dapat melihat informasi langsung dari Windows 8 dengan Metro Style tanpa harus mengakses aplikasinya secara langsung. Misalnya untuk tile aplikasi “weather” akan menampilkan tempertur dan suhu bersamaan dengan perkiraan suhu untuk dua hari berikutnya tanpa harus membuka aplikasi tersebut.
  3. Fitur Control Panel. Di luar perbaikan mengenai Windows Task Manager, Microsoft juga telah mendesai ulang Control Panel untuk Windows 8, pembenahan disini termasuk dalam hal Personalixe, User, Wireless, Notifications, General, Privacy, Search dan Share. Dengan Metro Style, pengguna dapat menggunakan menu Personalisasi untuk melakukan kustomisasi pada menu Start dengan tile untuk kalender, musik, email, Netflix, dan lain-lain.
  4. Two Touch Keyboard. Selain menggunakan keyboard tradisonla seperti yang sering digunakan saat ini, Windows 8 juga mendesai keyboard jenis kedua berupa thumbs keyboard untuk pengguna yang sering menggunakan jempol. Untuk membuat pengetikan pada keyboard virtual lebih cepat dan akurat. Microsoft juga membuat perbaikan dari keyboard konvensional yang menunjukkan kata-kata di layar saat mengetik. Setelah anda dapat memilih kata yang disarankan. Microsoft juga menyediakan fitur “periksa ejaan” yang dirancang untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Keyboard dapat menyesuaikan dengan bahasa yang berbeda. Pada PC berbasis sentuhan, tata letak keyboard secara otomatis menyesuaikan ke bahasa yang anda pilih untuk Windows. Input dan pengaturan bahasa secara otomatis berlaku untuk seluruh PC dan bukan hanya untuk program tertentu.
  5. Dukungan Penuh untuk USB 3.0. Port USB 3.0 beroperasi pada kecepatan hingga sepuluh kali lebih cepat dari USB 2.0. Untuk mendukung kecepatan ini, Microsoft Windows 8 akan dilengkapi dengan driver asli yang mendukung USB 3.0. Sementara itu untuk penggunaannya dengan Windows 7, tetap harus menggunakan driver dari pihak ketiga.
  6. Tampilan Pada Layar Multi Monitor. Menariknya pada Windows 8 juga membawa peningkatan dukungan untuk beberapa monitor. OS baru ini juga memiliki kemampuan untuk memperpanjang taskbar di dua PC, tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Anda juga dapat menampilkan wallpaper di dua monitor, atau menampilkan layar Start pada satu PC dan desktop di sisi lain. Anda juga dapat dengan mudah beralih di antara 2 monitor. Monitor utama memiliki tombol Start, dan monitor sekunder memiliki tombol Switcher. Mengklik atau menekan tombol Switcher memungkinkan anda untuk mengubah monitor sekunder ke monitor primer dan sebaliknya.

Fitur dan Performa Windows 8
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon