Terselubung Blog Terpopuler Indonesia Akhirnya Dihapus Oleh Google

Wednesday, July 24, 2013

Terselubung.blogspot.com dihapus oleh Google. Kemarin di jejaring sosial twitter, banyak teman-teman yang mengucapkan RIP Terselubung. Saya pun penasaran dan langsung menuju TKP dan ternyata benar blog terpopuler di Indonesia yang pernah diulas beberapa waktu lalu itu dihapus oleh Google. 



Tetapi di akun twitternya @terselubung mengatakan “tenang-tenang… gausah pada panik… besok blog #terselubung pindah alamat ke http://terselubung.co.id” dan ternyata benar situs terselubung.co.id sudah disiapkan untuk pindahan dari blogspot ke wordpress yang berdomain. Tapi saat itu di terselubung.co.id belum ada postingan copas (copy paste) yang menjadi ciri khasnya. 

Blog Terselubung dengan jumlah pengunjung puluhan ribu perhari ini sebenarnya sudah pernah dihapus oleh Google pada tahun 2012 lalu. Saat itu Google sudah menggunakan algoritma Dino. Namun tidak tahu mengapa Google akhirnya mengaktifkan kembali blog tersebut. Kini Google dengan algoritma T-Rexnya kembali menghapus blog Terselubung sejak pukul 07.00 WIB tanggal 22 Juli 2013. 

Alasan blog terselubung dihapus oleh Google kemungkinan besar adalah karena banyak pihak yang merasa dilanggar hak ciptanya. Sebab blog ini hampir tidak memiliki tulisan asli dan semuanya murni copas dari blog orang lain dengan hanya menyertakan sumbernya saja. Wajar saja jika orang yang tulisannya di-copas tersebut merasa tidak terima, sebab untuk menulis sebuah artikel membutuhkan waktu yang lama dan bukan merupakan hal yang mudah banyak bisa berhari-hari dan melalui penelitan atau penelusuran yang memakan waktu beberapa jam. 

Pada tahun 2013 ini Google memang sedang bersih-bersih melalui platform blog miliknya yaitu Blogger. Google menerapkan beberapa kriteria blog yang dapat dikategorikan sebagai blog spam: 
  • blog yang berbau judi 
  • blog yang mengandung konten pornografi 
  • blog yang berbau SARA 
  • blog yang menyebarkan aktifitas ilegal seperti hacking dan cracking 
  • blog yang melanggar hak cipta (copas), 
  • bahkan banyak blogger yang melakukan teknik BlackHat SEO pun terkena imbas dihapus oleh Google dari mesin pencarinya. 
Tapi dengan cara ini memang menjadi pelajaran bagi blogger yang sering melakukan copas (copy paste) dari blog orang lain. Oleh sebab itu, sebaiknya kita jangan murni copas dari blog orang lain, tetapi sedikit modifikasi atau melakukan editing dulu sebelum diposting di blog. Dengan demikian blog kita akan terbebas dari kejamnya algoritma Google.

0 komentar:

Post a Comment test