Oct 14, 2014

Hati-hati Ada Virus Baru di Android Yang Bisa Kuras Pulsa

Hati-hati Ada Virus Baru di Android Yang Bisa Kuras Pulsa

Virus di perangkat Android
Anda mungkin salah satu pengguna ponsel pintar, sekarang harus hati-hati pasalnya ada sebuah virus digital berbentuk worm jenis baru yang dilaporkan mengincar kelemahan sistem operasi smartphone yang ada di pasaran. Jika terinfeksi oleh worm ini, maka smartphone bisa secara otomatis mengirim SMS yang berisi tautan berbahaya ke nomor kontak yang tersimpan di dalam smartphone. 

Worm yang bernama "Selfmite.b" ini menjadi suksesor Selfmite.a yang dulu sempat menyebar melalui file APK Android. Selfmite.b ini bisa mengirim SMS ke semua daftar kontak dalam ponsel secara otomatis tanpa diketahu penggunanya. Lebih pintar ketimbang "Selfmite.a" yang hanya bisa memerintahkan smartphone untuk mengirim SMS ke 20 kontak yang terdapat dalam smartphone.

Selfmite.a dulu hanya bekerja dengan mengirim SMS yang berisi tautan URL yang telah diperpendek, yang jika diklik akan membuat penerima SMS meng-install App Store pihak ketiga, seperti Mobogenie. Beruntung, para peneliti keamanan di Android berhasil mengatasi penyebaran Selfmite.a sebelum berkembang biak secara ganas. 

Namun kini, muncul worm jenis baru yang diberi nama Selfmite.b bekerja dengan mengirim tautan ke sebuah situs web yang selain berbahaya, juga bisa dilakukan berulang-ulang hingga bisa menguras pulsa smartphone Anda. 

Selain itu, Selfmite.b kini juga tak hanya mengancam pengguna Android saja, melainkan juga pengguna platform iOS. Worm ini akan mengirim URL situs web yang berbahaya dan tidak diinginkan penggunanya, tak peduli sistem operasi apa yang dipakai oleh perangkat milik penerima SMS. 

Menurut Denis Maslennikov, seorang analis keamanan dari firma AdaptiveMobile, Selfmite.b telah mengirim 150.000 pesan SMS selama kurun 10 hari dari 100 perangkat yang telah terinfeksi. "Jumlah tersebut meningkat seratus kali lebih banyak jika dibandingkan dengan trafik yang dihasilkan oleh Selfmite.a. 

Sekarang, kasus Selfmite.b telah temukan di negara-negara seperti Kanada, China, Kosta Rika, Ghana, India, Irak, Jamaika, Meksiko, Maroko, Puerto Rico, Rusia, Sudan, Siria, Amerika Serikat, Venezuela, dan Vietnam. Sebagai pencegahan, pastikan selalu mengunduh file APK dari sumber yang terpercaya yakni Google Play Store. 

Hati-hati Ada Virus Baru di Android Yang Bisa Kuras Pulsa
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon