Apr 18, 2015

Inilah Kereta Api Tercepat di Dunia

Inilah Kereta Api Tercepat di Dunia

Kereta api Maglev

Persaingan untuk mencapai tujuan dengan cepat tidak hanya dilintasan balap sepeda motor atau mobil saja, tetapi kini persaingan merambah ke jalur kereta api. Pasalnya kini ada kereta levitasi magnetik (Maglev) yang mampu mencetak rekor dengan kecepatan tertinggi yakni 590 kilometer per jam yang dilakukan oleh Central Japan Railway Co. 


Rekor sebelumnya, dicetak pada bulan Desember 2003 yang lalu, dimana kecepatan kereta api tersebut bisa melaju dengan kecepatan 581 kilometer per jam. Sekarang Kereta Maglev mengalami perbaikan agar bisa meluncur dengan kecepatan 600 kilometer per jam. 


Dalam uji coba di lintasan khusus antara Uenohara dan Fuefuki di Prefektur Yamanashi, sebelah barat Tokyo, kereta api ini sanggup berlari dengan kecepatan tertinggi selama 19 detik. Rekor baru ini dibuat sehari setelah Central Japan Railway Co mengoperasikan kereta Maglev-nya dengan menempuh perjalanan hingga 4.064 kilometer. 

Rekor sebelumnya dipegang oleh Marglev dengan kemampuan jarak hingga 2.876 kilometer, yang dibuat tahun 2003. Central Japan Railway Co telah mencetak semua rekor, sebagai persiapan untuk memulai layanan kereta Maglev pada tahun 2027 mendatang. 

Nantinya kereta-api ini akan menghubungkan Stasiun Shinagawa di Tokyo dengan Nagoya sejauh 286 kilometer Kereta Maglev hanya membutuhkan waktu 40 menit dengan membawa penumpang dari Tokyo ke Nagoya. Bisa Anda bayangkan jika Anda menempuh perjalanan dari Jakarta-Cirebon dengan kereta ini. 

Central Japan Railway Co masih akan terus melakukan uji kecepatan lagi, untuk memastikan bahwa kereta api bisa berlari dengan kecepatan di atas 600 kilometer per jam. 

Inilah Kereta Api Tercepat di Dunia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon