Aug 5, 2015

Aplikasi Ini Dibuat Untuk Para Nelayan

Aplikasi Ini Dibuat Untuk Para Nelayan

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Direktur XL 

Rupanya banyak pengembang yang selalu tidak puas dengan aplikasi yang sudah ada sekarang. Oleh sebab itu mereka selalu berinovasi untuk membuat aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk orang banyak. Tone bekerjasama dengan operator seluler XL meluncurkan sebuah aplikasi bernama mFish, yaitu aplikasi yang fungsinya memberi informasi kepada nelayan tentang laut dan tempat dimana terdapat banyak ikan. 


Di dalam aplikasi itu terdapat informasi antara lain berisikan cuaca, keberadaan fitoplankton yang biasanya dijadikan patokan lokasi ikan, ketinggian ombak, serta harga ikan di pasaran sehingga sangat bermanfaat bagi nelayan. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melaporkan tindakan illegal fishing atau pencurian ikan kepada pihak berwajib, dalam hal ini ke Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Polisi Air dan Udara atau (Polairud). 


Nelayan asing kalau mau ikan dari kita harus beli, bukan ngambil, demikian diucapkan oleh Menkominfo Rudiantara, yang hadir dalam acara peluncuran aplikasi mFish di kawasan Ampenan, Lombok beberapa waktu yang lalu. 

Aplikasi ini baru saja diperkenalkan oleh Direktur XL Axiata Dian Siswarini kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang Banten (04/08/2015). 

XL menyebut ada dua alasan dalam pengembangan aplikasi ini, yakni untuk bersinergi dengan program pemerintah di Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Dan alasan kedua adalah menyangkut dengan salah satu visi XL di tahun 2015 yaitu untuk mendigitalisasi masyarakat Indonesi. Dengan mFish ini, XL tak hanya menyediakan jaringan tapi juga memberikan reason to use internet bagi masyarakat. 

Setiap nelayan di Lombok akan mendapatkan sebuah paket yang berisikan sebuah ponsel Android dengan kartu SIM XL lengkap dengan paket data sebesar 1 Gb per bulan. Selain itu ada juga sebuah solar charger, dan dry bag untuk menyimpan semua perangkat tersebut. 

Untuk tahap awal, XL menargetkan akan menyebar sekitar 18 ribu paket untuk kawasan Lombok. Setelah itu akan tersedia juga untuk Kendari, Tegal, dan Karimun Jawa. Jadi totalnya sekitar 50 ribu unit. 

Aplikasi Ini Dibuat Untuk Para Nelayan
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon