Feb 15, 2016

5 Fakta Menarik Pengguna Internet di Indonesia

5 Fakta Menarik Pengguna Internet di Indonesia

Pengguna internet (Foto Daily Social) 

Dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta, tak salah apabila Indonesia sering disebut sebagai pasar potensial digital. Hingga saat ini sudah ada sekitar 88,1 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Jumlah itu pun diperkirakan akan terus bertambah lagi. 

Pengguna internet di Indonesia kini mengalami perubahan dari menggunakan komputer desktop atau laptop kini beralih menggunakan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Selain itu, fakta menarik lainnya adalah penonton televisi di Indonesia mengalami penurunan rata-rata waktu menonton. 

Hal ini juga tak lepas dari pengguna internet di Indonesia yang lebih sering mengakses internet dibandingkan menonton televisi. Berikut 5 fakta menarik dari Pengguna Internet di Indonesia : 
  1. Pengguna internet di Indonesia terus mengalami kenaikan. Menjadi negara dengan penduduk yang makin melek teknologi, ternyata mendorong pula bertambahnya pengguna internet di Indonesia. Diharapkan dengan semakin murahnya akses internet maka akan semakin banyak dampak positifnya bila dibandingkan dengan sebelum mengakses internet. Kenaikan pengguna internet di Indonesia selama setahun, mulai Januari 2015 sampai Januari 2016, yakni sekitar 15 persen. Kenaikan jumlah pengguna internet tersebut juga berimbas pada banyaknya pengguna media sosial. Meskipun tak sebanyak kenaikan pengguna internet, pengguna media sosial yang aktif bertambah sekitar 10 persen dari Januari tahun lalu. berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sampai saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta. Dan, 48 persen di antaranya merupakan pengguna internet harian. 
  2. Peningkatan akses internet lewat perangkat mobile. Dengan semakin banyaknya perangkat mobile yang terjangkau dan murah dan mudahnya mengakses internet. Maka pertumbuhan pengguna lewat perangkat seperti smartphone dan tablet semakin meningkat. Kenaikan akses menggunakan perangkat mobile pun naik hingga 6 persen dari tahun sebelumnya. 
  3. Lebih sering akses internet dibanding menonton televisi. Jumlah pengguna internet yang semakin bertambah, juga berpengaruh pada waktu akses internet di Tanah Air. Berdasarkan data dari We Are Social, setidaknya pengguna internet menghabiskan rata-rata sekitar 4 jam 42 menit untuk mengakses internet di PC atau tablet dalam sehari. Sementara untuk pengguna ponsel, rata-rata waktu yang digunakan lebih sedikit ketimbang di PC atau tablet. Sebab, pengguna ponsel hanya menghabiskan rata-rata 3 jam 33 menit untuk mengakses internet dalam sehari. Dari data tersebut terlihat bahwa popularitas televisi di Indonesia sedikit hari semakin tergusur. Dengan rata-rata pengguna hanya menonton televisi 2 jam 22 menit per hari. Jumlah ini jelas lebih sedikit dibandingkan waktu pengguna internet mengakses layanan internet. Bahkan, jumlah rata-rata waktu menonton televisi masih di bawah rata-rata waktu yang dihabiskan saat mengakses media sosial. Pengguna di Indonesia diketahui rata-rata menggunakan waktunya sekitar 2 jam 51 menit per hari untuk mengakses media sosial. Perhitungan ini dilakukan pada akses media sosial dari perangkat apa pun. 
  4. Aktif di media sosial. Dengan jumlah pengguna aktif internet sekitar 88,1 juta, berbanding lurus dengan jumlah pengguna media sosial saat ini. Menurut We are Social, ada sekitar 79 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia. Bila dibandingkan dengan keseluruhan jumlah penduduk, ada sekitar 30 persen penduduk Indonesia yang menjadi pengguna aktif media sosial. Sementara itu, jumlah pengguna yang mengakses media sosial melalui perangkat mobile ada sekitar 66 juta orang. Untuk aplikasi chatting, BBM masih menjadi aplikasi favorit yang digunakan oleh penduduk Indonesia. Kemudian disusul aplikasi yang dimiliki Facebook, yakni WhatsApp dan Facebook Messenger, di urutan kedua dan ketiga. Sementara untuk layanan media sosial, Facebook masih menjadi layanan nomor satu yang memiliki pengguna paling aktif di Indonesia. Facebook berhasil mengungguli media sosial Google Plus dan Twitter. 
  5. Mayoritas pengguna internet adalah orang yang sudah bekerja. Dari puluhan 88,1 juta pengguna internet di Indonesia tersebut, sebagian besar ternyata adalah orang yang sudah bekerja atau berwiraswasta. Jumlahnya mencapai lebih dari setengahnya yakni sebesar 55%, disusul oleh mahasiswa dan ibu rumah tangga dengan persentase masing-masing 18% dan 16%. 
5 Fakta Menarik Pengguna Internet di Indonesia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon