Ini Dia Tips Menghemat Kuota Internet

Sabtu, 17 Maret 2018
Cara menghemat kuota Internet (Gambar newsroom.fb.com)

Saat ini rasanya sulit untuk membawa smartphone saat bepergian, selain itu rasanya ada yang kurang jika smartphone bagus tersebut tidak dilengkapi dengan kuota internet yang biasa digunakan untuk bermedia sosial, berselancar dan aplikasi perpesanan. 

Sekarang anak-anak remaja dan orang dewasa lebih memilih banyak kuota internet dibandingkan melimpah paketan untuk telepon atau SMS. Karena dengan kuota berlimpah bisa digunakan untuk menelpon atau berkirim pesan menggunakan aplikasi perpesanan.

Tetapi banyak yang sering mengeluh paket kuota internetnya cepat habis sehingga harus sering-sering membeli pulsa untuk diisi ulang. Sebenarnya ada cara praktis agar Anda bisa menghemat kuota internet. Berikut cara menghemat kuota internet : 

Cari WiFi Gratisan. Jika ditempat nongkrong, tempat kerja, kuliah atau sekolah Anda menyediakan WiFi gratis maka sebaiknya gunakan akses Wi-Fi gratis dengan mengatur penggunaan data pada smartphone Anda dan pilih Wi-Fi gratisan. 

Gunakan Browser Hemat Kuota. Salah satu browser yang hemat kuota internet adalah UC Browser. Saat berselancar atau bahkan saat menonton video Youtube sekalipun tidak membutuhkan kuota internet yang besar karena sudah menggunakan teknologi terkini dalam menghemat kuota. Selain hemat, UC Browser juga berisi informasi atau berita menarik dari UC News. 

Gunakan Facebook Hemat Data. Jika Anda sering menggunakan media sosial Facebook tetapi tidak ingin kuotanya cepat habis maka sebaiknya Anda menggunakan Facebook Hemat Data atau Facebook Lite. Pasalnya Facebook Hemat Data tidak menampilkan gambar atau foto, sedangkan Facebook Lite dapat meminimalisir kuota dibandingkan dengan Facebook biasa. 

Matikan Layanan Lokasi. Layanan lokasi secara otomatis akan terhubung dengan Google Maps dan otomatis akan menggunakan kuota internet. Jika tidak dalam perjalanan atau traveling sebaiknya matikan layanan lokasi. Selain menghemat data, layanan lokasi juga menghemat baterai smartphone Anda. 

Jangan Keseringan Nonton Youtube atau TV Streaming. Nonton Video Youtube tanpa menggunakan aplikasi UC Browser atau Youtube Go akan menguras kuota internet Anda. Oleh karena itu jangan terlalu sering nonton Youtube atau TV Streaming agar kuota tidak cepat habis. Disarankan nonton video Youtubenya ada dengan cara mengunduh saat ada Wi-Fi gratisan dan nonton pada saat tidak ada akses internet gratis. 

Cari Promo Paketan Internet. Saat ini banyak operator seluler yang memberikan promo paket internet murah. Bahkan ada operator seluler yang memberikan promo hanya dengan Rp.10.000,- bisa mendapatkan paket internet 30GB. Dengan promo paket ini Anda bisa leluasa menggunakan internet tanpa harus was-was. 

Itulah beberapa tips atau cara praktis menghemat kuota internet semoga bermanfaat bagi Anda semua. 

0 komentar:

Posting Komentar test