Cara Membuat Foto Bulb Menggunakan Smartphone

Rabu, 13 Juni 2018
Foto Bulb

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu Teknik bulb fotografi?. Bulb fotografi itu adalah teknik pengambil gambar atau foto untuk menghasilkan gambar lampu yang menyatu sehingga terlihat seperti garis lurus atau garis yang tidak terputus.

Teknik bulb fotografi biasanya bisa dihasilkan dengan menggunakan kamera DSLR atau kamera mirrorless. Tetapi sekarang dengan kemampuan smartphone yang semakin canggih dengan fitur yang hampir sama dengan kamera DSLR atau Mirorrless maka bulb fotografi bisa dilakukan.

Berikut ini cara membuat foto bulb menggunakan smartphone :

Pertama, Persiapkan alat. Persiapkan alatnya terlebih dahulu yakni Tripod dan smartphone yang sudah dilengkapi dengan pengaturan manual atau Pro. Saya disini menggunakan kamera ASUS Zenfone 5 ZE620KL.
Tripod

Kedua, Cari Lokasi yang tepat. Untuk membuat foto bulb sebaiknya cari lokasi yang tepat untuk menghasilkan gambar terbaik. 

Ketiga, Pilih Waktunya. Waktu malam hari tentu merupakan waktu yang tepat untuk membuat foto bulb. 

Keempat, Pengaturan kamera smartphone. Ini sangat penting agar bisa menghasilkan foto bulb. Saya disini hanya memberikan teknik dasar saja, selebihnya Anda bisa berkreasi sendiri dan mungkin hasilnya lebih baik dari saya. 

Berikut Cara pengaturan Kamera Smartphone
  1. Atur Shutter Speed 5-10s 
  2. Atur ISO-nya pada kecepatan 100 
  3. Sedangkan Auto Focus bisa diatur otomatis atau sesuai keinginan Anda 
  4. Begitu juga dengan White Balance dan EV saya menggunakan otomatis 
  5. Kemudian tekan tombol kamera dan biarkan beberapa saat, maka hasil jepretannya akan muncul sesuai dengan yang diinginkan yakni foto bulb. 
Mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat bagi Anda. Silakan lihat video lengkapnya :

0 komentar:

Posting Komentar test