7 Cara Agar Hidup Lebih Produktif dan Kreatif

Jumat, 21 September 2018
Foto bareng dengan murid-murid

Rasanya hidup terlalu sebentar, jika setiap saat dihabiskan untuk menggunakan media sosial lalu bertengkar dengan orang lain di media sosial tersebut. Mungkin juga karena mereka tidak ada kerjaan sehingga kerjaannya melototin handphone atau laptop saja. 

Beruntung saya memiliki aktivitas yang membuat saya hanya sewaktu-waktu menggunakan media sosial untuk berinteraksi sosial dengan rekan-rekan, keluarga ataupun murid-murid saya yang jumlahnya sudah ribuan orang sejak pertama kali mengajar hingga sekarang. 

Kegiatan Pendampingan ke sekolah-sekolah sasaran

Dua tahun terakhir ini, selain mengajar juga ada kesibukan lain yakni mendapatkan tugas tambahan baru dari Dinas Pendidikan Kabupaten sebagai guru pendamping untuk Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. 

Tugas baru ini membuat saya sering mengisi workshop Implementasi Kurikulum 2013 ke berbagai sekolah yang ada di kabupaten tempat saya mengajar. Tugas utamanya tentu menyampaikan materi kepada rekan-rekan guru lainnya.

Mengisi pelatihan blog di Pendopo Indramayu

Selain itu saya juga sering mengisi kegiatan workshop atau pelatihan blog di balai desa, pendopo atau di berbagai tempat di Indramayu atau di daerah lainnya. Kegiatan ini saya lakukan untuk berbagi ilmu tentang dunia blog kepada masyarakat luas baik pelajar, mahasiswa, pengusaha, guru dan lain-lain. 

Setiap kegiatan workshop atau pelatihan blog atau Implementasi Kurikulum 2013 pasti saya membutuhkan laptop untuk melakukan presentasi kepada peserta workshop dan pelatihan atau menyelesaikan tugas untuk mengirimkan data kepada LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) atau ke Dinas Pendidikan setempat. 

ASUS Eee PC yang masih digunakan hingga sekarang

Selain sebagai seorang guru, blogger dan saya juga sebagai konten kreator untuk situs dan aplikasi berita ternama. Setiap hari saya selalu menulis menimal satu artikel yang diposting di blog pribadi, situs berita, dan juga di blog komunitas yang berisi seputar informasi wisata, kuliner, tokoh, cerita rakyat dan hal-hal menarik dari daerah saya sendiri yakni Indramayu. 

Dalam menjalani aktivitas saya sebagai seorang guru pendamping, saya pasti menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas tersebut. Laptop yang digunakan saat ini ASUS Eee PC yang memiliki layar 10,1 inci. 
Total postingan di blog

ASUS Eee PC ini mempunyai jasa sangat besar terhadap saya karena membantu saya mengerjakan berbagai tugas sebagai seorang pendidik, guru pendamping dan untuk menulis berbagai artikel untuk dibagikan ke blog. 

Banyak yang bertanya bagaimana saya tetap produktif dengan tulisan-tulisan di blog sementara pekerjaan utama tidak ditinggalkan. Berikut ini saya berikut 7 cara agar lebih produktif menciptakan konten kreatif :

1. Buatlah jadwal pekerjaan yang harus dilakukan. Jika memiliki banyak pekerjaan sebaiknya membuat jadwal pekerjaan termasuk tulisan di blog. Tuliskan prioritas pekerjaan apa yang harus dilakukan. Dengan demikian semua pekerjaan akan selesai pada waktunya. 

2. Fokus dengan kerjaan. Pada saat melakukan sesuatu sebaiknya fokus dengan apa yang sedang dikerjakan, jangan melihat media sosial atau aplikasi perpesanan yang terkadang membuat Anda lupa bahwa kita sedang mengerjakan sesuatu.
Selalu ceria dan berpikir positif

3. Selalu berpikir positif. Manusia memang memiliki sikap positif dan negatif, tetapi terkadang sisi mana yang lebih dominan dipengaruhi oleh lingkungan tempat kita tumbuh. Untuk mempunyai pola pikir produktif cobalah untuk mempunyai sikap positif dalam segala hal termasuk dalam menilai seseorang. Jika orang yang memiliki sikap positif yang akan memberikan banyak hal-hal positif akan sesuatu yang akan dijalankannya.

4. Pola pikir yang terbuka. Orang yang sukses biasanya memiliki pola pikir yang terbuka, mudah menerima masukan atau kritikan dari orang lain. Selain itu, mereka senang bertukar pikiran akan ide-ide yang dimilikinya dan menerima pengembangan ide-ide dari orang lain. 

5. Istirahat yang cukup. Berkerja terus-menerus tidak mengenal waktu akan membuat tubuh kita jatuh sakit. Oleh sebab itu sebaiknya Anda beristirahat saat sudah melakukan pekerjaan selama 2 jam, atau tidur saat sudah mengantuk jangan memaksakan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Olahraga bareng rekan-rekan kerja

6. Olahraga yang teratur. Jika sedang libur sebaiknya Anda melakukan olahraga walaupun olahraga yang ringan seperti jalan kaki, yoga, lari atau olahraga lainnya. Olahraga teratur akan membuat tubuh Anda akan menjadi sehat dan lebih produktif dalam bekerja.

7. Mencari inspirasi dan motivasi dari orang lain. Sekali-kali kita mencari inspirasi dan motivasi dari orang lain dalam melakukan pekerjaan sehingga Anda akan termotivasi lagi untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya. 

Jika sudah bisa mengatasi cara agar bisa hidup produktif tersebut, kita bisa mengatasi permasalahan lain termasuk dengan mencari solusi pengganti laptop yang saya miliki tersebut karena layarnya yang sudah kedap-kedip dan harus dicolokkan terus ke arus listrik terus sehingga saya tidak bisa produktif karena tidak bisa dibawa kemana-mana. 

Laptop pengganti ASUS Eee PC tersebut harus sesuai dengan spesifikasi yang saya inginkan, yakni layarnya lebih luas, memiliki baterai yang bisa digunakan lebih lama untuk mengerjakan berbagai tugas dan harga yang terjangkau untuk kantong guru. 

Dan laptop pilihannya adalah ASUS X555, karena memiliki beberapa fitur yang menarik seperti :

Layar ASUS X555QG

Layar yang luas 
Bagi saya dan mungkin juga pengguna laptop yang lain, pasti menginginkan layar yang luas agar tulisan atau gambar terlihat lebih jelas, dan lebih detil. Apalagi saat mengetik artikel atau tulisan, mengedit gambar atau video dan aktivitas lainnya. 

Layar ASUS X555QG ini memiliki ukuran yang luas yakni sebesar 15,0 inci sehingga pengguna lebih leluasa saat membaca informasi, mengedit tulisan atau gambar dari laptop tersebut. Selain itu aspek rasio yang dimiliki laptop ini 16:9 dengan resolusi 1366x768 piksel sehingga warna yang dihasilkan cukup jernih.
Baterai laptop ini tahan lama

Daya tahan baterai seharian 
Selain layar, pengguna laptop pasti menginginkan laptopnya memiliki daya tahan yang lama, sehingga pengguna tidak terganggu saat melakukan aktivitas dan tidak terburu-buru dengan mengisi ulang baterai dari laptop yang digunakan tersebut.

Sesuai dengan harapan, ternyata ASUS X555QG memiliki baterai dengan jenis Li-Plimer yang memiliki ketahanan baterai lebih kuat dan lebih lama dibandingkan dengan baterai Li-Ion silinder. Menariknya laptop ini setelah diisi ulang hingga ratusan kali, baterainya tetap dapat menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya.

Teknologi IceCool pada laptop ASUS X555

Memiliki Teknologi IceCool
Pengguna notebook biasanya terkendala dengan panas dari laptop yang digunakan sehingga harus menggunakan kipas pendingin ekternal atau dimatikan beberapa saat setelah digunakan dalam waktu lama. Tetapi Notebook ASUS ini memiliki desain internal yang unik dan menarik, yang dirancang untuk bisa mengatasi masalah terkait panas yang sering terjadi pada bagian bawah notebook yang diakibatkan dari sirkulasi udara dari dalam notebook.

ASUS sudah menggunakan teknologi Ice Cool yang tetap menjaga temperatur notebook ini diantara 28 hingga 35 derajat. Hal ini menunjukkan bahwa panas yang dihasilkan lebih rendah dari temperatur yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Hal ini tentu membuat penggunanya akan lebih aman dan nyaman saat mengetik atau menggunakan laptop tersebut dalam waktu yang lama.

Dirancang untuk hiburan
Home Entartainment Pribadi 
Laptop ASUS X555 didukung prosesor AMD Quadcore A10 yang menghasilkan performa yang halus dan responsif. Performa notebook ini didukung dengan frafis yang bagus dan memory controller di bagian dalam yang canggih, sehingga membuat ASUS X555 ini ideal digunakan untuk kebutuhan komputerisasi Anda sehari-hari atau menonton film dan video.

ASUS X555 memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, memberikan performa multifungsi yang Anda butuhkan untuk bekerja atau bermain dengan hanya satu perangkat.

Laptop ini dilengkapi dengan kualitas audio dengan kecepatan tinggi dari ASUS SonicMaster yang membuat suaranya lebih terdengar jelas dan sebagaimana harusnya terdengar. Sangat cocok bagi Anda yang senang mendengarkan musik, menonton video atau bermain game.

Konektivitas Lengkap


Konektivitas yang lengkap
Notebook ASUS X555 memiliki konektivitas yang lengkap seperti fitur USB 3.0, HDMI dan VGA ports, 2-in-1 SD/SDHC card reader, dan pilihan konektivitas lainnya untuk memastikan kompatibilitas yang luas dengan berbagai periferal dan perangkat.

Dengan menggunakan USB3.0 Anda akan bisa mentransfer data dengan kecepatan transfer hingga 10x dari USB2.0, sehingga Anda dapat menyimpan foto, atau transfer musik dan video dengan ukuran besar dalam waktu yang singkat. Anda dapat melakukan transfer film dengan kualitas Blu-ray berukuran 25GB dalam waktu 70 detik.

Keyboard Ergonomis

Keyboard Ergonomis 
Bagi Anda yang biasa mengetik cepat untuk menulis artikel atau menyelesaikan berbagai kerjaan maka laptop ini sangat nyaman digunakan karena memiliki keyboard dengan desain ergonomis dan memiliki keyboard chiclet yang telah di tingkatkan yakni dengan jarak 1.6mm antara key serta optimalisasi yang membuat keyboard terasa lebih solid dan nyaman pada saat melakukan pengetikan. 

Performa ASUS X55 

Performa Menawan
Laptop ini dibekali chipset dari AMD Bristol Ridge A10, dengan memori DDR4 2133 MHz SDRAM, dengan RAM 4GB hingga 16GB, Sedangkan untuk grafisnya laptop ini sudah menggunakan AMD Radeon R8 MX435DX dengan Dual Graphics 2GB DDR3 VRAM Terintegrasi FX-9800P. Dan yang menarik adalah penyimpanan internalnya 1TB HDD 5400 RPM SSD yang cukup leluasa menyimpan berbagai file, gambar atau video yang Anda miliki.
Touchpad ASUS X555

Touchpad lebih sensitif 
ASUS telah memanfaatkan teknologi ekslusif yang digunakan pada layar sentuh smartphone yang memberikan respon touchpad yang lebih sensitif dengan akurasi yang lebih baik. Selain itu touchpadnya memiliki fitur multi-point touchpad dengan kombinasi teknologi ASUS Smart gesture yang mendukung berbagai sentuhan perintah sehingga Anda dapat melakukan zoom in/out, dan geser. 

Laptop ini memiliki berbagai fitur lain seperti kamera VGA untuk video call atau video chatting dengan teman atau keluarga. Selain itu laptop ini memiliki fitur 2-second instant resume, sehingga Anda dapat berpindah dari sleep mode dan langsung dapat digunakan untuk mengakses internet atau bekerja dengan dokumen Anda dalam sekejap.

ASUS X555 memiliki beberapa varian, yang membedakan hanya chipset yang digunakan, layar, dan beratnya saja. ASUS X555QG dibanderol dengan harga Rp 7.199.000,- dan ASUS X555QA dibanderol dengan harga Rp 5.699.000,-. Selain dijual secara offline, ASUS X555 juga dijual di Tokopedia.

2 komentar for 7 Cara Agar Hidup Lebih Produktif dan Kreatif :

  1. Wow jumlah postingannya banyak banget. Hal yang sulit adalah membuat jadwal pekerjaan, tetapi melupakan setelahnya. Kerjaan tak rencana jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap fokus kata via vallen mah hehe

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam