Mencari Smartphone Impian Untuk Konten Kreator

Kamis, 20 September 2018
Huawei nova 3i (Gambar Huawei Indonesia)

Kerjaan utama saya sebenarnya adalah sebagai guru, setiap hari kerja biasanya saya mengajar murid-murid di kelas. Tetapi selain mengajar saya juga punya hobi yang terus saya geluti hingga kini yakni menjadi seorang blogger sejak tahun 2009 lalu. 

Pada saat awal sebagai seorang blogger saya menulis tentang dunia pendidikan seperti memosting soal ulangan atau remedial untuk siswa dan siswi saya. Tetapi seiring dengan perjalanan waktu, saya mulai tertarik menulis tentang gadget dan teknologi yang memang saya sukai sejak masih SMA. 

Dari situlah awal mula saya menulis tentang dunia gadget dan teknologi terbaru untuk dibagikan ke blog pribadi, dan kemudian berinteraksi dengan blogger-blogger dari berbagai daerah melalui berbagai acara dari Jakarta, Bandung, Sidoarjo, Yogyakarta, Bogor bahkan hingga ke Bali. Sehingga mereka mengenal saya sebagai Blogger Tekno
Penghargaan sebagai blogger tekno versi Bloggie Awards 2015

Walaupun saya belum menguasai tentang dunia gadget dan tekno, tetapi saya terus belajar dari rekan-rekan blogger atau situs-situs gadget dan teknologi baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga konten yang saya tulis mendekati ulasan dari situs-situs teknologi ternama dari dalam maupun dari luar negeri. 

Kendala yang saya hadapi saat itu adalah koneksi internet yang buruk dan juga belum juga ketiadaan gadget untuk direview atau diulas karena waktu itu masih guru honorer yang tidak cukup uang untuk membeli perangkat baru dan belum ada brand yang mau memberikan pinjaman untuk diulas. 

Tetapi itu bukan suatu halangan untuk saya untuk terus menulis. Karena saya luruskan niat bahwa menulis blog bukan hanya untuk mencari uang atau mendapatkan gadget semata, tetapi menulis itu bisa menjadi amalan baik dan juga warisan yang bermanfaat kepada orang lain sepanjang hayat bahkan hingga kita telah tiada.

Sebagai Content Writer

Selang beberapa tahun sebagai blogger, saya diminta sebagai Content Writer untuk salah satu website dan aplikasi ternama di Indonesia. Konten yang saya tulis lebih fokus pada gadget dan teknologi terbaru baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. 

Agar tulisan tersebut lebih menarik, tentu saya sering menggunakan smartphone untuk mengambil foto atau video untuk mendukung tulisan tersebut. Smartphone yang digunakan untuk hal tersebut tentu harus memiliki spesifikasi yang bisa diandalkan agar bisa mengerjakan berbagai hal termasuk sebagai Youtuber. 

Alasan membuat konten di Youtube bukan semata karena ingin mendapatkan uang, tetapi agar video-video tentang tutorial yang saya buat bisa bermanfaat bagi orang lain. Selain itu kecenderungan pengguna di internet di masa yang akan datang, lebih banyak menonton video dibandingkan membaca tulisan. 

Oleh sebab itu sebagai Konten Kreator harus memiliki smartphone yang bisa diandalkan seperti layar jernih, kamera depan dan belakang bagus untuk foto dan video, prosesor yang cepat, RAM dan memori internal yang besar, serta baterai yang tahan lama. 

Salah satu smartphone yang dianggap memenuhi kriteria tersebut adalah Huawei nova 3i. Berikut alasan memilih Huawei nova 3i : 


Penampilan Keren 
Sebagai seorang konten kreator tentu harus memiliki smartphone yang bisa dibawa-bawa kemana-mana dengan penampilan yang menarik dan menawan, dan pastinya memiliki fitur yang lengkap. Sehingga orang lain akan tertarik dengan apa yang kita gunakan. 

Smartphone Huawei Nova 3i memiliki desain dan penampilan yang keren yakni gradient color atau warna gradasi yang sedang tren. Smartphone ini memiliki dua pilihan warna yang menawan dan kini sedang menjadi warna favorit yakni Iris Purple. Warna ungu pada bagian belakang smartphone ini akan terlihat menawan apabila terkena cahaya. 

Huawei nova 3i warna hitam

Selain itu tentunya ada warna black atau hitam akan membuat penggunanya tampil lebih elegan dan berkelas. Bahan yang digunakan oleh smartphone ini adalah kaca yang ditempatkan pada bagian belakang dan bingkai metal yang terletak pada bagian tengahnya. Sehingga smartphone ini terlihat lebih elegan dan menawan saat digunakan oleh siapapun. 

Ukuran layar Huawei nova 3i

Layar Jernih 
Bagi konten kreator pasti menginginkan smartphone dengan layar yang jernih dan kualitas gambar yang lebih baik. Selain itu tidak pedih di mata saat berlama-lama memandangi layar smartphone, baik saat ingin mengedit foto, video atau bermain game di layar smartphone tersebut. 

Smartphone ini menggunakan layar berukuran 6,3 inci dengan kemampuan FHD+ dengan resolusi 2340 x 1080 piksel dan kepadatan piksel 409 PPI yang mampu memberikan pandangan yang luas, warna yang tajam dan masih tetap nyaman digenggaman dan pas di saku. 

Kamera depan dan belakang Huawei nova 3i

Kamera Canggih 
Sebagai seorang blogger, content writer dan youtuber saya membutuhkan smartphone yang memiliki piksel besar, sehingga saat mengambil foto atau video, tidak pecah dan gambarnya tidak goyang. Smartphone ini sudah dibekali dengan empat kamera dengan AI (Artificial Intelligence) dengan kemampuan 24 MP + 2 MP pada bagian depan untuk foto selfie dan wefie bareng rekan-rekan, keluarga atau orang tercinta. 

Kamera depan Huawei nova 3i

Kamera depannya dapat digunakan untuk face recognition atau pengenalan wajah untuk keamanan lebih maksimal, serta dilengkapi dengan kemampuan AI scenery recognition yang kuat sehingga dapat menyesuaikan lingkungan agar bisa menyesuaikan dengan wajah aslinya pada waktu selfie atau wefie.
Fitur HDR Pro

Selain itu kamera depan smartphone ini memiliki fitur HDR Pro yang canggih, dimana smartphone ini dapat mengatur presisi yang seimbang dengan pratinjau waktu nyata bahkan saat smartphone ini berada di bawah sinar matahari sekalipun. 

Sedangkan kamera belakangnya ganda yang memiliki kemampuan 16 MP + 2 MP dengan aperture f/2.2 yang mampu digunakan untuk foto yang mengesankan serta dapat digunakan untuk foto bokeh saat sendiri atau bersama rekan-rekan atau keluarga.

Kamera belakang Huawei nova 3i dengan 22 kategori

Ada pilihan otomatis dari AI Scenery Recognation seperti bluesky, plant, night, flower, beach, room, snow, dan stage performance. Smartphone ini diperkuat oleh Algoritme AI yang mampu mengenali lebih dari 100 juta gambar. 

Huawei Nova 3i mampu mengingat 22 kategori dari 500+ momen, dan menyediakan hasil potret yang dioptimalkan. Pengguna dapat dengan mudah merekam momen-momen indah dan tidak terlupakan. 
Penemukan barang di toko online dengan Huawei nova 3i

Teknologi AI pada kamera Huawei nova 3i juga bisa digunakan untuk menemukan barang yang ingin dibeli di toko online. Penguna cukup mengetuk gambar yang lama dengan dua jari pada gambar keinginan Anda atau dengan memindai obyek tersebut, Huawei nova 3i akan menemukan barang itu secara online untuk kebutuhan belanja yang cepat dan tidak merepotkan.

Pencarian gambar di galeri Huawei nova 3i

Selain itu AI (Artificial Intelligence) dapat juga digunakan untuk mengatur foto Anda. Gambar dapat diurutkan berdasarkan tanggal, tempat, orang, dan bahkan objek dalam foto, organisasi gambar AI pintar dan pencarian foto di smartphone Huawei nova 3i menjadi lebih mudah, sangat cocok untuk Anda yang sering mencari gambar yang diingin dengan cepat. 

Super slow motion pada Huawei nova 3i

Menariknya smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur 16x Super Slow Motion, sangat cocok bagi Anda yang sering merekam setiap gerakan yang mengesankan dan mengubah kilasan momen menjadi sorotan aksi dengan kemampuan 480 frame per detik.

Performa Mumpuni 
Kini untuk menghasilkan gambar dan kinerja yang optimal maka pengguna harus memiliki smartphone dengan performa yang bisa diandalkan, dan Huawei Nova 3i menggunakan chipset Kirin 710 berteknologi 12 nm, dengan 4 x Cortex A73 2,2 GHz + 4 x Cortex A53 1,7 GHz dan RAM yang digunakan 4GB yang akan membuat pengguna akan merasakan kenyamanan saat digunakan untuk multitasking atau bermain game. 

Huawei nova 3i untuk bermain game

Sistem operasi yang digunakan pada Huawei Nova 3i menggunakan system operasi Android 8.1 Oreo dengan EMUI 8.2. Dengan spesifikasi ini Huawei Nova 3i dapat memberikan hasil responsif yang halus, fitur foto AI dan pengalaman bermain game yang imersif dengan ISP independen dan DSP yang cocok bagi para pencinta game. 

Apalagi dalam rangkaian game AI yang dipadukan dengan teknologi GPU Turbo, dimana Huawei Nova 3i memiliki kemampuan chipset yang memiliki respon yang cepat. Transisi yang lembut antara 4G dan Wi-Fi memberikan pengalaman yang mulus, bahkan ketika jaringan mengalami penundaan. Mode uninterrupted gaming menyembunyikan semua notifikasi sehingga pengguna tidak terganggu dengan hal tersebut, sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi bermain game. 


Kapasitas Simpan Besar 
Smartphone Huawei Nova 3i dilengkapi dengan memori internal yang besar yakni 128GB dan bisa ditambah dengan microSD hingga 256GB sehingga pengguna akan lebih leluasa untuk menyimpan file, foto, video ke dalam smartphone. 

Konektivitas lengkap pada Huawei nova 3i

Konektivitas Lengkap 
Smartphone ini sudah menggunakan koneksi 4G LTE dari berbagai operator seluler yang ada di Indonesia, selain itu smartphone ini dilengkapi dengan akses Wi-Fi 802.11b/g/n, Bluetooth, micro USB 2.0, USB 2.0, dan masih dilengkapi dengan jack headset 3,5mm untuk Anda yang suka mendengarkan musik, menonton video atau bermain game sehingga tidak mengganggu orang lain. 

Baterai Kapasitas Besar 
Smartphone saat ini harus dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, Huawei Nova 3i sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.340mAh yang bisa digunakan selama sehari untuk berselancar, membuka media sosial atau beraktivitas lainnya. Bagi Anda yang hobi dengan main game, smartphone ini tidak akan membuat penggunanya berdekatan dengan colokan listrik karena lebih tahan lama. 

Q-Moji

Dilengkapi dengan Q-Moji 
Tren emoji sudah difasilitasi oleh Huawei dengan Q-Moji dengan menggunakan Artificial Intelligence atau AI 3D. Fitur ini mampu mempelajari dan menganimasikan ekspresi wajah, gerakan dan suara Anda untuk menghasilkan Qmoji dengan format GIF atau video yang sesuai dengan suasana hati penggunanya. Q-Moji ini bisa dibagikan kepada orang lain melalui aplikasi media sosial atau perpesanan yang sering digunakan. 

Harga Bersahabat
Smartphone Huawei nova 3i dibanderol dengan harga yang bersahabat yakni Rp 4.199.000,-. Harga yang sangat wajar karena memiliki berbagai fitur menarik dan kelebihan lainnya.   

Itulah kriteria smartphone idaman saya, dan semuanya ada pada smartphone Huawei Nova 3i. Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Oom Boy Punya Gawe berhadiah Huawei.

4 komentar for Mencari Smartphone Impian Untuk Konten Kreator:

  1. Lengkap banget nih Huawei Nova 3i buat menemani aktivitas sebagai blogger yah mas, heeee
    Smoga tercapai memiliki smartphone impian di tahun 2018 ini yah mas
    Good Luck
    Salam Kenal dari Bumi Jember ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung ya Khoirur Rohmah

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam