Cara Menggunakan Komputer atau Laptop yang Aman

Friday, January 18, 2019
Komputer dan Laptop (Gambar rtsolution.in)

Mungkin masih banyak orang yang belum mengerti apa itu computer apa itu laptop. Komputer sendiri berasal dari Bahasa Inggris Computare yang artinya Menghitung. Menurut V.C. Hamacher, komputer adalah mesin penghiitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi digital dan mengolahnya sesuai dengan program yang terimpan, sehingga menghasilkan output berupa informasi. 

Ada dua tipe komputer yang umum dimiliki oleh masyarakat yakni PC atau Personal Computer dan Laptop. Personal Computer adalah perangkat yang didesain untuk diletakkan di atas meja karena ukurannya cukup besar, serta terdiri dari beberapa komponen seperti monitor, CPU (Central Prosesor Unit), motherboard, keyboard, mouse, dan banyak perangkat lainnya. 


Laptop

Sedangkan laptop adalah komputer portabel yang mudah dibawa dan dipindahkan, sehingga banyak orang yang menyukainya, terutama karena bentuknya yang cenderung kecil dan praktis sehingga bisa digunakan dimana saja. Kata laptop sendiri berasal dari lap yang artinya pangkuan dan top artinya atas. Sehingga laptop laptop seringkali diartikan jenis komputer yang bisa diletakkan di atas paha. 

Secara umum komputer atau laptop memiliki fungsi sebagai berikut
  1. Dapat menerima atau input data. 
  2. Memiliki unit memori kerja untuk menyimpan data yang sudah diterima atau input. 
  3. Dapat mengolah data yang telah tersimpan 
  4. Menghasilkan sesuatu dari data yang telah diolah. 
  5. Dapat menyimpan hasil pengolahan data secara permanen, dan hasil tersebut dapat diolah kembali. 
Untuk dapat menjalankan fungsi tersebut, minimal komputer atau laptop harus memiliki dua piranti utama yakni input dan output. Piranti input minimal terdiri dari beberapa unit seperti keyboard dan mouse. Piranti input bisa ditambah dengan beberapa unit yang lebih canggih, seperti scanner, kamera digital, joystick, dan unit lain. Piranti tambahan ini sering disebut dengan Peripheral. Sedangkan piranti output minimal terdiri dari sebuah layar monitor dan speaker tetapi bisa juga berupa printer. 

Selain kedua piranti tersebut, komputer atau laptop juga memiliki piranti penyimpanan data. Terdapat dua piranti penyimpanan data yakni nonremovable storage, dan removable storage. Piranti nonremovable storage terdapat di dalam komputer, bersifat permanen dan tidak bisa dilepas dengan mudah, seperti Hard disk internal, RAM (Random Access Memory), dan ROM (Read Only Memory). 

Sedangkan piranti removable storage adalah piranti yang berada di luar komputer atau laptop dan bisa dibawa kemana-mana, seperti Hard Disk Eksternal, CD ROM/RW, Flash Disk, dan SD Card. Unit-unit piranti removable storage biasanya berbeda kapasitas penyimpanan datanya. 

Berikut cara mengaktifkan komputer/laptop secara aman
  1. Perhatikan kondisi kabel yang digunakan, apakah ada kerusakan atau tidak. Selain itu perhatikan stop kontak dan stabilizer, pastikan kabel dari komputer telah terhubung ke stop kontak atau stabilizer yang dialiri listrik. Untuk laptop, Anda perlu memperhatikan apakah kabel charger sudah terhubung dengan stop kontak untuk mengaliri listrik. 
  2. Jika menggunakan stabilizer, jangan lupa nyalakan saklar power (switch on/off). Biasanya lampu pada stabilizer akan menyala jika stabilizer dalam keadaan on. 
  3. Tekan tombol power. Jika pada komputer, tombol power berada di bagian depan CPU lalu jangan lupa tekan tombol power pada monitor. Sedangkan pada laptop biasanya berada di atas keyboard. Jangan lupa amati amati apakah lampu kecil (led) sudah menyala. Umumnya komputer/laptop ada lampu indikator saat menyala. 
  4. Ketika komputer/laptop dinyalakan, akan terjadi pengecekan berbagai perangkat di dalam komputer atau laptop. Jika semua perangkat dalam keadaan baik, maka komputer atau laptop akan langsung menjalankan system operasinya. Tahapan ini disebut dengan bootstarp. 
  5. Setelah proses loading sistem operasi selesai, maka Anda akan melihat tampilan berwarna-warni yang disebut desktop. Desktop merupakan daerah yang meliputi seluruh layar monitor tempat berbagai komponen sistem operasi disimpan. 
Setelah komputer atau laptop menyala maka Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda, bisa bekerja, atau mencari hiburan. Tulisan ini dikutip dari Modul 2 Mengoperasikan Perangkat Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Empower Youth For Work.

1 comments on Cara Menggunakan Komputer atau Laptop yang Aman

  1. Perhatikan juga tempat Agan menggunakan laptop, akan lebih aman menghidupkan laptop di atas permukaan datar seperti meja kantor. Soalnya teman saya pernah keseringan main laptop di atas kasur, laptopnya mudah panas baru sebenatr dipakai.

    ReplyDelete

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam