Contoh Proposal Pembangunan Ruang Laboratorium IPA

Thursday, June 27, 2019
Proposal Pembangunan Ruang Lab IPA

Contoh Proposal Pembangunan Ruang Laboratorium IPA - Setiap sekolah kami yakin pasti ingin memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang pembelajaran. Dari mulai ruang kelas, aula, laboratorium TIK, hingga laboratorium IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Tetapi terkadang terkendala masalah pembiayaan untuk membuatnya.

Salah satu cara untuk dapat merealisasikan hal tersebut, tentu dengan membuat proposal yang ditujukan kepada pihak-pihak yang dirasa dapat membantu merealisasikan pembangunan tersebut. Bisa mengajukan ke pihak pemerintah kabupaten, provinsi, atau pusat. Selain itu juga bisa mengajukan kepada pihak-pihak lain yang memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility). 

Nah bagi bapak dan ibu guru atau wakasek sarana dan prasarana yang ingin membuat proposal pembangunan Ruang Laboratorium IPA berikut ini kami berikan contohnya :

DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN 
KATA PENGANTAR 
PERMOHONAN BANTUAN 
DOKUMEN-DOKUMEN 
A. DOKUMEN ADMINISTRASI 
1. SK PENDIRIAN SEKOLAH 
2. SK KEPALA SEKOLAH 
3. SK KOMITE SEKOLAH 
4. SK P2S
5. KTP KEPALA SEKOLAH 
6. NPWP SEKOLAH 
7. SURAT KETERANGAN DOMILSILI SEKOLAH 
8. PRINT OUT DAPODIK 
9. BUKTI KEPEMILIKAN TANAH (AKTE HIBAH)

B. DOKUMEN PERENCANAAN 
1. SITE PLAN 
2. GAMBAR RENCANA KERJA 
3. RENCANA ANGGARAN BIAYA 
4. ANALISA HARGA SATUAN 
5. RENCANA KERJA DAN SYARAT-SYARAT 
6. JADWAL PELAKSANAAN PEKERJAAN 
7. FOTO DOKUMEN

PERMOHONAN BANTUAN 
PEMBANGUNAN RUANG LABORATORIUM IPA (FISIKA) 
DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) FISIK 
BIDANG PENDIDIKAN SMA 
TAHUN ANGGARAN 2019

A. LATAR BELAKANG 
Pendidikan merupakan investasi yang sangat berharga, karena berhubungan dengan pembentukan karakter bangsa dan kualitas hidup manusia. Penyelenggaraan pendidikan secara umum terbagi menjadi pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal dilaksanakan di sekolah-sekolah dengan mengacu pada aturan dan kurikulumyang diselenggarakan pada sekolah tersebut. Pendidikan formal dimulai dari pendidikan usia dini, pendidikan tingkat dasar, pendidikan tingkat menengah, dan pendidikan tingkat tinggi.

Pentingnya pendidikan bagi suatu bangsa , mendorong para pendiri bangsa Indonesia untuk mencantumkan masalah pendidikan dalam undang-undang dasar 1945 pasal 31 ayat 1, yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. Berdasarkan pasal tersebut, pemerintah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bemutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi dan masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya penyelenggaraan pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan yang bermutu membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihaktermasuk swasta dalam rangka pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.

Peningkatan mutu pendidikan salah satunya ditentukan oleh cukup tersedianya sarana dan prasarana sekolah. Diantaranya adalah adanya laboratorium fisika untuk melatih siswa agar terampil terhadap apa yang dipelajarinya. Sehubungan SMA Negeri 1 belum memiliki laboratorium fisika sehingga pencapaian target kurikulum fisika sering terkendala. Oleh karena itu dengan niat dan semangat untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka SMA Negeri 1 pada tahun 2019 mempunyai rencana untuk membangun laboratorium. Diharapkan dengan adanya laboratorium fisika ini dapat dapat meningkatkat layanan pendidikan dan akan berkontribusi pada peningkatankompetensi lulusan terutama pada bidang studi Fisika.

Berdasarkan pada permasalahan di atas, SMA Negeri 1 merencanakan akan membangun laboratorium fisika. Tujuan pembangunan laboratorium fisika tersebut diantaranya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang mata pelajaran fisikadan meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat di kabupaten Indramayu khususnya dan masyarakat provinsi Jawa Barat pada umumnya.

B. TUJUAN 
Pembangunan Laboratorium fisika di SMA Negeri 1 bertujuan: 1. Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, 2. Meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, 3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam memahami mata pelajaran fisika, 4. Meningkatkan sumber daya manusia,

C. HASIL YANG DIHARAPKAN 
Hasil yang diharapkan dari pembangunan laboratorium fisika di SMA Negeri 1 adalah: 
1. Terciptanya ruang laboratorium fisika sebagai pendukung pembelajaran fisika, 
2. Terciptanya peserta didik yang cerdas dan kompetitif, 
3. Meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1, 
4. Meningkatkan pelayanan di masyarakat, 
5. Meningkatkan daya saing sekolah.

D. SASARAN DAN LOKASI 
1. Sasaran program adalah SMA Negeri 1 Provinsi Jawa Barat. 
2. SMP Negeri 1 berdomisili di Jalan Raya Provinsi Jawa Barat.

E. WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan pembangunan ruang laboratorium fisika diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2019.

F. PELAKSANA 
Kegiatan pembangunan ruang laboratorium fisika dilaksanakan secara swakelola oleh Panitia Pembangunan Satuan Pendidikan (P2S) atau tim pelaksana pembangunan yang dibentuk oleh Kepala Sekolah beserta Dewan Guru dan Komite Sekolah bersama masyarakat sekitar atau orang tua/wali murid.

G. PENDANAAN 
1. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan ruang laboratorium fisika adalah sekitar Rp. 400.000.000,- ( empat ratus enam belas juta Sembilan puluh dua ribu rupiah) 
2. Anggaran pembangunan ruang laboratorium fisika bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK).

H. PENUTUP 
Demikian proposal ini kami susun sebagai bahan kajian dan pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkompeten dengan persetujuan usulan kami. Besar harapan pengajuan ini mendapat persetujuan mengingat kebutuhan terhadap sarana ruang laboratorium fisika merupakan kebutuhan yang bersifat mendesak bagi sekolah kami.

                                                                                                ,Juni 2019 
Komite Sekolah                                                 Kepala SMA Negeri 1



........................                                                   .............................  

Bagi Anda yang ingin mengunduh file proposal pembangunan ruang labpratorium IPA silakan

0 comments:

Post a Comment test