Tantangan dan Peluang Penyedia Jasa Keuangan di Indonesia

Wednesday, July 24, 2019
Booth ASTRA Financial di ICE BSD City (Dok. Dede)

Setiap orang tentu melakukan aktivitasnya, baik kerja ke tempat kerja atau kantor, mengantar anak sekolah, pergi ke pasar atau aktivitas lainnya. Dalam melakukan aktivitas tersebut pasti membutuhkan sarana transportasi baik berupa sepeda motor atau mobil.

Beberapa tahun yang lalu, untuk memiliki kendaraan tersebut Anda harus menabung selama beberapa tahun atau membeli secara cash langsung ke dealer. Tapi cara tersebut tentu memberatkan bagi orang yang memiliki penghasilan bulanan pas-pasan atau tidak menentu.

Tetapi beruntung sekarang ada solusi untuk mengatasi hal tersebut karena ada program kredit motor atau kredit mobil dengan cara mengangsur setiap bulan. Sehingga cara ini sangat membantu mereka yang ingin memiliki kendaraan tersebut.

Salah satu program kredit motor yang pernah saya rasakan sendiri manfaatnya adalah dari PT Ferderal International Finance (FIF Group) dari Astra Financial. Dengan cicilan kurang dari 500 Ribu untuk jangka waktu 35 bulan dan DP hanya 2,5 juta.

Dibalik kemudahan yang didapat oleh konsumen sehingga bisa menikmati cicilan yang ringan dan tidak memberatkan, tedapat tantangan bagi penyedia jasa keuangan di Indonesia karena banyak konsumen yang terlilit kredit macet atau tidak sanggup membayar angsuran dan kendarannya digadaikan atau sudah berpindah tangan.

Tapi ini merupakan tantangan dan juga peluang bagi penyedia jasa keuangan di Indonesia agar bisa lebih bijak dan baik menangani permasalahan tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Astra Financial menjadi inspirasi bagi jasa keuangan di Indonesia dengan melakukan beberapa perubahan ke arah yang lebih baik.

ASTRA Financial merupakan Divisi Jasa Keuangan PT. Astra International Tbk, juga ternyata memiliki jasa keuangan lainnya yakni Permata Bank, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF) , Surya Artha Nusantara Finance, Komatsu Astra Finance, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Ventura, Astra Welab Digital Arta dan Dana Pensiun Astra.

ASTRA Financial membagi beberapa jasa keuangan dengan menyasar segmen yang berbeda-beda. Dari konsumen yang membutuhkan kredit motor, kredit mobil, asuransi dan perbankan. Hal ini tentu agar memudahkan konsumen yang membutuhkan jasa sesuai keinginannya masing-masing. Jasa Keuangan ASTRA Financial

Pembukaan Booth ASTRA Financial GIIAS 2019 (Dok. Dede)

Nah bagi rekan-rekan yang belum mengetahui jasa keuangan ASTRA Financial yang kini menjadi Platinum Sponsor di GIIAS 2019. Ada 6 lembaga jasa keuangan Astra Financial yang menjadi sponsor utama yakni Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), FIFGROUP, PermataBank Asuransi Astra, dan Astra Life.

Keenam jasa keuangan ASTRA Financial menjadi sponsor utama GIIAS 2019 yang diadakan di Indonesia Convention Exibition BSD City (Bumi Serpong Damai) City Tangerang dari tanggal 18 – 28 Juli 2019. GIIAS merupakan ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Berikut ulasannya :

FIF Grup (PT Ferderal International Finance) 
FIF Grup sendiri sudah ada sejak tahun 1996 fokus pada pembiayaan motor merek Honda. Seiring dengan perkembangan usaha, terdapat 4 lini bisnis di bawah FIFGROUP dengan brand FIF ASTRA pembiayaan motor Honda, SPEKTRA pembiayaan elektronik & perabot rumah tangga, DANASTRA pembiayaan multiguna dan modal kerja, dan AMITRA pembiayaan Syariah.

Permata Bank
Permata Bank lahir di tahun 2002 sebagai hasil merger lima Bank, dan telah berkembang menjadi bank swasta utama dengan produk dan jasa inovatif yang memberikan layanan keuangan menyeluruh secara sederhana, cepat, dan dapat diandalkan. Bank ini sudah beroperasi di 62 kota di Indonesia, PermataBank melayani nasabah retail semua segmen, SME hingga korporasi, baik konvensional maupun syariah. Fokus digitalisasi PermataBank diperkuat dengan layanan e-Banking seperti ATM, PermataMobile X, PermataNet, E-Form, E-Statement, E-Wealth, E-Business dan API Banking.

ASTRA Life 
Sementara itu PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) adalah perusahaan asuransi jiwa patungan PT Astra International Tbk dan Aviva International Holding Limited yang berdiri pada tanggal 26 Mei 2014. Berbagai pilihan produk dipasarkan melalui kanal-kanal distribusi, baik produk-produk asuransi jiwa perorangan maupun perusahaan. Selama 4 tahun beroperasi, Astra Life telah mencapai pertumbuhan perusahaan yang sangat baik dan sudah melayani lebih dari 1 juta tertanggung.

ACC 
Selain itu ada Astra Credit Companies (ACC) yang telah memberikan layanan pembiayaan sejak 1982, meliputi pembiayaan mobil baru & bekas, pembiayaan alat berat & pembiayaan multiguna. ACC saat ini telah memiliki 75 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Asuransi Astra 
Sponsor utama GIIAS 2019 yang lain adalah Asuransi Astra merupakan asuransi umum yang memiliki visi untuk memberikan peace of mind bagi jutaan pelanggannya, Asuransi Astra memiliki deretan produk berkualitas seperti Garda Oto, Garda Motor, Garda Medika, HappyOne.id, asuransi komersil dan syariah.Dengan berbagai inovasi produk dan layanan serta didukung teknologi digital, Asuransi Astra menjamin kenyamanan dan kemudahan untuk pelanggan.

TAF (PT Toyota Astra Financial Services) 
Selain itu ada juga TAF telah menyediakan layanan kredit mobil di bawah PT Toyota Astra Financial Services sejak 2006. TAF menawarkan berbagai fasilitas pembiayaan untuk kepemilikan mobil Toyota, Daihatsu dan Lexus, pembiayaan investasi dan modal kerja. Bersama 36 kantor cabang, TAF hadir lebih dekat untuk memberikan berbagai fasilitas dalam pembiayaan kendaraan. mulai dari perhitungan angsuran mobil, kemudahan dalam pengajuan kredit mobil, pembiayaan kompetitif, hingga pembayaran angsuran yang fleksibel. 

ASTRA Financial menggunakan beberapa pendekatan kepada konsumennya sehingga tidak membuat konsumennya kabur. Selain itu ASTRA Financial juga rutin memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai program CSR (Corporate Social Responsibility).

GIIAS 2019 
Nah bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai keenam jasa keuangan Astra Financial tersebut Anda bisa datang langsung ke GIIAS 2019 di ICE BSD City dan Anda bisa mendapatkan berbagai program promo menarik dan keseruan di booth Astra Financials. 

Ada banyak promo menarik selama acara GIIAS 2019 di booth Astra Financial yakni kesempatan memenangkan iPhone XS dan iWatch dan juga dapatkan ribuan hadiah langsung lainnya setiap hari untuk setiap pengajuan Surat Pengajuan Kredit (SPK) mobil (melalui ACC & TAF) dan Big Bike (melalui FIF). Selain itu cicilan 0% untuk pembelian mobil baru dengan tenor 1 tahun dan DP 25% dengan Angsuran Pertama Dibayar Dimuka.

Pengunjung juga bisa menikmati bunga 0% dengan DP mulai 20% (berlaku hanya untuk Vario dan Beat Series) dengan Hemat Angsuran hingga Rp3,5 juta (berlaku untuk tenor 3 tahun) serta Lucky Draw Helm & Jaket keren, dan masih banyak promo lainnya.

Jadi jangan lewatkan event GIIAS 2019 yang merupakan ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dan kunjungi juga booth ASTRA Financial yang menjadi inspiring financial solution di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment test