Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah IPS SMP Kurikulum 2006 Tahun Pelajaran 2019/2020

Saturday, April 25, 2020
Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah IPS SMP Kurikulum 2006 Tahun Pelajaran 2019/2020 - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menetapkan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SD, SMP, SMA dan SMK dibatalkan karena merebaknya pandemi virus corona di Indonesia. 

Dampaknya tidak hanya Ujian Nasional yang dibatalkan tetapi Ujian Sekolah SMP yang semestinya dilaksanakan gagal dilaksanakan. Walaupun sebenarnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim sebenarnya memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk melaksanakan ujian sekolah secara daring atau online. 


Tetapi karena tidak semua siswa memiliki perangkat seperti smartphone, tablet atau laptop, serta jaringan internet yang tidak stabil bahkan tidak ada sinyal, maka banyak sekolah yang tidak memaksakan untuk mengadakan pelaksanaan Ujian Sekolah. 

Namun demikian pada kesempatan ini kami membagikan akan soal dan kunci jawaban ujian sekolah tingkat SMP tahun pelajaran 2019/2020 yang dapat digunakan untuk pembelajaran di rumah atau bisa dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru yang mengampu mata pelajaran tersebut untuk pembuatan soal tahun berikutnya.

Berikut Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP kurikulum 2006 tahun pelajaran 2019/2020

1. Pada musim penghujan, Daerah Aliran Sungai Cisanggarung bagian hilir sering dilanda banjir karena debit air yang meningkat. Pada musim kemarau, terjadi kesulitan air baik untuk rumah tangga, pertanian, maupun industri.
Upaya penanggulangan sesuai pembangunan berkelanjutan adalah ....
A. merelokasi warga dari wilayah rawan banjir, dan longsor
B. memperbaiki daerah resapan air di daerah hulu sungai
C. membuat terasering untuk pertanian di daerah lereng 
D. mengalihfungsikan lahan dari pemukiman menjadi hutan produksi

2. Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pasti membutuhkan orang lain. Bisakah kita bayangkan bagaimana sejak kita lahir sampai besar sekarang ini selalu membutuhkan bantuan orang lain, begitu juga sebaliknya hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok yang dinamakan ….
A. Proses sosial
B. Kontak sosial
C. Interaksi sosial
D. Hubungan sosial

3. Sekolah memberlakukan tata tertib, yaitu dengan melarang siswa SMP mengendarai sepeda motor ke sekolah, sementara lembaga kepolisian menilang siswa yang belum memiliki SIM saat mengendarai sepeda motor di jalan raya. 
Berdasarkan informasi tersebut, perbedaan manfaat kedua lembaga tersebut adalah .... 
A. lembaga pendidikan mengeluarkan aturan, lembaga kepolisian yang melaksanakannya
B. lembaga pendidikan menanamkan karakter, lembaga kepolisian menghukum yang melanggar aturan
C. lembaga pendidikan menanamkan karakter, lembaga kepolisian yang menguatkan di lapangan
D. lembaga pendidikan mengembangkan wawasan, kepolisian bermanfaat untuk menjaga ketertiban lalu lintas

4. Kehidupan masyarakat pada masa pra aksara ditandai dengan dikenalnya pengolahan logam, dan terbentuknya perkampungan yang memiliki pemimpin yang dipilih oleh masyarakat. Pada masa ini sudah ada pembagian kerja yang jelas disesuaikan dengan keahlian masing-masing. Tatanan masyarakat juga telah tersusun menjadi kelompok majemuk, seperti kelompok petani, pedagang, perajin, dan lain-lain. Masyarakat juga telah membentuk aturan adat istiadat yang dilakukan secara turun-temurun. 
Kehidupan sosial masyarakat tersebut terjadi pada masa ….
A. Paleolitikum
B. Mesolitikum
C. Neolitikum
D. Megalitikum

5. Agama dan budaya Islam yang masuk ke Indonesia mempengaruhi kebudayaan asli Indonesia sehingga menimbulkan akulturasi kebudayaan sehingga lahirlah corak baru kebudayaan Indonesia.  Berikut yang bukan merupakan bentuk Akulturasi Islam dan budaya Indonesia, yaitu ....
A.  Atap masjid asli Indonesia mempergunakan sistem tumpang, yaitu atap yang bertingkat-tingkat dengan jumlah pada umumnya gasal.
B.  Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta adalah sebuah warisan budaya Jawa. Wujudnya berupa fisik bangunan Keraton, benda artefak, seni budaya, dan adat tata cara Keraton.
C.  Tradisi-tradisi upacara yang dihubungkan dengan hari-hari bersejarah dalam Islam seperti kelahiran Nabi, Isra Mi’raj, dan sebagainya. Yang lebih terkenal dan banyak dilakukan adalah tradisi memperingati kelahiran nabi Muhammad (sering disebut dengan Maulid atau maulud) dengan melakukan upacara-upacara seperti “tabut” di daerah Sumatera atau “Sekaten” dalam tradisi masyarakat Yogyakarta.
D.  Di Minangkabau mengambil alih Meunasah sebagai peninggalan adat masyarakat setempat menjadi lembaga pendidikan Islam, demikian pula masyarakat Aceh mentransfer lembaga masyarakat surau sebagai lembaga pendidikan Islam.

6. Perhatikan gambar berikut ini!

Berikut merupakan pernyataan yang tepat mendeskripsikan gambar di atas yaitu....
A. Para pelajar STOVIA merupakan inti dari organisasi Budi Utomo. Mula-mula jangkauan kegiatannya terbatas pada penduduk pulau Jawa dan Madura, kemudian meluas ke seluruh penduduk Hindia dengan tidak membedakan keturunan, jenis kelamin, dan agama
B. Pada tanggal 17-24 Juni 1916 diselenggarakan kongres yang ketiga di Bandung, dihadiri oleh 80 anggota lokal dari seluruh Indonesia. Jumlah anggota saat itu lebih kurang 800.000 orang
C. Tokoh-tokoh pribumi yang mendirikan sekolah kebangsaan antara lain Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa, Douwes Dekker mendirikan Ksatrian School, dan Moh. Syafei mendirikan perguruan Indonesische Nederlandsche School Kayu Tanam (INS Kayu Tanam)
D.  Perkembangan pendidikan di Indonesia juga banyak diwarnai oleh pendidikan yang dikelola umat Islam. Ada tiga macam jenis pendidikan Islam di Indonesia yaitu pendidikan di surau atau langgar, pesantren, dan madrasah

7. Alasan bangsa Belanda mengambil jalur pelayaran melalui Selat Sunda dalam pelayaran pertamanya ke Nusantara adalah...
A. menghindari Portugis yang berkedudukan di Malaka
B. jalur melalui Selat Sunda dianggap lebih dekat (pendek)
C. tujuan Belanda yang pertama adalah pelabuhan Banten di selat Sunda
D. menghindari gelombang besar  di wilayah perairan Selat Sunda

8. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Bandung lautan api (4)  Gerakan bawah tanah
(2)  Pertempuran Ambarawa (5)  Konferensi Inter-Indonesia
(3)  Medan Area
Bentuk perjuangan fisik dalam upaya mempertahankan kemerdekaan ditunjukkan oleh nomor....
A. (1), (2), dan (3)  
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (4), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)

9. Kebijakan tanam paksa pada masa penjajahan Belanda menyebabkan penderitaan terhadap rakyat, seperti kemiskinan dan kematian. Namun, tanam paksa juga memiliki pengaruh positif bagi rakyat khususnya bidang ekonomi, yaitu ....
A. dikenalkan sistem pemerintahan modern
B. masyarakat mengenal program transmigrasi
C. adanya pajak bumi dan sistem ekonomi uang
D. dikenalnya jenis tanaman baru dan teknologi pertanian

10. Kebijakan ekonomi pemerintahan penduduk Jepang diprioritaskan untuk kepentingan perang, termasuk jenis tanaman yang wajib ditanam untuk keperluan militer Jepang. Kebijakan ini menyebabkan hasil pertanian Indonesia mengalami kemerosotan, karena ....
A. kesuburan tanah menjadi berkurang dan gagal panen
B. tanah pertanian penduduk menjadi semakin sempit
C. rakyat diwajibkan menanam jarak, yang lain tidak bermanfaat
D. para petani dipaksa menjadi tenaga kerja romusha

11. Perundingan Renville antara Indonesia dengan Belanda yang ditandatangani kedua belah pihak tanggal 17 Januari 1948 mempunyai akibat bagi kelangsungan perjuangan bangsa Indonesia. 
Dampak nyata dari perundingan tersebut adalah....
A. Perdana Menteri Amir Syarifudin mengembalikan mandat kepada presiden
B. berdirinya Negara Islam Indonesia
C. wilayah Kedaulatan Indonesia semakin sempit
D. timbulnya pemberontakan di berbagai daerah

12. Sistem Demokrasi Liberal ternyata membawa akibat yang kurang menguntungkan bagi stabilitas politik. Berbagai konflik muncul ke permukaan. Partai politik hanya mementingkan kelompoknya sendiri, sehingga badan legislatif tidak dapat menjalankan tugasnya. Hal ini mendorong Presiden Soekarno mengeluarkan Dektrit Presiden 5 Juli 1959. 
Faktor utama yang menyebabkan dikeluarkannya dekrit tersebut adalah ....
A. Krisis ekonomi yang melanda Indonesia
B. Gagalnya konstituante dalam menyusun UUD baru
C. Adanya konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia 
D. Pengaruh PKI yang semakin kuat dalam pemerintahan

13. Perhatikan daftar tahapan berikut!
(1) Infiltrasi
(2) Eksploitasi
(3) Konsolidasi
(4) Mobilisasi
Dalam upaya pembebasan Irian Barat, Panglima Komando Mandala menyusun strategi dengan melancarkan serangan penyusupan dari laut maupun udara dan dilanjutkan dengan mengadakan serangan terbuka terhadap induk militer lawan. 
Tahapan operasi tersebut ditunjukkan dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

14. Penyebab terjadinya pemberontakan PRRI/Semesta adalah adanya ketidakpuasan beberapa daerah Sumatera dan Sulawesi terhadap alokasi biaya pembangunan dari pemerintah pusat. Untuk menumpas gerakan ini pemerintah menempuh cara diplomasi maupun operasi militer. 
Upaya pemerintah dalam menumpas gerakan tersebut dilakukan dengan mudah, karena ....
A. PRRI/Semesta tidak mendapat simpati dan tempat di hati rakyat Indonesia 
B. keinginan PRRI/Semesta mengenai pembangunan dipenuhi oleh pemerintah
C. gerakan PRRI/Semesta tidak memiliki basis dan perencanaan yang kuat
D. tentara PRRI/Semesta terdiri para pelajar yang belum berpengalaman perang

15.Tindakan ekonomi yang dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari:
(1)  Pengusaha dealer mobil menjual mobil-mobil terbaru
(2)  Anas memberi pertolongan korban musibah gempa
(3)  Ibu menjadi tenaga juru pemantau jentik (jumatik) di kampungnya
(4)  Pedagang menjual berbagai barang dagangannya
Motif ekonomi yang tidak berorientasi pada uang/materi ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

16. Apabila kurs mata uang asing di dalam negeri dengan mata uang asing dibiarkan secara bebas oleh kekuatan pasar, maka sistem kurs yang berlaku adalah kurs....
A. bebas
B. terkendali
C. mengambang
D. tetap

17. Pada dasarnya kebutuhan manusia tidak terbatas dan tidak akan ada habisnya jika dihadapkan dengan sumber kebutuhan yang sangat terbatas. Upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah ….
A. menyusun skala prioritas kebutuhan
B. menunggu sampai habis sumber kebutuhan
C. menghabiskan sumber kebutuhan yang ada
D. mengeksplorasi sumber kebutuhan yang tersisa

18. Berdasarkan hukum permintaan, apabila harga beras turun maka permintaan terhadap beras akan...
A.  Naik
B.  Turun
C.  Stabil
D.  Berubah-ubah

19. Sebagai seorang pengusaha konveksi ternama Ahmad memiliki mobil dan banyak tanah di kampungnya. Beberapa anaknya mulai melanjutkan kuliah ke Bandung. Untuk tempat tinggal anaknya Ahmad membeli sebuah rumah dengan uang hasil penjualan mobil. Dalam hal ini uang berfungsi sebagai ….
A. alat pembayaran
B. alat tukar
C. alat pemindah kekayaan
D. alat satuan hitung

20. Untuk melindungi industri dalam negeri terhadap produk barang impor yang harganya lebih murah dan mutunya lebih baik, pemerintah melakukan....
A. kuota
B. penetapan tarif
C. dumping
D. proteksionisme

21. Dampak negatif dari suatu perdagangan bebas terhadap perekonomian Indonesia adalah....
A. memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa yang belum terpenuhi 
B. membuka lapangan kerja baru sebagai akibat banyaknya industri baru
C. mematikan usaha-usaha skala kecil karena tidak mampu bersaing 
D. menimbulkan perubahan devisa negara akibat kegiatan ekspor barang 

22. Salah satu perbedaan antara lembaga keuangan bank dan koperasi adalah ....
A. kekuasaan tertinggi lembaga keuangan bank terletak pada anggota, sedangkan koperasi terletak pada pemegang saham
B. lembaga keuangan bank menghimpun dan menyalurkan dana pada masyarakat umum, sedangkan koperasi pada anggota koperasi
C. lembaga keuangan bank menyalurkan dana masyarakat dalam bentuk tabungan, sedangkan koperasi dalam bentuk kredit
D. lembaga keuangan bank menghimpun dana masyarakat dalam bentuk kredit, sedangkan koperasi dalam bentuk tabungan

23. Dewasa ini hasil ekspor non migas Indonesia yang paling banyak mendatangkan devisa adalah....
A. Karet, kopi, kelapa sawit, kakao
B. Tembakau, hasil perikanan, dan elpiji
C. Mutiara, teripang, dan minyak bumi
D. Timah, ikan, dan kopra, tembakau

24. Salah satu pendorong timbulnya kegiatan ekonomi antar negara adalah....
A. Perbedaan jenis kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi
B. Perbedaan peradaban dan budaya
C. Terciptanya komunitas dan kerja sama 
D. Taraf hidup masyarakat yang berbeda-beda

25. Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE)  merupakan  bentuk kerjasama organisasi....
A. Bilateral
B. Regional
C. Multilateral
D. Internasional

26. Proses pembentukan muka bumi berdasarkan Teori Pergeseran Benua adalah....
A. Seluruh wilayah bumi pada mulanya adalah satu daratan yang utuh, kemudian lambat laun beberapa bagian mengalami penurunan sehingga membentuk cekungan yang akhirnya diisi air dan menjadi lautan luas.
B. Pada mulanya seluruh benua ini berkumpul dalam satu benua induk yang disebut dengan Pangea, kemudian masing-masing bagian dari lempeng benua lambat laun berpisah karena pergerakan lempeng bumi.
C. Pada mulanya ada sebuah benua induk  yang bernama Pangea, beberapa bagian dari lempeng benua tersebut mengalami pergeseran karena terkikis aliran air.
D. Seluruh permukaan bumi awalnya merupakan lautan es, kemudian mencair dan menjadikan beberapa bagian daratan timbul. Daratan yang pertama kali timbul disebut Pangea.

27. Pernyataan yang tidak benar berkaitan dengan fenomena pasang surut air laut adalah....
A. Pasang surut air laut adalah proses naik atau turunnya permukaan laut
B. Pasang surut air laut di pengaruhi oleh gravitasi matahari dan gravitasi bulan
C. Pasang surut air laut adalah berkurang dan bertambahnya volume air laut
D. Pasang adalah saat permukaan air laut meninggi sedangkan surut adalah saat permukaan air laut menurun.

28. Untuk mengetahui batas-batas wilayah dari beberapa negara yang berbeda dan letaknya berjauhan maka kita dapat melihatnya pada....
A. Atlas
B. Peta
C. Globe
D. Denah

29. Negara Asia Tenggara dimana masyarakatnya ada yang menggunakan bahasa Melayu adalah....
A. Thailand, Laos, Indonesia, Singapura
B. Myanmar, Timor Leste, Philipina, Kamboja
C. Vietnam, Thailand, Brunai Darussalam, Malaysia
D. Thailand, Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam

30. Perhatikan tabel pernyataan di bawah ini !
No Pernyataan
1 Angka beban ketergantungan tinggi
2 Mata pencaharian utama penduduk di sektor industri dan jasa
3 Angka harapan hidup penduduknya tinggi
4 Pertanian menjadi tiang perekonomian yang utama
5 Tingkat pendidikan penduduknya tinggi
6 Angka pertumbuhan penduduknya tinggi.
Berdasarkan tabel di atas, ciri-ciri dari negara berkembang ditunjukkan oleh…..
A. 1, 4 dan 6
B. 1, 3 dan 5
C. 1, 2 dan 3
D. 2, 3 dan 5

31. Jalur terdekat menuju Istana dari terminal bis dengan mengendarai mobil sesuai sketsa adalah ....

A. ke arah barat, kemudian belok ke selatan, belok kiri menuju Jalan Ir. H. Juanda 
B. ke arah utara, kemudian belok ke timur, belok kiri menuju Jalan Ir. H. Juanda 
C. ke arah timur, kemudian belok ke utara, belok kiri menuju Jalan Ir. H. Juanda 
D. ke arah selatan, kemudian belok ke timur, belok kiri menuju Jalan Ir. H. Juanda 

32. Berdasarkan peta di bawah ini, negara kawasan Asia Tenggara yang wilayahnya berupa daratan ditunjukkan pada nomor ....

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

33.Negara-negara di kawasan belahan bumi Utara identik dengan negara-negara maju. Namun demikian ada juga negara maju yang terletak di belahan bumi Selatan yaitu ... .
A. Singapura dan Korea Selatan
B. Australia dan Selandia Baru
C. Jepang dan Taiwan 
D. Singapura dan Australia

34. Perhatikan gambar relief dasar laut di bawah ini

Relief dasar laut yang ditunjukkan oleh gambar g dan h adalah ....
A. Guyot dan Palung laut
B. Ambang laut dan Basin
C. Palung laut dan Gunung laut 
D. Pulau dan Lubuk laut

35.Masalah yang ditimbulkan berdasarkan peta dan upaya penanggulangannya adalah ….

A. Usia balita bertambah, peningkatan pelayanan kesehatan
B. Persebaran penduduk tidak merata, peningkatan fasilitas di desa 
C. Tingkat kematian tinggi, perbaikan kualitas gizi
D. Usia tenaga kerja meningkat, peningkatan program latihan

36. Bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif apabila . . . 
A. Menuju pada kesatuan pandangan
B. Menimbulkan perpecahan
C. Mengarah pada perbedaan pandangan 
D. Tidak terjadi kesamaan

37. Dampak positif dari perubahan sosial budaya adalah . . . .
A. Gaya hidup yang meniru bangsa barat.
B. Penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi
C. Sikap individualistik.
D. Kesenjangan sosial

38. Dari tabel di atas yang termasuk sikap masyarakat terpencil dalam menghadapi perubahan ditunjukkan pada huruf…

39. Contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam lingkungan sekolah adalah .…
A.  menerobos lampu merah
B.  penyalahgunaan narkoba
C.  membantah perintah orang tua
D.  suka tawuran

40. Perhatikan gambar di bawah ini!.  
 
Pada gambar di atas, faktor yang mempengaruhi perubahan adalah ... 
A. Perubahan penduduk
B. Penemuan baru
C. Perubahan lingkungan
D. Pengaruh budaya lain

II.  URAIAN

41. Jelaskan 3 (tiga) karakteristik Samudera Hindia!
42. Jelaskan penerapan prinsip ekoefisiensi dalam pemanfaatan lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan agar sumberdaya alam tetap terjaga dengan baik!
43. Uraikan perbedaan sugesti dengan simpati sebagai suatu proses sosial!
44. Menurut pendapat anda, bentuk demokrasi apa yang paling cocok di Indonesia? Jelaskan disertai dengan analisisnya!
45.  Bagaimana upaya pemerintah dalam rangka menghadapi perkembangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)?

Bagi Anda yang membutuhkan soal ujian sekolah IPS SMP kurikulum 2006 tahun pelajaran 2019/2020 silakan unduh di sini 

Kunci jawaban soal ujian sekolah IPS SMP kurikulum 2006 tahun pelajaran 2019/2020 silakan unduh di sini 

0 komentar:

Post a Comment test