Cara Membuat Soal Cari Kata atau Word Search Secara Online

Friday, May 15, 2020

Cara Membuat Soal Cari Kata Secara Online - Ada banyak  cara agar peserta didik belajar di rumah pada saat pandemi Covid-19. Kalau kemarin kita sudah membahas cara membuat soal online menggunakan TTS atau Teka Teki Silang Online, kali ini kita akan menggunakan soal cara Cari Kata atau Word Search. 


TTS biasanya berisi soal mendatar dan menurun, dengan menjawab soal tersebut maka akan terbuka jawaban soal yang lainnya. Banyak sedikitnya isian TTS tergantung yang membuat soal TTS (Teka-teki Silang) tersebut.  


Word Search atau Cari kata biasanya digunakan sebagai pengisi waktu luang, tetapi kini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di rumah. Agar peserta didik tidak bosan dengan materi dan soal itu-itu saja.  

Saat ini ada banyak aplikasi atau situs-situs yang menyediakan cari kata secara online. Tetapi kali ini kami akan memberikan cara membuat soal word search atau cari kata secara online menggunakan situs proprofs. Soal yang sudah dibuat oleh bapak dan ibu guru bisa langsung dikerjakan secara online di pada blog atau website yang dimiliki. 

Berikut Cara Membuat Soal Cari Kata atau Word Search Secara Online :


Masuk ke www.proprofs.com 


Lalu tekan Sign up Free untuk daftar terlebih dahulu

Setelah itu muncul tampilan seperti ini, Anda bisa menggunakan akun Google, Facebook, Twitter, Linked-in atau Microsoft untuk mendaftar 


Kemudian pilih Products, lalu pilih Brain Games 


Lalu pilih Word Search 


Kemudian pilih Create Word Search

Lalu masukan judul cari kata Anda pada Name your word search, deskripsi atau perintah untuk pengguna pada Description or any instuctions for users, dan tulis kata yang ingin dimasukan ke cari kata pada kolom di bawah Type the words for your puzzle 


Lalu atur tingkat kesulitan, dan waktunya, setelah itu tekan Create My Game
Muncul tulisan Great, you have made it! Start Playing lalu tekan Play Game

Maka akan muncul tampilan seperti ini 


Jika ingin dimasukan ke dalam blog atau website tinggal tekan Embed on your website


Copy dan paste-kan kode tersebut di blog atau website

Hasilnya seperti ini 


Agar siswa dapat belajar lebih baik ditambah dengan soalnya sehingga mereka bisa mengetahui jawabannya

Selama mencoba

0 komentar:

Post a Comment test