Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013

Friday, June 26, 2020
Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8

Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 - Soal dan kunci jawaban ini digunakan untuk bapak dan ibu guru yang mengampul mata pelajaran tersebut, karena sebagai pembanding untuk membuat soal tahun berikutnya. 


Selain itu soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 ini bisa dimanfaatkan untuk belajar bagi para siswa untuk belajar. Berikut ini soal dan kunci jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester Kurikulum 2013 : 


1. Perhatikan teks berikut !
Sungai merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita. Manfaat sungai bagi kehidupan manusia memang sangat penting. Sungai dapat menampung debit air yang turun ke tanah melalui hujan sehingga dapat mencegah banjir. Selain itu, sungai menjadi salah satu energi yang dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian dan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah...
A. sungai mencegah banjir.
B. sungai dan kehidupan kita.
C. manfaat sungai
D. jagalah sungai .

2. Perhatikan teks berikut!
(1) Banjir merupakan salah satu bencana alam yang menjadi langganan tahunan bagi sebagian wilayah di Indonesia. (2) Banjir sendiri mempunyai arti sebuah ketidaksanggupan sungai, danau, drainase maupun aliran air lainnya. (3) Banjir sendiri secara umum terjadi di tempat-tempat seperti daerah pinggiran sungai, pemukiman yang berdiri di tempat resapan air, serta tempat yang drainasenya bermasalah. (4) Banjir sering terjadi pada saat musim penghujan, di mana intensitas air yang turun cukup banyak. Hal ini, disebabkan faktor alam dan faktor sosial.
Pernyataan yang menunjukkan definisi ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Perhatikan teks berikut !
Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan diawali dengan proses penguapan air oleh sinar matahari. Matahari yang menyinari bumi dapat menimbulkan efek panas sehingga menyebabkan air danau, sungai, dan laut menguap ke udara. Kemudian, uap air tersebut akan mengalami kondensasi atau pemadatan menjadi embun yang kemudian menjadi awan. Hal tersebut karena suhu udara yang tinggi.
Informasi isi yang disampaikan dari teks tersebut adalah …
A. Proses terbentuknya hujan.
B. Proses penguapan air.
C. Proses terbentuknya embun menjadi awan.
D. Proses terbentuknya sinar matahari.

4. Perhatikan teks berikut !
Menurut ahli astronomi, gerhana matahari adalah jatuhnya bayang-bayang bulan ke bumi karena terhalangnya sinar matahari ke bumi oleh bulan. Pada umumnya, fenomena gerhana matahari tidak berlangsung lama, hanya 3-7 menit. Gerhana matahari terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.
Informasi tersurat dalam teks tersebut adalah …
A. Gerhana matahari bisa berlangsung 3-7 jam.
B. Gerhana matahari terjadi karena cahaya bulan tidak sampai ke bumi.
C. Pada umumnya, gerhana matahari tidak berlangsung lama, hanya 3-7 menit.
D. Bila terjadi gerhana matahari sebaiknya kita tidak berada di luar rumah.

5. Perhatikan teks berikut!
Hujan adalah sebuah peristiwa turunnya butir-butir air yang berasal dari langit ke permukaan bumi. Peristiwa tersebut sangat bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan di muka bumi ini.
Kutipan teks eksplanasi di atas menunjukkan bagian ….
A. ulasan
B. identifikasi fenomena
C. rangkaian kejadian
D. tesis

6. Perhatikan teks berikut !
Pelangi yang memiliki tujuh warna dapat dilihat setelah hujan turun. Pelangi terbentuk karena adanya peristiwa terpecahnya matahari oleh tetesan air hujan yang terdiri atas percampuran warna dan bersinar dengan lurus. Saat sinar matahari melewati kepadatan air hujan yang berbeda, terjadilah pecahan-pecahan cahaya yang membentuk cahaya warna- warni
Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan ….
A. ruang dan waktu
B. kronologis
C. kausalitas
D. urutan waktu

7. Perhatikan teks berikut !
Banjir adalah suatu[...] alam yang sangat merugikan sehingga disebut juga bencana alam. Banjir terjadi akibat ketidakmampuan sungai, danau, […] atau aliran lainnya yang menampung air yang jumlahnya banyak, sehingga meluap memasuki daerah di sekitarnya. Bencana banjir ini sering sekali muncul pada daerah-daerah pinggiran sungai (DAS), daerah yang dahulu menjadi resapan sungai, dan daerah yang sistem saluran airnya terganggu. Bencana ini biasanya terjadi pada musim penghujan dengan curah hujan […] tinggi dan durasi sangat lama. Jika dilihat dari penyebabnya, ada dua [...] yang dapat menyebabkan banjir, yaitu alam dan sosial.
Kata teknis yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah ….
A. bencana, muara, makin, peristiwa
B. keadaan, saluran, turun, penyebab
C. kejadian, kolom, sangat, hal
D. fenomena, drainase, intensitas, faktor

8. Perhatikan teks berikut!
(1) Saat sinar matahari melewati kepadatan air hujan yang berbeda, terjadilah pecahan cahaya warna-warni. (2) Ketika kita melihat pelangi berbentuk setengah lingkaran, itu menandakan sinar matahari datang dengan sudut yang sempit. (3) Namun, kita pun dapat melihat pelangi berbentuk lingkaran penuh jika kita berada di pesawat atau puncak gunung. (4) Fenomena alam itu tebentuk karena ada sinar matahari dan tetesan air hujan.
Konjungsi kausalitas dalam teks di atas terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

9. Perhatikan teks berikut !
Angin topan biasanya muncul secara mendadak. Namun, sebelum itu terjadi, sebetulnya proses pembentukan pusaran angin telah berlangsung selama beberapa jam. Jadi peristiwa angin topan dapat dideteksi terlebih dahulu. Apalagi saat ini sudah ada teknologi satelit yang bisa mendeteksi adanya perbedaan suhu dan lainnya, sehingga bisa terpetakan wilayah yang berpotensi dilalui angin topan.
Yang termasuk kata benda jenis fenomena dalam teks di atas adalah ….
A. terdeteksi
B. angin topan
C. berpotensi
D. perbedaan suhu

10. Perhatikan teks berikut!
(1) Gerhana matahari terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin. ( 2) Gerhana matahari terjadi pada siang hari. (3) Proses terjadinya diawali dengan bulan menutupi matahari, keadaan yang terang benderang berangsur-angsur menjadi gelap. (4) Akibatnya, selama beberapa saat, sinar matahari tertutup dan tidak tampak dari bumi.
Konjungsi kronologis dalam teks di atas terdapat pada kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. 3
D. (4)

11. Perhatikan teks berikut!
1) Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan kata “tsunami’. 2) Bencana alam yang satu ini pernah menggoreskan luka yang amat sangat dalam sekali bagi bangsa kita. 3) Beberapa tahun yang lalu, ribuan nyawa melayang tersapu tsunami di Banda Aceh. 4) Indonesia berduka, bahkan dunia pun ikut berduka.
Perbaikan kalimat ke -2 dalam teks tersebut adalah …
A. Bencana alam yang satu ini penah menggoreskan luka yang sangat dalam bagi bangsa kita.
B. Bencana alam yang satu ini pernah menggoreskan luka yang sangat dalam sekali bagi bangsa Indonesia.
C. Bencana alam ini menggoreskan luka yang amat dalam sekali bagi bangsa Indonesia.
D. Bencana alam yang satu ini menggoreskan luka sekali bagi bangsa Indonesia.

12. Perhatikan teks berikut!
Kemiskinan merupakan kondisi ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan pokok hidupnya. [ … ] Kemiskinan menjadi polemik utama suatu masyarakat yang meluas menjadi permasalahan negara. Kemampuan daya beli dan upah masyarakat dalam suatu negara menjadi patokan tingkat kesejahteraan negara tersebut
. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpag teks di atas adalah …
A. Hal ini, karena seseorang malas untuk bekerja dan hanya mengaharapkan bantuan.
B. Hal ini, karena negara yang belum mampu menyediakan barang-barang dengan harga murah.
C. Hal ini, biasanya terjadi pada mayarakat yang berpenghasilan rendah.
D. Hal ini, ditunjukkan daya beli yang mereka miliki sangat rendah.

13. Perhatikan teks berikut !
(1) Budaya tidak selamanya identik dengan hal-hal yang tradisional. Misalnya, pakaian, bahasa, kesenian, makanan khas, dan lainnya.
(2) Tetapi, seringkali saat kita mendengar kata “budaya”, maka, yang terlintas di pikiran kita adalah simbol budaya dari suatu daerah atau negara. Seperti, pakaian, bahasa, makanan, bentuk bangunan, adat istiadat, tari-tarian, musik, dan sebagainya.
(3) Maka dari itu, antara satu daerah dengan daerah yang lain mempunyai budaya yang berbeda. Selain itu, masa lalu dan masa kini juga mempengaruhi budaya yang ada pada suatu daerah.
(4) Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Urutan yang tepat agar menjadi paragraf ulasan yang padu adalah …. 
A. (1), (4), (2), (3)
B. (1), (4), (3), (2)
C. (4), (1), (2), (3)
D. (4), (1), (3), (2)

14. Perhatikan paragraf teks ulasan berikut!
Judul buku : Remaja Membangun Kepribadian 
Pengarang : Anna Windyartini S.
Penerbit : Nobel Edumedia
Kelebihan : Buku ini memiliki pembahasan yang singkat, tetapi mudah dipahami 
Kelemahan : Gambar ilustrasi yang digunakan masih kurang sehingga memungkinkan terjadi kepenatan saat membaca
Paragraf ulasan yang sesuai dengan identitas buku tersebut adalah ….

A. Buku Remaja Membangun Kepribadian penulis Anna Windyartini S,sangat perlu untuk dibaca. Buku yang menjelaskan tentang cara remaja membangun kepribadian yang baik. Buku ini menarik karena disertai gambar berwarna. Selain itu, buku ini memiliki pembahasan yang singkat, tetapi mudah dipahami.
B. Buku Remaja Membangun Kepribadian penulis Anna Windyartini S,sangat perlu untuk dibaca. Buku ini menjelaskan bagaimana kiat-kiat remaja membangun pribadi yang baik. Semuanya lengkap dibahas di buku ini.
C. Buku Remaja Membangun Kepribadian penulis Anna Windyartini S, sangat perlu untuk dibaca. Buku ini sangat bagus karena membahas bagaimana remaja dapat membangun kepribadian yang baik. Isi buku ini mempunyai pembahasan yang mudah dipahami. Sayangnya, gambar ilustrasinya masih kurang sehingga timbul kepenatan saat membaca.
D. Buku Remaja Membangun Kepribadian penulis Anna Windyartini S, sangat perlu untuk dibaca. Isi buku ini menarik dan menambah wawasan kepada remaja tentang membangun kepribadian yang baik. Kekurangan pada buku ini terletak pada kurangnya contoh-contoh dan banyak istilah remaja yang sulit dipahami.

15. Perhatikan teks berikut!
Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Anjatan bertani.
Sinonim kata mata pencaharian pada kalimat tersebut adalah ….
A. pendapatan
B. pekerjaan
C. kegemaran
D. kebiasaan

16. Perhatikan teks berikut !
Film Milea Suara dari Dilan ini merupakan adaptasi dari novel karya Pidi Baiq yang dirilis tahun 2016. Nah, mengapa disebut calon film Indonesia terlaris di tahun 2020? Dua film terdahulunya Dilan 1990 (2018) berhasil ditonton 6 juta penonton dan Film Dilan 1991 (2019) ditonton sebanyak 5 juta penonton. Satu juta penonton sudah pasti bisa dilewati oleh Film Milea Suara dari Dilan.

Makna kata adaptasi pada teks di atas adalah ….
A. diambil
B. dilihat
C. disesuaikan
D. Diubah

17. Perhatikan teks berikut !
Semula Farel tergolong anak yang sehat. Namun, tanpa diduga, suatu hari nyamuk Aides Aegypti menggigitnya. Entah di mana dan kapan. [ … ], dia terkena penyakit Demam Berdarah dan harus berbaring tanpa daya di tempat tidur berhari-hari.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ….
A. sedangkan
B. akibatnya
C. oleh sebab itu
D. Jadi

18. Perhatikan teks berikut!
(1)  Milea Suara dari Dilan  merupakan film yang diambil dari buku karangan Pidi Baiq. (2) Film ini disutradarai Fajar Bustomi dan diharapkan bisa ditonton lebih dari enam juta orang. (3) Film ini ditayangkan serentak di bioskop seluruh Indonesia pada pertengahan Februari 2020. Film ini mengisahkan remaja usia SMA.
Kalimat yang menggunakan kata kerja aktif pada teks di atas ditandai nomor …. 
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

19. Perhatikan teks berikut!
(1) Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. (2) Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi sekali. (3) Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini. Padahal, di novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas. (4) Akan tetapi, bila membaca buku selanjutnya, kita akan mendapat kejelasan tentang keseluruhan cerita dari tetralogi Laskar Pelangi.
Kalimat Simpleks pada teks di atas ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

20. Perhatikan teks berikut !
(1) Rokok merupakan sebuah benda yang tidak asing lagi di telinga kita. (2) Rokok menghasilkan asap yang mengandung berbagai zat kimia berbahaya . (3) Saat ini, jumlah perokok semakin meningkat, khususnya di negara berkembang. (4) Hal ini, merupakan tantangan berat bagi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. (5) Bahkan, organisasi kesehatan sedunia (WHO) telah memberikan peringatan bahwa dalam dekade 2020-2030, tembakau akan membunuh 10 juta orang pertahun. Tujuh puluh persen di antaranya terjadi di negara-negara berkembang.
Informasi yang disampaikan dalam teks di atas adalah…
A. Rokok sebuah benda yang tidak berbahaya sehingga boleh dikonsumsi.
B. Rokok dipercaya dapat meningkatkan kesehatan masyarakat jika dikonsumsi secara beraturan.
C. Rokok sebuah benda yang menghasilkan asap yang mengandung zat kimia berbahaya bagi tubuh kita.
D. Rokok mengandung zat nikotin yang dapat membuat masyarakat kehilangan mata pencaharian.

21. Perhatikan teks berikut !
1) Bagi Anda sebagai generasi masa kini, Anda bisa terus berkarya dalam bidang apapun yang ditekuni. 2) Tentu saja segala macam bentuk kontribusi terhadap negara akan sangat berharga dalam pembangunan negara ini. 3) Negara ini sudah memiliki banyak sekali inovasi spektakuler dalam berbagai bidang. 4) Salah satunya, dalam bidang IT adalah Go-Jek. 5) Dengan membuat aplikasi seperti itu, maka, ada banyak orang yang sangat tertolong, baik dari segi penggunaan jasa ataupun sopir yang berpartisipasi dalam mengantarkan penumpang. Kalimat fakta yang terdapat dalam teks diatas ditunjukkan dengan nomor ….
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5

22. Perhatikan teks berikut !
Di abad XXI ini, pengaruh globalisasi menjadi hal yang lumrah bagi kita. Bahkan, pengaruh tersebut terasa pada setiap aspek kehidupan. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaraan bermotor ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain dibidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir setiap orang. Selain telepon genggam, yang tak kalah penting adalah penggunaan internet.
Kutipan teks persuasi di atas mengandung topik …
A. Dampak globalisasi dalam kehidupan sehari-hari.
B. Pola hidup abad XXI
C. Penggunaan telepon genggam dalam kehidupan sehari-hari.
D. Kemajuan transportasi ditandai dengan adanya kendaraan bermotor.

23. Perhatikan teks berikut!
Jadi, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita dapat merasakan pengaruh positifnya dengan mengambil hal-hal yang berguna bagi kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat.
Kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian …
A. pengenalan isu.
B. rangkaian argumen.
C. pernyataan ajakan.
D. penegasan kembali.

24. Perhatikan teks berikut!
Setelah kita mengetahui pentingnya salat dan bagaimana ganjarannya jika kita meninggalkan salat, maka kita harus segera mendirikan salat. Meluangkan waktu dari segala kegiatan yang sedang kita lakukan untuk melaksanakan salat sebentar saja tidak akan merugikan kita. Justru kita harus mendahulukan ibadah kita kepada Allah dibanding kepentingan lainnya di dunia. Jadi, salat yang kita lakukan ini sebagai salah satu cara untuk mempertebal iman kita.
Kata ganti orang dalam kutipan teks di atas ditunjukkan dengan penggunaan kata ….
A. Saya
B. Kita
C. Anda
D. Kalian

25. Perhatikan teks berikut!
Apabila Anda sudah mengalami obesitas, maka tubuh Anda akan penuh dengan makanan yang dapat mengakibatkan tumbuhnya sejumlah penyakit di kemudian hari. Seperti, kolesterol, kegemukan, penyakit jantung, dan ginjal. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat serta tidak mudah terserang penyakit, mulai detik ini pula Anda harus mengurangi kebiasaan mengonsumsi mie instan yang dibarengi dengan nasi putih.
Istilah teknis yang digunakan pada kutipan teks persuasi di atas adalah …
A. obesitas, kolesterol.
B. tubuh, makanan.
C. sehat, makanan.
D. penyakit, mie instan.

26. Perhatikan teks berikut!
1) Inovasi dan kreativitas adalah dua hal yang paling banyak dibutuhkan saat ini. 2) Dengan inovasi dan kreativitas akan ada suatu permasalahan yang terpecahkan dengan Teknik Win-Win Solution. 3) Selain itu, dengan berinovasi dan menggunakan kreativitas kearah yang baik, maka akan membuat Anda menjadi lebih produktif. 4) Maka dari itu, berinovasi dan kreatiflah untuk dapat memajukan negeri kita tercinta ini. Bagian pernyataan ajakan yang terdapat pada kutipan teks persuasi di atas ditandai dengan nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

27. Perhatikan teks berikut!
Keberagaman yang ada pada diri bangsa Indonesia merupakan potensi sekaligus tantangan. Kita ketahui bersama bahwa dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia, perjuangan bangsa Indonesia selalu dapat dipatahkan oleh pemerintah kolonial karena masyarakat Indonesia berjuang untuk kepentingan wilayah atau daerahnya masing-masing. Keberagaman tersebut dimanfaatkan pemerintah kolonial untuk menerapkan politik devide et impera, yaitu politik adu domba. Hal tesebut menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk menyikapi keberagaman tersebut dengan persatuan yang mampu menjadi perekat bagi bangsa Indonesia.
Simpulan berdasarkan kutipan teks di atas adalah …
A. Pemerintah kolonial menggunakan politik adu domba selama penjajahan.
B. Keberagaman dalam sebuah negara hanya menimbulkan dampak negatif.
C. Persatuan sebuah negara tidak akan terganggu jika tidak ada keberagaman di negara.
D. Keberagaman dapat menjadi tantangan dan juga dapat menjadi potensi.

28. Perhatikan kutipan teks berikut!
Watak tokoh Ainun dalam kutipan teks drama tersebut adalah …
A. giat.
B. Pemalas.
C. keras kepala.
D. disiplin.

29. Perhatikan kutipan teks berikut!
Maskud : Pak guru, terima kasih atas ilmu yang diberikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Maskud, Maskud! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, tetapi tetap harus diberikan kepada orang lain. (Istri Maskud masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Sevi : Lebih baik kalau mengobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir) 
Guru : Bisa saja istri kamu, Kud.
Latar tempat kutipan teks drama tersebut adalah …
A. rumah guru.
B. rumah Maskud.
C. ruang kerja.
D. ruang kelas.

30. Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Roman : “Lan, apa yang sering dilakukan umat muslim di daerahmu menjelang puasa?” 
Wulan : “Biasanya mereka berziarah ke makam leluhurnya.”
Roman : “Kalau begitu sama. Di tempatku juga begitu.” 
Tema dalam kutipan teks drama tersebut adalah …
A. Oman dan wulan mau berziarah.
B. Kegiatan pada bulan Ramadhan
C. Berpuasa pada bulan Ramadhan.
D. Tradisi menjelang puasa.

31. Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Konflik dalam penggalan teks di atas adalah …
A. Dea senang membantu.
B. Dea bingung ibunya Amel sakit.
C. Ibu Amel butuh pertolongan.
D. Amel senang dibantu Dea.

32. Perhatikan teks berikut!
(1)     Fathan : Ya, dengan rasa bangga dan dengan hati yang kangen. Bahkan, menghembuskan napas terakhir beliau sempat memanggil namamu.
(2) Agum : Than, aku menyesal tidak berada di sisi beliau waktu itu.
(3) Fathan : Sudahlah!
(4) Agum : Aku merasa seperti orang durhaka.
(5) Fathan : Ah, itu mengada-ngada. Tidak ada pernyataan seperti itu.
(6) Agum : Ya, Allah! Kuatkan diriku.
(7) Fathan : Sudahlah, mari Kita salat bersama!
Bukti bahwa watak tokoh Fathan seorang yang religius terdapat pada dialog bernomor ...
A. (1)
B. (3)
C. (5)
D. (7)

33. Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Rama (1) : “Bagaimana sikapmu?” ( sambil menatap Salsa)
Salsa (2) : “Aku tetap tidak akan ikut! Realistis bukan?”
Rama (3) : “Maaf, bukan mau memaksamu! Kamu tak ingin sekolah kita kena imbasnya, kan?” ( tersenyum kepada Salsa)
Salsa (4) : “O, begitu, baiklah Aku akan memikirkannya!”
Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kutipan drama tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

34. Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Yusuf (1) : “Jangan lakukan itu lagi, Mal.”
Jamal (2) : “Ah, yang penting tidak merugikan siapapun.”
Yusuf (3) : “….”
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada teks dialog (1) adalah …
A. tanda titik ( .) tersebut digunakan untuk mengakhiri kalimat suruhan atau larangan.
B. tanda titik (.) untuk mengakhiri kalimat berita.
C. tanda seru (!) digunakan untuk mengakhiri kalimat perintah.
D. tanda koma (,) digunakan sebelum nama orang.

35. Perhatikan kutipan teks drama berikut! 
Sakhi : “Ada kabar gembira!” 
Soqi : […] (1)
Sakhi : “Besok di hari ulang tahunku, Andi akan memberikan hadiah spesial!” 
Soqi : […] (2)
Sakhi : “Terima kasih, engkau memang temanku yang baik.”
Pernyataan yang tepat untuk melengkapi kutipan teks drama tersebut adalah …
A. (1) Wah engkau kelihatan sedih! (2) Bagi-bagi dong, aku kan temanmu.
B. (1) Hati-hati dengan berita itu! (2) Selamat ya!
C. (1) Wah engkau kelihatan senang sekali, kabar apa? (2) Selamat ya!
D. (1) Engkau jangan terlalu senang dulu ya! (2) Aku boleh tahu engga kabar itu?

36. Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Edo : “Mau pergi ke mana, Ris, sore-sore begini?”
Risa : “Oh, aku mau pergi ke rumah Tante Ita, tapi malah hujan.” Edo : “Akhir-akhir ini hujan memang sering turun.”
Budi : “Ya, banjir pun terjadi di sana sini karena orang-orang sudah tidak peduli lingkungan.” 
Risa : “Apa hubungannya, Bud, banjir dengan orang yang tidak peduli lingkungan?”
Budi : “Ya, penyebab banjir tidak lain karena ulah manusia yang tidak peduli lingkungan.” “Manusia sering melakukan penebangan pohon di hutan. Pemerintah harusnya menindak tegas oknum yang merusak alam ini.”
Risa : “Jangan begitulah, mungkin mereka melakukan itu karena kebutuhan ekonomi!” Pesan moral yang terdapat dalam kutipan teks drama diatas adalah …
A. Jangan bepergian di musim hujan karena lingkungan menjadi rawan banjir.
B. Antara hujan dan penebangan liar saling berkaitan dan menyebabkan banjir.
C. Semua orang harus peduli terhadap lingkungan.
D. Penebangan boleh dilakukan apabila didesak oleh kebutuhan ekonomi.

37. Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Pak Pikun : ”Masih mungkir? Mau aku laporkan ke pihak yang bewajib?( )”
Ibu : “Sabar Pak! Sabar!”
Pak Pikun : “Maaf, Bu. Ini biar saya urus sendiri! Kamu mau ngaku kalau dilaporkan, ya?” ( tersenyum kepada Si Jidul)
Jidul : (Meloncat, lari keluar, dikejar Pak Pikun) Petunjuk laku yang tepat dalam dialog Pak Pikun tersebut adalah …
A. Berlari kearah Jidul.
B. Mengancam Si Jidul.
C. Membentak Si Jidul
D. Mau melaporkan Si Jidul

38. Perhatikan kutipan teks berikut!
Amanda : (Kesal menunggu) “Kemana Floren ini? Katanya datang duluan, nyatanya belum nongol, pembohong rupanya dia!” (semakin kesal dan gelisah, tiba-tiba muncul dua pemuda yang memperhatikan Amanda)
Restu : (Memperhatikan Amanda) “Rupanya ada anak baru. Rupanya bintang kelas dari sekolah sebelah.”
Amanda : (Takut, gelisah, menjauhi kedua pemuda itu; tersandung dan jatuh lalu ditolong pemuda I, Amanda berteriak)
Giyo : “Berteriaklah, siapa yang akan menolongmu? Jarang orang melewati jalan ini.” 
Amanda : (Ketakutan, lemas, menangis keras) “Flroren, Floren!”
Suasana kutipan naskah drama tersebut adalah …
A. santai.
B. haru.
C. tegang.
D. senang.

39. Perhatikan paragraf teks ulasan berikut!
Buku dengan judul Selamatkan Hutan, diterbitkan tahun 2014 oleh CV Bintang Jaya Utama, mendeskripsikan kondisi hutan di Indonesia saat ini. Buku ini adalah hasil pengamatan langsung penulis yang bernama Panji Hidayat ke beberapa hutan di Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatannya, banyak hutan yang sudah beralih fungsi menjadi lahan perkebunan. Buku ini mengajak para pembaca kembali menyadari fungsi hutan bagi kehidupan manusia. Kalimat-kalimat yang dituliskan terkesan santun dan tidak menggurui. Hal yang perlu diperhatikan dalam buku ini hanya pada gambar sampulnya yang kurang menarik.

Identitas buku yang tepat berdasarkan teks ulasan diatas adalah ….
A.Judul : Selamatkan Hutan
  Penulis : Panji Hidayat
  Penerbit : CV Bintang Jaya Utama
  Tahun : 2014
  Keunggulan    : Bahasanya santun dan tidak menggurui
  Kelemahan : Gambar sampul kurang menarik


B.Judul : Selamatkan Hutan
  Penulis : Panji Hidayat
  Penerbit : CV Bintang Jaya Utama
  Tahun         : 2014
  Keunggulan : mengajak pembaca menyelamatkan hutan
  Kelemahan : Penulis tidak dikenal

C. Judul : Selamatkan Hutan 
   Penulis : Panji Hidayat  
   Penerbit : CV Bintang Jaya Utama
   Tahun : 2014
   Keunggulan : Mengingatkan pembaca pentingnya hutan
   Kelemahan : Gambar sampul tidak cocok dengan isi buku

D. Judul : Selamatkan Hutan
   Penulis : Panji Hidayat
   Penerbit : CV Bintang Jaya Utama
   Tahun : 2014
   Keunggulan : Tulisan sudah menggunakan ejaan terbaru
   Kelemahan : Gambar sampul kurang menarik

40. Perhatikan paragraf teks ulasan berikut!
(1) Cerpen ini merupakan bacaan yang menarik bagi para remaja. (2) Melalui cerpen ini penulis ingin menyampaikan bahwa cita-cita yang diwujudkan dengan tidak melupakan tugas dan kewajibannya. (3) Cerita ini bertemakan kehidupan remaja yang kemungkinan besar tidak semua orang menyukai ceritanya. (4) Dalam cerpen ini, pengarang menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pembacanya.
Pernyataan yang berupa keunggulan pada paragraf teks ulasan tersebut ditandai dengan nomor …. 
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Catatan : 
Apabila ada kesalahan dalam kunci jawaban silakan berikan komentar untuk dicrosscek ulang. Karena manusia tidak ada yang luput dari salah dan khilaf. 

Courtesy : 
Guru pembuat soal PAT Bahasa Indonesia kelas 8 Sektor 4 dan 5 Kabupaten Indramayu

0 komentar:

Post a Comment test